silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

109 Comments

  1. NAMA : NOVI SUSILAWATI
    NIM : 857465348
    UPBJJ BANDUNG

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    dari hasil analisis video, saya dapat simpulkan :
    Guru pada video tersebut tersebut tidak membuka kelas dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian tidak ada apersepsi dan ice breaking untuk membuka kelas yang menyenangkan. Dalam video tersebut juga guru langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di pelajari. Guru pun terlihat tidak membimbing siswa secara individu karena dalam video guru hanya duduk di bangsu saja. Namun kelebihan yang saya temui dalam video tersebut, guru melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Guru pun memberi kesempatan siswa untuk berpendapat.

  2. Nama : Riffa Luqiana M
    NIM : 857466751
    UT Bandung

    Dari hasil analisis video, saya dapat menyimpulkan bahwasanya guru pada video tersebut tidak membuka kelas dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian tidak adanya apersepsi, dan ice breaking untuk membuka kelas yang menyenangkan. dalam video tersebut juga guru langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari. guru pun terlihat tidak membimbing dan mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga. kelebihan dalam proses pembelajaran yang saya lihat dari video yaitu dengan menggunakan metode diskusi sehingga siswa terlihat lebih aktiv dalam proses pembelajaran dan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat dan guru memberikan umpan balik teerhadap hasil diskusi siswa.

  3. Nama :Yesi amalia
    NIM :855740466
    UPBJJ UT 20 :BANDAR LAMPUNG
    POKJAR :Tanjung Bintang
    judul video : menyimpulkan isi cerita anak

    assalamu’alaikum wr.wb
    izin menanggapi video diatas,
    setelah mengamati video pembelajaran diatas terdapat beberapa kesimpulan yang saya temukan dalam video tersebut.

    1. reaksi siswa dalam video. siswa terlihat bosan, kurang fokus dalam membaca sehingga di awal pelajaran siswa tidak mampu menyimpulkan isi cerita.
    2. kelemahan pembelajaran dalam video.
    – guru tidak melakukan ice breaking di awal pembelajaran sehingga siswa terlihat tidak semangat, tidak fokus dan tidak tertarik dalam pembelajaran.
    – guru tidak menjelaskan materi pelajaran, namun langsung memberikan tugas kepada siswa
    – guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang telah diajarkan
    – guru terlalu cepat dalam membacakan dongeng kepada siswa, sehingga siswa yang mengalami kesulitan menyimak tidak mampu menyimpulkan isi cerita.
    3. kelebihan pembelajaran dalam video.
    – guru mampu membimbing siswa dalam kegiatan diskusi kelompok
    – guru mampu mengajukan umpan balik selama proses pembelajaran
    – guru memberikan kesempatan berpendapat kepada siswa

    4 saran dan video pembelajaran:
    alangkah baiknya di awal pembelajaran guru melakukan ice breaking seperti tepuk-tepuk atau nyanyian agar siswa semangat dan fokus selama pembelajaran. lalu sebelum meminta siswa mengerjakan tugas, alangkah baiknya guru untuk memaparkan materi pelajaran yang akan dibahas. guru bisa menggunakan media ajar dalam memaparkan materi pelajaran dengan menonton video menggunakan Lcd proyektor, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami.
    sekian dan terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb

  4. Nama : Linda Yulianti
    NIM : 856992941
    Program Studi : PGSD
    Judul Video ; Menyimak yang efektif
    Menurut saya setelah menyimak video tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kesimpulan yang saya dapat mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalam video tersebut.
    Yang pertama yaitu kekurangannya , Di video tersebut guru Tidak maksimal menggunakan metode pembelajaran dikarenakan pada pembelajaran kurangnya interaksi antar guru dan siswa, kurangnya media pembelajaran agar lebih menarik, media pembelajarannya terlalu monoton, pada awal pembelajaran guru juga tidak melakukan pendahuluan di awal pembelajaran seperti menanyakan kabar ataupun absensi siswa bisa juga guru memberikan motivasi belajar agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas menyimpulkan isi cerita anak tersebut.
    Kelebihan yang saya dapat dalam video tersebut adalah, pada saat pertengahan pembelajaran guru membuat metode pembelajaran diskusi atau kelompok dan pembimbing siswa cara memahami materi dengan baik.

  5. Nama : Siti amiroh.hm
    Nim : 857007573
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Non Eksak :
    Dari video “Menyimpulkan isi cerita Anak” guru terlihat sangat minim dalam penyampaian materi yang akan dicapai pada pembelajaran dikelas tersebut, siswa difokuskan untuk menarik kesimpulan dari apa yang mereka baca tanpa bimbingan yang dapat menuntun pemahaman mereka dari apa yang telah mereka baca. sehigga anak terlihat bingung dengan maksud dari perintah guru tersebut, hal ini terlihat pada saat anak-anak tidak fokus pada awal menyimpulkan isi cerita yang guru berikan. Selain itu, suasan kelas pun terlihat tegang dan kaku. Anak-anak seperti tidak percaya diri.
    Kelebihan dari pembelajaran yang ibu ini berikan adalah anak dituntut untuk berpikir kritis dan dituntut untuk dapat menganalis pembelajaran yang diberikan. Saran saya alangkah baiknya, sebelum memulai pembelajaran dikelas guru dapat membuka kelas dengan hal-hal yang dapat mencairkan suasana kelas dan membangun semangat anak agar suasana kelas menjadi hangat, menyenangkan dan hidup. Contohnya seperti ice breaking. Sehingga, anak tidak merasa kaku dan tertekan dalam menerima dan menyelesaikan materi yang disampaikan oleh guru.Selain itu guru juga dapat memberikan apresiasi bagi anak-anak yang sudah mampu menyelesaikan tugasnya. Karena guru sangat berperan penting dalam perkembangan siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

