silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

199 Comments

  1. Nama : Lisma wahyuni
    Nim : 855864231
    pokjar : Batubara
    Dari video pembelajaran diatas, sebenrnya videonya dan cara mengajar ibu guru tersebut mudah dipahami, tetapi saya lihat ibu guru tadi ketika membuka pembelajaran tidak semngat dan tidak melakukan ice breaking sehingga muridnya pun merasa kurang bersemngat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan, dan ibu guru juga tidak melakukan doa, dan lngsung pulng begitu saja,

  2. Nama : Ulfa Intan Mei Lia
    NIM : 858926844
    1. Siswa sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mendeskripsikan benda
    2. Ketika guru sudah memasuki materi pembelajaran, alangkah baiknya guru menuliskan judul/materi apa yang akan dibahas di hari itu terlebih dahulu dipapan tulis
    3. Guru sudah sangat baik dalam menjelaskan materi terhadap murid dengan bahasa yang mudanh untuk dipahami murid
    4. Ketika seorang murid maju ke depan untuk menjelaskan suatu benda dengan berani dan percaya diri, guru tidak memberikan feedback atau applause kepada murid tersebut, jika hal itu dilakukan akan menambah semangat murid dalam pembelajaran
    5. Ketika pembelajaran seharusnya guru lebih bisa menguasai kelas tidak hanya monoton berdiri di bagian depan kelas saja, dengan begitu siswa/murid yang berda di bagian belakang akan ikut terkondisikan

  3. Nama : Ulfa Intan Mei Lia
    NIM : 858926844
    Pokjar : Purwoharjo
    1. Siswa sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mendeskripsikan benda 2. Ketika guru sudah memasuki materi pembelajaran, alangkah baiknya guru menuliskan judul/materi apa yang akan dibahas di hari itu terlebih dahulu dipapan tulis 3. Guru sudah sangat baik dalam menjelaskan materi terhadap murid dengan bahasa yang mudanh untuk dipahami murid 4. Ketika seorang murid maju ke depan untuk menjelaskan suatu benda dengan berani dan percaya diri, guru tidak memberikan feedback atau applause kepada murid tersebut, jika hal itu dilakukan akan menambah semangat murid dalam pembelajaran 5. Ketika pembelajaran seharusnya guru lebih bisa menguasai kelas tidak hanya monoton berdiri di bagian depan kelas saja, dengan begitu siswa/murid yang berda di bagian belakang akan ikut terkondisikan

  4. Nama : Yanes Martha Pattinasarani
    NIM : 858912892
    Pokjar : Genteng A

    Menurut video yang saya lihat di situ guru tidak ada semangat untuk mengajar dan kurang menarik perhatian anak-anak, Guru juga kurang memiliki keterampilan dalam mengajar.

  5. Nama : Rahmatul Huda
    NIM : 855866647
    Pokjar : Asahan
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlihat positif. Mereka tampak antusias dan terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka mengikuti instruksi guru, seperti duduk berkelompok, mendengarkan penjelasan guru, dan berusaha menjawab pertanyaan guru dengan deskripsi benda-benda yang diberikan.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan:
    – Bahasa yang kurang jelas: Terdapat beberapa kalimat yang terdengar tidak jelas atau mungkin salah, seperti frasa “penjelasan tentang nama UM” yang mungkin tidak dimengerti dengan baik oleh siswa.
    – Kekurangan struktur pembelajaran yang jelas: Meskipun guru terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti mendeskripsikan benda-benda dan meminta siswa untuk berpartisipasi, namun tidak terdapat struktur pembelajaran yang jelas yang diikuti.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan:
    – Interaktif dan melibatkan siswa: Guru berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Mereka diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam mendeskripsikan benda-benda dan berbagi pengetahuan mereka.
    – Penggunaan variasi dalam metode pembelajaran: Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran, termasuk deskripsi benda-benda dan memberikan gambar kepada siswa untuk mengamati dan mendeskripsikan, yang dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Penggunaan Bahasa yang Akrab: Guru menggunakan bahasa yang akrab dan santai, seperti “Hai huh Selamat pagi anak-anak pagi Hai”, yang mungkin bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih dekat dan akrab dengan siswa.
    – Penggunaan Teknik Pengajaran yang Beragam: Guru menggunakan berbagai teknik pengajaran, termasuk menjelaskan dengan deskripsi benda-benda, memberikan gambar kepada siswa untuk mengamati dan mendeskripsikan, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
    – Pemberian Pujian dan Dorongan: Guru memberikan pujian dan dorongan kepada siswa ketika mereka berhasil menjawab pertanyaan atau memberikan deskripsi yang baik, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa dalam pembelajaran.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Peningkatan Keterampilan Bahasa: Guru dapat memperhatikan penggunaan bahasa yang lebih jelas dan formal dalam memberikan instruksi dan penjelasan. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik.
    – Peningkatan Keterlibatan Siswa: Guru dapat lebih aktif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam aktivitas pembelajaran.
    – Evaluasi dan Umpan Balik: Guru dapat melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan meminta umpan balik dari siswa untuk mengetahui area mana yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan di masa mendatang.

