silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

281 Comments

  1. Nama : Munirotul Muthmainah
    Nim : 859665369

    Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik, membangun kekuatan tubuh, melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan. Dengan melakukan olahraga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik anak menjadi lebih baik.
    Sebelum kegiatan senam Guru mengajak anak dengan memberikan edukasi terlebih dahulu agar anak memahami dan ingin mengikuti guru melakukan senam bersama di pagi hari.

  2. Nama : Izzi Restu
    NIM : 857605257
    Menurut saya pembelajaran pengembangan motorik kadar pada anak melalui iringan musik tradisional sangat menarik.cara guru sudah tepat melakukan variasi senam dengan menggabungkan tarian tradisional.anak2 bersemangat dan secara langsung dapat mengenal seni daerah kepada anak-anak..hanya kendalanya ruangan kurang luas sehingga anak2 terhambat bergerak bebas

  3. Nama : DAHLIA
    NIM : 859418258
    menurut saya vidio memberikan wawasan yang menarik tentang mengatasi masalah serupa. saya melihat bahwa seni musik tradisiona, senam sangat menarik dengan menggabungkan tarian tradisional anak – anak sangat semangat dan langsung dapat mengenal seni kedalam latihan motorik kasar melalui senam adalah pendekatan yang cerdas dan menyenangkan.

  4. nama : sri witanti
    nim : 857858082

    motorik pada anak yang sedang senam pada iringan musik ini bagus, akan tetapi area untuk melakukan senamnya haruslah luas (menyakup sesuai jumlah anak). musiknya sudah bagus menggunakan musik tradisional, akan tetapi kalau untuk anak anak usia TK musiknya kurang meriah untuk melakukan gerakan. senam ini dapat mengolah fisik motorik anak menjadi lebih baik dan berkembang.

  5. Nama: Umdatul Millah
    Nim: 858465057
    Untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran senam tradisional diantaranya dengan menyajikan variasi gerakan tarian tradisional yang menarik dan menyenangkan bagi anak, dari integrasi musik dan gerakan menggunakan musik yang bersemangat dan ritme yang menarik, memperkenalkan alat bantu atau properti yang menarik dan sesuai dengan tema senam tradisional, memanfaatkan teknologi seperti video animasi untuk memperlihatkan gerakan-gerakan senam tradisional secara visual, melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk berkolaborasi, menciptakan gerakan baru, atau mengekspresikan diri mereka sendiri melalui senam tradisional, serta memberikan konteks budaya dan edukasi tentang senam tradisional yang diajarkan

  6. Nama : Liva Ulviana
    NIM : 858156069

    Berdasarkan tayangan dalam video tersebut menggambarkan bahwa pengembangan fisik motorik pada anak usia dini sangatlah penting, dan pada kasus dalam video tersebut sama juga terjadi pada lembaga saya, bahwa anak-anak merasa bosan ketika senam hanya menggunakan musik-musik yang biasa kami gunakan, akhirnya kita ganti dengan musik yang biasa anak-anak jumpai pada pagelaran seni jaranan, musik juga menggunakan gamelan, karena kesenian tradisional jaranan masih sering ditampilkan di wilayah kami. guru juga perlu lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan lainnya.

  7. Menurut saya video tersebut sangat membantu untuk kita jadikan pedoman bagaimana kita mengajarkan anak anak TK di sekolah, ditengah jaman sekarang yang ketergantungan dengan gadget, kita dapat selipkan musik dan senam tradisional untuk melestarikan budaya kita di daerah masing-masing. kekurang di video tersebut tinggal kita kembangkan masing masing di sekolah agar kita dapat mencapai membantu perkembangan fisik motorik dan seni anak.

  8. Pada video tersebut anak tidak fokus pada saat senam yang diajarkan oleh guru.Hal ini juga dialami disekolah saya,pembukaan dilakukan dengan gerakan sederhana,seperti menggerakan badan ke kiri dan kekanan terlebih dahulu atau melakukan pemanasan seperti tepuk” bisa juga melakukan ice breaking terlebih dahulu.setelah itu kita lakukan senam yg berbeda-beda disetiap bulannya supaya tidak monoton dan anak akan antusias akan hal yang baru.selesai melakukan senam,ajak anak untuk mendengarkan musik dan gerakan sebuah lagu yang sederhana seperti gerak dan lagu tentang binatang,dan yang lainnyaDengan begitu kita bisa mengatasi tantangan yg terjadi saat melakukan kegiatan senam.semoga bermanfaat

  9. Video tersebut sangat membantu guru untuk dijadikan pedoman dalam kegiatan fisik motorik dan seni anak, karena gerakannya sangat sederhana dan mudah diikuti oleh anak. Tetapi ada salah satu anak yang tidak fokus dalam mengikuti kegiatan senam. Musik yang digunakan kurang bersemangat yang membuat anak juga kurang semangat mengikuti gerakan nya

  10. Dalam video tersebut, tidak dijelaskan proses KBM yang benar. Dimana urutannya adalah kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. Video tersebut langsung ke kegiatan inti yaitu Kegiatan Senam Tradisional yang merupakan gabungan senam sehat, cerdas dan ceria anak PAUD dengan tarian tradisional. Kegiatan tersebut untuk menstimulasi anak yang kurang antusias mengikuti kegiatan senam, dan untuk mengantisipasinya guru harus berpikir kreatif untuk memodifikasi senam ceria PAUD yang dikolaborasikan dengan gerakan dan musik tradisional. Di video tersebut hanya kegiatan intinya saja yang dimunculkan, kegiatan pembuka dan penutupnya tidak muncul.

Leave a Reply