silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

45 Comments

  1. Nama : Ima Resmawati
    NIM : 857529268
    Program Studi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bandung
    Pokjar : Katapang

    Bismillah … Izin menanggapi
    Dalam video tersebut, tampak siswa antusias dengan melihat si Cepot. Hal ini menjadi satu kelebihan yang sangat bagus dalam menarik perhatian siswa sehingga bisa lebih cepat kondusif dan siap dalam menerima materi pelajaran. Selain itu, metode yang digunakan guru sangat baik dengan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan presentasi penghitungan sendiri dan memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani melakukan presentasi.
    Terima kasih

  2. Nama : Rahny Busra
    NIM : 856278587

    Berdasarkan video yang telah diamati sebelumnya, pendapat saya tentang video yaitu :
    Kelebihan:
    1. Suasan kelas sudah tertib dan kondusif
    2. Media pelajaran yang digunakan sudah menarik dan juga berkaitan dengan budaya bangsa Indonesia yaitu Si Cepot
    3. Penjelasan yang diberikan guru jelas dan mudah dimengerti
    4. Adanya umpan balik dari guru ke siswa berupa pertanyaan
    5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
    6. Guru sudah memberikan reward/ apresiasi kepada siswa yang mau maju kedepan berupa tepuk tangan

    Kekurangan :
    1. Diawal pembelajaran guru seharusnya memberikan motivasi kepada siswa kenapa harus mempelajari pengurangan bilangan bulat. Misal dengan mempelajari bilangan bulat kita bisa menentukan selisih atau jarak yang ada di kehidupan sehari-hari.
    2. Pembelajaran masih bersifat kaku karena yang terlihat aktif di video adalah guru
    3. Guru hanya memberikan kesempatan maju kedepan untuk satu siswa
    4. Diakhir pembelajaran guru belum membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang operasi pengurangan bilangan bulat

    Secara keseluruhan kegiatan belajar mengajar menarik karena sudah menggunakan media pembelajaran yang tepat dan juga memperkenalkan budaya Indonesia melaui Si Cepot

  3. nama : Sarda Aprilia Eka P
    nim : 858774006
    Pokjar : kota kediri
    menurut pendapat saya dari analisis vidio diatas:
    kelebihan:
    1. penggunan media yang digunakan oleh guru baik dan dapat menarik perhatin siswa
    2. guru sudah baik dalam menjelaskan materi
    3. guru dapat mengkondisikan kelas dengan tertib
    4.siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan guru dengan baik
    5. guru memberikan apresiasi yang dapat menumbuhkan semangat belajar bagi siswa
    kekuragan :
    1. pada pembukaan pembelajaran guru tidak menyapa dan mengajak berdoa
    2. guru kurang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar
    3. guru tidak mengajak siswa memberikan masukan atau simpulan pembelajaran serta doa

  4. Nama : Ratna dewi br duha
    Nim : 855856646

    Kelebihan
    siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan guru dengan baik

    Kekurangan
    guru kurang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar

  5. Nama : Ratna dewi br duha
    Nim : 855856646

    Kelebihan
    siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan guru dengan baik

    Kekurangan
    guru kurang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar

  6. NAMA : NAHRUL AHMADI
    NIM : 858901574
    POKJAR : WULUHAN
    UPBJJ : JEMBER

    Mohon ijin menanggapi terkait video pembelajaran yang telah disajikan di atas.

