silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

53 Comments

  1. NAMA : AULIA AYUDITA PRADANA
    NIM : 857153347
    KELAS : PGSD BI 1A

    ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN FLOW CHART

    Dari Video di atas, Guru sedang melakukan kegiatan inti, yaitu menyampaikan materi pembelajaran.

    Di awal video terlihat kondisi kelas tidak kondusif, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan sibuk bermain/mengobrol dengan temannya. Hal ini mungkin disebabkan karena metode / strategi yang digunakan kurang tepat sehingga siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan.

    Kemudian Guru tersebut melakukan Refleksi mengenai ” Bagaimana cara / metode / strategi yang tepat agar siswa dapat tertarik dan memahami materi tersebut ”
    Lalu Guru tersebut menemukan solusinya dengan menerapkan metode “Mengajar dengan Menggunakan Flow Chart “.
    Dengan menggunakan metode ini cukup menarik minat siswa, siswa mulai memperhatikan penjelasan guru, mulai aktif, semangat dan ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Meskipun ada satu orang siswa yang tertidur, tapi lebih banyak siswa yang mengerti tentang materi yang disampaikan. Sehingga metode dengan menggunakan Flow Chart ini cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS untuk materi Struktur Pemerintahan di Desa.

  2. Nama : Muliana Fitriani
    NIM : 858449844
    PRODI : PGSD S1

    Judul Video “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart”
    Menurut saya video pembelajaran diatas memiliki beberapa kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran, yaitu:
    1. Video tidak menampilkan kegiatan pendahuluan seperti orientasi (pembukaan salam, absensi dan berdoa), apersepsi (mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari), dan motivasi (menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari materi tersebut pada kehidupan sehari-hari).
    2. Pada kegiatan inti guru tidak mengawali dengan penjelasan materi dan langsung melakukan pembelajaran dengan flow chart.
    3. Kondisi kelas tidak kondusif ditunjukkan dengan adanya murid yang tidur.
    4. Video tidak menampilkan kegiatan penutup berupa evaluasi kegiatan pembelajaran serta tidak ada salam penutup.
    Video tersebut hanya menampilkan masalah inti saja mungkin karena untuk mempersingkat waktu. Sebaiknya tetap ditampilkan potongan kegiatan pembelajaran dari pendahuluan sampai penutup secara singkat. Penggunaan media berupa flow chart sebenarnya sangat efektif untuk pemahaman siswa ditingkat rendah, karena mereka membutuhkan bentuk nyata pada tahapan perkembangan kognitifnya. Namun, di dalam video tersebut hanya beberapa siswa yang terlibat, mungkin perlu persiapan media yang lebih kreatif dan efektif serta pembagian kelompok supaya seluruh siswa antusias, keadaan kelas kondusif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

  3. Nama : FATHUL HAROMAH
    NIM : 857157867
    Program Studi : PGSD

    pembelajaran menggunakan flow chart bahwa ketika para siswa acap kali tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, mereka lebih suka bercanda dengan sesama maka tentulah guru harus memikirkan cara efektif dan tepat dalam mengajar agar mampu mengendalikan suasana di dalam kelas salah satunya dengan strategi pembelajaran menggunakan flow chart yang membuat para siswa aktif dalam belajar menggunakan flow chart tersebut dengan membuat siswa maju ke depan dan memperhatikan semua penjelasan yang diberkan guru sehingga pembelajaran menjadi kembali interaktif, efektif dan mudah siswa memahaminya

  4. Nama : Nurlela
    Nim : 819626408
    Prodi/Jurusan : FKIP/PGSD

    Pembelajaran yang dilakukan di video tersebut terdapat banyak sekali kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran..
    Contohnya seperti kegiatan pendahuluan yang meliputi:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
    2. Guru tidak mengabsen siswa
    3. Guru tidak melakukan tahapan penyampaian kegiatan dengan baik.
    4. Tidak melakukan ice breaking, yang mana kegiatan tersebut dapat membantu suasana kelas menjadi kondusif..

  5. Nama : ilasartika
    Nim : 814232077

    Pembelajaran yang dilakukan di video tersebut terdapat banyak sekali kelemahan yang tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran..
    Contohnya seperti kegiatan pendahuluan yang meliputi:
    1. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa..
    2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran siswa.
    3. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan
    4. Tidak melakukan ice breaking, yang mana kegiatan tersebut dapat membantu suasana kelas menjadi kondusif..

