silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut 

Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

22 Comments

  1. Nama : Rahma Rizky Aryanti
    NIM : 858819882
    Pokjar : Graum
    UPBJJ : Malang
    secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik, guru membagi siswa pada beberapa kelompok berdasarkan keahlian memainkan alat musik dengan demikian siswa dapat menciptakan rangakaian nada yang indah sesuai dengan partitur yang deberikan oleh guru.

  2. Nama : Aida Wulandari
    Nim : 855829316
    Asal : pokjar 1 Kota Langsa
    UPBJJ : 11/Banda Aceh

    Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah pada pembukaan kelas, guru telah melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik yaitu menyapa siswa, dan memberitahukan tujuan pembelajaran yang akan di capai hari ini.
    Pada proses pembelajaran terjadi kekacauan ketika guru meminta murid memainkan alat musik tanpa adanya arahan dari guru.
    Menurut saya, pada proses pembelajaran guru seharusnya membagi siswa kedalam kelompok kecil terlebih dahulu sesuai dengan alat musik yang mereka miliki, sehingga pada saat siswa memainkan alat musik tersebut, maka akan menghasilkan suara yang indah.
    Terimakasih

  3. Nama : Lenny Irmayanti
    NIM : 858420061
    Jurusan : PGSD Semester 6
    POKJAR : Balikpapan
    UPBJJ : Samarinda

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Setelah menyimak video pembelajaran “Terampil Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi” Pada awal pembelajaran kekurangannya yaitu tidak ada berdoa untuk memulai kegiatan belajar. Untuk diawal memainkan alat musik siswa masih tidak berarturan. Maka guru mengarahkan siswa memainkan dengan irama yang tepat dan siswa harus membaca notasi angka terlebih dahulu secara bersama-sama. Berikutnya guru mengajarkan melodi untuk siswa yang memainkan pianika, siswa yang memainkan alat musik ritmis dilatih satu persatu sesuai dengan bagian masing-masing pola irama atau pola ritmis. Selanjutya guru membagi kelompok alat musik dan hasil akhir dari memainkan alat musik ritmis dan melodis suara terdengar lebih indah dan beraturan. Kelebihan dari video tersebut guru sangat bersemangat sehingga proses pembelajaran menjadi sangat menyenangkan.

    Sekian analisis video pembelajaran dari saya.
    Terimakasih.
    wassalammualaikum Wr. Wb.

  4. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Nama : Nurul Laeli Nafi’ah
    Nim : 856978356
    pokjar : Kalirejo
    prodi : S-1 PGSD

    Izin menanggapi video pembelajaran “Memainkan alat musik ritmis dan melodi” diatas, menurut pendapat saya di dalam video yang telah ditayangkan ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajarannya antara lain:

    KELEBIHAN :
    1. Guru bersemangat dalam mengajar
    2. Guru membagi kelompok sesuai alat musik yang digunakan, sehingga memudahkan siswa dalam
    memainkan alat musik tersebut
    3. Guru membagikan partitur notasi kepada semua siswa, sehingga setiap siswa dapat memainkan alat
    musik dengan melihat melodi yang telah ditentukan

    KEKURANGAN :
    1. Dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan seperti, berdoa sebelum memulai
    pembelajaran, mengecek kehadiran siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan langsung ke inti pembelajaran
    3. Guru tidak mencontohkan satu persatu kelompok alat musik ritmis dan melodi tersebut dan hanya
    memandu
    4. Guru tidak memimpin siswa untuk berlatih membaca notasi angka terlebih dahulu secara bersama-sama
    5. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk bertanya diakhir pembelajaran
    6. Guru tidak menutup pembelajaran dengan kesimpulan materi yang telah diajarkan, serta tidak mengingatkan siswa untuk berlatih kembali dirumah yang telah dipelajari hari ini

    Terimakasih..

    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

  5. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Nama : Nurul Laeli Nafi’ah
    Nim : 856978356
    pokjar : Kalirejo
    prodi : S-1 PGSD

    Izin menanggapi video pembelajaran “Memainkan alat musik ritmis dan melodi” diatas, menurut pendapat saya di dalam video yang telah ditayangkan ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajarannya antara lain:

    KELEBIHAN :
    1. Guru bersemangat dalam mengajar
    2. Guru membagi kelompok sesuai alat musik yang digunakan, sehingga memudahkan siswa dalam
    memainkan alat musik tersebut
    3. Guru membagikan partitur notasi kepada semua siswa, sehingga setiap siswa dapat memainkan alat
    musik dengan melihat melodi yang telah ditentukan

    KEKURANGAN :
    1. Dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan seperti, berdoa sebelum memulai
    pembelajaran, mengecek kehadiran siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan langsung ke inti pembelajaran
    3. Guru tidak mencontohkan satu persatu kelompok alat musik ritmis dan melodi tersebut dan hanya
    memandu
    4. Guru tidak memimpin siswa untuk berlatih membaca notasi angka terlebih dahulu secara bersama-sama
    5. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk bertanya diakhir pembelajaran
    6. Guru tidak menutup pembelajaran dengan kesimpulan materi yang telah diajarkan, serta tidak mengingatkan siswa untuk berlatih kembali dirumah yang telah dipelajari hari ini

