silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,418 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Minarti
    Nim : 859390065
    Pokjar : Enrekang
    MK : Pemantapan Kemampuan Propesional
    Judul vidio GPO: sulit mengenal konsep bilangan
    Menurut vidio yang saya sudah analisis,pada vidio tersebut ibu guru taman kanak-kanak menggambarkan upaya mengenalkan konsep bilangan pada anak- anak. Guru tersebut menggunakan metode dan interaktif yang menarik ,seperti permainan dan lagu untuk membantu mengenal konsep bilangan.
    1.metode bernyanyi
    Dengan bernyanyi menggunakan irama gerak dan lagu lebih mempermudah anak-anak untuk mengetahui konsep bilangan. Dengan melalui lagu “Dua Mata Saya”, anak -anak secara tidak langsung dapat mengetahui jumlah bilangan melalui lagu tersebut.
    2. Metode penggunaan APE.
    Dengan menggunakan APE seperti bola berwarna ,anak-anak secara tidak langsung mengetahui jumlah bilangan. Guru meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang penjumlahan dan pengurangan melalui permainan bola berwarna tersebut.
    3. Metode penggunaan lembar kerja. Dengan memasang benda dan melingkari lambang bilangan,dapat membuat anak- anak mampu mengerjakan dengan baik .
    4. Metode penguatan. Pada metode ini,anak-anak lebih semangat dalam mengerjakan apa yang diajarkan oleh guru.
    Pada tayangan vidio tersebut cukup menarik dengan memperhatikan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menarik dan menyenangkan pada anak- anak.penggunaan metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda benda yang konkrit yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak usia dini lebih tertarik dengan hal- hal yang konkrit. Namun guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai.keberhasilan dalam pembelajaran tersebut.

  2. Nama : HIDAYATIKA
    NIM : 859170141
    JURUSAN : S1 PG-PAUD
    Judul Video GPO : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Video pembelajaran ini sangat terkonsep dan sistematis, terlihat dari cara guru memberikan ice breaking bertepuk dan bernyanyi tema bilangan sebelum kegiatan inti dimulai. guru sangat bersemangat saat mengajar sehinggan membuat anak-anak juga sangat semangat mengikuti pembelajaran di kelas. metode penugasan yang diberikan guru juga tidak memberatkan anak sehingga anak dengan cepat mengusai kegiatan.
    Media yang dipakai juga sangat bagus, anak dapat bermain sambil belajar bilangan dengan setting media yang digunakan.
    Suasana kelas sangat kondusif, guru benar-benar dapat mengusai kelas walapun terlihat dalam video anak-anak jumlahnya sangat banyak. Video ini sangat menginspirasi saya.

  3. Nama : Widya Nurya Maharani
    NIM : 858560576
    MK : Analisis Kegiatan Pengembangan AUD
    Prodi : S1 PGPAUD AKPMM

    Menurut pendapat saya melalui tayangan Video yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ” ada beberapa hal yang dapat dianalisa diantaranya :

