silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

81 Comments

  1. NAMA : PUTRIYANI
    NIM : 858066405
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK

    1. Reaksi anak / siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai pantu yang sedang dibacakan
    2. Seorang guru tidak melakukan doa terlebih dulu sebelum melakukan pembelajaran dan seorang guru tidak mengecek kehadiran siswa yang ada didalam kelas.
    3. Guru menjelaskan materi dengan sangat baik dalam menggunakan bahasa dan mudah dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan
    4. Ada keunikan saat pelajran berlangsung yaitu ketika ada siswa yang membaca pantun dengan berintonasi seperti membaca puisi.
    5. Usul saya sebagai seorang guru kita harus memberikan contoh yang baik untuk anak peserta didik

  2. Nama : Rama Satria Hasibuan
    Nim :855858356
    Pokjar : Labuhan Batu Utara
    Menurut pendapat saya
    Dari Video di atas guru tidak melakukan kegiatan sebelum mengajar seperti berdoa, memeriksa daftar hadir siswa ,ataupun ice breaking untuk menambah semangat anak-anak
    Tetapi dari Vidio di atas guru hanya menanyakan kabar anak saja,
    Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa sehingga anak-anak merasa kesulitan
    Kelebihan:
    Guru menjelaskan dengan baik dan jelas dan menggunakan bahasa yg jelas dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif sehingga murid tersebut mudah memahami.

  3. NAMA : RUSMITA
    NIM : 858297726
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : TAPIN
    UPBJJ : BANJARMASIN

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “Belajar Membaca Pantun”
    – Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    Para siswa merasa antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Selain itu siswa aktif dan percaya diri dalam mengajukan pertanyaan kepada guru. Dan para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.

    – Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa. Guru juga tidak melakukan proses absensi, padahal absensi sangat penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran. Pada saat guru mendapatkan pertanyaan dari siswa, guru tidak menjawab pertanyaan tersebut. Seharusnya guru merespon dan memberikan contoh kepada siswa terlebih dahulu, agar siswa paham cara membaca pantun yang baik dan benar.

    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru dapat membawa suasana belajar yang nyaman bagi siswa sehingga siswa pun berani memberikan pendapatnya. Selain itu, guru selalu memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran pada saat tampil kedepan kelas. Guru juga selalu memastikan siswanya mengerti akan penjelasan yang di sampaikan dalam pembelajaran tersebut.

    – Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
    Ketika guru menjelaskan materi mengenai belajar membaca pantun, ada salah satu siswa yang berani menyarankan guru untuk memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun yang benar akan tetapi tidak direspon oleh guru tersebut. Dan ada juga hal unik lainnya yang dimana pada saat siswa di depan kelas, siswa membaca pantun berintonasi seperti membaca puisi.

    – Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mencek kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajar, Guru perlu memberikan sedikit waktu untuk siswa tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  4. Nama: Fizkia Revika
    Nim: 857569849
    Prodi: PGSD
    UPBJJ: Purwokerto
    Dibawah ini analisis menurut pendapat saya tentang video “Belajar Membaca Pantun”
    1. Berikut kelemahan pada video tersebut:
    – Guru langsung pada kegiatan inti dan tidak melakukukan kegiatan pembuka seperti berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
    – Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba memperagakan cara membaca pantun,
    – Penggunaan media atau alat peraga tidak maksimal.
    – Intonasi guru dalam membaca pantun kurang tepat
    – Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
    2. Berikut Kelebihan pada video tersebut:
    – Siswa cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru
    – Guru mengajak siswa mencoba menampilkan cara membaca pantun yang bagus secara dua orang.
    – Guru langsung menanyakan kepada siswa materi yang disampaikan nya
    – Guru memperhatikan siswa saat membaca pantun.
    – Semua siswa memperhatikan penjelasan guru.

  5. NAMA : ZAHWA HAZRIAH WARUNTO
    NIM : 855860725
    UPBJJ : MEDAN
    1. siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru mereka kurang responsif dalam Kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung
    2. Untuk kelemahan guru sendiri mungkin guru masih kurang penguasaan kelas karena siswa masih kurang kondusif saat belajar kelompok
    3. ⁠ Guru memiliki kelebihan dalam pembelajaran ini seperti menggunakan Suara dengan keras dan intonasi yang jelas sehingga murid dapat memperhatikan guru
    4. ⁠ Banyak hal unik pada pembelajaran ini seperti ada siswa yang berintonasi seperti membaca puisi saat membacakan pantun
    5. ⁠ Usul saya penguasaan kelas harus lebih ditingkatkan lagi agar kualitas belajar lebih kondusif sehingga memungkinkan untuk mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.