  6. 1. Bagamana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    • Siswa kurang tertarik dalam pembelajaran matematika “Mendeskripsikan benda secara tepat”
    • Siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran “Mendeskripsikan benda secara tepat”
    • Siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran “Mendeskripsikan benda secara tepat”
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru Dalam melakukan pembelajaran?
    • Saat awal pembelajaran seharusnya ekspresi wajah guru harus bersemangat agar siswa juga merasa semangat.
    • Saat awal pembelajaran seharusnya juga diadakan ice breaking.
    • Saat sebelum memulai pembelajaran guru seharusnya membahas materi sebelumnya yang diajarkan terlebih dahulu.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru Dalam melakukan pembelajaran?
    • Dalam menyampaikan pembelajaran Bahasa yang digunakan guru mudah dimengerti siswa.
    • Guru juga memberikan kesempatan siswa dalam berpikir kritis.
    • Guru juga menggunakan buku modul untuk pembahasan materi.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan Dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    • Kurangnya kesadaran guru untuk memberikan apresiasi saat siswa sudah mau maju dan menjelaskan suatu benda.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    • Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru, seharusnya guru harus bisa meng-upgrade atau memperbaiki

  7. Nama : Fitrotul Anisa
    NIM : 877325533
    Pokjar : Pakis
    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut :
    – Siswa sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran
    – Guru memberikan contoh dengan membawa benda konkret sehingga memudahkan siswa untuk mendeskripsikan dan mengetahui benda secara langsung
    – Guru perlu memberikan kesempatan pada siswa agar mereka dapat mendeskripsikan benda sesuai kosa kata mereka sendiri.

  8. Nama wah
    Nim ; 859502695
    setelah mengamati vidio tesebut di atas dapat dilihat metode pembelajaran yang di lakukan , karena sebelu melakuakln pembelajaran , tidak , doa , tambahan nyayin , tapi di kegiatan inti menggunakan media pembelajaran yang bisa menarik minat siswa, sudah baik

  9. Nama : NUR AISYAH LUBIS
    NIM : 878251812
    Pokjar : TAPSEL
    Menurut saya pembelajaran di video tersebut sangat to the poin dapat kita lihat dari saat ibu guru dalam video saat masuk ke dalam kelas setelah menyapa murid langsung ke materi pembelajaran. Materi pelajaran tersampaikan dengan sangat ringan karena menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami khususnya murid kelas rendah. Hal ini merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh guru kelas rendah agar tujuan dari pembelajaran dapat diterima dan dipahami oleh murid-murid tersebut. Kemudian penggunaan media pembelajaranyang sesuai materi pembelajaran berupa benda-benda konkrit menjadikan proses pembelajaran ini tersampaikan dengan baik karena murid langsung dapat melihat dan mengetahui ciri-ciri ataupun deskripsi dari benda konkrit tersebut.

  10. Nama : NUR AISYAH LUBIS
    NIM : 878251812
    Pokjar : TAPSEL

    Menurut saya pembelajaran di video tersebut sangat to the poin dapat kita lihat dari saat ibu guru dalam video saat masuk ke dalam kelas setelah menyapa murid langsung ke materi pembelajaran. Materi pelajaran tersampaikan dengan sangat ringan karena menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami khususnya murid kelas rendah. Hal ini merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh guru kelas rendah agar tujuan dari pembelajaran dapat diterima dan dipahami oleh murid-murid tersebut. Kemudian penggunaan media pembelajaranyang sesuai materi pembelajaran berupa benda-benda konkrit menjadikan proses pembelajaran ini tersampaikan dengan baik karena murid langsung dapat melihat dan mengetahui ciri-ciri ataupun deskripsi dari benda konkrit tersebut.

Leave a Reply