silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

304 Comments

  1. Nama: Agneswati Agustina Gultom
    NIM: 856024133
    UPBJJ UT: Medan
    Salut: Asahan

    Dari video yang telah saya tonton/perhatikan menurut saya guru aktif bertanya sehingga para siswa aktif menjawab. Hal unik dalam video tersebut guru juga aktif bertanya untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Tapi ada juga kelemahan dari video yang saya amati bahwa ada murid yang mengantuk yang menandakan murid belum siap utuk memulai proses kegiatan belajar mengajar. Saran saya sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru bisa melakukan ice breaking.

  2. Nama : Fauzan Fuadi
    NIM : 857136254
    Pokjar : Makasar
    UPBJJ : Jakarta
    Semester : 8

    Analisis tentang video tersebut:
    1. Kegiatan Awal
    – Guru tidak memulai dengan menyapa siswa
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Tidak ada ice breaking

    2. Kegiatan Inti
    – Guru langsung menyampaikan inti materi
    – Guru melibatkan siswa
    – Guru tidak menggunakan alat peraga
    – Guru kurang mengapresiasi siswa
    – Guru tidak memberikan alat evaluasi

    3. Kegiatan Akhir
    – Guru tidak mengajak siswa untuk memberikan simpulan
    – Tidak ada umpan balik
    – Tidak ada refleksi

  3. Nama : Wurtiningsih Asri Pratiwi
    NIM : 858877891
    Pojkar : Malang
    Semester : 6

    berikut analisis terkait vidio di atas berdasarkan pengamatan saya yaitu sbb:
    1. vidio direkam di tengah pembelajaran sehingga tidak dapat mengetahui apakah guru sudah melakukan apersepsi atau belum
    2. karena vidio sebagian besar dipotong, sehingga hanya ditampilkan yang bagian inti saja
    3. guru sudah menjelaskan dan menguasai materi pembelajaran dengan sangat baik
    4. guru terlihat terlalu cepat menjelaskan dikarenakan vidio yang ditampilkan hanya bagian inti
    5. guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan dan jawaban pertanyaan kedua langsung di jawab oleh guru sendiri
    6. guru dapat menguasai kelas dengan baik, hal ini dapat ditunjukan siswa terlihat tenang tanpa gaduh sedikit pun

    Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah nya mohon untuk pengoreksian.

  4. Nama : Hanna Aulia Prastiwi Br Sinaga
    Nim : 85604687
    Pokjar : Langkat
    UPBJJ : Medan
    Semester : 8

    Analisis tentang video tersebut :
    Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang focus dan juga kurang focus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak focus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja. Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.

  5. Nama : Hanna Aulia Prastiwi Br Sinaga
    Nim : 856046873
    Pokjar : Langkat
    UPBJJ : Medan
    Semester : 8

    Analisis tentang video tersebut :
    Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang focus dan juga kurang focus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak focus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja. Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.

  6. Menurut hasil Analisis tentang video tersebut :
    Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang focus dan juga kurang focus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak focus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja. Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.

  7. NAMA : Ummi Kartini Harahap
    NIM : 856046264
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan

    Menurut analisis saya dari video diatas ialah:
    Gurunya sudah bagus dalam memberikan pembelajaran mengenai materi sifat-sifat operasi hitung. Akan tetapi guru masih lalai dengan adanya kegiatan awal dalam pembelajaran, hal ini yang menimbulkan kelemahan/kekurangan pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada video tersebut. Kegiatan awal pembelajaran yang saya maksud seperti, pada saat pembelajaran akan dimulai hendaknya guru mengucapkan salam dan mengajak siswanya untuk bedoa terlebih dahulu, mengecek kehadiran siswa serta menanyakan kabar/kondisi siswa pada saat itu. Namun meskipun begitu, pada video pembelajaran tersebut terlihat sekali kelebihan yang ditonjolkan oleh guru yang sedang mengajar seperti, suasana kelas berlangsung kondusif, guru menguasai materi yang diajarkan, peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Dan juga pada video pembelajaran tersebut terdapat hal unik yaitu, guru memberikan beberapa pertanyaan di papan tulis dan mempersilahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, hal ini dapat memberikan dorongan bagi peserta didik untuk lebih semangat memperhatikan penjelasan guru. Solusi yang bisa saya berikan untuk memperbaiki pembelajaran guru tersebut adalah, guru sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu kegiatan awal pembelajaran seperti, mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengecek kehadiran kelas, dan menanyakan terlebih dahulu keadaan/kondisi siswa sebelum memulai pembelajaran.

  8. Nama : Ratini Winarsih
    NIM : 857620242
    UPBJJ : Purwokerto
    Judul Memahami Sifat pada Operasi Hitung
    Hasil analisis video menunjukkan bahwa siswa semuanya belajar dengan baik dalam video pembelajaran. Namun, ada beberapa siswa yang kurang fokus atau tidak bersemangat selama pembelajaran. Karena kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut, guru tidak memberi semangat belajar kepada siswanya, sehingga beberapa siswa menjadi semangat, dan yang lain tidak fokus. Dalam video pembelajaran, guru menjelaskan materi dengan cepat kepada siswa,

  9. Nama : Ratini Winarsih
    NIM : 857620242
    Pokjar : Purwokerto
    Hasil analisis video menunjukkan bahwa siswa semuanya belajar dengan baik dalam video pembelajaran. Namun, ada beberapa siswa yang kurang fokus atau tidak bersemangat selama pembelajaran. Karena kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut, guru tidak memberi semangat belajar kepada siswanya, sehingga beberapa siswa menjadi semangat, dan yang lain tidak fokus. Dalam video pembelajaran, guru menjelaskan materi dengan cepat kepada siswa,

  10. Nama : Elok Fa’iqotul Magfiroh
    NIM : 858921164
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Giri

    Saya mengamati video yang berjudul “Pembelajaran Matematika di SD Memahami Sifat Pada Operasi Hitung”.
    a. Kelemahan : Tidak adanya kegiatan pendahuluan pada video pembelajaran tersebut dan guru juga tidak menjelaskan tujuan serta manfaat mempelajari MATEMATIKA materi sifat operasi hitung, guru kurang interaktif dengan siswa dan tidak adanya kesimpulan di akhir pembelajaran.

    b. Saran : Guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan untuk menarik minat siswa dalam belajar. Guru diharapkan dapat lebih interaktif dengan siswanya. Mengenai media pembelajaran juga sebaiknya perlu diperhatikan, agar siswa lebih bersemangat lagi dalam belajar. Selain itu, guru juga harus memberikan kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa benar-benar faham akan materi yang sudah dipelajari.

Leave a Reply