Similar Posts
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama :Hilyatun nisak
NIM :855736126
POKJAR :Kotaagung
Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta solusi dari saya yaitu
kelebihannya :
adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan supaya kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
kekurangan:
-Kurangnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru
-guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
– guru hanya meminta kepada siswa untuk mencari materi pelajaran tanpa adanya penjelasan.
-kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
-Contoh materi yang diberikan untuk siswa terlalu berat untuk dipahami oleh siswa.
Solusi yaitu :
Sebaiknya kegiatan pendahuluan bisa kita isi dengan salam, bertanya kabar ,berdoa dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
Nama : Serviam Gita Cahyani
NIM : 858685558
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Menurut pendapat saya tentang vidio di atas adalah :
Kelebihan :
Terdapat kegiatan tanya jawab dimana guru dapat mengukur seberapa fokus siswa saat guru tersebut menjelaskan
kekurangan :
1. Tidak ada kegiatan awal pembelajaran seperti salam, menyapa siswa dan berdoa
2. Kurang menarik, karena tidak ada media pendukung bagi guru tersebut saat bercerita
3. Kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
Solusi :
Guru bisa memulai kegiatan belajar dengan salam, berdoa dan bertanya kabar. Guru juga bisa bercerita dengan lebih ekspresif agar siswa mampu mengimajinasikan cerita yang disampaikan
Nama : Rani Anggita
Nim : 856022312
Pokjar :Asahan
Menanggapi video tersebut, bercerita adalah hal yang tidak bisa dilakukan semua orang, karena bagi pribadi introvert hal tersebut cukup sulit. Untuk mengembangkannya perli ditingkatkan kemampuan menulis cerita terlebih dahulu supaya yang ada dalam otak dan hati akan tersampaikan lewat tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sangat penting karena mengarkan teknik yang tepat untuk menulis dan mengembangkan cerita. Secara materi, teknik yang ada dalam video tersebut cukup lengkap. Namun secara praktek untuk membuat cerita, saya rasa ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
Kelebihan
Guru mampu memberi contoh bercerita pengalaman pribadi
Tugas bercerita pengalaman pribadi lebih mudah daripada mengarang bebas, untuk pengenalan dan minat bercerita, cara ini bagus dan daya sependapat
Meminta siswa bercerita di depan kelas
Ada reward bagi karya paling bagus
Kelemahan
Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar. Selanjutnya bisa bercakap-cakap sebentar, termasuk menanyakan kabar agar guru lebih dekat secara emosional
Guru menyampaikan cara bercerita yang kurang ekspresif, saat sedih akan lebih baik jika ekspresi guru juga sedih
Tidak ada media pembelajaran yang dapat lebih membuat menarik minat anak-anak
Metode menulis cerita secara berkelompok/membuat kelompok menurut saya akan sulit bagi anak introvert, sehingga lebih baik jika duduk sesuai biasanya
Nama : Rani Anggita
Nim : 856022312
Pokjar : Asahan
Menanggapi video tersebut, bercerita adalah hal yang tidak bisa dilakukan semua orang, karena bagi pribadi introvert hal tersebut cukup sulit. Untuk mengembangkannya perli ditingkatkan kemampuan menulis cerita terlebih dahulu supaya yang ada dalam otak dan hati akan tersampaikan lewat tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sangat penting karena mengarkan teknik yang tepat untuk menulis dan mengembangkan cerita. Secara materi, teknik yang ada dalam video tersebut cukup lengkap. Namun secara praktek untuk membuat cerita, saya rasa ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
Kelebihan
Guru mampu memberi contoh bercerita pengalaman pribadi
Tugas bercerita pengalaman pribadi lebih mudah daripada mengarang bebas, untuk pengenalan dan minat bercerita, cara ini bagus dan daya sependapat
Meminta siswa bercerita di depan kelas
Ada reward bagi karya paling bagus
Kelemahan
Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar. Selanjutnya bisa bercakap-cakap sebentar, termasuk menanyakan kabar agar guru lebih dekat secara emosional
Guru menyampaikan cara bercerita yang kurang ekspresif, saat sedih akan lebih baik jika ekspresi guru juga sedih
Tidak ada media pembelajaran yang dapat lebih membuat menarik minat anak-anak
Metode menulis cerita secara berkelompok/membuat kelompok menurut saya akan sulit bagi anak introvert, sehingga lebih baik jika duduk sesuai biasanya
NAMA: SAID MUHAMMAD LUTFI
NIM : 856073548
