silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.

Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda! 

Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.

Similar Posts

42 Comments

  1. Nama : Nanda putri eprelia
    NIM : 857695097
    PRODI : PGSD 42/Semarang
    Pokjar : Boja

    Dari video yang saya amati di atas, saya menganalisis kelebihan dan kekurangan dari cara penyampaian pesan lewat media telepon. Antara lain yaitu sebagai berikut :
    1. Kekurangan dalam video tersebut adalah kurangnya kalimat sapaan seperti Selamat pagi/siang/malam kemudian juga ketidak pahaman penerima pesan sehingga ketika menyampaikan pesan kurang tepat dan menjadikan kesalah pahaman.

    2. Kelebihan dari video tersebut adalah bahasa yang digunakan dengan bahasa baku bukan bahasa sehari-hari. Jadi,untuk media pemangatan sangat cocok karena jika menggunakan bahasa sehari-hari kurang tepat jika dijadikan materi pembelajaran. Kemudian cara memperbaiki kesalahan juga sudah tepat, yaitu dengan cara menyediakan alat tulis agar pesan yang diterima dan disampaikan tidak salah. Guru dalam video tersebut juga tepat dalam mengarahkan, dan juga tidak menegur dengan kekerasan tetapi dengan pembelajaran bagaimana cara menyampaikan dan menerima pesan dengan baik dengan cara menunjuk dua siswa untuk mempraktekkam sehingga siswa dapat menerima materi dengan mudah.

  2. Nama : Widya Annisa arumsari
    NIM : 857320855
    Jurusan : PGSD semester 6

    Setelah saya menyaksikan tayangan video di atas, menurut pendapat saya pembelajaran tersebut sudah baik dan nyaris sempurna. Metode yang digunakan guru sudah sesuai dengan kompetensi. Alat peraga juga telah menunjang lancarnya pelaksanaan pembelajaran. Guru telah melibatkan siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan Tanya jawab. Di akhir pembelajaran guru memberikan motivasi dan pesan moral tentang berkomunikasi melalui telepon.

  3. Nama: Syamsul Bahri
    Nim : 856447616
    Prodi : S1 PGSD

    setelah saya menyaksikan video diatas, seorang siswa salah dalam menyampaikan pesan melalui telepon, sehingga terjadi kesalahpahaman dari si penerima telepon. dimana sipenerima telpon mengatakan bahwa temanyan tidak sekolah karena sakit, padahal si penelpon mengatakan kalau ia tidak sekolah karena menjaga neneknya yang sedang sakit. saran dari guru kepada murid murid nya agar pesan yang diterima oleh sipenerima telpon harus dicatat. sebaiknya menyediakan alat tulis terlebih dahulu di dekat telponuntuk memudahkan dalam mencatat pesan yg diterima. disamping itu gurunya pun telah memberikan contoh yang baik dalam berkomunikasi dengan menggunakan telepon, agar murid muridnya bisa berkomuikasi dengan baik lagi.

  4. Nama: Purnama Sabilla
    Nim: 856022265
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT MEDAN

    “Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon”
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    • Siswa bersemangat untuk mengikuti pelajaran dengan memperhatikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Didalam video identitas guru kurang lengkap serta guru melewati beberapa kegiatan pembuka pembelajaran seperti doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran

    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam belajar seperti menjawab pertanyaan guru
    • Guru memberikan materi pembelajaran dengan santai dan mudah dimengerti
    • Guru juga mengajak siswa mempraktikkan kegiatan menerima dan menyampaikan pesan melalui telepon
    • Guru memberikan penguatan dari pembelajaran yang diberikan dengan sangat jelas.

    4. Hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut saat melaksanakan pembelajaran?
    • Pada saat guru meminta siswa mempraktikkan pembelajaran tampak guru memberikan HP kepada siswa sebagai alat peraga

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
    • Untuk lebih mempercepat pemahaman siswa tentang cara menerima dan menyampaikan pesan melalui telepon, guru dapat meminta siswa untuk praktik secara bergantian dan salah satu siswa diminta untuk menyampaikan pesan dan siswa satu nya menuliskan pesan yang didengar kemudian pesan yang ditulis disampaikan kembali didepan kelas, untuk memastikan apakah pesan tersebut sudah dapat diterima dengan baik atau tidak.

  5. Nama: Salfarina Dilla
    Nim: 856024101
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT MEDAN
    “Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon”
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    • siswa sangat antusias mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • tidak ada pembuka pembelajaran seperti salam pembuka dan pengecekan kehadiran
    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • metode yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sesuai kompetensi.
    • media pembelajaran sangat mendukung untuk kelencaran pembelajaran.
    • guru juga telah melibatkan para siswa dengan melakukan tanya jawab.
    • pembelajaran di akhiri guru dengan memberikan motivasi dan pesan moral kepada para siswa.
    4. Hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut saat melaksanakan pembelajaran?
    • media pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran
    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
    • Pada saat Maya si pemberi pesan salah mengartikan isi pesan, guru tidak memberikan penguatan dan seperti membiarkan siswa lain menertawakan Maya. Hal ini sangat tidak baik bagi pikiran siswa untuk mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru.

