silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

305 Comments

  1. Nama : Ida Zahidah
    Nim : 858529063
    Pokjar : Kedungwuni Kab. Pekalongan
    Dalam vidio tersebut guru masih menggunakan metode ceramah, guru sudah melibatkan siswa tetapi guru belum memberikan motivasi kepada siswa agar siswa lebih semangat untuk belajar. Dalam pembelajaran ini siswa lebih membuat siswa lebih aktif karena guru memberikan sebuah pertanyaan pertanyaan soal yang siswa harus di jawab.

  2. Nama : RANI VERONIKA RITONGA
    NIM : 859791653
    UPBJJ UT MEDAN

    Analisi saya dari video di atas yaitu ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Menurut saya kelebihannya ya, guru sudah menguasai materi sifat operasi hitung matematika di kelas 4, yaitu sifat komutatif, distributif, dan asosiatif, serta guru mampu menjelaskan dan menulis tipa pantulis dengan baik. Guru juga tak lupa melibatkan murid berpartisipasi mengerjakan soal ke depan. Dan menurut saya kekurangannya yaitu guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materinya, dan guru juga tidak membuat beberapa alat praga, seperti klereng, lidi, atau alat-alat lainnya yang mudah untuk dijadikan alat peraga.

  3. Nama : RANI VERONIKA RITONGA
    NIM : 859791653
    UPBJJ UT MEDAN

    Analisi saya dari video di atas yaitu ada beberapa kelebihan dan kekurangan.
    Menurut saya kelebihannya
    1. guru sudah menguasai materi sifat operasi hitung matematika di kelas 4, yaitu sifat komutatif, distributif, dan asosiatif, serta
    2. guru mampu menjelaskan dan menulis tipa pantulis dengan baik.
    3. Guru juga tak lupa melibatkan murid berpartisipasi mengerjakan soal ke depan.

    Dan menurut saya kekurangannya yaitu
    1. guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materinya, dan
    2. guru juga tidak membuat beberapa alat praga, seperti keereng, lidi, atau alat-alat lainnya yang mudah untuk dijadikan alat peraga.

  4. Nama : Fierlin Sariani Hutagaol
    Nim. : 855857243.

    Menurut saya , dalam pembelajaran
    tersebut, guru telah melibatkan siswa
    dalam pembelajaran yaitu dengan
    memberikan kesempatan kepada siswa
    untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini
    sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. disarankan, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.
    Terima kasih.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Izin menanggapi video ini
    Perkenalkan
    Nama: Suci Nur’Aulia
    Nim: 856457269
    Dari video yang saya lihat
    1.Pembukaan
    Menurut saya saat pembukaan, tidak terlihat nya ada pembukaan, seperti absensi, mengucap salam dll. Kemudian tidak terlihat adanya motivasi untuk siswa, serta tidak terlihat adanya apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran.

    2.Kegiatan inti
    Kegiatan inti sudah cukup bagus, karena guru menyampaikan materi langsung beserta contoh nya, kemudian dalam interaksi dengan siswa serta guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran langsung. Dimana siswa di ajak bersama mengerjakan contoh soal hal ini dapat melatih siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tetapi guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan.

    3.Kegiatan penutup
    Kegiatan penutup lumayan, karena ada pertanyaan mengenai pembelajaran yang telah di pelajari.

    Saran atau masukan
    Sebaiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran ini, guru dapat memilih metode pembelajaran yang lebih interaktif agar siswa lebih bersemangat dalam hal belajar.

  6. Nama : Fakhru Rinaldy Purnomo
    NIM : 858054346
    UPBJJ UT PONTIANAK

    Menurut analisis saya, pada video di atas guru sudah memberikan pemahaman sifat sifat pada operasi hitung dengan baik dan benar kepada siswa. Dimulai dari penjelasan sifat sifat operasi hitung apa saja kepada siswa, kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sifat sifat pada operasi hitung, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju memberikan contoh sifat sifat operasi hitung di papan tulis. Sehingga siswa aktif dan mudah paham, tidak juga lupa guru menanyakan kepada siswa mengenai materi tersebut, apakah sudah paham semua? dan tidak lupa juga untuk menyuruh siswa kembali belajar di rumah mengenai materi tersebut.

    Sekian analisis dari saya, Terimakasih.

  7. Nama : Fakhru Rinaldy Purnomo
    NIM : 858054346
    UPBJJ UT PONTIANAK

    Menurut analisis saya, pada video di atas guru sudah memberikan pemahaman sifat sifat pada operasi hitung dengan baik dan benar kepada siswa. Dimulai dari penjelasan sifat sifat operasi hitung apa saja kepada siswa, kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sifat sifat pada operasi hitung, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju memberikan contoh sifat sifat operasi hitung di papan tulis. Sehingga siswa aktif dan mudah paham, tidak juga lupa guru menanyakan kepada siswa mengenai materi tersebut, apakah sudah paham semua? dan tidak lupa juga untuk menyuruh siswa kembali belajar di rumah mengenai materi tersebut.

    Sekian analisis dari saya, Terimakasih.

  8. Nama : Indriani
    Nim : 859763962
    Kelas : Kendari

    “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”
    Hasil analisis video menunjukkan bahwa siswa semuanya belajar dengan baik dalam video pembelajaran. Namun, ada beberapa siswa yang kurang fokus atau tidak bersemangat selama pembelajaran. Karena kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut, guru tidak memberi semangat belajar kepada siswanya, sehingga beberapa siswa menjadi semangat, dan yang lain tidak fokus. Dalam video pembelajaran, guru menjelaskan materi dengan cepat kepada siswa,

  9. Nama yusman lasima
    Nim 859764971

    Menurut sya pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.

  10. Nama: ANDI PUTRI MAHARANAI
    Nim: 859764506
    Pokjar: KENDARI

    Menurut saya, dalam video tersebut guru menyampaikan materi pada materi pelajaran matematika cukup baik. Ada interaksi antara guru dan murid dalam pemahaman materi yang disampaikan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab. Secara umum guru dalam menyampaikan materi pada siswa sangat baik, metode pembelajarannya sangat aktif karna melibatkan anak dalam pembelajaran, penjelasan dari guru juga baik dengan melibatkan anak maka proses pmebelajaran menjadi menarik untuk siswa-siswi sehingga mereka memperhatikan dengan baik

Leave a Reply