silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

87 Comments

  1. Nama : Dy. Viera Shadila Fitri, AR
    NIM : 858066981
    Prodi : PGSD
    Kelas / semester : 6B / 6
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Sintang

    Materi Pembelajaran : Bahasa Indonesia
    Bagaimana Menyimak yang Efektif

    1. saat guru mulai menjelaskan reaksi siswa tampak bingung dengan materi yang disampaikan guru, karena kurangnya perhatian guru terhadap kondisi kelas.
    2. Guru terlalu cepat dalam membaca berita yang disimak siswa, sehingga siswa tidak dapat menyimak dengan baik dan kebingungan saat ditanya apa isi dari berita yang dibacakan, guru juga terlalu fokus dengan teks bacaan sehingga perhatian terhadap siswa teralihkan.
    3. kecepatan membaca guru layaknya kereta api yang sedang melintasi rel, sangat cepat dan laju sehingga siswa tidak dapat menyimak dengan baik. Perhatian guru juga sangatfokus pada bacaannya sehingga siswa diabaikan tanpa mau tahu siswa paham, memperhatikan, menyimak atau tidak.
    4. agar menyimak berjalan dengan efektif alangkah baiknya jika guru bisa lebih memperhatikan siswanya saat menjelaskan pelajaran, membaca dengan tanda baca yang sesuai, sehingga memberi kesempatan kepada siswa untuk menulis hal-hal penting dalam isi suatu bacaan yang dibacakan.

    sekian, terimakasih.

  2. Dari video di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa ketika memulai pelajaran guru wajib melakukan sapa dan salam, kemudian sebaiknya guru melakukan absen dengan cara bertanya kepada siswa siapa yang tidak hadir pada pelajaran hari ini, sehingga terdapat kominikasi antara guru dan siswa di awal pelajaran dan siswa peduli terhadap teman yang lain. Pelajaran menyimak memang guru harus memperlambat bacaan dan menggunakan tanda yang benar sehingga siswa mudah menyimak bacaan dari guru. Di sini juga guru melakukan iteraksi terhadap siswa.

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada video kedua bisa di simak oleh siswa dan keadaan kelas menjadi kondusif dan pembelajaran menjadi lancer.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tidak melakukan absensi terhadap siswa.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru akan belajar apapun di sekitarnya untuk dapat diajarkan kepada murid-muridnya dan guru selalu sabar sebab akan menemukan kesulitan dalam menghadapi siswa dan pekerjaan dan guru sebagai panutan siswa di dalam pembelajaran
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Ketika guru membaca cepat dan guru terfokus pada bacaan sehingga siswa menjadi bingung ketika menyimak dan kelas menjadi ribut.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru harus membaca dengan pelan dan melihat tanda bacaan ketika membaca sehingga siswa mudah menyimak dan mengerti tujuan dari pembaca atau isi bacaa.

  3. Nama: Sinta Seftia dewi
    Nim: 858065997
    Judul vidio: Bagaimana menyimak yang efektif

    1. Reaksi anak-anak sangat antusias,di awal vidio terlihat jika mereka sangat mendengarkan berita yang di bacakan oleh guru.
    2. Kelemahan guru tersebut adalah terlalu cepatnya membaca berita sehingga menurut saya itu dapat menyebabkan anak-anak tidak terlalu mendengarkan karna terlalu cepat.
    3. Konsentrasi yang dimiliki anak-anak dalam mendengarkan berita yg dibacakan oleh guru terlihat dari mereka dapat menjawab pertanyaan yg di ajukan guru
    4. Judul berita yang di bacakan oleh guru
    5. Usulan yang dapat di ajukan,membaca dengan pelan,lihat kondisi anak-anak jika ribut berhenti sejenak dan tegur agar mereka diam,kesiapan dalam mengajar dan media pembelajaran.

  4. Nama : MURNI ADJUBA
    NIM : 859642884
    UPBJJ : PALU
    Pokjar : Luwuk Banggai

    Untuk dapat menyimak dengan baik, tentu ada beberapa hal yang harus di persipakan:
    (1) menyimak dengan berkonsentrasi ,
    (2) menelaah materi simaka,
    (3) menyimak dengan kritis, dan
    (4) membuat catatan.

