Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak
Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut : Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Nama : Manja Tambunan
Nim : 859801872
Pokjar : LABURA
UPBJJ : Medan
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”.
– Dalam memulai pembelajaran guru tidak memulai dengan mengucapkan kata-kata Ucapan assalamuaikum/selamat pagi, tanya kabar, bernyanyi dan berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa.
– Cara guru dalam mengajar terlalu kaku
– Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham atau belum akan materi yang telah disampaikan
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan
Kelebihan :
– Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
– Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dipraktekan langsung
– Guru memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat pembelajaran sehingga siswa terlihat antusias dalam melakukan pembelajaran.
Upaya yang dilakukan :
Guru harus mengawali pembelajaran dengan sapaan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa serta mengecek kehadiran siswa. Guru sesekali bertanya apakah siswa sudah paham atau belum pada materi yang telah disajikan, Guru menyimpulkan hasil pembelajarannya.
Nama: Nani Marlina
Nim:856753694
Pokjar : Gelumbang
UPBJJ: Palembang
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama: NUR IKA RIZKI
Nim:856029189
Pokjar : Ajamu
UPBJJ: Medan
Izin menanggapi video tersebut.
Saya sependapat dengan ibu nani.
Menurut saya juga walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamualaikum,
Nama : Tomi Purwo Susilo
NIM : 858876266
UPBJJ : Malang
Pokjar : kediri
Setelah mengamati video pembelajaran diatas ‘’Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’’ saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan:
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak ada pembukaan mengucapkan salam, cek kehadiran dan tidak mengajak siswa untuk berdoa Bersama.
Kelebihan:
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
Upbjj: UT MEDAN
Pokjar: Labura
Judul: Membaca untuk mendapatkan informasi
pada awal pembelajaran guru tidak membukanya dengan kegiata seperti menyanyikan lagu nasional atau ice breaking lainnya. menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan perencanaan yang matang cukup baik, artinya materi yang telah dibaca oleh peserta didik langsung dapat di praktekkan dikehidupan nyata seperti permainan bakkia tersebu, jadi diharapkan pembelajaran tersebut jadi lebih bermakna. sekian dari saya, terima kasih
Nama : Akhirul Siska Septiyani.
Nim : 859763124
Prodi : PGSD S1
UPBJJ: Kendari
Dalam hasil analisis video pembelajaran yang telah saya lakukan yaitu, seharusnya guru tersebut harus tetap melakukan kegiatan awal pembelajaran yang diawali dengan pembukaan, mengecek kehadiran siswa, dan berdoa.
Kelemahan dari video tersebut yaitu, guru tersebut tidak menjelaskan kepada siswa terlebih dahulu tentang materi wacana yang akan dipelajari , kerena dalam video tersebut ada beberapa siswa yang masih bingung. Setelah itu guru tersebut juga memberikan tugas untuk mencari informasi terkait dari wacana tentang permainan bakiak
Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar di luar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakan pun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melakukan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wawasan tersebut.
Nama : Umu Atiqoh
NIM : 856972434
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Analisis Video Pembelajaran : Membaca untuk Mendapatkan Informasi
Berdasarkan analisis video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan yang saya temukan yaitu,
Kekurangan :
1. Pada awal pembelajaran, guru tidak menyampaikan salam atau berdoa bersama terlebih dahulu.
2. Selanjutnya, guru juga tidak melakukan absensi kelas.
3. Guru tidak menyampaikan motivasi belajar untuk menambah semangat siswa dalam belajar.
4. Pada akhir pembelajaran, guru juga tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan hari ini kepada siswa.
5. Komunikasi dan tata bahasa yang digunakan guru terlalu kaku.
Analisis kelebihan dari video pembelajaran tersebut, antara lain :
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini.
2. Guru memberikan contoh atau menggunakan media dengan benda konkret atau nyata sehingga siswa akan lebih memahami pembelajaran.
3. Guru memanfaatkan lingkungan sekitar, seperti belajar diluar kelas yang tujuannya untuk mengubah suasana kelas agar siswa tidak merasa bosan.
4. Guru melibatkan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari beberapa siswa yang mengankat tangan untuk bertanya kepada guru.
5. Guru dapat mempraktikan secara langsung permainan yang nanti akan siswa mainkan bersama.
Nama : Nora yosepa
Nim : 877602217
Kelas 8c
Prodi : S1 PGSD
Uppbj : Palembang
Berdasarkan informasi yang saya dapat dalam video yang saya tonton tentang mendapatkan informasi dengan membaca bahwasanya sebaiknya guru melakukan :
1. Memberikan pengantar atau konteks awal.guru dapat menjelaskan tujuan pembelajaran. Topik yang akan dibahas,dan memberikan latar belakang informasi yang relevan
2. Mengaktifkan pengetahuan awal siswa. Guru dapat mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk mengetahui apa yang sudah diketahui siswa terkait topik tersebut
3. Mengajarkan strategi membaca yang efektif,misalnya guru dapat mengajarkan cara membaca dengan memperhatikan judul,gambar dan struktur teks untuk memahami inti informasi
4. Guru Memberikan model atau contoh membaca yang baik.
5. Guru memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan memahami teks secara mandiri
6. Guru memfasilitasi diskusi dan refleksi
Guru memberikan umpan balik dan bimbingan