  6. Nama saya Eka susiawati, dari pokjar Tulang Bawang Udik, Lampung. dengan NIM 856973894. Menurut saya setelah melihat video pembelajaran yang dilaksanakan Guru tidak melakukan apersepsi untuk menyiapkan mental siswa sebelum memulai pelajaran dan Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa kebingungan tentang materi yang akan dipelajari.

    Sebaiknya guru bisa memberikan contoh terlebih dahulu sebelum menjelaskan materi untuk membantu siswa memahami serta Gunakan media pembelajaran seperti gambar, video, atau benda nyata untuk membuat proses belajar lebih menarik.

  7. Nama : Candra Nurada
    NIM : 857005469
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Assalamualaikum, izin menanggapi

    Setelah saya mengamati vidio tersebut saya merasa selama pembelajaran terlalu monoton. Kurangnya interaksi antara siswa dan guru membuat pembelajaran menjadi terlihat tegang dan kaku. Diawal pembelajaran tidak ada pembukaan seperti salam dan berdo’a. Seharusnya pada setiap awal pembelajaran guru memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a. Setelah itu guru dapat meminta siswa untuk membaca selama 15 menit. Agar pembelajaran tidak tegang dan kaku sebaiknya guru melakukan ice breaking kepada siswa seperti bermain pantun atau bermain tebak-tebakan, dengan begitu akan tercipta interaksi antara guru dan siswa yang menyenangkan dan mencairkan suasana.
    Menurut saya, Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu faktor siswa menjadi kurang bersemangat dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik akan menarik perhatian siswa dan siswa akan lebih mudah memahami materi.
    Namun, guru sudah mengambil solusi yang tepat dengan membagi siswa menjadi berkelompok, dengan berkelompok mereka dapat berdiskusi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
    Guru juga sudah melakukan hal yang tepat dengan memberikan apresiasi kepada siswa, hal ini dapat akan membuat siswa merasa senang dan bangga sehingga mereka menjadi semakin semangat belajar

  8. Nama : Acmelia Fitria saharani
    NIM : 858566996
    Semester : 5 (Enam)
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : UT Salut Kota Kediri

    Berdasarkan hasil analisis vido yang ada di GPO Mata Pelajaran Bahasana Indonesia terkait pembelajaran tentang “Menyimpulkan Isi Cerita”
    1) Respon siswa terhadap pembelajaran kurang memahami karena tidak maksimalnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Kurang interaksi antara guru dengan peserta didik dan pembelajaran berlangsung terlalu monoton.
    2) Kekurangan:
    • Pada tahapan pembukaan guru hanya memberikan salam tanpa mengajak semua peserta didik berdo’a
    • Guru tidak melakukan pengecekan terhadap kesiapan diri siswa. Seharusnya guru diawal melakukan apersepsi satu per satu sehingga tau sampai mana kesiapan diri peserta didik.
    • Guru pada tahap pembukaan tidak mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking.
    • Diawal guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    • Guru tidak menyampaiakn langkah-langkah pembelajarn dengan metode diskusi.
    • Setelah peserta didik disuruh membaca buku seharusnya guru tidak langsung memberikan pertanyaan tentang kesimpulan bacaan. Seharusnya guru terlebih dahulu menyampaikan garis besar materi pembelajaran.
    • Media pembelajaran kurang menarik
    • Guru sama sekali tidak memberikan materi kepada siswa
    • Pada tahap penutup guru juga tidak melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik.
    3) Kelebihan:
    Kelebihan yang saya lihat pada video tersebut yaitu pada pertengahan kegiatan belajar mengajar guru membuat metode pembelajaran diskusi atau kelompok dan membimbing peserta didik mulai dari pembentukan kelompok. Apa yang harus didiskusikan dan menunjuk siswa sebagai perwakilan untuk menyampaikan pendapat di depan. Adapun hal unik yang ada di vidio tersebut yaitu keunikan siswa bisa menyimpulkan isi cerita tanpa ada materi yang diberikan oleh guru hanya dengan metode diskusi saja.