  6. NAMA : ANDINI SEKAR ARMEINITASARI
    NIM : 858925566
    MATKUL : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    UPBJJ : JEMBER
    POKJAR : PURWOHARJO

    A. pada video kegiatan pembelajaran tersebut, reaksi siswa sudah terlihat kondusif dan aktif bertanya kepada guru.
    B. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah kurangnya kegiatan pendahaluan yang dilakukan guru seperti berdoa sebelum kegiatan pembelajaran, cek kehadiran, motivasi/ice breaking untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Kurangnya guru mendengarkan saran siswa untuk memberikan contoh membaca pantun terlebih dahulu sebelum menunjuk siswa maju ke depan.
    C. Terdapat juga kelebihan dalam video tersebut yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas. Guru juga menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh siswa. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran didepan kelas.
    D. Hal unik dalam video pembelajarn tersebut adalah guru dan siswa menciptakan suasana yang tenang dalam pembelajaran berlangsung.
    E. Menurut saya, upaya yang dapat diusulkan adalah sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus melakukan kegiatan pendahuluan serta menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran. seharusnya guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan tidak asal asal saja. sebaiknya guru juga memberikan ruang bertanya pada siswa agar mereka aktif bertanya. dan di akhir pembelajaran guru seharusnya mengjak siswa untuk menyimpulkan kegoatan pembelajaran hari ini.

  7. NAMA : Dimas Surya Aji Pangestu
    NIM : 858926392
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo
    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut seperti berikut ini :
    Pembelajaran yang berlangsung pada video pembelajaran tersebut sudah sangat kondusif, akan tetapi masih adanya kelemahan dalam video pembelajaran tersebut. Kelemahan yang saya dapat pada video pembelajaran tersebut seperti, dalam video tersebut guru tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran,guru tidak mengajak berdoa pada awal pembelajaran,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,penjelasan guru kurang rinci dan ada satu permintaan siswa yang diabaikan. Namun, pada video pembelajaran tersebut masih sangat banyak kelebihan yang ada di dalam video, kelebihan tersebut seperti,suasana kelas berlangsung kondusif,guru menguasai materi yang diajarkan,peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal unik juga saya temukan dalam video pembelajaran yaitu, guru mempersilahkan peserta didik untuk membacakan pantun di depan kelas secara berpasangan sehingga dapat melatih kepercayaan diri peserta didik dan tidak mudah bosan. Solusi yang bisa saya berikan pada video pembelajaran tersebut adalah, guru harus merencanakan pembelajaran lebih baik lagi dengan menyertakan kegiatan awal pembelajaran, serta guru juga lebih responsif apabila ada pertanyaan atau permintaan dari peserta didik

  8. NAMA : ELVIRA CAROLINE
    NIM : 857015327
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pokjar : RUMBIA

    1. Reaksi siswa pada saat awal pembelajaran tersebut Reaksi sangat aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai pantu yang sedang dibacakan.
    2. Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut pada bagian pendahuluan, guru tidak mengajak para siswa untuk berdoa. Guru juga tidak melakukan proses absensi, padahal absensi sangat penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran.
    3. Kelebihan yang di lakukan guru tersebut guru menjelaskan dengan baik dan jelas dan menggunakan bahasa yg jelas dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif sehingga murid tersebut mudah memahami materi yang disampaikan.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dimana pada saat siswa di depan kelas, siswa membaca pantun berintonasi seperti membaca puisi.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas yaitu:
    a. Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
    b. Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
    c. Guru dapat lebih ditingkatkan dalam pengajaran agar kualitas belajar lebih kondusif sehingga memungkinkan untuk mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.

  9. Nama Doni Pristiawan
    NIM:858920829
    UPBJJ: Jember
    POKJAR: Purwoharjo
    1.reaksi anak terhadap kegiatan belajar berjalan dengan lancar dan kondusif,terjadi sesi tanya jawab guru dan murid
    2.kelemahan dalam video tersebut guru tidak memberikan pendahuluan atau tidak melakukan absensi,tidak ada motivasi untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.
    3.kelebihan dalam video tersebut guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil belajar.
    4.hal unik dalam video guru dan murid melakukan proses pembelajaran yang tenang
    5.upaya yang dapat saya usulkan dalam video tersebut sebelum pembelajaran dilakukan guru harus memberikan pendahuluan terlebih dahulu.

  10. Nama : OKTA FIANA
    NIM : 856980044
    Pokjar : Baradatu
    UPBJJ : Bandar Lampung

    menurut pendapat saya dari video di atas,
    kelebihan :
    – guru memulai pembelajaran memberikan tujuan dari pembelajaran hari ini.
    -melibatkan siswa dalam pembacaan pantun .
    -guru menjelaskan ciri dari pantun.
    – memberikan waktu untuk siswa berlatih membaca pantun.
    -memberikan apresiasi kepada siswa yang telah pandai membaca pantun dengan intonasi yang benar.
    kekurangan :
    -guru tidak mengawali belajar dengan salam dan berdoa serta tidak mengabsen siswa yang hadir . di awal tidak mengucap salam sedangkan akhir baru mengucap salam penutup.
    -guru tidak memberikan contoh dalam membaca pantun yang baik dan benar serta langsung menegur siswa jika siswa salah dalam pembacaan pantun.
    -meremehkan siswa karena tidak pandai dalam membaca.

Leave a Reply