silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

112 Comments

  1. Nama : Ratna Kamila
    NIM : 859656528
    Video diatas menyajikan variasi permainan untuk melatih kemmpuan motorik dan kebahasaan yaitu dengan menyimak danmenambah kosakata. Sayangnya dalam video di atas guru kurang atraktif dan kurang lucu. Gaya menagajarnya seperti menagjar anak kelas SD kelas besar. Alangkah baiknya saat melakukan game tebak pantomim guru lebih menjiwai.
    Terima kasih

  2. NAMA : DEWI SUSANTI
    NIM : 856338779
    FAKULTAS : ILMU PENDIDIKAN
    PRODI : PGPAUD
    MATA KULIAH : 4405.12
    komentar saya terhadap video ini:
    Kelebihan:
    Konsep yang menarik: Permainan tebak-tebakan merupakan konsep yang menarik bagi anak-anak usia dini. Permainan ini dapat membantu anak-anak belajar sambil bermain.
    Meningkatkan kosakata: Permainan tebak-tebakan dapat membantu anak-anak belajar kosakata baru dengan cara yang menyenangkan.
    Melatih gerakan tubuh: Permainan tebak-tebakan dapat melatih gerakan tubuh anak-anak dan meningkatkan koordinasi mereka.
    Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah: Permainan tebak-tebakan dapat membantu anak-anak belajar memecahkan masalah dengan cara yang kreatif.
    Menumbuhkan rasa percaya diri: Permainan tebak-tebakan dapat membantu anak-anak menumbuhkan rasa percaya diri mereka ketika mereka berhasil menebak jawabannya.
    Kekurangan:
    Durasi yang singkat: Durasi video ini tergolong singkat, sehingga beberapa permainan tebak-tebakan terasa kurang maksimal.
    Kurangnya variasi: Video ini hanya fokus pada satu jenis permainan, yaitu tebak-tebakan.
    Kurangnya interaksi: Video ini tidak memiliki interaksi langsung dengan anak-anak, sehingga anak-anak mungkin kurang terlibat dalam permainan.
    Saran:
    Memperpanjang durasi video: Memperpanjang durasi video akan memungkinkan lebih banyak permainan tebak-tebakan dengan variasi yang lebih banyak.
    Menambahkan variasi: Menambahkan variasi permainan, seperti menebak gambar, menebak suara, dan menebak kata, akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bervariasi.
    Membuat video interaktif: Membuat video interaktif dengan pertanyaan dan kuis akan membantu anak-anak lebih terlibat dalam permainan.
    Secara keseluruhan, Seri Pembelajaran PAUD: Tebak Pantonim adalah sumber belajar yang bermanfaat dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Video ini dapat membantu anak-anak belajar berbagai hal dengan cara yang kreatif dan interaktif.
    Selain itu, saya ingin menambahkan beberapa poin penting yang tidak dibahas dalam video tersebut:
    Pentingnya bermain bersama anak: Bermain bersama anak merupakan cara terbaik untuk membantu mereka belajar dan berkembang. Orang tua dan guru harus menyediakan waktu untuk bermain bersama anak-anak dan menggunakan permainan sebagai alat belajar.
    Pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dan suportif: Anak-anak perlu merasa aman dan nyaman untuk bermain dan belajar. Orang tua dan guru harus menciptakan lingkungan yang positif dan suportif di mana anak-anak tidak takut untuk membuat kesalahan.
    Pentingnya memberikan pujian dan penghargaan: Berikan pujian dan penghargaan kepada anak-anak atas setiap upaya yang mereka lakukan dalam permainan. Hal ini akan membantu mereka merasa bangga dan termotivasi untuk terus belajar.

  3. Nama: Nurul Rahmawati
    NIM : 857535261
    Judul video : Tebak Pantomim

    kegiatan tebak pantomim sangat bagus untuk melatih dan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan bila dilakukan dengan berkelompok dan lebih ekspresif dan bersemangat terutama untuk guru agar anak anak dapat ikut merasakan energi semangat dan ceria yang di pancarkan oleh guru. Dari video di atas sangat menginspirasi untuk dapat di lakukan di sekolah saya.

  4. Nama : Penti Pitria
    NIM : 858317487
    Judul video: Tebak pantomim
    Menurut komentar saya:
    – Dalam video yang disajikan tersebut mengenai pembelajaran aspek perkembangan motorik dan bahasa.
    Sesuai dengan judulnya “Tebak pantomin” yakni suatu permainan. Dalam permainan ini, anak belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar. karena dunia anak adalah dunia bermain.
    Permainan tebak pantomim ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa meningkatkan kemampuan anak untuk menstimulasi kemampuan motorik (keseimbangan dan kelenturan) dan bahasa ( menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal berbagai kosa kata agar lebih baik).
    sekian komentar saya mengenai isi dari cerita video. Terima kasih.

  5. Nama : Martina Luriyani
    Nim : 857685824
    Menurut saya kegiatan ini, kegiatan pantomim sangan bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik anak. Melenturkan Gerakan-gerakan dan otot2 badan, serta dapat menimbulkan gaya ekspresi yang baik karena kita bermain juga sambil belajar.

  6. Nama:Fariah
    NIM : 858191181

    Video tentang kegiatan pembelajaran yang menstimulasi kemampuan motorik dan bahasa anak yang berjudul tebak pantomim di atas cukup familiar dan sering di terapkan di kelas saya , meskipun tidak sama persis, namun tujuan pembelajaran,alat dan bahan serta kegiatan intinya tak jauh berbeda, namun dalam video tersebut gerakan motorik anak lebih variatif , bagus untuk di rekomendasikan di kelas saya selanjutnya, namun di sayangkan dalam video percontohan pembelajaran tersebut di ambil dalam setingan ruang kelas yang kurang luas seperti yang di sarankan dalam buku modul Ut maupun pihak PAUD terkait, sehingga kurang meyakinkan learners atau mahasiswa.

  7. Nama : SANDRIANI
    NIM : 858406852

    Tanggapan saya tentang video tersebut adalah Guru dapat mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini dengan bermain tebak pantomin dan materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

  8. Usia PAUD, atau Pendidikan Anak Usia Dini, mencakup rentang usia dari kelahiran hingga sekitar 6 atau 7 tahun. Program PAUD dirancang untuk memberikan pendidikan awal bagi anak-anak, membantu mereka dalam pengembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional mereka pada tahap-tahap awal kehidupan. Program-program ini biasanya berfokus pada permainan, kegiatan kreatif, dan pembelajaran dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung, yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak-anak pada usia tersebut.Permainan tebak gambar memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di kalangan berbagai usia, termasuk anak-anak dan orang dewasa:
    Stimulasi Mental: Permainan tebak gambar merangsang otak dan meningkatkan kemampuan pemikiran kreatif serta kemampuan pemecahan masalah. Pemain harus memanfaatkan imajinasi dan logika mereka untuk menebak gambar dengan benar.
    Edukasi yang Menyenangkan: Permainan ini bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan. Gambar-gambar yang digunakan dalam permainan sering kali berkaitan dengan berbagai topik, sehingga pemain dapat belajar sambil bermain.
    Meningkatkan Keterampilan Sosial: Permainan tebak gambar sering dimainkan dalam kelompok, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan sosial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan.

    Koneksi Emosional: Permainan ini dapat membangun koneksi emosional antara pemain, terutama ketika mereka berbagi kesuksesan dalam menebak gambar atau saling membantu ketika kesulitan.

    Fleksibilitas: Permainan tebak gambar dapat dimainkan di berbagai situasi dan tempat, baik secara fisik maupun melalui platform online. Ini membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel untuk menghabiskan waktu luang. Menantang dan Menghibur: Permainan ini menantang karena pemain harus berpikir cepat dan secara kreatif untuk menebak gambar dengan cepat. Selain itu, kesenangan dari permainan ini membuatnya menjadi pilihan yang menghibur bagi banyak orang.

    Dengan kelebihan-kelebihan ini, permainan tebak gambar bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, sambil tetap memberikan manfaat edukatif dan hiburan.

  9. Nama: Sinta Zulhanifah
    NIM: 857779826
    Prodi: PGPAUD

    Video tersebut sangat menarik sebagai variasi kegiatan untuk pengembangan motorik dan pengembangan bahasa pada anak, pengembangan bahasa dapat dilakukan salah satunya dengan kegiatan tebak pantomim. Anak dapat melatih motorik kasar seperti berjalan atau melompat menirukan gerakan sesuai gambar yang diberikan guru dan anak lain dapat menebak apa yang diperagakan temannya. Dalam pengembangan bahasa melalui kegiatan ini anak dapat mengekspresikan diri dan mengenal berbagai kosa kata.

  10. Permainan ini sangat baik sekali bagi anak dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa nya,permainan tebak pantomim merupakan pembelajaran yg berbasis permainan yg sesuai dengan karakter anak PAUD yaitu belajar sambil bermain. Dalam permainan ini guru dapat membangun keakraban,komunikasi,konsentrasi,imajinasi dan kerjasama bersama anak. Salah satu permainan yg juga sering kami mainkan di sekolah ini memang cukup membantu anak untuk dapat kreatif dalam mengekspresikan imajinasi nya terhadap gambar yg mereka lihat. Namun sangat disayangkan sekali dalam video ini peran guru masih kurang mendukung dimana guru seharusnya bisa lebih berekspresi lagi dan lebih membangun interaksi bersama anak-anak jadi anak akan merasa termotivasi dan merasa ikut terlibat dalam permainan ini sehingga perkembangan aspek motorik dan bahasa nya akan berkembang secara optimal.

Leave a Reply