    Vidio di atas Pada pembelajaran pertama metode yang di gunakan oleh guru hanya lebih terfokus pada cerita yang di baca tanpa memperhatikan kesiapan anak dalam menerima materi ataupun berita yang akan di sampaikan selain itu juga pada saat membaca guru terlalu cepat atau terburu-buru, ini tentu membuat siswa tidak konsentasi dan lebih banyak bercerita dengan teman. hasilnya siswa dapat menelaah serta menyimak isi dari suatu berita yang di sampaikan. Namun pada saat pertemuan selanjutnya atau pertemuan ke-2 metode yang di gunakan guru sudah di rubah. dengan cara yaitu sebelum membaca berita guru mengarahkan siswa untuk mempersiapakan alat tulis, serta mencatat hal-hal penting ya terdapat dalam cerita. Kemudian metode membaca yang digunakan juga lebih pelan dan terarah, sehingga siswa bisa menyimak dengan mudah. tentu ini perpengaruh pada siswa karena mereka lebih berkonsentrasi serta memahaminya sehingga isi cerita yang di sampaikan bisa disimak dengan baik.

  5. nama : nurjanah
    nim : 856573093

    di dalam video pada saat guru menceritakan suatu peristiwa anak-anak tampak terlihat saling mengobrol sesama teman sebangku dan ada yang terlihat fokus terhadap cerita guru tersebut ,seharusnya guru sebelum belajar mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar supaya anak-anak menyimak dengan efektik

  6. NAMA : Firna Wulan Virdiana
    NIM : 858926805
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran, Guru mengajarkan kepada siswa keterampilan menyimak akan tetapi guru masih sangat banyak memiliki kekurangan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Kelemahan/Kekurangan yang saya dapat dari video pembelajaran tersebut seperti, guru harus membuka pembelajaran dengann kegiatan awal pembelajaran (mengucapkan salam, mengajak berdoa, absensi dll). Selain itu, pada saat pembacaan teks guru tidak mengikutsertakan siswa dalam berpartisipasi membacakan teks berita, hal ini menyebabkan siswa menjadi malas dan bosan mengikuti pembelajaran.Guru membacakan teks berita tanpa adanya intonasi, penekanan pada bagian penting, serta guru juga tidak mengulang untuk membaca kembali teks berita. Ini yang menyebabkan siswa menjadi kurang mengerti isi dari teks berita tersebut. Kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah keinginan guru untuk mengajarkan kepada siswanya keterampilan menyimak di kelas. Solusi yang dapat saya berikan mengenai video pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut, dalam pembelajaran selanjutnya guru harus membuka pembelajaran dengan kegiatan awal pembelajaran, seperti mengucap salam, berdoa sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa, dan menyampaikan materi apa yang akan di ajarkan. Selain itu, sebagai guru ada baiknya kita melihat kondisi siswa, apakah siswa yang sedang kita ajar sudah dalam keadaan siap manerima materi atau belum. Apabila siswa belum bisa menerima materi yang di sampaikan, ada baiknya guru memberikan sebuah pemanasan kepada siswa seperti membuka sesi tanya jawab mengenai materi yang akan di ajarkan, hal ini dilakukan agar siswa terbiasa dengan materi yang akan di ajarkan. Pada pembacaan teks berita, hendaknya guru mengikutsertakan siswa untuk ikut berpartisipasi dalam membacakan teks berita. Karena dengan mengikutsertakan siswa dalam pembacaan teks berita, itu akan membuat siswa lebih fokus dan memahami isi teks berita tersebut. Setelah selesai pembacaan teks berita, hendaknya guru memberikan sebuah pertanyaan mengenai teks berita yang sudah dibacakan sebelumnya. Siswa diminta untuk menulis pertanyaan yang akan diberikan oleh guru. Dengan ini, siswa akan lebih mudah mengetahui pesan yang di sampaikan dalam teks berita tersebut.

