silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

67 Comments

  1. Nama : Elisa Florentina
    NIM : 858435799
    Program studi : S1 PGSD
    Tujuan komentar : Untuk memenuhi tugas mata kuliah PKP

    kekurangannya guru tidak melakukan kegiatan pembukaan terlebh dahulu, materi yang akan disampaikan juga tidak ada garis besarnya

    kelebihannya pak guru bisa memberikan motvasi kepada anak-anak , membentuk sebuah kelompok dan salah satu anak menjadi wakil dari kelompok tersebut untuk menyampaikan pengelaman mereka dalam bercerita

  2. Nama : Elisa Florentina
    NIM : 858435799
    Program studi : S1 PGSD
    Tujuan komentar : Untuk memenuhi tugas mata kuliah PKP

    Kekurangan:
    pak guru tidak melakukan kegiatan awal seperti menanyakan kabar berdoa sapa dan salam, materi yang akan disampaikan juga tidak ada garis besarnya
    Kelebihan:
    Pak guru memberikan motivasi kepada anak- anak bahwa menulis itu mudah, karena tulisan yang kita tuangkan adalah pengalaman kita sendiri dan membentuk juga kelompok beberapa orang dan salah satu anggota kelompok menceritakan pengalaman membuat cerita didepan kelas

  3. Nama : Ayu Wandari
    NIM : 856023837
    Program studi : S1 PGSD
    Tujuan komentar : Untuk memenuhi tugas mata kuliah PKP
    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta solusi dari saya yaitu
    kelebihannya :
    adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan supaya kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
    kekurangan:
    -Kurangnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru
    -guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
    – guru hanya meminta kepada siswa untuk mencari materi pelajaran tanpa adanya penjelasan.
    -kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
    -Contoh materi yang diberikan untuk siswa terlalu berat untuk dipahami oleh siswa.
    Solusi yaitu :
    Sebaiknya kegiatan pendahuluan bisa kita isi dengan salam, bertanya kabar ,berdoa dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.

  4. Nama: yozha dwi sukma
    Nim: 855746284
    Upbjj: bandar lampung
    Pokjar: sidomulyo
    *Video non eksak*

    Berikut adalah hasil pengamatan saya dari video pembelajaran “Bagaimana cara menulis cerita dengan baik”.
    Anak-anak terlihat kondusif serta dapat menyimak penjelasan guru dengan baik.

    Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
    Guru kurang sekali untuk kegiatan awal, seperti : salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. Guru langsung berfokus pada kegiatan inti yaitu penyampaian materi tentang caranya menulis di saat siswa belum dalam keadaan siap dan fokus sepenuhnya. Dan guru dirasa kurang dalam pemberian kalimat apresiasi kepada siswa setelah siswa dapat menjawab pertanyaan.
    Lalu, kegiatan pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa bosan.
    Pada bagian kegiatan penutup pun tidak ada kesimpulan yang diambil untuk pembelajaran tersebut.

  5. NAMA : ANDHIKA GUSTU PRATAMA
    NIM : 858925541
    TUJUAN KOMENTAR : UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PKM
    a. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dalam video tersebut ada beberapa siswa ada yang tidak tartarik dengan penjelasan guru saat menceritakan cerita tetapi ada juga beberapa sisa yang memperhatihan dan siswa juga sempati mengajukan pertanyaan kepada guru, tetapi ketika guru mereka membuat cerita mereka berlibur siswa banyak yang merasa bosan

    b. kelemahan guru saat memberi mater di depan kelas guru terlalu asik dengan cerita yang beliau ceritakan dan tidak memberi kesempatan siswa untuk beriteraksi dengan materi yang di sampaikan

    c. kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut guru data memberikan cara cara membuat penulsan cerita dan guru juga bisa memberikan cerita untuk acuan anak-anak membuat cerita

    d. hal unik dalam pembelajaran tersebut guru menyuruh anak-anak untuk duduk berkelompok supaya bisa berbagi cerita mereka satu sama lain dan memilih salah satu cerita dari kelompok mereka yang menarik untuk di bacakan ke depena kelas

    e. upaya yang harus dilakukan guru agar pembelajaran tidak membosankan seperti video di atas guru harus memberikan kesempatan interaksi kepada siswa agar siswa lebih enjoy dan merasa percaya diri ketika keberlangsungan pembelajaran

  6. Assalamualaikum Warahmatullaahi wabarokatuh

    Saya dengan ,
    Nama : M.Holis
    NIM : 856758615
    Prodi : PGSD
    Tujuan Komentar : Untuk memenuhi tugas PKM

