silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Eka Suci Rahayu
NIM : 858564756
Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MALANG
Pendapat saya :
Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.
Terima kasih.
Nama: Asmara Dewi
NIM: 856620938
UPBJJ; Jambi
Pokjar: Kota Jambi
Dalam vidio tersebut, guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan tidak ada pertanyaan pemantik ataupun ice breaking untuk membuat siswa berinteraksi da bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Sebelum memulai pembelajaran guru juga bisa menambahkan pertanyaan pemantik untuk membuat siswa memahami materi yang akan di pelajari.
Nama : Yuli Ayunda
Nim : 855856789
Dalam vidio tentang memahami sifat-sifat pada operasi hitung.Pada awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.Guru tersebut juga telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Wenia Elfinta
NIM : 855743866
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Kelemahan dalam Video Pembelajaran 1
Kelemahan yang saya dapat dari video tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
b. Guru tidak memberi salam kepada siswa dan tidak menanyakan kabar siswa
c. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
d. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Guru tidak memberikan tugas kepada siswa.
Kelebihan dalam Video Pembelajaran 1
Kelebihan pembelajaran yang saya dapatkan dalam video tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Komunikasi antara guru dengan siswa sangat baik, sehingga siswa cukup antusias dalam kegiatan pembelajaran.
b. Guru memberikan ruang untuk siswa maju untuk menjawab pertanyaan yg ada.
Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
Rencana pembelajaran yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
a. Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
b. Guru sebaiknya mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa untuk bernyanyi.
c. Sebelum masuk pada materi inti, guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran.
d. Guru seharusnya memberi tugas sekolah maupun tugas rumah kepada siswa.
Nama : Nadya putri utami
Nim. : 855865534
Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yaitu siswa belajar semuanya dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang fokus dan juga kurang fokus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak fokus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja. Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.
Nama : RANI VERONIKA RITONGA
NIM : 859791653
Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN
Pendapat saya :
Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
Terima kasih.
Nama : RANI VERONIKA RITONGA
NIM : 859791653
Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN
Pendapat saya :
Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
Terima kasih.
Nama : RANI VERONIKA RITONGA
NIM : 859791653
Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN
Pendapat saya :
Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
Terima kasih.
Nama : Anti Tirani
Nim : 857701058
Pokjar : Kedungwuni kab. Pekalongan
Pada awal pembelajaran sebaiknya guru lebih memperhatikan antusias siswa dan lebih semangat pada awal pembelajaran supaya siswa lebih semangat
Pada saat pembelajaran guru diharapkan lebih memperhatikan tingkat konsentrasi siswa. Dan diharapkan untuk menambahkan ice breaking
Nama : Ida Zahidah
Nim : 858529063
Pokjar : Kedungwuni Kab. Pekalongan
Dalam vidio tersebut, guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran.sebaiknya guru Dalam vidio tentang memahami sifat-sifat pada operasi hitung.Pada awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.