silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

388 Comments

  1. Nama : Acnelia Fitria saharani
    NIM : 858566996
    Semester : 5 (Enam)
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : UT Salut Kota Kediri

    Berdasarkan hasil analisis vido yang ada di GPO Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terkait pembelajaran tentang “Kenampakan Alam”
    1) Kekurangan:
    • Pada tahapan pembukaan guru tidak membuka kegiatan pembelajaran dengan salam
    • Pada tahapan pembukaan guru juga tidak mengajak semua peserta didik berdo’a
    • Guru tidak melakukan pengecekan terhadap kesiapan diri siswa. Seharusnya guru diawal melakukan apersepsi satu per satu sehingga tau sampai mana kesiapan diri peserta didik.
    • Guru pada tahap pembukaan tidak mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking.
    • Media yang digunakan kurang menarik, seharusnya guru bisa menggunakan media yang lebih menarik seperti ilustrasi tida dimensi atau bisa dengan menampilakn vido yang berhubungan dengan kenampakan alam.
    • Tidak adanya kegiatan diskusi kelompok sehingga peserta didik cenderung berpikir sendiri.
    • Keadaaan kelas yang kurang kondusif.
    • Pada tahapan penutup guru tidak memberikan tugas atau LKPD kepada peserta didik sehingga tidak tahu sampai mana kemampuan yang didapat oleh peserta didik.
    2) Kelebihan:
    Kelebihan yang saya lihat pada video tersebut yaitu pada tahap pembukaan guru menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran. Selain itu guru juga memancing sifar dengan cara mengaitkan pengalaman pribadi salah satu peserta didik supaya peserta didik secara tidak langsung dapat menyebutkan contoh-contoh kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar.

  2. Nama : Sri Mulyani
    NIM : 857583857
    Prodi : PGSD
    Semester: 6
    Pokjar/UPBJJ : Slawi/Purwokerto
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut adalah guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan metode tanya jawab dilakukan sehingga siswa dapat memberikan pendapatnya.

    Sayangnya video pembelajaran tersebut tidak menyeluruh dari kegiatan pembuka sampai kegiatan penutup sehingga terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut seperti tidak adanya kegiatan pembuka, pengecekan kehadiran siswa, teknik mengajar menggunakan metode ceramah saat awal penjelasan pada materi tersebut kurang efektif karena menggunakan contoh kenampakan alam dari luar negeri. Seharusnya guru dapat memberikan contoh kenampakan alam sekitar yang pernah dilihat atau dilewati oleh siswa dimana hal tersebut lebih bermakna.

  3. Nama : MUHAMMAD SHOLEHUDIN
    NIM : 858945077
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : JEMBER
    Dari produksi video pembelajaran yang ditunjukkan masih terlihat tidak natural/ terlihat menghafal naskah (script). Proses pembelajaran yang ditunjukan hanya menampilkan bagian awal pembelajaran yaitu bagian pertanyaan pemantik dan mengkaitkan topik pembelajaran dengan pengalaman siswa. Sebaiknya, judul disesuaikan dengan isi video, karena dengan judul yang sekarang yaitu “kenampakan alam” maka terkesan seperti click-bait. Namun dibalik kekurangan tersebut, video ini sudah memberikan gambaran bagaimana mengaitkan materi kenampakan alam dengan pengalaman siswa dengan baik. Selanjutnya tinggal kita sebagai guru dapat mengadaptasikannya ke dalam kelas kita dengan melanjutkannya menggunakan model atau metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa kita masing-masing. Kita juga hendaknya mengolaborasikannya dengan kondisi alam sekitar siswa agar siswa memeroleh pemahaman yang Holistik.

  4. Nama: Dian Nia Rakhmawati
    Nim : 877315041
    Prodi : S1-PGSD BI
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : Kabupaten Blitar

