silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

281 Comments

  1. Senam untuk anak usia dini memang sangat bermanfaat sekali dalam mengembangkan dan melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan.
    mampu memberikan sentuhan baru untuk mencapai kompetensi anak. Guru yang mengajarkan senam tradisional berarti sudah melatih fisik motorik kasar anak sambil mengenalkan budaya tradisional yang ada disekitarnya.

  2. NAMA : NOORHAYANA
    NIM : 858456183
    Senam untuk anak usia dini memang sangat bermanfaat sekali dalam mengembangkan dan melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan. mampu memberikan sentuhan baru untuk mencapai kompetensi anak. Guru yang mengajarkan senam tradisional berarti sudah melatih fisik motorik kasar anak sambil mengenalkan budaya tradisional yang ada disekitarnya.

  3. Assalamualaikum 🙏🙏
    Nama : Yulianti
    Nim : 859390341

    Senam anak tk adalah bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat buat mereka.gerakan gerakan seperti melompat,berguling, mengepalkan tangan dan menggerakkan tubuh secara bebas dapat menjadi bagian dari sesi senam anak tk.

  4. nama :siti latifah
    nim :858182516

    Senam tradisional anak adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak-anak.dan juga memberikan stimulus anak terhadap kegiatan senam .. bisa melibatkan gerakan yang lebih kompleks, seperti jongkok, melompat, atau merangkak. Ini bertujuan untuk merangsang seluruh tubuh anak-anak dan memperkuat otot serta koordinasi gerak.

  5. Komentar saya terkait pembelajaran pengembangan motorik kadar pada anak melalui iringan musik tradisional sangat menarik.cara guru sudah tepat melakukan variasi senam dengan menggabungkan tarian tradisional.anak2 bersemangat dan secara langsung dapat mengenal seni daerah kepada anak-anak..hanya kendalanya ruangan kurang luas sehingga anak2 terhambat bergerak bebas

  6. Nama : Nur Anindita
    Nim : 855739114

    Ya, saya mempunyai permasalahan yang sama seperti tayangan dalam vidio. Namun, saya akan mencoba melatih motorik kasar dan seni anak melalui senam pinguin, bukan senam tradisional. Senam tradisional seperti dalam vidio memang sangat menarik untuk anak, apalagi ditambah iringan musik yang menimbulkan rasa keingintahuan anak seperti dalam vidio

  7. Senam merupakan kegiatan yang paling mudah untuk ditirukan anak dan menyenangkan, namun pasti ada beberapa anak yang tidak suka dengan senam. dalam video tersebut guru sudah sangat bagus melatih dan mengenalkan tari tradisional sehingga anak lebih mengenal tari daerah juga gerakan senam yang lebih bervariasi.

  8. senam merupakan pengoptimalan aktivitas fisik perkembangan anak. perkembangan anak yang dapat terbentuk adalah daya tahan tubuh, kelincahan, intelegensi, kelentukan, dan kerjasama pengkoordinasian tubuh yang baik. melalui senam ini gerakan dasar tubuh anak akan terlatih secara ekspresif dan akan memberikan perubahan yang signifikan terhadap anak yang mengalami keterhambatan motorik kasar.

  9. NAMA : DEWI SINTA
    NIM : 858305221
    izin menanggapi video ini

    senam merupakan pengoptimalan aktivitas fisik perkembangan anak. perkembangan anak yang dapat terbentuk adalah daya tahan tubuh, kelincahan, intelegensi, kelentukan, dan kerjasama pengkoordinasian tubuh yang baik. melalui senam ini gerakan dasar tubuh anak akan terlatih secara ekspresif dan akan memberikan perubahan yang signifikan terhadap anak yang mengalami keterhambatan motorik kasar.

  10. Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru sangat kreatif berhubung anak sering merasa bosan dengan kegiatan senam yang dilakukan setiap seminggu dua kali. banyak anak yang tidak fokus dan tidak tertarik mengikuti senam karena sudah merasa bisa. tetapi dengan guru menggabungkan musik tradisional serta gerakan tari akan membuat anak tertarik dan mau mengikuti kegiatan senam dengan semangat. selain itu juga akan menambah wawasan anak tentag tari tradisional yang ada diindonesia.

Leave a Reply