  6. Nama : WAWAN DHARMAWAN
    NIM : 858163451

    Sebagai calon guru atau guru haruslah cerdas, kreatif, dan variatif dalam mengajar agar suasana pembelajaran kondusif dan menyenangkan. Kemampuan ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran didalam penyampaian materi pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi, sehingga guru dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penggunaan media sangatlah penting, sesuai dengan materi dan karakteristik siswa pada saat proses pembelajaran, agar pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang telah diharapkan.

  7. Nama : Lisa Ramayanti
    Nim : 856481063
    Prodi : PGSD
    Awal pembelajaran terlihat anak-anak kurang memperhatikan guru menerangkan pelajaran karena guru tidak menggunakan media pembelajaran lalu guru mendapat ode dengan menggunakan media flowchart beserta slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.
    Menurut saya, Guru sebaiknya terlebih dahulu membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa anak-anak,menanyakan kabar lalu berdoa bersama sebelum pelajaran di mulai.
    Selanjutnya membuat variasi pembelajaran,menjelaskan materi yang menggunakan media flowchart tersebut,bertanya,memberi penguatan,mengelola kelas kemudian mengajar kelompok kecil dan perorangan serta membimbing kelompok diskusi sehingga anak-anak siap menerima pelajaran dan semakin semangat untuk lebih dalam lagi keinginan mengetahui tentang materi yang di sampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

  8. Nama : Lisa Ramayanti
    Nim : 856481063
    Prodi : PGSD
    Awal pembelajaran terlihat anak-anak kurang memperhatikan guru menerangkan pelajaran karena guru tidak menggunakan media pembelajaran lalu guru mendapat ide dengan menggunakan media flowchart beserta slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.
    Menurut saya, Guru sebaiknya terlebih dahulu membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa anak-anak,menanyakan kabar lalu berdoa bersama sebelum pelajaran di mulai.
    Selanjutnya membuat variasi pembelajaran,menjelaskan materi yang menggunakan media flowchart tersebut,bertanya,memberi penguatan,mengelola kelas kemudian mengajar kelompok kecil dan perorangan serta membimbing kelompok diskusi sehingga anak-anak siap menerima pelajaran dan semakin semangat untuk lebih dalam lagi keinginan mengetahui tentang materi yang di sampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

  9. Nama : Merlin Manihuruk
    NIM : 856600549
    PRODI : PGSD

    Awal pembelajaran guru tidak menyapa para murid, padahal kelas dalam kondisi “kacau”, guru langsung menjelaskan materi yang dipelajari. Para siswa tidak disiapkan terlebuh dahulu untuk memulai pembelajaran. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Sstelah masuk dalam pembelajaran guru cenderung abai dengan anak-anak yang bermain, berbicara dengan teman-temanya, tidak mempedulikan guru yang ada di depan kelas.
    Setelah menyadari pembelajaran tidak seperti yang direncanakan, guru kemudian mengubah strategi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Adapun topik yang dibahas adalah SITEM PEMERINTAHAN DESA”, guru menggunakan media pembelajaran yaitu flowcard beserta slotcard, sehingga anak-anak tertarik dalam pemberlajaran. Anak-anak antusisa membantu guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Terjadinya komunikasi yang baik antara guru dan para siswa memudahkan pembelajaran mudah dimengerti. Untuk pembelajaran IPS, sebaiknya guru mampu menggunakan media pembelajaran untuk membangun interaktif dengan para siswa, dan waktu pun dapat digunakan dengan efisien.

  10. Nama : Merlin Manihuruk
    NIM : 856600549
    PRODI: PGSD
    Awal pembelajaran guru tidak menyapa para murid, padahal kelas dalam kondisi “kacau”, guru langsung menjelaskan materi yang dipelajari. Para siswa tidak disiapkan terlebuh dahulu untuk memulai pembelajaran. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Sstelah masuk dalam pembelajaran guru cenderung abai dengan anak-anak yang bermain, berbicara dengan teman-temanya, tidak mempedulikan guru yang ada di depan kelas. Setelah menyadari pembelajaran tidak seperti yang direncanakan, guru kemudian mengubah strategi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Adapun topik yang dibahas adalah SITEM PEMERINTAHAN DESA”, guru menggunakan media pembelajaran yaitu flowcard beserta slotcard, sehingga anak-anak tertarik dalam pemberlajaran. Anak-anak antusisa membantu guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Terjadinya komunikasi yang baik antara guru dan para siswa memudahkan pembelajaran mudah dimengerti. Untuk pembelajaran IPS, sebaiknya guru mampu menggunakan media pembelajaran untuk membangun interaktif dengan para siswa, dan waktu pun dapat digunakan dengan efisien.

Leave a Reply