silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

58 Comments

  1. Nama : Anisa Aulia Zahro’
    Nim : 858898659
    Prodi : S1-PGSD
    Judul Vidio yg saya tonton adalah “Pembelajaran dengan menggunakan media flochart”
    Dalam Vidio yg di sajikan terlihat kelas yang tidak kondusif karena guru terlihat tanpa persiapan sehingga siswapun tidak tertarik mengikuti pembelajaran.
    dalam Vidio tersebut dapat diambil kekurangan dan kelebihan sebagai berikut :
    A. kekurangan
    1. tidak ada apersepsi pembelajaran seperti mengucapkan salam dan do’a
    2. suasana kelas yang tidak kondusif
    3. siswa tampak kurang memperhatikan pembelajaran dari guru karena guru menggunakan metode ceramah sehingga terlihat monoton.
    B. Kelebihan
    1. guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik siswa.
    2. guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

  2. Nama : Ega Pratiwi
    Nim : 858048912
    Semester : 6

    Berdasarkan pembelajaran yang ada di Vidio tersebut terlihat suasana kelas yang kurang kondusif, di karenakan kurangnya persiapan guru dalam memulai proses pembelajaran dan mengakibatkan siswa tidak tertarik mengikuti proses pembelajaran. Guru tidak ada melakukan apresiasi pembelajaran seperti mengucapkan salam, doa dan absensi. Guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah yang terkesan monoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kurangnya guru dalam mengkondisikan kelas sehingga terlihat ada beberapa siswa yang tidur di dalam kelas.pada akhir proses pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan terhadap materi yang telah di pelajari.

  3. Nama : Rina Pratiwi
    Nim : 856028804
    Prodi : S1-PGSD

    Berdasarkan pengamatan saya mengenai video pembelajaran menggunakan flow chart sangat membantu peserta didik agar lebih mudah dalam memahami tujuan pembelajaran, selain itu dalam potongan video tersebut guru juga telah banyak mengikut sertakan peserta didik selama proses pembelajaran, hal tersebut sangat membantu peserta didik dalam meningkatkan kreativitas dan semangat belajar.

  4. Nama : labib marzuki
    NIM : 859894733

    Dari beberapa video yang saya lihat, tidak adanya salam pembuka dan apersepsi, Akan tetapi dalam video pembelajaran tersebut menurut saya hanya menyampaikan masalah inti yang sering dihadapi guru dan bagaimana kreativitas guru itu dikembangkan kepada siswa itu sendiri.

  5. Nama : Putri Anita
    Nim. : 856022297
    Program studi : S1 -PGSD
    UPBJJ : 12/ Ut Medan
    Judul video : Menggunakan Video flochart

    Setelah saya melihat video pembelajaran dengan menggunakan media flochart video yang disajikan terlihat anak kelas yang tidak kondusif dan siswa cenderung ramai sendiri. Dan guru pun tidak mengawali pembelajaran salam dan doa. Guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode penceramah sehingga banyak siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Guru kurang mengkondisikan kelas hal ini terlihat masih terdapat siswa yang tertidur saat jam Pelajaran setelah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, nampak bahwa guru telah menggunakan media dalam pembelajaran, guru juga telah melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Serta siswa mulai antusiasi mengikuti pembelajaran.

  6. Nama :yulia safitri
    Nim :856734949

    – kelebihan
    -Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa
    -Guru tampak melibatkan siswa secara langsung (Guru Menunjuk siswa bernama Devi) untuk memasangkan Tulisan yang telah disediakan ke bagan yang terpajang di papan tulis.
    -Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa bertunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan guru ke depan.

    – kekurangan
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
    2. Guru tidak mengabsen siswa
    3. Guru tidak melakukan tahapan penyampaian kegiatan dengan baik.
    4.Guru tidak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa Penutup.

  7. Nama : Erlany Situmorang
    NIM : 859893502
    Prodi : S1 PGSD
    Judul video yang sudah saya tonton adalah pembelajaran dengan menggunakan media flochart.
    Kelebihan :
    – Guru mengajar dengan menggunakan media dengan mencocokkan sehingga siswa dengan mudah mengerti pelajaran dan menyenangkan.

    – Guru melibatkan siswa dalam belajar mengajar di ruangan sehingga siswa menjadi lebih aktif.

    – Guru memberi pujian dan apresiasi kepada siswa yang ikut serta mengerjakan kedepan kelas.

