silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

187 Comments

  1. Nama : Desi Dwi Lestari
    Nim : 858927577
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo
    Menurut saya dalam vidio pembelajaran siswa terlihat siap mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa terlihat fokus dan kompak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kelemahan dalam pembelajaran adalah kurang sapaan sebagai pembuka agar siswa lebih semangat belajar, dan adanya siswa yang kurang fokus karena mungkin duduk siswa membelakangi papan tulis. Kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru sudah kreatif menggunakan media yang mendukung agar materi mudah diterima oleh siswa, selain itu pembagian kelompok juga dapat membantu sesama teman yang kesulitan dalam memahami. Hal unik dalam pembelajaran adalah menggunakan media yang sangat membantu siswa agar mudah memahami materi tersebut. Menurut saya yang dapat diusulkan adalah pembukaan diawal lebih semangat lagi agar siswa juga ikut semangat, dan media lebih dikaitkan lagi dalam kegiatan pembelajaran.

  2. Nama : Fajriana Hayati
    NIM : 855746317
    Kelas : 6C
    Pokjar : Sidomulyo
    Dari vidio konsep perkalian mudah dikelas rendah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan .
    1.Reaksi siswa banyak diantara nya cenderung diam hanya ada beberapa siswa yang aktif .
    2.kelemahan
    -Guru tidak melakukan pembukaan seperti membaca do’a dan absensi siswa
    -kurangnya penjelasan guru terhadap tujuan pembelajaran
    -pembagian kelompok dalam jumlah besar dikelas rendah tidak cocok karena sebagian besar siswa cenderung bermain , hanya beberapa siswa yang fokus dalam diskusi kelompok .
    3.Kelebihan
    – Guru sangat kreatif dalam memberikan contoh dengan menggunakan alat peraga
    – Guru membentuk kelompok untuk aktif dalam berdiskusi
    4.solusi
    -di awal pembelajaran guru hendaknya memberikan salam dan membaca do’a bersama
    – Guru membagi siswa menjadi kelompok yang lebih kecil agar kegiatan diskusi kelompok menjadi lebih efektif

  3. Nama: DEDI GUNAWAN
    NIM : 856466472
    POKJAR: PERAWANG

    Pemahaman konsep perkalian sangat penting dikuasai oleh anak kelas rendah. Tapi kenyataannya guru menghadapi kesulitan untuk membelajarkan dengan cepat dan tepat. Sering anak diajarkan menghapal rumus perkalian yang sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk kelas rendah. Melalui program ini dengan konsep sederhana dan efektif bagaimana menanamkan perkalian dengan menggunakan alat peraga

  4. Nama : Teti Sumarni
    Nim : 859519255
    Kelas : 8B
    Pokjar : Kp. Makasar
    Upbjj : Jakarta

    Menurut saya dari video yang saya tonton diatas, guru sudah melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kaidah dala mengajar. Guru mengajar memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

    Kelebihan yang dimiliki oleh guru yang menjelaskan video di atas yaitu:
    1. Guru menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
    2. Guru mampu melibatkan siswa untuk aktif dan bertanya jawab
    3. Guru membentuk kelompok untuk membimbing siswa berdiskusi serta
    4. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersemangat untuk belajar.

    Kekurangan yang dimiliki oleh guru yang menjelaskan video di atas yaitu:
    1. Tidak melakukan pembukaan seperti doa, absensi kehadiran siswa dan juga tidak dilakukan nya kegiatan ice breaking untuk membangun semangat siswa agar tidak mengantuk dan lebih semangat dalam belajar.
    2. Guru tidak menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yang akan diajarkan.
    3. Di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan juga evaluasi untuk penguatan dalam pembelajaran

  5. Nama : Lestari Wulan Azizah
    Nim :858923666
    UPBJJ : Jember
    Pokjar Tegaldlimo
    Menurut saya, dari video yang saya saksikan diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya. Untuk kelemahannya antara lain:
    1. Kurangnya pendekatan diawal, yang menyebabkan siswa cenderung lebih diam dan siswa menjadi kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran diawal.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Tidak adanya ice breaking, karena ini pembelajaran dikelas rendah pentingnya untuk melakukan ice breaking, tetapi guru tidak melakukan hal tersebut.
    Adapun kelebihan dalam video diatas adalah:
    1. Guru kreatif dengan membuatkan media belajar untuk siswa berupa alat yang berupa gambar ayam dan telur.
    2. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk tetap bisa aktif mengikuti pembelajaran dengan cara membentuk kelompok dan meminta siswa maju kedepan untuk mengerjakan sesuatu.

  6. Nama : Lestari Wulan Azizah
    Nim :858923666
    UPBJJ : Jember
    Pokjar :Tegaldlimo
    Menurut saya, dari video yang saya saksikan diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya. Untuk kelemahannya antara lain:
    1. Kurangnya pendekatan diawal, yang menyebabkan siswa cenderung lebih diam dan siswa menjadi kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran diawal.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Tidak adanya ice breaking, karena ini pembelajaran dikelas rendah pentingnya untuk melakukan ice breaking, tetapi guru tidak melakukan hal tersebut.
    Adapun kelebihan dalam video diatas adalah:
    1. Guru kreatif dengan membuatkan media belajar untuk siswa berupa alat yang berupa gambar ayam dan telur.
    2. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk tetap bisa aktif mengikuti pembelajaran dengan cara membentuk kelompok dan meminta siswa maju kedepan untuk mengerjakan sesuatu.