    1. Model pengembangan kegiatan
    Model pengembangan kegiatan yang dipilih oleh pendidik adalah menggunakan model klasikal.
    Pertanyaan : mengapa pendidik memilih model klasikal dalam kegiatan pengembangan tersebut ?
    2. Penataan ruangan
    Dalam video tersebut di dinding kelas terdapat banyak gambar-gambar pohon.
    Pertanyaan : Mengapa dinding kelas banyak di isi dengan gambar-gambar pohon? Mengapa yang ditempel di dinding bukan hasil kreativitas yang dibuat oleh anak?
    3. Kegiatan yang dilakukan anak
    Melalui tayangan video tersebut terlihat anak-anak secara bergiliran mengambil bola dari keranjang bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan oleh guru.
    Pertanyaan : Mengapa guru memilih bola untuk digunakan anak dalam mengenal konsep bilangan?
    4. APE yang digunakan
    Bola-bola kecil yang diletakkan di dalam keranjang
    5. Pengaturan/ Pengelompokan anak
    didalam video tersebut anak-anak duduk diatas karpet membentuk lingkaran
    6. Cara guru memimpin kegiatan
    Pendidik memanggil satu persatu anak secara bergantian untuk mengambil bola dari keranjang sesuai dengan jumlah yang diperintahkan oleh pendidik kemudian menunjukkan bolanya sambil menghitungnya.
    Pertanyaan : Mengapa pendidik tidak meminta anak untuk menghitungnya sendiri sambil menunjukkannya bolanya didepan teman-temannya? Atau anak dapat mengajak teman-temannya untuk ikut menghitung bersama-sama dengan menyebutkan bilangannya.
    7. Peran orang tua anak
    Dalam video tersebut tidak terdapat orang tua yang terlibat dalam kegiatan pengembangan.
    8. Kelebihan pembelajaran
    Secara keseluruhan kelebihan pendidik dalam melakukan pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sangat baik yakni pendidik mengawali kegiatan dengan mengajak anak membilang dengan permainan, menyanyikan lagu dua mata saya, dan melakukan tepuk sebelum membawa anak masuk kedalam kegiatan inti. Selanjutnya dalam kegiatan inti pendidik mengajak anak memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya, melingkari benda sesuai lambang bilangannya, serta menghitung dengan benda konkrit yakni bola dan sepidol merupakan kegiatan yang tepat untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Karena pada umumnya anak usia dini masih kesulitan untuk berfikir secara abstrak.
    9. Kelemahan pembelajaran
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam tayangan video tersebut adalah guru terlihat mendominasi pembelajaran. Misalnya ketika menghitung spidol sebaiknya spidol tersebut dihitung sendiri oleh anak dan tugas guru hanya membimbing atau membantu jika anak mengalami kesulitan.
    10. Masukan atau Inovasi Mahasiswa
    Upaya yang dapat disarankankan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya setelah mengamati kelebihan dan kelemahan dari pendidik adalah dalam melakukan pembelajaran pendidik dapat memposisikan diri sebagai fasilitator sehingga peran pendidik adalah lebih banyak memberikan kesempatan kepada anak untuk menggali pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajarnya. Disamping itu peran pendidik juga sebagai pendamping belajar yakni memberikan arahan serta memberikan bantuan jika anak mengalami kesulitan. Dalam tayangan video tersebut, kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan konsep bilangan seperti memasangkan benda sesuai lambang bilangannya, melingkari benda sesuai lambang bilangannya, serta menghitung dengan benda konkrit atau menghitung dengan menggunakan media seperti bola dan sepidol menurut saya sangat tepat bagi anak usia dini. Seperti yang dikemukakan oleh Sanaky (2011:4) mengenai pentingnya penggunaan media diantaranya adalah sebagai berikut :
    1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
    2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik.
    3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
    4. Pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pengantar saja, tetapi juga kativitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dll.

  4. Nama : Mafazil Uyun
    NIM : 859170861
    UPBJJ : Mataram
    menurut saya video pembelajaran ini sangat bagus dan menarik bagi siswa karena belajar mengenal konsep bilangan tidak hanya dengan menulis di buku tetapi bisa dilakukan dengan cara bermain. Seperti yang ditampilkan dalam video guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan menggunakan bola warna warni, kertas bergambar, bernyanyi menyebut dan menghitung jumlah anggota tubuh.
    Kelebihan dari video ini adalah
    1. Anak diajak mengenal konsep bilangan menggunakan bola warna warni sehingga anak tidak hanya mengenal angka tetapi juga bisa mengenal warna dan bentuk dari APE yang digunakan
    2. Anak belajar mencocokkan jumlah gambar dengan lambang bilangan yang diberikan dalam bentuk lembar kerja jadi anak tidak bosan menyelesaikan tugasnya
    3. Anak diajak berbicara dengan dua bahasa sehingga anak memiliki kemampuan bahasa yang baik
    4. Pada setiap anak melakukan kegiatan guru selalu memberikan apresiasi dan tidak menyalahkan jika ada anak yang salah saat menyelesaikan tugasnya tetapi malah anak-anak mendapat pengetahuan baru dengan belajar berhitung penjumlahan.
    Kekurangan dari video ini adalah
    1. Guru tidak menyiapkan wadah untuk meletakkan bola yang diminta oleh guru sehingga anak tidak bisa membawa bola sesuai dengan yang diminta oleh guru
    2. Guru tidak terlihat mendampingi siswa ketika menyelesaikan lembar kerja mencocokkan lambang bilangan dengan gambar

  5. NAMA : BAQIYATUS SHOLIHA
    NIM : 859506306
    JURUSAN : S1 PG-PAUD
    KELAS : PAUD4501.210041
    JUDUL VIDEO GPO : SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN

    Video ini sangat membantu saya dalam memberikan kegiatan mengenal konsep bilangan.
    Dari video dapat dilihat bahwa sebelum memulai melakukan kegiatan guru mengajak anak bernyanyi yang sesuai dengan kegiatan membilang.
    Guru banyak memberikan kegiatan yang bervariasi seperti membilang dengan permainan, lagu, tepuk,dan pemberian tugas seperti memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya sehingga kelas menjadi hidup dan anak-anak menjadi bersemangat, tujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pun dapat dimengerti oleh anak-anak.
    Setelah anak-anak melakukan tugas guru tidak lupa untuk memberikan evaluasi secara langsung dengan cara membilang bersama-sama dengan anak-anak yang lain.
    Untuk menambah semangat anak guru juga tidak lupa memberikan reward kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik berupa pemberian stempel.