Dengan sinopsis seorang pengajar yang memulai inisiasi pembelajaran mengenai penulisan cerita dengan menggunakan cerita yang ia sampaikan kepada peserta didik, dengan tujuan agar bisa membuat cerita dari versi mereka masing masing berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan dengan acuan instrument dibawah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1. Mengenai reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajarn yang dilakukan oleh guru adalah sangat antusias Ketika sang guru menceritakan sebuah cerita yang menyedihkan, dan respon anak juga turut bagus dan sesuai dengan cerita yang disampaikan seperti “wah jahat sekali ya pak”, dan “kasihan sekali bapak”, dst.pada saat memulai pelajaran penulisan cerita tidak sedikit anak yang merespons negative dengan alas an selalu menulis terus menerus
2. Di video tersebut kelemahan yang dimiliki guru dapat dikatakan adalah Ketika saaat dia bercerita mengenai kejadian buruknya dengan tata Bahasa yang kurang rapi, ada beberapa penokohan yang tidak disebutkan diawal serta latar suasana yang kurang dalam penjelasannya kemudian dalam segi pembelajaran mengenai penulisan cerita guru tersebut kurang memberikan sebuah contoh agar anak dapat memeiliki standarisasi dalam penulisan cerita, sehingga anak tidak hanay diberikan poin poin saja yang belum tentu mereka memahaminya, sama seperti halnya matematika yang menjadi bahan utamanya adalah rumus hitungan dan pelengkapnya adlah contoh soal serta penerapannya.
3. Di video tersebut secara keseluruhan guru tersebut memiliki intonasi dalam bercerita yang baik, tidak monoton diam ditempat , terus bergerak agar perhatian siswa tetap focus. Dengan wajah yang selalu tersenyum juga akan menambah mood peserta didik secara tidak langsung. Dengan menggunakan metode belajar kelompok, membuat kelompok terdiri dari 4 anggota maka juga akan menambah semangat anak anak serta melatih mereka dalam berdiskusi dan bersosialisasi metode yang dimiliki guru ini tentu akan berdampak sangat baik bagi peserta didik.
4. Dari segi keunikan guru yang berada di video dia memiliki sebuah apresiasi kepada peserta didiknya jika peserta didik mampu menyelesaikan tugas yang ia berikan, sebagai penghargaan dengan tugas terbaik akan dijadikan pajangan yang tentu ini juga akan menambah rasa percaya diri dari peserta didik dan menumbuhkan jiwa kompetitif yang sehat.
5. Dari segala kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut ada beberapa hal yang menurut saya masih perlu dibenahi dipelajaran selanjutnya :
a. Pembukaan, dalam pembukaan sapaan terhadap murid masih kurangnya pendekatan serta tidak adanya refleksi dari pembelajaran yang lalu.
b. Tanggapan guru yang kurang ekspresfi dalam menaggapi komentar negative dari peserta didik.
c. Kurangnya motivasi yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran penulisan, sebagai contoh setidaknya menyampaikan manfaat dari menulis serta profesi profesi yang akan memakai ilmu ini sehingga anak tidak hannya menganggap ini beban tapi sebagai skill kedepannya.
d.Penyampaian materi yang hanya menuliskan poin , tapi tidak menerangkannya , serta tidak ada memberikan contoh untuk poin poin yang telah ditulis.
Nama : Trilita Fujinawaroh
Nim : 857105045
Pokjar : Tarumajaya
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka pembelajaran seperti salam, berdoa, menanyakan bagaimana kabar siswa tersebut karena hal seperti itu sangat penting dikelas namun pada metode yang dipilih oleh guru sudah cukup bagus dengan menggunakan pembagian kelompok sehingga siswa terlihat fokus dalam pembelajaran, mereka juga bisa berbagi pengalaman didepan teman temannya hal tersebut sangat bagus karena dapat mengasah keberanian sedari dini. Tanggapan untuk pembelajaran yang akan datang sebaiknya harus ada kegiatan pembukaan awal.
Nama : Rina
NIM : 858071027
Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta solusi dari saya yaitu
kelebihannya :
adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan supaya kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
kekurangan:
-Kurangnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru
-guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
– guru hanya meminta kepada siswa untuk mencari materi pelajaran tanpa adanya penjelasan.
-kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
-Contoh materi yang diberikan untuk siswa terlalu berat untuk dipahami oleh siswa.
Solusi yaitu :
Sebaiknya kegiatan pendahuluan bisa kita isi dengan salam, bertanya kabar ,berdoa dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.