    VIDIO PEMBELAJARAN
    DENGAN JUDUL: KENAMPAKAN ALAM
    SERI PEMBELAJARAN: IPS SD

    Dalam video GPO tersebut guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, Peserta didik diberikan guru materi dengan cara mencatat kenampakan alam yang ada dalam peta, kemudian diakhiri dengan bertanya kepada murid melalui kata pematik.
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Tidak adanya apersepsi, doa, salam, absensi, dan tujuan pembelajaran
    • Guru masih meggunakan pembelajaran konvensional. Jadi siswa kurang aktif bertanya
    • Penggunaan media yang masih sederhana dalam pembelajaran (atlas)
    • Pemberian reward masih kurang kepada siswa
    • Tidak adanya refleksi dan kesimpulan pembelajaran oleh guru
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • Siswa mulai aktif menjawab pertanyaan guru dari kata pematik yang guru berikan.
    • Guru mampu mengendalikan kondisi kelas kondusif sehingga siswa mampu belajar dengan baik.
    • Penerapan metode menyalin di buku sudah bagus, dimana tujuannnya siswa lebih mudah mengingat materi yang diajarkan guru
    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    • Guru memberikan kalimat pematik agar siswa aktif dalam menjawab pertanyaan
    Rencana pembelajaran apa yang akan dilakukan selanjutnya:
    • Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi kelompok. Dimana tujuannnya siswa aktif dalam pembelajaran, baik menjawab pertayaan ataupun bertanya kepada guru
    • Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran: LCD/ATLAS Besar untuk menunjukkan kenampakan alam suatu wilayah
    • Memberikan reward bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaa, bisa berupa tepuk tangan/pujian
    • Adanya kesimpulan dan refleksi pembelajaran

  5. Nama: Dian Nia Rakhmawati
    Nim : 877315041
    Prodi : S1-PGSD BI
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : Kabupaten Blitar

    VIDIO PEMBELAJARAN
    DENGAN JUDUL: KENAMPAKAN ALAM
    SERI PEMBELAJARAN: IPS SD

    Dalam video GPO tersebut guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, Peserta didik diberikan guru materi dengan cara mencatat kenampakan alam yang ada dalam peta, kemudian diakhiri dengan bertanya kepada murid melalui kata pematik.
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Tidak adanya apersepsi, doa, salam, absensi, dan tujuan pembelajaran
    • Guru masih meggunakan pembelajaran konvensional. Jadi siswa kurang aktif bertanya
    • Penggunaan media yang masih sederhana dalam pembelajaran (atlas)
    • Pemberian reward masih kurang kepada siswa
    • Tidak adanya refleksi dan kesimpulan pembelajaran oleh guru
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • Siswa mulai aktif menjawab pertanyaan guru dari kata pematik yang guru berikan.
    • Guru mampu mengendalikan kondisi kelas kondusif sehingga siswa mampu belajar dengan baik.
    • Penerapan metode menyalin di buku sudah bagus, dimana tujuannnya siswa lebih mudah mengingat materi yang diajarkan guru
    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    • Guru memberikan kalimat pematik agar siswa aktif dalam menjawab pertanyaan
    Rencana pembelajaran apa yang akan dilakukan selanjutnya:
    • Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi kelompok. Dimana tujuannnya siswa aktif dalam pembelajaran, baik menjawab pertayaan ataupun bertanya kepada guru
    • Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran: LCD/ATLAS Besar untuk menunjukkan kenampakan alam suatu wilayah
    • Memberikan reward bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaa, bisa berupa tepuk tangan/pujian
    • Adanya kesimpulan dan refleksi pembelajaran.

  6. Nama: Dian Nia Rakhmawati
    Nim : 877315041
    Prodi : S1-PGSD BI
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : Kabupaten Blitar

    VIDIO PEMBELAJARAN
    DENGAN JUDUL: KENAMPAKAN ALAM
    SERI PEMBELAJARAN: IPS SD

    Nama: Dian Nia Rakhmawati
    Nim : 877315041
    Prodi : S1-PGSD BI
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : Kabupaten Blitar

    VIDIO PEMBELAJARAN
    DENGAN JUDUL: KENAMPAKAN ALAM
    SERI PEMBELAJARAN: IPS SD

    Dalam video GPO tersebut guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, Peserta didik diberikan guru materi dengan cara mencatat kenampakan alam yang ada dalam peta, kemudian diakhiri dengan bertanya kepada murid melalui kata pematik.
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Tidak adanya apersepsi, doa, salam, absensi, dan tujuan pembelajaran
    • Guru masih meggunakan pembelajaran konvensional. Jadi siswa kurang aktif bertanya
    • Penggunaan media yang masih sederhana dalam pembelajaran (atlas)
    • Pemberian reward masih kurang kepada siswa
    • Tidak adanya refleksi dan kesimpulan pembelajaran oleh guru
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • Siswa mulai aktif menjawab pertanyaan guru dari kata pematik yang guru berikan.
    • Guru mampu mengendalikan kondisi kelas kondusif sehingga siswa mampu belajar dengan baik.
    • Penerapan metode menyalin di buku sudah bagus, dimana tujuannnya siswa lebih mudah mengingat materi yang diajarkan guru
    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    • Guru memberikan kalimat pematik agar siswa aktif dalam menjawab pertanyaan
    Rencana pembelajaran apa yang akan dilakukan selanjutnya:
    • Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi kelompok. Dimana tujuannnya siswa aktif dalam pembelajaran, baik menjawab pertayaan ataupun bertanya kepada guru
    • Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran: LCD/ATLAS Besar untuk menunjukkan kenampakan alam suatu wilayah
    • Memberikan reward bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaa, bisa berupa tepuk tangan/pujian
    • Adanya kesimpulan dan refleksi pembelajaran

