silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama : Sindy Masrupah
    NIM : 858071532
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Mempawah
    Dalam video ini, guru menjelaskan dengan bersemangat suara guru juga lantang sehingga anak antusias dan fokus dalam mendengarkan materi Pembelajaran.
    Guru juga menjelaskan materi dengan asik dan tidak monoton. Guru dalam video tersebut sangat kreatif dalam menyediakan media Pembelajaran. Tetapi, dalam memulai Pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal seperti mengucapkan salam dan berdoa dan juga pada kegiatan akhir guru tidak melakukan penutup. Guru tidak memberikan kesempatan bertanya pada anak.

  2. Nama Mahasiswa : Dhea Fitriani
    NIM : 855777493
    Program Studi. : S1 PGSD
    UPBJJ : Palembang

    1. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan dari video pembelajaran 1 yang penulis analisa yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.

    Kelemahan kedua, di awal pembelajaran suara guru terdengar sedikit terbata-bata. Hal ini bisa mengganggu persiapan siswa untuk langsung fokus masuk dalam inti pembelajaran.

    2. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.

    3. Hal unik yang terdapat dalam video
    Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.

    4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
    Dari kelemahan dan kelebihan video 1 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kegiatan pendahuluan, salam pembuka dan doa menjadi hal penting yang tidak boleh terlupakan. Memotivasi siswa dengan kegiatan bernyanyi dan belajar dalam bentuk permainan perlu dilaksanakan Serta pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran kami masukkan dalam rencana pembelajaran ini. Dan tidak kalah pentingnya, doa di kegiatan penutup menjadi akhir dari kegiatan pembelajaran.

  3. Nama : Hendi Alfrius Waruwu
    Nim : 855855519
    Pokjar : Idanogawo
    Setelah saya menonton video ini dapat saya simpulkan cara menyampaikan materi sudah bagus dan menarik sehingga siswa sangat bersemangat dalam mengikuti Pembelajaran dan adapaun kelemahan yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.

  4. NAMA : RAHMADI
    NIM :856976581
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR :KOTAAGUNG
    Berdasar kan vidio pembejaran di atas ,menurut pendapat saya bahwa Keterampilan bertanya itu sangat penting untuk di kuasai oleh seorang guru, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan bertanya. Dengan keterampilan bertanya ini dapat mendorong atau menstimulus berpikir anak sehingga menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna.selain guru yang bertanya kepada siswanya..mungkin dari kegiatan absensi dan menanyakan kabar siswa dan memintai keterangan siswa yang tidak masuk itu juga termasuk unsur keterampilan bertanya dalam kelas

  5. NAMA : RAHMADI
    NIM :856976581
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR :KOTAAGUNG
    Berdasar kan vidio pembejaran di atas ,menurut pendapat saya bahwa Keterampilan bertanya itu sangat penting untuk di kuasai oleh seorang guru, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan bertanya. Dengan keterampilan bertanya ini dapat mendorong atau menstimulus berpikir anak sehingga menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna.selain guru yang bertanya kepada siswanya..mungkin dari kegiatan absensi dan menanyakan kabar siswa dan memintai keterangan siswa yang tidak masuk itu juga termasuk unsur dalam keterampilan bertanya dalam kelas

  6. Nama : Dewi Susanti
    NIM : 855853973
    Izin menanggapi dari video tersebut :
    1. Dalam video tersebut, tidak ada kegiatan apersepsi dengan berdoa dan mengulas kembali pelajaran sebelumnya.
    2. Ibu tersebut sangat lantang dan bijaksana dalam mengajarkan, membuat suasana belajar hidup dan anak-anak gembira.
    3. Guru tersebut membuat pembelajaran yang mandiri kepada siswa, sehingga siswa rasa ingin tahu nya tinggi, dan pembelajaran sangat aktif, berinteraksi dan bekerja sama.
    4. Dari awal kegiatan, tidak ada apersepsi, dan selanjutnya juga malah tidak ada kegiatan penutup di akhir pelajaran.

  7. Nama : INDAH JIHAN FADILA
    NIM : 856468562
    Upbjj : Batam
    Pokjar : Batam

    Berdasarkan vidio pembelajaran di atas
    Guru sangat kreatif dan dan cara penyampaian ke murid pun sangat mudah di mengerti, bersemangat dalam menjelaskan ke siswa pun sangat bersemangat dan menggunakan metode bernyanyi dan bermain sehingga tidak menjadikan keadaan di dalam kelas membosankan dan di tambah pula dengan suara guru yang lantang jelas di dan memberikan pertanyaan pertanyaan ke siswa sehingga membuat siswa aktif dan membuat pelajaran dapat mudah diingat dalam keterampilan bertanya

  8. syifa farhanah
    857132139
    UPBJJ Jakarta
    POKJAR Kalideres
    Menurut saya mengasah kemampuan bertanya sejak usia SD sangat penting demi membentuk sikap kritis dan eksploratif pada anak. dengan mengasah kemampuan bertanya pada anak, anak akan mampu mengasah kepercayaan diri menambah wawasan dan keaktifan anak pada saat bersosialisasi dan komunikasi terutama pada saat belajar.dalam video tersebut guru mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif sehingga siswa mampu mengungkapkan pertanyaan maupun pendapat secara reflek dan sesuai pada topik pembelajaran sehingga mampu mengeksplorasi materi tersebut dengan baik.

  9. NAMA : WIDYA ANNISA ARUMSARI
    NIM : 857320855
    UPBJJ : BOGOR
    POKJAR : BOGOR SELATAN

    1. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.

    2. Hal unik yang terdapat dalam video
    Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.

  10. Nama: Erlita S Sinirian
    NIM: 859517767

    Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban (respon) dari peserta didik.
    Setelah menonton video tersebut, menurut saya guru sudah menunjukkan keterampipan bertanya dalam pembelajaran yang dibuktikan dengan keaktifan dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, yg didukung dengan penggunan barang yg nyata dan pengpaian konsep materi berat benda yang sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami materi tersebut. Terima kasih atas video ini yang membuat saya terinspirasi aga lebih kreatif lagi dalam menggunakan ketrampilan bertanya di kelas.

Leave a Reply