silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

121 Comments

  1. Nama : Grasella Hia
    NPM : 859799508
    Pokjar : Siantar
    UPBJJ : Medan

    Izinkan saya menanggapi video ini, menurut saya dalam video ini pembelajar yang disajikan ibu guru ada kelemahannya dan juga kelebihannya. berikut ini
    – kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah dalam mmebuka pembelajaran guru kurang memberikan semangat ,guru juga tidak memberikan salam kepada siswa,tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, serta tidak menyanyikan lagu nasional.
    -kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru membawa media pembelajaran dengan cara mengajak siswa memperaktiknya langsung dan juga guru memberi arahan kepada anak-anak untuk mengamati keslaahan yang terjadi ketika siswa yang lain mempraktikan menggunakan media pembelajaran tersebut, dengan begitu siswa akan bisa menggali informasi dan menambah pengetahuan dengan cara mengamati, tidak hanya itu sebelum mengamati anak-anak juga di suruh membaca terlebih dahulu agar anak-anak bisa mendapatkan informasi lebih dengan car membaca.

    ada hal-hal unuk yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ialah guru memberikan arahan kepada anak untuk mempraktikan menggunakan media pembelajaran yaitu bakiak.
    adapun Upaya yang akan dilakukan setelah melihat kelemahan dan kelebihan dari tayangan vidio tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu :
    -Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa kehadiran siswa.
    -Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
    -Guru menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum.
    -Guru melakukan evaluasi pembelajaran
    -Guru mengajak siswa berdoa sebelum pulang

    Terimakasih.

  2. Assallamualaikum
    Nama : Dni novitasari
    Nim : 859642053
    Prodi PGSD S1
    Pokjar lambunu
    UPbjj ut Palu Sulawesi tengah

    Menutut tanggapan saya,reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu :
    Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
    Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:

    Kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah
    a. Guru belum mengarahkan siswa untuk berdoa saat memulai pelajaran dan saat mengakhiri pelajaran.
    b. Guru belum mengucapkan salam pembuka.
    c. Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
    d. Guru belummemberikan motivasi semangat belajar siswa
    e. Guru belum memberikan tugas untuk siswa untuk dikerjakan di rumah.
    f. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan memeriksa kehadiran siswa.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
    a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    b. Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
    c. Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.

    Upaya yang akan dilakukan pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
    a. Guru harus melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.

    b. Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.

    c. Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
    d. Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
    e. Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
    f. Guru membuat pembelajaran media pembelajaran yang kreatif dan inovatif

  3. Izin untuk komen dari vidio tersebut. Mungkin karena durasi waktu yang tidak mencukupi.maka ada sedikit kekurangan dari pembelajaran di kelas tadi yaitu. Awal pembelajaran tidak di buka dengan salam dan doa. Kemudian guru tidak memberi kan icebreaking sebagai awal penyemangat anak untuk melakukan kegiatan belajar. Kemudian pembelajaran juga tidak di tutup dengan salam.
    KELEBIHAN DARI PEMBELAJARAN DI vidio tadi yaitu:
    Guru mengajak anak untuk mencari informasi dengan cara membaca sendiri buku mereka dan menyimpulkan pokok bahasan yang akan di jadikan informasi
    Guru mengajak anak untuk belajar di luar kelas agar suasana lebih semangat
    Guru memeberi tahu pembelajran yang ada di wacana yang mereka baca. Lalu menunjukkan alat peraga kepada anak dan memberikan contoh cara penggunaan nya
    Guru hanya menjadi fasilitator untuk anak agar anak memperhatikan cara penggunaan alat bakiak dan anak yang lain nya memperhatikan serta mencatat kesalahan apa yang di lakukan teman nya dalam penggunaan alat peraga tersebut.
    Di akhir pembelajaran guru memberikan tanya jawab kepada anak atas semua pembelajaran yang sudah mereka lakukan tadi.
    Anak antusias untuk menjawab. Mereka senang karena pembelajaran mereka hari ini sambil bermain bakiak

  4. Nama : ANIRMAN GULO
    Nim : 856023195
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Mandrehe Disdik Nias Barat
    UPBJJ : Medan

    Saya akan menanggapi video ini, menurut saya dalam penyajian video ini ada kelebihan serta kelemahannya dan upaya yang akan dilakukan.
    Kelemahan :
    1. Dalam membuka Pembelajaran tidak diawali dengan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa.
    2. Guru tidak melakukan ice breaking untuk membangkitkan minat semangat siswa, sehingga anak-anak banyak yang jenuh atau merasa bosan
    3. Cara guru dalam mengajar terlalu kaku
    4. Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham atau belum akan materi yang telah disampaikan
    5. Guru tidak menyampaikan kesimpulan
    6. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

    Kelebihan :
    1. Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
    2. Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dipraktekan langsung

    Upaya yang dilakukan :
    Guru harus mengawali pembelajaran dengan sapaan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa serta mengecek kehadiran siswa. Ditengah-tengah penyajian materi baiknya guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa, sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan. Guru sesekali bertanya apakah siswa sudah paham atau belum pada materi yang telah disajikan, Guru menyimpulkan hasil pembelajarannya lalu melakukan refleksi terhadap pembelajaran serta melakukan evaluasi.

  5. NAMA: NADIA
    NIM: 858055402

    kekurangan: 1. tidak Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari 2. tidak berdoa dan tidak absen 3. guru tidak menjelaskan ulang apa-apa saja kekurangan-kekurangan dalam permainan bakiak, hanya menyuruh siswa membaca, karena belum tentu siswa bisa paham. 4. guru tidak membuat kesimpulan. kelebihan: 1. guru menyapa dengan ceria dan sopan 2. guru menyampaikan tujuan pembelajaran 3. guru memberikan contoh secara langsung 4. siswa langsung diajak dalam permainan secara langsung agar dapat mengerti cara memainkan permainan bakiak 5. guru menggunakan alat peraga. 6.siswa aktif terlibat dalam pembelajaran (bertanya dan menjawab).