  7. Nama : Aprilia Ferani Ahdiati
    NIM : 857319338
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT BOGOR

    Dari video yang ditayangkan terlihat guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran. Pembelajarannya sudah menggunakan media pembelajaran peta yang sebenarnya bisa membantu peserta didik dalam mengetahui letak wilayah, dan keadaan alamnya dengan menggunakan legenda yang ada di peta tersebut. Akan tetapi lebih baik jika guru menjelaskan dari yang ada di sekitar siswa, agar siswa lebih memahami dulu wilayah disekitarnya, apabila sudah mengerti bisa diperluas ke wilayah yang lain, mulai dari wilayah yang berbeda kota, provinsi, bahkan wilayah yang berbeda dunia. Untuk pembelajaran pun jangan sampai terlalu monoton agar peserta didik tidak bosan. Guru bisa menyelipkan ice breaking di tengah pembelajaran.

  8. Nama : Aprilia Ferani Ahdiati
    NIM : 857319338
    UPBJJ UT BOGOT

    Menurut saya, dari video yang saya saksikan diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya. Berikut kelemahan dalam video diatas antara lain:
    1. Guru seharusnya sebelum memulai pembelajaran memberikan salam kepada siswa, mengajak siswa berdo’a, mengabsensi, serta menanyakan kabar siswa.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
    3. Guru seharusnya melibatkan lingkungan sekitar sekolah untuk menunjukkan kenampakan alam, agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
    kelebihan dalam video diatas antara lain:
    1. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran.
    2. Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa alat yang berupa gambar.

  9. Nama : Nella Monica Gultom
    NIM : 856057052
    POKJAR : TAPTENG
    Dari video yang ditayangkan terlihat guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran. Pembelajarannya sudah menggunakan media pembelajaran peta yang sebenarnya bisa membantu peserta didik dalam mengetahui letak wilayah, dan keadaan alamnya dengan menggunakan legenda yang ada di peta tersebut. Akan tetapi lebih baik jika guru menjelaskan dari yang ada di sekitar siswa, agar siswa lebih memahami dulu wilayah disekitarnya, apabila sudah mengerti bisa diperluas ke wilayah yang lain, mulai dari wilayah yang berbeda kota, provinsi, bahkan wilayah yang berbeda dunia. Untuk pembelajaran pun jangan sampai terlalu monoton agar peserta didik tidak bosan. Guru bisa menyelipkan ice breaking di tengah pembelajaran.

  10. Nama : Putri Suryani
    Nim : 856818885
    Pokjar : Mukomuko

    Dalem video GPO, terdapat kekurangan dan kelebihan. Dengan judul, Kenapakan Alam

    Kekurangan:
    1. Saat memasuki ruangan guru tidak mengucapkan salam (bagi beragama Islam)
    2.Saat memulai pembelajaran guru tidak memulainya dengan berdoa terlebih dahulu.
    3. Saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan daftar hadir siswa (absen). Atau mengontrol siswa yang tidak hadir (Izin)
    4. Saat memasuki pembelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran apa yang akan di terapkan (lebih baik menjelaskan terlebih dahulu dari materi yang akan diajarkan)
    5. Saat melakukan mode pembelajaran sudah cukup bagus, karena menggunakan media gambar tetapi lebih baik jika menggunakan iyaa lebih dari 1, agar luas dan jelas.
    6. Saat melakukan pertengahan, akhir atau awal Guru bisa menyelipkan icebreaking, agar siswa lebih semangat dalam belajar.
    7. Saat melakukan penutup atau akhir pembelajaran, terlebih dahulu guru mengucapkan salam (berdoa)

    kelebihan dalam video diatas antara lain:
    1. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran.
    2. Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa alat yang berupa gambar .

Leave a Reply