    Reaksi siswa pada saat pembelajaran di video tersebut :
    a.Siswa sangat Antusias mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru.
    b.Siswa memahami dengan baik dan seksama.
    c.pada saat setelah guru menjelaskan ceritanya tanggapan siswa sangat aktif dan positif serta aktif bertanya.
    d.Respon siswa pada saat guru memberikan arahan untuk menulis secara mandiri atau sendiri sendiri ialah sangat kurang aktif atau tanggapannya bosen.
    e.Respon siswa pada saat pembagian kelompok sangatlah aktif.
    f.Lambat Laun siswa diberikan arahan menulis lalu siswa sangat aktif menulis pada saat setelah dibagikan Kelompok bersama teman nya dan menarik.
    g.Siswa tertantang pada saat guru memberikan tugas untuk membacakan hasil karya menulis karangannya didepan kelas.
    h.Siswa sangat serius mendengarkan cerita temannya
    i.Respon yang bagus pada saat guru memberikan tanggapan terhadap cerita siswanya tersebut serta menghargai hasil karya menulis semua siswanya didalam kelas.

    Kelemahan guru pada saat pembelajaran ditayangan video tersebut :
    a.Guru Hanya menggunakan metode Ceramah
    b.Guru tanpa adanya pendahuluan seperti salam,kabar maupun absen serta kesiapan siswa.
    c.Alat dan Media Pembelajaran Kurang memadai.

    Kelebihan Guru pada saat pembelajaran di video tersebut :

    a.Penjelasan dengan pelafalan bahasa dan intonasi yang baik pada saat menceritakan suatu kejadian cerita.
    b.Guru memberikan motivasi ke siswanya untuk membiasakan menulis.
    c.Guru mampu mengalihkan ke metode yang lain pada saat siswa bosen menulis.
    d.Membagikan Kelompok siswa sangat ceria.
    e.Menggunakan metode Kelompok membuat mereka tidak bosan menulis dan menarik.
    f.Sangat Aktif menulis pada saat mereka dikelompokkan.
    g.sangat menarik guru memberikan apresiasi dan dorongan ke siswanya.
    h.siswa sangat ceria.
    i.Pendekatan Humanistik.
    j.Menghargai hasil karya siswa.

    Hal-hal menarik yang ditemukan pada saat proses pembelajaran berlangsung di video tsb :
    a.Ceritanya sangat menyenangkan.
    b.Cerita mengandung makna.
    c.Refleksi Cerita.
    d.Menjelaskan pengalaman siswa dibuat menjadi cerita.
    e.Lambat laun mereka aktif menulis pada saat berkelompok.
    f.siswa diberikan tantangan untuk membaca hasil tulisannya.
    g.guru memberikan pembiasaan untuk menulis ke siswanya.
    h.karangannya yang bagus akan dipajang didinding kelas agar bisa dilihat oleh semua siswa.

    Upaya untuk meningkatkan kegiatan belajar berikutnya :
    a.Guru perlu menggunakan alat peraga pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung pada saat menulis cerita guru memberikan poster agar menarik.
    b.Guru sebaiknya perlu mengembangkan metode yang signifikan agar siswanya terbiasa menulis.
    c.Guru dapat mengajak siswa berperan aktif pada saat kegiatan pembelajaran.
    d.Guru sebaiknya lebih memberikan trobosan solusi terbaik untuk meningkatkan rasa sukanya siswa dalam menulis.
    f.Guru lebih memperhatikan didalam penjelasan seperti pendahuluan, berdoa,salam,dan kesiapan siswa dalam belajar.
    g.Guru perlunya alat dan media teknologi supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran.
    h.Guru perlunya menggunakan metode bermain peran agar tidak cenderung pasif melihatnya.
    i.Guru dapat menghargai dan memberikan apresiasi sangat baik ke siswa atas hasil karya menulis nya.

    Demikian Terima Kasih

    Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi wabarokatuh

  7. Nama : Salsabila Nibras
    NIM : 856980148
    Program Studi: S1 PGSD
    Tujuan Komentar : Untuk memenuhi Tugas mata kuliah PKP
    Kelebihan dan kekurangan di dalam video pembelajaran “Bagaimana menulis cerita” menurut saya,

    Kelebihan : Guru mengawali dengan bercerita tentang pengalamannya kepada anak, guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerita. Kemudian membuat kelompok diskusi. guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalamannya di depan teman-temannya.

    Kekurangannya :
    – Diawal kegiatan guru tidak memberi ice breaking agar anak lebih semangat untuk memulai pembelajaran.
    – Guru tidak menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada materi ini.
    – Pembelajaran terlalu monoton, anak mudah merasa bosan.
    – Tidak ada media pembelajaran yang menarik minat siswa, seperti mendengarkan dan menyimak cerita menggunakan audio visual.
    – Penjelasan materi tidak jelas sehingga kurang dipahami oleh siswa.

    Sebaiknya diawal kegiatan guru memberi stimulus kepada anak seperti ice breaking agar anak lebih semangat mengikuti pembelajaran, memotivasi secara langsung melalui kata-kata sebagai bentuk komunikasi dan menunjukkan rasa peduli terhadap siswa.
    Menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar anak merasa senang, tertarik, dan nyaman selama pembelajaran berlangsung.