  6. Nama : Yeni Wulandari
    NIM : 858925502
    Prodi : PGSD
    Semester : 6
    Pokjar : Kalisat
    UPBJJ : Jember

    Izin menanggapi video tersebut.
    Menurut saya walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
    1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
    2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.

  7. NAMA : WURTININGSIH ASRI PRATIWI
    NIM : 858877891
    UPBJJ : KAB MALANG
    Semester: 6

    Assalamualaikum dan selamat malam untuk kita semua. Ijinkan saya memberikan tanggapan terhadap vidio pembelajaran di atas yaitu sbb:
    1. guru telah memberikan salma pembuka di awal, tetapi sayangnya beliau tidak memberikan apersepsi kepada siswa-siswi.
    2. guru terlihat adatr saat mengajar dan kurang bersemangat
    3. guru langsung membawa alat peraga sehingga siswa langsung menetahui secara langsung
    4. guru juga telah menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran di awal sehingga siswa tidak bingung akan belajar materi apa di hari etrsebut
    5. guru memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk menjawab pertanyaan sehingga interksi di kelas tidak terjadi hanya satu arah saja melainkan 2 arah
    6. guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga menghindari pemahaman yang salah.
    7. guru mengajak siswa untuk praktik dan langsung mempraktikan pelajaran menjadikan pelajaran lebih bermakna

    adapun saran yang dapat saya sampaikan terkait kegiatan belajar di atas yaitu:
    1. guru harus lebih semangat dalam mengajar
    2. guru harus mencari metode pembelajaran di kelas agar kelas lebih hidup
    3. guru sebaiknya dapat menguji siswa apakah mereka benar membaca atau tidak dengan cara memberikan pertanyaan secara random.

    demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah dalam menjawab mohon doberikan koreksi,

    wassalamualaikum wr wb

  8. Nama : Farida Hanum Tanjung
    Nim : 856024086
    UPBJJ : Medan

    Menanggapi video tersebut, salah satu tantangan pembelajaran dalam Bahasa Indonesia adalah meminta anak membaca. Hal ini karena anak sekarang memiliki kebiasaan berbeda dengan anak zaman dulu. Saat ini yang kita kenal dengan gen-Z adalah mereka yang lebih suka melihat video atau konten gambar dari pada membaca. Sehingga membaca untuk mendapatkan informasi perlu diterapkan bagi anak-anak sekarang. Dari video di atas adalah contoh yang sangat bagus m, bagaimana guru menarik daya minat anak dengan membawa media gapyak. Media ini tidak semata-untuk variasi pembelajaran namun juga untuk menjadikan anak memiliki gambaran terkait tugas membaca yang ibu guru berikan, karena bacaan tersebut adalah gapyak.. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.

    Kelebihan
    Guru mengawali pembelajaran dengan memberitahu media gapyak sehingga anak merasa senang dan tertarik
    Guru menggunakan metode berkelompok untuk bermain gapyak
    Guru meminta tiap kelompok untuk menilai atau mengoreksi apa kesalahan dari tiap kelompok temanya. Sehingga pembelajaran menjadi lebih seru dan semangat.

    Kelemahan
    Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar. Selanjutnya bisa bercakap-cakap sebentar, termasuk menanyakan kabar agar guru lebih dekat secara emosional.
    Pembelajaran memerlukan waktu yang lumayan lama, sehingga guru harus pandai mengatur waktu, untuk membaca hingga bermain gapyak.

  9. Nama : Lenny Setyowati
    NIM : 858809448
    UPBJJ : Malang
    Pokjar : Joyoboyo

    Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”.

    Dalam video pembelajaran tersebut nampak seorang Guru yang sedang melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok “Mendapatkan Infomasi dari Membaca Wacana”. Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan Ibu Guru tersebut, yaitu :

    A. KELEBIHAN
    – Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
    – Guru menggunakan media pembelajaran yang real, yaitu membawa bakiak sebagai media ajar.
    – Guru memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat pembelajaran sehingga siswa terlihat antusias dalam melakukan pembelajaran.
    – Guru memberikan refleksi dan evaluasi sebelum menutup pembelajaran.
    – Guru mengemukakan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya.

    B. KELEMAHAN
    – Pada awal pembelajaran, Guru tidak mengadakan absensi peserta didik dan doa pembuka.
    – Guru tidak menjelaskan materi awal secara singkat tentang apa itu membaca wacana kepada siswa.
    – Belum ada penguatan motivasi kepada peserta didik dalam memulai pembelajaran.
    – Guru belum memberikan penugasan kepada peserta didik. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mampu memahami materi yang telah dipelajari.

  10. NAMA : FAHRI RIZKI SINAGA
    NIM : 856021937
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : ASAHAN
    Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”
    -kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah dalam membuka pembelajaran guru kurang memberikan semangat kepada siswa,tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu.
    -kelebihan Guru mengawali pembelajaran dengan memberitahu media gapyak sehingga anak merasa senang dan tertarik
    Guru menggunakan metode berkelompok untuk bermain gapyak
    Guru meminta tiap kelompok untuk menilai atau mengoreksi apa kesalahan dari tiap kelompok temanya. Sehingga pembelajaran menjadi lebih seru dan semangat.

Leave a Reply