  7. Nama : Dwi Nur Aisya
    NIM : 858687379
    UPBJJ : UT Surabaya
    Pokjar : Al – Khodijah Mojokerto
    Assalamualaikum Wr. Wb
    izin menanggapi vidio di atas.
    menurut pendapat saya, situasi dalam vidio di atas menunjukkan bahwa di awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat belajar terhadap siswa sehingga siswa siswi kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran dan siswa siswinya kurang aktif. diawal pembelajaran guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan pembelajaran yang telah dilakukan dan seharusnya guru tersebut mengulas kembali sedikit materi yang telah diajarkan barangkali ada siswa siswi yang kurang paham mengenai materi tersebut. tetapi di dalam pembelajaran tersebut sudah menggunakan media pembelajaran yang mudah di pahami oleh siswa siswinya.

    sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  8. NAMA : DORA SIDAURUK
    NIM : 856046859
    UPBJJ : UT MEDAN
    POKJAR : LANGKAT
    SEMESTER 8

    Kelebihan:
    1. Guru menggunakan media pembelajaran, sehingga memudahkan siswa menerima materi. Sesuai dengan usianya, siswa SD kelas rendah masuk ke dalam fase operasional konkret yang membuat mereka akan mudah menerima suatu konsep jika diwujudkan dengan sebuah benda yang nyata.
    2. Guru menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia kelas rendah, sehingga mudah diterima oleh siswa. Proses perkembangan bahasa anak SD kelas rendah, masih dalam tahap bahasa sederhana, sehingga mereka harus diberi penjelasan dengan bahasa ringan.
    3. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Pembagian kelompok ini memudahkan siswa dalam bertanya kepada teman sebaya. Selain itu, guru dapat menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

    Kekurangan:
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran penting untuk disampaikan kepada siswa, karena siswa akan mengerti apa yang ingin mereka dapatkan setelah mereka menerima materi pembelajaran ini.
    2. Guru kurang memanfaatkan media dengan baik. Keberadaan media seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik seperti siswa dapat mencobanya sehingga dapat memberikan pengalaman nyata yang akan membekas di pikiran siswa. Dalam video tersebut, siswa tidak dilibatkan dalam penggunaan media. Sehingga beberapa kali siswa terlihat kebingungan memahami penjelasan guru.

    Untuk saran perbaikan, guru dapat melibatkan siswa dalam menggunakan media. Sehingga siswa akan lebih mudah menerima materi dan membuat tujuan pembelajaran mudah dicapai.

    Selamat Siang.

  9. Nama : Ica Puji Lestari
    NIM : 857563848
    UPBJJ : UT Purwokerto
    Pokjar : Slawi

    Dari video yang saya tonton tersebut, Menurut pendapat saya, situasi didalam video di atas pada awal pembelajaran guru sudah tidak memberikan semangat belajar terhadap peserta didiknya sehingga peserta didik cenderung kurang bersemangat ketika menerima pembelajaran dan membuat peserta didiknya kurang aktif dalam pembelajaran matematika tersebut. Diawal pembelajaran guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran apa yang nantinya akan dicapai. Kemudian pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan bersama peserta didik dan seharusnya guru tersebut mengulas kembali sedikit materi yang telah diajarkan sebelumnya barangkali ada peserta didik yang kurang paham atau lupa mengenai materi tersebut. tetapi di dalam pembelajaran tersebut sudah menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk di pahami oleh peserta didik

  10. Nama : ELISA
    NIM : 855736394
    UPBJJ : LAMPUNG
    Pokjar : Bandar Lampung
    Menurut saya dari video yang saya tonton diatas, guru sudah melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kaidah dala mengajar. Guru mengajar memiliki kelebihan dan juga kekurangan.
    1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a) Guru tidak melakukan pendahuluan, tidak melakukan salam pembuka, berdoa dan absen anak pada awal Pembelajara
    b) Guru tidak menyampaikan tujuan dari Pembelajaran.
    c) Guru tidak mengecheck setiap siswa yang memang sudah paham atau tidak
    d) Guru tidak memberi apresiasi kepada siswa yang mampu mengerjakan contoh soal yang diberikan

    2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video

    a) Didalam video tersebut, guru menggunakan media Pembelajaran atau menggunakan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar siswa.
    b) Guru lebih semangat dalam mengajar, karena siswa terlihat senang serta sedikit berantusias dalam kegiatan pembelajaran.
    c) Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang mampu dalam mengerjakan soal diberikan oleh guru, sehingga siswa jadi lebih semangat.
    d) Guru menggunakan metode kelompok belajar, untuk berdiskusi dalam mengerjakan soal yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengerjakannya dengan kerja sama.

    3. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Guru sebelum menyampaikan pelajaran sebaiknya dibuka dengan salam apersepsi. Guru sebelum memberikan tugas kepada siswa sebaiknya memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang disampaikan.
    4. Rencana atau pembelajaran yang dilakukan Sebaiknya, sebelum memulai pembelajaran, Guru melakukan kegiatan pendahuluan (Memberi salam, menanya kabar siswa, mengecek kehadiran, berdoa). Adanya feedback tanya jawab terhadap siswa agar lebih aktif dan tidak terlalu monoton terhadap bacaan serta guru harus menugaskan siswa membuat cerita tentang kegiatannya sehari-hari sepulang sekolah agar tercipta dan terbukanya wawasan dalam pikiran siswa.

Leave a Reply