  7. nama : akli yansyah
    nim : 855736283
    upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar : kotaagung

    Dari video di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa ketika memulai pelajaran guru wajib melakukan sapa dan salam, kemudian sebaiknya guru juga melakukan absen dengan cara bertanya kepada siswa siapa yang tidak hadir pada pelajaran hari ini, sehingga terdapat kominikasi antara guru dan siswa di awal pelajaran dan siswa peduli terhadap teman yang lain.
    Kelebihan nya Guru mampu merubah semua siswa yang tadi nya tidak kondusif menjadi kondusif saat belajar, dengan begitu semua siswa bisa menyimak dan berkonsentrasi dengan baik dalam menyimak berita tersebut. Sehingga mereka mampu menjawab dengan benar.
    kelemahan nya Dalam membacakan cerita, si guru terlalu cepat dan tergesa-gesa sehingga anak-anak sebagian susah untuk menyimak. Selain itu, guru juga kurang memperhatikan setiap anak yang belum menyediakan alat tulis yang akan digunakan.
    Hal unik nya, Sebagian siswa mampu mencatat hal-hal penting dalam cerita dengan cepat yang di bacakan oleh guru tersebut, sehingga sebagian dari mereka mampu menjawab pertanyaan yang di tanyakan oleh guru tersebut.

  8. Nama : Risna Ira Yonicha
    NIM : 877525219
    dari video diatas dapat ditarik kesimpulan, bahwa
    1. murid sangat antusias menyimak apa yang disampaikan oleh guru
    2. sebaiknya guru memperhatikan murid, apakah masih meyimak atau tidak
    3. sebaiknya dalam membacakan tidak terlalu cepat agar murid dapat menyimak dengan jelas

  9. Nama : Muhammad Fikri Al Ansori
    NIM : 856991584
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo

    Materi Guru Pintar Online : Bagaimana Menyimak yang Efektif?
    Berikut adalah hal-hal yang saya amati dalam video diatas:
    a. menyimak memerlukan konsentrasi,
    b. menelaah materi pembelajaran yang di simak,
    c. menyimak dengan kritis, dan
    d. membuat catatan.
    Pada video tersebut pembelajaran pertama metode yang di gunakan oleh guru hanya menggunakan metode ceramah/cerita yang di baca tanpa memperhatikan kesiapan anak dalam menerima materi ataupun teks berita yang akan di persiapan. Perlu juga dalam penggunaan intonasi bacaan guru terlalu terburu-buru, sehingga siswa tidak dapat konsentasi dan lebih asyik bersenda gurau dengan kawan sebangku. Hasilnya siswa tidak dapat menelaah serta menyimak isi berita yang bacakan. Selanjutnya pada pertemuan ke dua guru lebih mempersiapkan metode dan kesiapan siswa agar siap menerima materi dengan cara merubah metode dalam pembelajaranya. Dengan cara yaitu sebelum membaca berita guru mengarahkan siswa untuk mempersiapakan alat tulis, serta mencatat hal-hal penting ya terdapat dalam cerita. Kemudian metode pembelajaran yang digunakan juga lebih pelan dengan menggunakan intonasi dan terarah, sehingga siswa bisa menyimak dengan mudah dan efektif.
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan pada video tersebut, Solusi yang dapat digunakan dalam metode pembelajaran ceramah agar lebih efektif yaitu 1. guru dapat mengabsen dan mengecek kesiapan siswa untuk menerima materi yang diajarkan , 2. guru membuat rancangan pembelajaran sebelumya sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik,

  10. Nama : Rima Auliya
    Nim : 856980123
    Semester: 8
    Pokjar : Baradatu
    UPBJJ : Bandar Lamung

    Materi Guru Pintar Online adalah bagaimana menyimak yg efektif?
    Dari video pembelajaran di atas sebaiknya dalam memulai pembelajaran guru sebaiknya mengucapkan salam terlebih dahulu, kemudian menyapa siswa, berdoa dan melakukan absen kelas. Pada pembelajaran di atas, siswa di dalam kelas tersebut terlihat antusias sebelum pembelajaran di mulai, namun saat guru membacakan teks cerita, guru terkesan terburu-buru sehingga siswa kurang konsentrasi, sebaiknya guru juga memperhatikan siswa apakah mereka memperhatikan atau tidak, guru juga kurang penekan intonasi saat membaca teks berita. Namun saat pertemuan kedua guru sudah bisa merubah metode belajar nya, guru sudah mengarahkan anak untuk mempersiapkan alat tulis untuk mencatat hal yang penting, serta saat membaca teks Berita guru juga melakukan nya dengan baik yaitu tidak terburu-buru dan melakukan penekan pada bagian yang penting sehingga siswa bisa lebih konsentrasi dalam menyimak.

Leave a Reply