    – Siswa bersemangat belajar

    Kelemahan pada video tersebut adalah
    1. Metode yang kurang tepat sering kali dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPS sehingga murid kurang tertarik dan mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal

    2. Guru mengajar tidak diawali dengan doa.

    3. Siswa merasa bosan, siswa banyak yang bermain dan tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran

    4 . Materi yang disampaikan oleh guru tidak dimengerti oleh siswa

  8. Nama : Erlany Situmorang
    NIM : 859893502

    Judul video yang sudah saya tonton adalah pembelajaran dengan menggunakan media flochart.
    Kelebihan :
    – Guru mengajar dengan menggunakan media dengan mencocokkan sehingga siswa dengan mudah mengerti pelajaran dan menyenangkan.

    – Guru melibatkan siswa dalam belajar mengajar di ruangan sehingga siswa menjadi lebih aktif.

    – Guru memberi pujian dan apresiasi kepada siswa yang ikut serta mengerjakan kedepan kelas.

    – Siswa bersemangat belajar

    Kelemahan pada video tersebut adalah
    1. Metode yang kurang tepat sering kali dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPS sehingga murid kurang tertarik dan mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal

    2. Guru mengajar tidak diawali dengan doa.

    3. Siswa merasa bosan, siswa banyak yang bermain dan tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran

    4 . Materi yang disampaikan oleh guru tidak dimengerti oleh siswa

  9. Nama: Nurul Fitri Maisaroh

    Nim : 856022201

    Berdasarkan pengamatan dari video yang saya lihat metode pembelajaran dengan menggunakan media flow chart sudah tepat. Semua siswa yang awalnya tidak fokus terhadap guru kini menjadi lebih fokus terhadap pembelajaran. Siswa menjadi lebih bersemangat dan berlomba-lomba ikut serta terhadap kegiatan tersebut. Guru juga memberikan apresiasi kepada murid yang mau ikut serta. Ini sangat berhasil untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.

    Namun ada sedikit kekurangan dari video tersebut guru tidak terlebih dahulu menyiapkan kelas untuk benar-benar sedia menerima pembelajaran. Guru seharusnya melakukan pembukaan seperti memberikan salam. Menanyakan kabar murid dan lain sebagainya agak kelas benar-benar sedia untuk menerima pembelajaran.

  10. Nama : Citra Nurkamilah
    NIM : 357161638
    Prodi : PGSD BI 2A

    Berdasarkan video tersebut, kondisi kelas sangat tidak kondusif karena seluruh siswa tidak memperhatikan guru dan terlihat tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan. Mereka asik mengobrol, bermain dengan temannya, berlarian di kelas, bahkan ada siswa yang tertidur pulas. Adapun kelemahan dan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di kelas, diantaramya:
    *Kelemahan guru*
    Dalam video tersebut, guru tidak memiliki keterampilan dasar mengajar seperti keterampilan dalam membuka dan menutup sebuah pembelajaran di kelas.
    *Di awal pembelajaran,*
    1. Guru tidak mempersiapkan kelas agar kondusif (tidak menarik perhatian siswa, tidak memberi salam, tidak berdoa dan tidak memeriksa kehadiran siswa)
    2. Guru tidak memberikan acuan (tidak mengemukakan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran).
    3. Tidak melakukan apersepsi.
    Padahal pembukaan merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran di kelas
    Saat pembelajaran berlangsung guru hanya menjelaskan materi di depan, tidak memeriksa keadaan siswa yang duduk di belakang sehingga ada siswa yang tertidur pulas sampai pembelajaran selesai.
    *Di akhir pembelajaran,* Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran, tidak mengevaluasi pemahaman peserta didik, tidak memberikan tindak lanjut, serta guru mengakhiri pembelajaran tanpa doa.

    *Kelebihan guru*
    Dalam video tersebut, guru dapat memperbaiki pembelajaran di kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik siswa, guru melibatkan peserta didik secara langsung dalam menggunakan media sehingga adanya interaksi antara guru dan murid, memberikan apresiasi berupa tepuk tangan kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan.

    Secara keseluruhan *Upaya* yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya berdasarkan video tersebut diantaranya:
    1. Guru harus melaksanakan kegiatan pra dan awal pembelajaran di kelas. Seperti menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, berdoa, memeriksa kehadiran, menciptakan kesiapan belajar peserta didik, memotivasi dan menarik perhatian, memberi acuan, dan apersepsi.
    2. Sebaiknya guru mempersiapkan pembelajaran dengan model pembelajaran dan media yang bervariatif sehingga peserta didik akan tertarik terhadap materi yang akan disampaikan. Misalnya mengubah model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif yang dibantu dengan berbagai media pembelajaran yang sesuai pada materi. Hal ini dapat membuat siswa aktif sehingga pembelajaran tidak akan monoton dan jenuh.
    3. Guru harus mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan. Dengan demikian guru akan mengetahui seberapa jauh hasil belajar peserta didiknya.

Leave a Reply