silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

172 Comments

  1. Nama : Sutri Wulandari Br Sitepu
    NIM : 857108524
    Pokjar : Makasar
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah menonton video pembelajaran diatas guna membuat kelas yang kondusif menurut saya terdapat beberapa masalah yang dilakukan. Jika cara mengajar seorang guru seperti itu bagaimana proses pembelajaran akan berhasil ?
    Sebagai seorang guru,kita memiliki tanggung jawab penuh terhadap pencapaian murid kita. Maka dari itu kita harus mengusahan hal terbaik yang dapat kita lakukan dalam mengajar.

    Didalam video tersebut terdapat beberapa masalah dalam mewujudkan kelas yang kondusif. Berikut analisis saya :
    1. Ketika memulai pembelajaran guru tidak melakukan hal yang semestinya seperti melakukan awalan kegiatan pembelajaran seperti melakukan absen atau apersepsi. Sebagai seorang guru sudah sepantasnya kita menguasai hal ini guna mewujudkan kelas yang kondusif sejak awal.

    2. Pembelajaran langsung dilakukan tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu oleh guru. Guru langsung memerintahkan murid untuk membaca teks tanpa menjelaskannya. Jika hal ini selalu terjadi bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat ? menurut saya akan lebih baik jika sebelum memberikan materi kita menjelaskan terlebih dahulu materi yang aan dipelajari.

    3. Membentuk kelompok oleh siswa, menurut saya hal ini merupakan hal yang merusak kekondusifan,mengapa ? karena dengan memilih kelompok masing-masing akan ada ketidakadilan,banyak siswa yang akan memilih yang pintar-pintar saja dan mengabaikan yang lemah. Hal ini akan membuat pertikaian dan kelas yang tidak kondusif. Saran saya akan lebih baik jika kelompok dipilih langsung oleh guru.

    4. Banyak murid yang asik sendiri dan tidak memperhatikan pelajaran, sudah pasti alasannya karena guru sejak awal tidak memberikan pengarahan kepada murid sehingga mereka jenuh dan bosan. akan lebih baik jika pelajaran diselingi oleh ice breaking. Hal ini akan membantu kekondusifan dan tingkat keberhasilan belajar siswa.

    Terima kasih…

  2. Nama : Cindi Priya Br Sembiring
    Nim : 856027454
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT : Medan
    Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut analisis saya proses kegiatan pembelajaran sudah dapat dikatakan kondusif karena tidak ada siswa yang asik sendiri seperti bermain sendiri, bercerita dengan teman sebangkunya dan mengabaikan guru yang berbicara di depan kelas, bertengkar, tidak ribut dan sebaginya sehingga suana kelas menjadi tenang, siswa mendengarkan arahan dan perintah guru dengan baik.
    Masukan yang dapat saya sampaikan, sebaiknya guru meminta atau membiasakan siswa untuk mengambil buku pelajaran IPS nya sebelum memulai pembelajaran seperti disaat awal masuk kelas atau di akhir jam istirahat atau guru dapat meminta siswa lain untuk membantu ketua kelas membagikan buku pelajaran IPS tersebut agar tidak banyak memakan waktu pembelajaran. Meskipun guru kurang dalam memantau siswa dalam berdiskusi kelompok tetapi diskusi berjalan dengan lancar dan tertib.
    Siswa baik dalam menanggapi pertanyaan guru.
    Penggunaan metode bermain peran dalam berdiskusi kelompok yang diterapkan oleh ibu guru mampu membuat proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif dan kondusif.

  3. Nama : Lisda Ananda Putri
    Nim : 855742144
    Pokjar : Sidomulyo
    Upbjj : Bandar Lampung

    Menurut pendapat saya dari video yang telah saya tonton, suasana di dalam kelas sangat kondusif, tetapi sepertinya kurang menyenangkan , sehingga membuat siswa kurang semangat untuk belajar, Selain itu guru juga hanya memberikan tugas berupa tulisan, dan untuk penjelasan tidak disampaikan kepada siswa, guru hanya sekedar memberi tugas saja lalu anak menulis tugas yang sudah diberikan guru, lalu cara untuk membuat siswa agar semangat dalam belajar itu bisa menggunakan metode : 1. Guru menjelaskan perihal tugas yang sudah diberikan
    2. Memberikan pertanyaan kepada siswa
    3. Guru harus mengulas kembali mengenai materi tersebut dan menjelaskan pertanyaan yang di tanyakan oleh siswa

  4. Nama : ANISA RAHMAWATI
    NIM. : 855741128
    Kelas : 6c
    Pokja.: Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul video Menciptakan suasana yang kondusif
    Di sini saya akan mencoba memberikan komentar mengenai video tersebut menurut saya kegiatan di kelas tersebut memang kondusif tetapi masih ada kekurangan dalam pembelajaran tersebut, ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan oleh guru sehingga kurang maksimalnya kegiatan belajar mengajar seperti saat guru memasuki kelas tidak mengucapkan selamat,guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar , guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari, hanya menyuruh anak-anak langsung membaca buku dan menanyakan apa isi dari bacaan tersebut,dan guru langsung menyuruh anak membuat kelompok.
    Perbaikan yang harus dilakukan menurut saya adalah seharusnya saat akan memulai kegiatan belajar mengajar harus membaca doa terlebih dahulu , menanyakan kabar/ ice breaking terlebih dahulu agar anak-anak tidak tegang saat menerima pelajaran, menjelaskan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan di berikan.

  5. Nama : NOVITA RISKI AGUSTIN
    NIM : 858922102
    Pokjar : Situbondo
    UPBJJ : Jember
    Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan.
    Kelebihan pembelajaran dalam video yaitu : a) Guru telah berperan sebagai fasilitator dengan baik; b) Guru mampu menciptakan kelas yang kondusif; c) Guru telah menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi.