    Berdasarkan video yang telah disajikan di atas, maka dapat kita lihat bagaimana saat proses pembelajaran sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut
    1. Saat Guru memulai pembelajaran, terlihat peserta didik begitu antusias dan siap memulai pembelajaran. Diawali dengan menjelaskan keterkaitan materi hari itu dengan materi sebelumnya, Guru telah memberikan kesempatan pada siswa untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya.
    2. Pada saat Guru memberikan penjelasan materi, guru terlihat sudah mempersiapkan dengan baik, hal ini dapat terlihat dari bagaimana guru menjelaskan materi dengan baik dan mudah dipahami siswa.
    3. Penggunaan media alat peraga “garis bilangan” bersama tokoh bernama cepot menurut saya sudah sangat tepat dilakukan oleh Guru dengan sangat baik. Peserta didik yang tertarik dan antusias dengan pembelajaran menggunakan media tersebut, akan lebih mudah memahami konsep operasi hitung bilangan bulat.
    4. Dalam video terlihat Guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan dengan menjawab pertanyaan dan mempaktekkan secara langsung penggunaan media sesuai dengan penjelasan yang telah disampaikan oleh Guru. Peserta didik juga terlihat dapat menjawab dengan baik. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian soal latihan kepada peserta didik.
    5. Pada kegiatan akhir pembelajaran, Guru telah menutup pembelajaran dengan baik.

    Selain pelaksanaan pembelajaran yang sudah sangat baik, namun juga terdapat kekurangan yang menurut saya bisa dijakukan perhatian lebih dalam pembelajaran selanjutnya. Adapun kekurangan yang dapat saya lihat dalam video tersebut adalah :
    1. Pembelajaran masih berjalan satu arah dengan berfokus pada guru. Dimana seharusnya, peserta didik juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan dan mengemukakan pendapat, ide, dan gagasannya mengenai materi yang disampaikan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal peserta didik, kemudian guru memberikan umpan balik dan apresiasi kepada peserta didik yang berhasil menjawabnya.
    2. Penjelasan guru juga terlihat terlalu cepat, sehingga hanya peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata yang dapat memahami penjelasan tersebut dengan baik. Sementara bagi peserta didik yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata masih kesulitan untuk memahaminya.

    Demikian analisis video pembelajaran berdasarkan tayangan yang telah disajikan di atas. Terimakasih, semoga hal hal positif pada video pembelajaran tersebut, dapat kita terapkan dengan baik di kelas kelas yang menjadi tanggung jawab kita dilembaganya masing-masing.

    Terakhir, mohon maaf jika komentar dari saya ini masih memiliki banyak kekurangan.

  7. Nama:Tiara Yasinta
    Nim: 855864303
    Pokjar sei balai
    Menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari cara mengajarnya:
    1.kelas yang kondusif
    2.siswa aktif
    4.berlangsungnya kegiatan tanya jawab antar guru dan siswa
    5.beberapa siswa dapat mempraktikkan cara menghitung dengan bantuan si Cepot
    Kelemahannya dari vidio tersebut yang di lakukan
    1 guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yang baik
    2.siswa tidak di beri gagasan ide
    3.masih ada siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan

  8. Nama: Yunita Ria Diana
    NIM: 856992024
    UPBJJ: BANDAR LAMPUNG

    Izin menanggapi video di atas, menurut saya pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar.

    Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran.

    Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

  9. Nama : Sherly Anggrani
    Nim : 858685572
    Pokjar : Putra Bangsa Jombang
    UPBJJ : Surabaya

    Setelah melihat video pembelajaran di atas, saya akan menanggapi video tersebut.
    penggunaan metode alat peraga si cepot sangat efektif dalam pembelajaran matematika.
    keunggulan dalam video:
    1. siswa menjadi bersemangat dalam mengikuti pelajaran
    2. siswa lebih cepat memahami materi yang diberikan oleh guru
    3. kondisi kelas tidak ramai
    4. semua siswa berkonsentrasi melihat guru dalam memperagakan pengurangan matematika.

    kekurangan dalam video:
    kurangnya memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mencoba alat peraga supaya masing-masing siswa lebih faham dan cepat ingat jika memperagakan sendiri-sendiri.

    kesimpulannya video pembelajaran menggunakan alat peraga si cepot sangat efektif dalam mengajarkan pengurangan matematika kepada siswa.
    sekian pendapat saya, terima kasih.

Leave a Reply