    Jadi menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan di atas sudah cukup bangus guru bersemangat dalam mengajar, memberikan patritur notasi sehingga memudahkan siswa dalam memainkan alat musik sesuai melodi, siswa juga di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai alat musik yang digunakan, sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran. Tetapi kekuranganya guru langsung memulai pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembukan, seperti berdoa, salam dan memeriksa keadiran siswa. Pelajaran dapat dimaksimalkan dengan memimpin siswa untuk berlatih membaca notasi angka terlebih dahulu secara bersama-sama, kemudian mengamati siswa secara individu sambil berjalan dan make sure bahwa semua siswa dapat mempraktekan alat musik yang digunakan dengan baik, dan jika menemui kesulitan dapat dibantu dengan cepat sehingga pembelajaran di atas semestinya dapat lebih maksimal dan efektif.

    Terimakasih..

    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

  6. NAMA : FADILLAH INDAH BUDIARTI
    NIM : 856986916
    PRODI : S1-PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    izin menanggapi pada videoo diatas yang bertema ” memainkan alat musik ritmis dan melodi”
    menurut saya ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan perbaikan dalamm mengajar di mata pelajaran senibudaya sesuia dengan video diatas yaitu :
    1. pada awal pembelajaran guru tidak mengenalkan lagu Burung Tantina dari daerah Maluku, seharusnya guru mengenalkan dan memberikan contoh kepada siswa seperti apa bunyi dan irama pada lagu tersebut.
    2. guru tidak memberikan contoh pada setiap alat musik yang akan digunakan dan diajarkan kepada siswa, seharusnya guru terlebih dahulu memberikan contoh pada setiap alat musik yang akan diajarkan sesuai lagu yang akan dipelajari.

  7. Nama : Salsabila NIbras
    NIM : 856980148
    Pokjar : Natar
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Assalamualaikum wr.wb
    setelah saya menyimak video diatas, saya izin memberi tanggapan : Guru sudah baik dalam membuka kelas dengan menyapa siswa, di video juga ada penjelasan bagaimana memainkan alat musik ritmis atau melodi dengan benar. guru membagi siswa secara berkelompok sesuai dengan alat musik yang dimainkan dan mengetes satu per satu kelompok, semua kelompok mengikuti pelajaran dengan sangat baik. guru juga mengapresiasi siswa.
    Terima Kasih.
    wasssalamualaikum wr.wb

  8. Nama : Salsabila Nibras
    NIM : 856980148
    Pokjar : Natar
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Assalamualaikum wr.wb

    setelah saya menyimak video diatas, saya izin memberi tanggapan : Guru sudah baik dalam membuka kelas dengan menyapa siswa, di video juga ada penjelasan bagaimana memainkan alat musik ritmis atau melodi dengan benar. guru membagi siswa secara berkelompok sesuai dengan alat musik yang dimainkan dan mengetes satu per satu kelompok, semua kelompok mengikuti pelajaran dengan sangat baik. guru juga mengapresiasi siswanya.

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum.

  9. Nama : Reihan Agung Khadafi
    Nim : 857101395
    Pokjar : Pakisjaya
    UPBJJ: Jakarta

    Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut pendapat saya dalam pembelajaran yang sedang dilakukan tersebut sudah cukup bangus guru sangat bersemangat dalam mengajar hal tersebut dapat membangkitkan semangat para siswa/i nya . guru tersebut memberikan notasi patritur kepada masing-masing siswa agar dapat memudahkan siswa dalam memainkan alat musik sesuai melodi, siswa juga dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai alat musik yang digunakan, sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran. Tetapi kekuranganya guru langsung memulai pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembukan, seperti berdoa, salam dan menilai keadiran siswa. Pelajaran dapat dimaksimalkan dengan memimpin siswa untuk berlatih membaca notasi angka terlebih dahulu secara bersama-sama, kemudian mengamati siswa secara individu sambil berjalan dan memastikan bahwa semua siswa dapat mempraktekan alat musik yang digunakan dengan baik.

  10. Nama : Qonita lutfiatul Warda
    NIM : 857102405
    Prodi : 118/S1-PGSD Ut Jakarta

    Setelah saya menonton vidio tersebut, pembelajaran yang sedang dilakukan tersebut sudah cukup bangus guru sangat bersemangat dalam mengajar hal tersebut dapat membangkitkan semangat para siswa/i nya . guru tersebut memberikan notasi patritur kepada masing-masing siswa agar dapat memudahkan siswa dalam memainkan alat musik sesuai melodi, siswa juga dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai alat musik yang digunakan, sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran.
    Tetapi saya kurang setuju dengan guru melakukan kegiatan langsung belajar tanpa adanya apersepsi dan kegiatan pembuka lainnya.
    Sebaiknya guru juga berjalan-jalan untukmemastikan semua siswa dapat memainkan alat musik, jadi tidak monoton hanya ada di depan saja danhanya dengan metode ceramah saja.

Leave a Reply