silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Watini
NIM: 856855837
Video pembelajaran ini sangat berguna bagi saya selalu guru TK. Saya jadi tahu bagaimana cara menangani anak yang kesulitan dalam perkembangan motorik halusnya terutama masalah memegang pensil dengan benar. