silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

305 Comments

  1. Nama: Endah Rega Safitri
    NIM : 856974721
    Pokjar : Kota Agung Barat
    Menurut analisis saya, dalam pembelajaran tersebut guru dalam mengajar sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis secara bergantian. Namun ada siswa yang tidak maju mengerjakan soal dan tidak berani bertanya tentang materi tersebut menyebabkan guru tidak mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi pelajaran yang diberikan.

  2. Nama :OKTARI DEVIANTI
    NIM : 856050067
    POKJAR : ASAHAN

    Setelah saya melihat dan menganalisis video tersebut,saya dapat menemukan beberapa kelebihan di dalamnya: seperti guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang ada di papan tulis,dalam video tersebut guru sudah dapat membangkitkan motivasi siswa dan rasa percaya diri pada peserta didik.
    dalam video tersebut guru sangat menguasai materi/bahan ajar yang disampaikan Tentang sifat-sifat pada operasi hitung.
    tetapi ada satu kekurangan dari video tersebut yaitu: guru terlalu singkat menjelaskan dan langsung memberikan soal di papan tulis.
    Akan tetapi walaupun penjelasannya yang disampaikan guru sangat singkat tetapi siawa sangat mudah mengerti.
    Dan siswa sangat antusias maju ke depan untuk menjawab soal yang diberikan guru.

  3. NAMA : FILGA ARIV ANANTA
    NIM : 858925494
    POKJAR : KALISAT JEMBER

    Setelah saya mengamati video pembelajaran diatas guru menggunakan metode penyampaian materi secara cepat dan penyampaian materi secara garis besar saja , tanpa menggunakan contoh benda kongkret atau nyata agar seluruh siswa dapat memahami secara langsung bagaimana yang dimaksud dengan sifat komutatif atau pertukaran.

  4. NAMA: AGIL DWI LESTARI
    NIM : 855740061
    POKJAR: SIDOMULYO
    UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
    Setelah saya melihat video tersebut guru sudah menguasai materi tersebut yaitu mengenai sifat pada operasi hitung,guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut,guru juga menggunakan metode ceramah menurut saya pembelajaran tersebut sudah dapat memahami siswa

  5. Nama: Marisa Riantina
    NIM: 857004919
    Semester: 6
    Pokjar: Sidomulyo
    UPBJJ: Bandar Lampung

    1. Reaksi siswa pada saat pembelajaran tersebut antusias dalam belajar nya tinggi terlihat pada saat guru membikan pertanyaan siswa aktif menjawab serta berani untuk maju kedepan untuk menjawab soal di papan tulis.
    2. Kelemahan guru pada saat pembelajaran yaitu terlalu singkat dalam menjelaskan materi. guru langsung memebrikan contoh soal terhadap siswa.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adanya umpan balik seperti tanya jawab. pandai membangkitkan keaktifan siswa dalam belajar memberikan kesempatan siswa untuk mengekspresikan diri dan menumbuhkan percaya diri siswa.
    4. tidak ada hal unik yang saya temukan dalam video tersebut
    5. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut sebaiknya guru menjelaskan materi lebih panjang lagi serta memastikan semua siswa apakah sudah paham dengan apa yang disampaikan oleh guru.

  6. Nama : Siti Norani
    NIM : 858066096
    Program Studi : S1 PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK

    Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan.
    Setelah saya melihat dan menonton video di atas dapat saya simpulkan, bahwa ibu guru tersebut menjelaskan sifat-sifat pada operasi hitung yang dituliskan di papan tulis serta memberikan contoh-contoh sifat operasi hitung, sehingga peserta didik mudah memahami dan mengerti dari isi meteri ajar yang di jelaskan ibu guru tersebut. Dan selain itu juga ibu guru tersebut menyuruh peserta didik untuk maju ke depan kelas untuk mengerjakan contoh tersebut secara langsung untuk membangkitkan kepercayaan diri pada peserta didik.

  7. Assalamualaikum wr wb
    Nama : AL WAQI’AH
    NIM : 858924328
    POKJAR GENTENG A

    Setelah saya melihat vidio pembelajaran diatas, saya melihat adanya beberapa kekurangan dalam kegiatan pembelajaran, seperti guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, guru tidak memotivasi siswa, guru tidak mengaitkan kegiatan pembelajaran dengan kehidupan sehari – hari. Pada saat penyampaikan materi guru sudah menyampaikan dengan baik, dengan suara yang jelas dan guru juga memberikan soal soal serta memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab soal tersebut dan guru juga melakukan tanya jawab mengenai benar tidaknya jawaban yang sudah dikerjakan oleh siswa.

    Sedikit saran dari saya agar pembelajaran dikelas dapat menjadi bermakna yaitu, guru harus memberikan pendahuluan pembelajaran, mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari, dan memberikan motivasi kepada siswa.

    Demikian pendapat dari saya
    Wassalamualaikum wr wb

  8. Nama AL WAQIAH
    NIM 858924328
    POKJAR GENTENG A

    dari pengamatan vidio pembelajaran diatas, saya akan menyampaikan analisis saya terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
    Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, guru tidak memotivasi siswa, guru tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari .
    Pada akhir pembelajaran , guru tidak merefleksikan kembali pembelajaran, dan guru tidam memberikan tugas tindak lanjut mengenai pembelajaran tersebut.
    Sedikit saran dari saya agar pembelajaran dapat berlajan dengan baim yaiti guru harus dapat menarik perhatian siswa dengan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari., guru juga haru memberikan motivasi kepada siswa kenapa harus melaksanakan pembelajaran ini, guru juga harus menyimpulkan hasil pembelajaran diakhir kegiatan kepada siswa.

    Demikian analisis vidio dari saya

  9. AL WAQIAH
    NIM 858924328
    POKJAR GENTENG A

    dari pengamatan vidio pembelajaran diatas, saya akan menyampaikan analisis saya terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
    Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, guru tidak memotivasi siswa, guru tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari .
    Pada akhir pembelajaran , guru tidak merefleksikan kembali pembelajaran, dan guru tidam memberikan tugas tindak lanjut mengenai pembelajaran tersebut.
    Sedikit saran dari saya agar pembelajaran dapat berlajan dengan baim yaiti guru harus dapat menarik perhatian siswa dengan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari., guru juga haru memberikan motivasi kepada siswa kenapa harus melaksanakan pembelajaran ini, guru juga harus menyimpulkan hasil pembelajaran diakhir kegiatan kepada siswa.

    Demikian analisis vidio dari saya

  10. FELLA CAHYA SUFAH M / 858923713
    UPBJJ Jember – Pokjar Genteng A – 6C

    Menurut saya, ada beberapa keunggulan dalam video “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”
    – Guru melibatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan cara mengerjakan soal di papan tulis
    – Guru mengasah keberanian siswanya, memotivasi siswa agar percaya diri mengutarakan pendapat dalam menjawab soal
    – Guru memberikan beberapa contoh soal, agar siswa lebih memahami materi

    Namun, ada juga kekurangan dalam video pembelajaran tersebut, yakni :
    – Tidak adanya pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses
    – Penjelasan materi oleh guru terlalu singkat
    – Proses pembelajaraan kurang menarik perhatian siswa, karena penyampaian materi terlalu singkat

    Mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan.
    Terima kasih.

Leave a Reply