  6. Nama : ANGGUN ERISTI C T
    NIM : 856973902

    Menurut saya, Ibu guru telah menggunakan metode bermain peran yang baik dalam pembelajarannya. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar:
    – Keaktifan guru: Dirasa perlu meningkatkan keaktifan guru dalam pembelajaran agar suasana kelas tidak monoton.
    – Penjelasan tujuan pembelajaran: Pada kegiatan pendahuluan, penting bagi guru untuk menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran agar siswa memiliki gambaran jelas tentang apa yang akan mereka pelajari.
    – Memicu pemikiran awal: Kegiatan awal yang baik dapat dilakukan dengan cara bertanya jawab mengenai pengetahuan awal yang siswa miliki. Hal ini dapat dikombinasikan dengan menampilkan gambar untuk membantu siswa mengimajinasikan suasana rapat.

  7. Nama : Ayu Pebrianti
    Nim : 858071611
    Makul : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM)
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar: Mempawah
    Judul : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
    1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari video yang saya amati terlihat siswa terlihat kegiatan pembelajaran dengan Kondusif, dan terlihat juga adanya interaksi yang dilakukan dengan baik antara siswa dan guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan nya secara media hanya menggunakan buku pembelajara, dan terlihat dalam kegiatan pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti menjelaskan tujuan pembelajaran serta memberikan motivasi/ semangat kepada siswa diawal pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran?
    Terlihat guru dengan sangat baik menertibkan Siswa ketika ingin menjawab pertanyaan atau memberikan pendapat, sehingga diawal sampai akhir pembelajaran kelas tetap kondusif.
    4. Hal hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut adalah terlihat bahwa peserta didik sangat aktif dan Percaya diri dan berani saat menyampaikan pendapat atau jawaban yang diberikan guru.
    5. Adapun perbaikan yang harus dilakukan oleh guru terkait kelemahan yang ada , menurut saya guru harus melakukan kegiatan pra pembelajaran disertai memberikan motivasi siswa diawal pembelajaran agar menjadi lebih menyenangkan, kemudian guru juga perlu menyampaikan tujuan pembelajaran. Dan terakhir guru melakukan evaluasi atau diskusi kembali bersama siswa untuk mengulas kembali jawaban serta pertanyaan yang telah dilakukan.

  8. NAMA: AMIR ARDI
    NIM: 855743264

    Menurut pendapat saya.Didalam video tersebut terdapat beberapa masalah dalam mewujudkan kelas yang kondusif. Berikut analisis saya :
    1. Ketika memulai pembelajaran guru tidak melakukan hal yang semestinya seperti melakukan awalan kegiatan pembelajaran seperti melakukan absen atau apersepsi. Sebagai seorang guru sudah sepantasnya kita menguasai hal ini guna mewujudkan kelas yang kondusif sejak awal.

    2. Pembelajaran langsung dilakukan tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu oleh guru. Guru langsung memerintahkan murid untuk membaca teks tanpa menjelaskannya. Jika hal ini selalu terjadi bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat ? menurut saya akan lebih baik jika sebelum memberikan materi kita menjelaskan terlebih dahulu materi yang aan dipelajari.

    3. Membentuk kelompok oleh siswa, menurut saya hal ini merupakan hal yang merusak kekondusifan,mengapa ? karena dengan memilih kelompok masing-masing akan ada ketidakadilan,banyak siswa yang akan memilih yang pintar-pintar saja dan mengabaikan yang lemah. Hal ini akan membuat pertikaian dan kelas yang tidak kondusif. Saran saya akan lebih baik jika kelompok dipilih langsung oleh guru.

    4. Banyak murid yang asik sendiri dan tidak memperhatikan pelajaran, sudah pasti alasannya karena guru sejak awal tidak memberikan pengarahan kepada murid sehingga mereka jenuh dan bosan. akan lebih baik jika pelajaran diselingi oleh ice breaking. Hal ini akan membantu kekondusifan dan tingkat keberhasilan belajar siswa.

  9. Nama : NUR HALIMAH
    NIM. : 877620745
    Kelas : 6B
    Pokja.: Banjar Agung
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul video Menciptakan Suasana yang Kondusif
    Baik bapak/ibu izin memberikan tanggapan ataupun komentar mengenai video tersebut menurut saya kegiatan di kelas tersebut sudah kondusif, anak-anak dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib, tidak ribut sendiri, tetapi pembelajaran menjadi lebih tegang, kemudian ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan oleh guru sehingga kurang maksimalnya kegiatan belajar mengajar seperti tidak menyapa, berdoa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, langsunguru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari, hanya menyuruh anak-anak langsung membaca buku dan menanyakan apa isi dari bacaan tersebut,dan guru langsung menyuruh anak membuat kelompok.
    adapun evaluasi yang harus dilakukan menurut saya adalah :
    1. melaksanakan kegiatan pembukaan
    2. lingkungan fisik yang menyenagkan
    3. komuniksi yang efektif
    4. kepemimpinan yang inspiratif
    5. menerapkan ice breaking agar siswa lebih merasa santai

  10. Nama : Ramon Arif
    Nim : 856595001
    Diawal pembelajaran terlihat kondisi kelas sudah kondisif,tetapi guru tidak memotivasi anak2 sehingga suasana kelas tidak menyenangkan.
    Kelebihan,guru bisa menertibkan siswa sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.
    Hal unik,terlihat anak2 belajar dg tertib,dan terlihat juga anak2 berani untuk menyampaikan pendapat
    Kekurangan,guru tidak memotivasikan siswa diawal pembelajan.
    Solusi,agar siswa belajar dengan menyenangkan,guru harus memotivasikan siswa diawal pembelajaran.

Leave a Reply