  8. Nama : Sheila Salsabila Astika Malik
    NIM : 858572943
    Program Studi : S1 PGSD
    Tujuan komentar : Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PKP
    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta solusi dari saya yaitu

    Kelebihannya :
    Guru bertanya kepada siswa tentang kesiapan belajar mengajar agar siswa fokus konsentrasi saat di ajar,
    Guru bercerita di awal tentang pengalamannya ke anak
    Guru membuat kelompok diskusi
    Anak jadi bisa bersosialisasi dengan temannya sehingga lebih akrab antar teman
    Anak jadi bisa maju dan tidak malu untuk ke depan kelas

    Kekurangannya
    Kegiatan awal seharusnya diawali dengan doa mengabsen muridnya dan memberi ice breaking supaya siswa lebih semangat untuk memulai pembelajaran.
    Penjelasan materi tidak jelas sehingga kurang dipahami oleh siswa.
    Guru tidak menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada materi ini.
    Pembelajaran terlalu monoton, anak mudah merasa bosan seharusnya di buat seru dengan alat peraga media
    Seharusnya memakai media pembelajaran sehingga menarik minat siswa, untuk mendengarkan dan menyimak cerita menggunakan audio visual.

  9. Nama: Apri yanti
    Nim: 855750173
    Upbjj: bandar lampung
    Pokjar: sidomulyo
    *Video non eksak*

    Berikut adalah hasil pengamatan saya dari video pembelajaran “Bagaimana cara menulis cerita dengan baik”.
    Anak-anak terlihat kondusif serta dapat menyimak penjelasan guru dengan baik.

    Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
    Guru kurang sekali untuk kegiatan awal, seperti : salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. Guru langsung berfokus pada kegiatan inti yaitu penyampaian materi tentang caranya menulis di saat siswa belum dalam keadaan siap dan fokus sepenuhnya. Dan guru dirasa kurang dalam pemberian kalimat apresiasi kepada siswa setelah siswa dapat menjawab pertanyaan.
    Lalu, kegiatan pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa bosan.
    Pada bagian kegiatan penutup pun tidak ada kesimpulan yang diambil untuk pembelajaran tersebut.

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin menganalisis video GPO
    Nama: Misbah
    Nim: 856758457
    Mata kuliah: Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
    1). Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab: Dari video tersebut reaksi anak-anak lebih suka mendengarkan cerita, karena rasa ingin tahu anak SD sangat kuat, anak-anak juga merespon dengan cermat dan menyampaikan pendapat juga dengan tegas, namun pada saat disuruh menulis cerita terlihat anak SD kurang tertarik. Karena hakikatnya anak-anak SD suka mendengarkan cerita
    2). Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab: Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ialah:
    》Diawal kegiatan tidak dimulai dengan pembukaan yang terstruktur seperti salam, dan do’a ataupun ice breaking
    》Kurangnya media pembelajaran yang menarik minat siswa, seperti mendengarkan dan menyimak cerita menggunakan audio visual
    3). Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    》Guru menceritakan pengalaman yang umum terjadi kepada anak-anak yaitu pengalaman pribadi ataupun liburan tentang contoh cerita yang mudah dipahami
    》Mengajarkan cara menulis cerita pada anak-anak dengan sabar, dan ulet serta tidak ada kata-kata kasar ataupun mencemoh ketika mengajar
    》 Memotivasi anak-anak bahwa menulis cerita itu mudah tergantung niat anak-anak untuk melakukannya jadi bapak guru memberi keyakinan supaya bisa menulis
    》 Menjabarkan langkah-langkah membuat cerita dengan terstruktur
    》 Setelah sesi penjelasan selesai pak guru menanyakan apakah anak-anak sudah mengerti semua
    》Mengajarkan anak-anak bekerjasama tentang membuat ide karangan masing-masing, sehingga bisa membandingkan dalam menulis cerita pengalaman
    》Pada saat menghampiri anak-anak di mejah belajarnya, Pak Guru terlihat responsif terhadap kegiatan anak-anak
    》Pak Guru menyuruh anak-anak untuk menceritakan hasil pengalaman di depan kelas sehingga membuat anak-anak berani tampil. Setelah tampil Pak Guru langsung menilai baik-buruknya
    》Mengapresiasi kegiatan anak-anak dengan menempelkan karangan yang bagus akan dipajang, sehingga berlomba-lomba dan tergerak untuk meceritakan hal yang menarik
    4). Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Jawab: Hal unik yang diceritakan oleh Pak Guru kepada anak-anak ialah pengalaman di angkutan umum ketika ingin menolong seorang anak yang tangannya sedang terjepit ternyata hanya berpura-pura dan tidka lama kemudian Pak Guru sadar akan kecopetan ketika ingin membayar angkutan umum.

Leave a Reply