silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

304 Comments

  1. Nama : Eka Suci Rahayu
    NIM : 858564756
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MALANG

    Pendapat saya :
    Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.
    Terima kasih.

  2. Nama: Asmara Dewi
    NIM: 856620938
    UPBJJ; Jambi
    Pokjar: Kota Jambi

    Dalam vidio tersebut, guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan tidak ada pertanyaan pemantik ataupun ice breaking untuk membuat siswa berinteraksi da bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Sebelum memulai pembelajaran guru juga bisa menambahkan pertanyaan pemantik untuk membuat siswa memahami materi yang akan di pelajari.

  3. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio tentang memahami sifat-sifat pada operasi hitung.Pada awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.Guru tersebut juga telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut.

  4. Nama : Wenia Elfinta
    NIM : 855743866
    UPBJJ : UT Bandar Lampung

    Kelemahan dalam Video Pembelajaran 1
    Kelemahan yang saya dapat dari video tersebut antara lain sebagai berikut:
    a. Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
    b. Guru tidak memberi salam kepada siswa dan tidak menanyakan kabar siswa
    c. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    d. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    e. Guru tidak memberikan tugas kepada siswa.

    Kelebihan dalam Video Pembelajaran 1
    Kelebihan pembelajaran yang saya dapatkan dalam video tersebut antara lain sebagai berikut:
    a. Komunikasi antara guru dengan siswa sangat baik, sehingga siswa cukup antusias dalam kegiatan pembelajaran.
    b. Guru memberikan ruang untuk siswa maju untuk menjawab pertanyaan yg ada.

    Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
    Rencana pembelajaran yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
    a. Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
    b. Guru sebaiknya mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa untuk bernyanyi.
    c. Sebelum masuk pada materi inti, guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran.
    d. Guru seharusnya memberi tugas sekolah maupun tugas rumah kepada siswa.

  5. Nama : Nadya putri utami
    Nim. : 855865534

    Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yaitu siswa belajar semuanya dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang fokus dan juga kurang fokus serta kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut guru kurang memberi semangat belajar kepada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak fokus. Dalam video pembelajaran guru sangat cepat menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga bagi siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti akan kurang pula ngerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode belajar menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja. Kelebihan guru meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga siswa semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.

  6. Nama : RANI VERONIKA RITONGA
    NIM : 859791653
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN
    Pendapat saya :
    Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
    Terima kasih.

  7. Nama : RANI VERONIKA RITONGA
    NIM : 859791653
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN

    Pendapat saya :
    Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
    Terima kasih.

  8. Nama : RANI VERONIKA RITONGA
    NIM : 859791653
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT MEDAN
    Pendapat saya :
    Dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. Sebaiknya, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi semangat belajar siswa terlebih dahulu, seperti ice breaking agar siswa mulai fokus untuk belajar.
    Terima kasih.

  9. Nama : Anti Tirani
    Nim : 857701058
    Pokjar : Kedungwuni kab. Pekalongan

    Pada awal pembelajaran sebaiknya guru lebih memperhatikan antusias siswa dan lebih semangat pada awal pembelajaran supaya siswa lebih semangat
    Pada saat pembelajaran guru diharapkan lebih memperhatikan tingkat konsentrasi siswa. Dan diharapkan untuk menambahkan ice breaking

  10. Nama : Ida Zahidah
    Nim : 858529063
    Pokjar : Kedungwuni Kab. Pekalongan
    Dalam vidio tersebut, guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran tersebut, guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran.sebaiknya guru Dalam vidio tentang memahami sifat-sifat pada operasi hitung.Pada awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.

Leave a Reply