  6. NAMA : BAQIYATUS SHOLIHA
    NIM : 859506306
    KELAS : PAUD4501.210041 (PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL)
    JURUSAN: S1 PG-PAUD

    Video ini sangat membantu saya dalam memberikan kegiatan mengenal konsep bilangan.
    Dari video dapat dilihat bahwa sebelum memulai melakukan kegiatan guru mengajak anak bernyanyi yang sesuai dengan kegiatan membilang.
    Guru banyak memberikan kegiatan yang bervariasi seperti membilang dengan permainan, lagu, tepuk,dan pemberian tugas seperti memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya sehingga kelas menjadi hidup dan anak-anak menjadi bersemangat, tujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pun dapat dimengerti oleh anak-anak.
    Setelah anak-anak melakukan tugas guru tidak lupa untuk memberikan evaluasi secara langsung dengan cara membilang bersama-sama dengan anak-anak yang lain.
    Untuk menambah semangat anak guru juga tidak lupa memberikan reward kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik berupa pemberian stempel.

  7. Nama : Elis sribanon
    NIM : 857470181
    jurusan ; S1 PAUD
    judul : Sulit mengenal konsep bilangan

    menurut saya setelah melihat dari tayangan vidionya, pembelajaran yang dilakukan sangat bagus dan meninspirasi bagi kita guru PAUD. akan tetapi dilihat dari kekurangan dan kelebihannya. Guru dalam melakukan pembelajaran kurang dalam menyediakan alat dan bahan yang beragam membuat anak tidak begitu antusias dalam melaksanakan kegiatan mengenal konsep bilangan dengan bola. akan tetapi saya sangat tertarik pada akhir kegiatan anak diberikan rewed sebagai hasil yang mereka kerjakan sampai tuntas.ok,,ok

  8. Nama : Nuraeni
    NIM : 857470934
    UPBJJ : Bandung
    Video pembelajaran di atas secara keseluruhan sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan anak, kegiatanya sudah sistematis dan terkonsep, dan filengkapi juga dengan kegiatan ice breaking bernyanyi bersama-sama.
    Pada kegiatan satu yaitu menghitung bola, kegiatan tersebut sangat menarik bagi anak, hanya saja tidak semua anak mendapat bagian untuk menghitung, mungkin dikarenakan waktu yang terbatas
    Pada kegiatan mencocokan jumlah benda dengan lambang bilangan menggunakan lka itu dapan menstimulasi anak untuk mengenal lambang bilangan
    Guru memberikan apresiasi kepada anak yang berhasil, dan itu dapat membangkitkan motivasi belajar anak
    Perbaikan yang di usulkan yaitu, jika hanya menggunakan lka pada kegiatan pengembangan mengenalkan konsep bilangan kemungkinan beaar anak akan merasa bosan, guru dapat menambah media yang menarik seperti flashcard atau kartu angka betgambar yang bisa di buat sendiri oleh guru.. Terimakasih

  9. Nama: Patricia Mega Asih Lumban Gaol
    NIM: 856099637
    Judul vidio: Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Vidio pembelajaran diatas sangat menarik diajarkan kepada anak yang baru mengenal konsep bilangan. Hal ini dikarenakan anak bisa melihat langsung objek yang hendak di hitung. Baik objek dalam bentuk benda maupun gambar. Dan anak juga akan merasa senang dalam belajar karena diselingi oleh ice breaking yang juga berkaitan dengan pembelajaran. Terimakasih

  10. nama : serli marcelena
    nim : 856076471
    UPBJJ : BATAM
    Vidio pembelajaran diatas secara keseluruhan sangat terkonsep dan sangat sesuai dengan anak dan juga sangat menarik bagi anak. dimana pertama-tama di vidio guru menjelaskan konsep bilangan dengan sangat menarik yakni dengan cara mengajak anak belajar sambil bermain dengan konsep bilangan dimana guru meminta anak mengambil bola di keranjang dengan jumlah bilangan yang guru sebutkan. kemudian guru juga mengajak anak bernyanyi, diamana terlihat di vidio anak sangat senang diajak bernyanyi bersama. guru juga mengajak anak untuk bertepuk sesuai dengan judul pembelajaran dan terlihat anak sangat senang. di metode penugasan guru tidak memberatkan anak sehingga anak cepat menguasai kegiatan. bahan yang digunakan guru juga sangat menarik sehingga anak dapat bermain sambil belajar dengan bahan yang disediakan. terimakasih

Leave a Reply