  9. 1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    Reaksi siswa terhadap kegiatan mengajar yang dilakukan guru dapat dirangkum sebagai berikut:
    • Pengamatan awal menunjukkan beberapa kelemahan dalam pendekatan pengajaran, seperti kurangnya pemeriksaan kehadiran, tujuan pembelajaran yang tidak jelas, dan kurangnya apresiasi terhadap siswa sehingga menyebabkan menurunnya semangat dan partisipasi.
    • Peralihan langsung guru ke kegiatan inti tanpa terlibat dalam kegiatan awal seperti berdoa, kehadiran, atau menciptakan suasana gembira dianggap sebagai peluang yang terlewatkan untuk melibatkan siswa secara efektif.
    • Ketergantungan pada satu metode pengajaran (ceramah) menyulitkan siswa untuk merangkum isi cerita, yang menunjukkan perlunya pendekatan pengajaran yang bervariasi.
    • Dengan menggabungkan diskusi bersamaan dengan perkuliahan, siswa menunjukkan lebih banyak antusiasme dan mampu merangkum isi cerita secara efektif dengan teman-temannya

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    Kelemahan guru dalam melakukan kegiatan mengajar pada video Guru Pintar Online dapat diringkas sebagai berikut:
    • Kurangnya kegiatan awal : Guru tidak mengecek kehadiran, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, dan tidak mengapresiasi siswa sehingga menyebabkan kurangnya semangat dan partisipasi.
    • Review materi sebelumnya kurang : Guru tidak mereview materi sebelumnya sebelum melanjutkan pembelajaran
    • Peralihan langsung ke kegiatan inti : Guru langsung berpindah ke pelajaran utama tanpa menjelaskan materi yang akan dibahas, sehingga mungkin menimbulkan kebingungan di kalangan siswa.
    • Terbatasnya fasilitasi diskusi : Guru tidak memfasilitasi diskusi secara efektif sehingga mengakibatkan diskusi menjadi monoton dan kurangnya partisipasi aktif siswa
    • Kurangnya motivasi di akhir pembelajaran : Guru tidak memberikan motivasi atau dorongan di akhir pembelajaran, sehingga mungkin akan mempengaruhi semangat belajar siswa.
    • Keterbatasan penggunaan alat peraga : Guru tidak menggunakan alat peraga yang menarik sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    Kelebihan guru dalam melakukan kegiatan mengajar dalam video Guru Pintar Online dapat dirangkum sebagai berikut:
    • Manajemen kelas yang efektif : Guru mampu mengelola kelas secara efektif, memastikan bahwa siswa tetap fokus dan terlibat sepanjang pembelajaran
    • Mendorong partisipasi siswa : Guru mendorong partisipasi siswa dengan membagi mereka ke dalam kelompok-kelompok dan melibatkan mereka secara langsung dalam proses pembelajaran
    • Menciptakan lingkungan belajar : Guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pembelajaran, yang membantu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama di antara siswa

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
    Beberapa aspek unik yang terdapat dalam video Guru Pintar Online saat merangkum cerita anak antara lain:
    • Melibatkan siswa dalam pembelajaran praktik : Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran praktik dengan menyuruh mereka langsung berlatih menggunakan media pembelajaran, memungkinkan mereka mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dan meningkatkan pengalaman belajarnya.
    • Mendorong observasi dan membaca : Sebelum observasi, siswa diinstruksikan untuk membaca terlebih dahulu untuk mengumpulkan lebih banyak informasi, meningkatkan pemahaman materi secara komprehensif melalui observasi dan membaca.
    • Memanfaatkan sumber daya lokal : Guru secara kreatif menggunakan sumber daya lokal di lingkungan sekolah, seperti dedaunan, untuk proses pembelajaran, menunjukkan kecerdikan dan kemampuan beradaptasi dalam metode pengajaran

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    Berdasarkan kelemahan dan kelebihan guru yang terlihat dalam video tersebut, dapat disarankan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas kegiatan mengajar pada pembelajaran berikutnya:
    • Menggabungkan aktivitas interaktif : Guru dapat menggabungkan aktivitas yang lebih interaktif, seperti diskusi, bermain peran, dan kerja kelompok, untuk melibatkan siswa secara lebih efektif.
    • Menggunakan teknologi secara efektif : Guru dapat memanfaatkan teknologi secara lebih efektif, seperti menggunakan aplikasi pendidikan, permainan, dan sumber daya multimedia, untuk meningkatkan pengalaman belajar dan membuatnya lebih menarik bagi siswa.
    • Menciptakan suasana positif : Guru dapat menciptakan suasana yang lebih positif dan interaktif di kelas dengan menggunakan kegiatan ice-breaking, mendorong partisipasi siswa, dan meningkatkan rasa kebersamaan di antara siswa.
    • Memberikan kesempatan untuk eksplorasi : Guru dapat memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru, seperti melalui kegiatan langsung, eksperimen, dan proyek, untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas
    • Mendorong berpikir kritis : Guru dapat mendorong berpikir kritis di kalangan siswa dengan mengajukan pertanyaan terbuka, memberikan studi kasus, dan mendorong mereka untuk berpikir kritis terhadap materi.

  10. NAMA: HERDAWATI
    NIM. 856620913
    POKJAR: KOTA JAMBI

    Menurut saya reaksi siswa sangat baik saat guru menjelaskan dan merespon pembelajaran yang diberikan guru dan sisa juga aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Kelebihan dari guru tersebut adalah guru melakukan diskusi kelompok sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan berdiskusi dengan teman sekelompknya.

Leave a Reply