  6. Nama: Beby Dwi Anggie
    Nim: 856041154
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT MEDAN

    Dari video yang saya amati di atas, saya menganalisis kelebihan dan kekurangan dari cara penyampaian pesan lewat media telepon. Antara lain yaitu sebagai berikut :
    • Diawal video guru tidak membuka pembelajaran dengan salam dan mengecek absensi
    • Penyampaian guru tersebut saat menjelaskan tema pembelajaran sudah baik dan menggunakan media pembelajaran yang sangat mendukung.
    • Dalam video terlihat siswa dan guru melakukan tanya jawab.
    • Pada penutupan pembelajaran guru sudah memberikan motivasi dan pesan moral pada siswa
    3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Tidak ada pembuka pembelajaran seperti salam pembuka dan pengecekan kehadiran
    • Tidak melakukan doa

    4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • Metode yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sesuai kompetensi.
    • Media pembelajaran sangat mendukung untuk kelencaran pembelajaran.
    • Guru juga telah melibatkan para siswa dengan melakukan tanya jawab.
    • Pembelajaran di akhiri guru dengan memberikan motivasi dan pesan moral kepada para siswa.

    5. Hal Unik dalam Video Pembelajaran
    Media pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran
    6. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    Pada saat Maya si pemberi pesan salah mengartikan isi pesan, guru tidak memberikan penguatan dan seperti membiarkan siswa lain menertawakan Maya. Hal ini sangat tidak baik bagi pikiran siswa untuk mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru.

  7. Nama : Rina komala sari
    Nim : 856982933
    Prodi : S1 PGSd
    1. Bagaimana reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    ( anak/ siswa fokus dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran )
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    (- guru melewatkan beberapa kegiatan awal atau pembuka .)
    3. Secara keeseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    ( guru sangat telaten dalam menyampaikan pelajaran, menarik perhatian, kondisi kelas efektif,penggunaan alat yang tepat,)
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pelajaran?
    (saya melihat hal yang unik dalam video tersebut adalah penggunaan bhasa yang mudah dipahami oleh anak)
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video,upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    ( menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
    (Untuk memastikan bahwa siswa benar- benar sudah paham dalam menyampaikan pesan guru bisa membuat kelompok kecil untuk mempraktekkan bagimana mengirim pesan,mendapat pesan dan menyampaiakn pesan dengan baik dan benar)

  8. Kelamahan:
    Bisa saya simpulkan dari video tersebut guru itu terlalu menonton hanya berfokus kepada beberapa siswa saja bahkan guru tersebut mengabaikan siswa yang kurang aktif.

    Kelebihan:
    Guru tersebut hanya menyampaikan materi pembelajaran intonasi yang dibawakkannya cukup jelas

  9. Nama : Arum kusumawati
    Nim : 856983143
    Pokjar : Banjar Agung
    UPBJJ UT : 20/Bandar Lampung

    Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran anak SD tentang bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon.
    Berikut ini beberapa hal yang perlu di analisis diantaranya :

    1. Dalam video tersebut sebaiknya seorang guru terlebih dahulu harus mengawali dengan berdoa, lalu mengucapkan salam dan yang terakhir mengecek kehadiran siswa.
    2. Setelah selesai pada kegiatan pendahuluan guru tersebut menyampaikan tema pembelajaran dengan sangat baik dan menggunakan media pembelajaran yang sangat mendukung.
    3. Selain itu dapat kita lihat pada video tersebut antara guru dengan siswa melakukan interkasi seperti tanya jawab mengenai materi pembelajaran yang sudah di sampaikan.
    4. Pada kegiatan akhir pembelajaran guru tersebut tidak lupa memberikan motivasi, pesan dan kesan kepada para siswa tentang bagaimana cara menerima telvon dan menyampaikan pesan kepada orang lain dengan baik dan benar.

  10. Nama: Eci jesika
    Nim: 856734433
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT palembang
    Semester 6
    Dari video yang saya amati di atas saya menganalisis kekurangan dan kelebihan dari cara penyamaian pesan lewat media telepon
    1. Kekurangan dalam video tersebut menurut saya yaitu kurangnya kalimat sapaan seperti selamat pagi/siang kemudian guru jga belum memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dan memberikan kesempatan kepada siswa yg lain untuk maju dan bermain peran
    2.kelebihan dari video tersebut adalah bahasa yg digunakan seperti bahasa baku atau bahasa sehari2, kemudian guru sudah menjelaskan cara telepon yang baik, siswa dilibatkan langsung dalam bermain peran sehingga lebih percaya diri mengunakan alat komunikasi berupa hp dan guru selalu memberikan motivasi kepada seluruh siswa

Leave a Reply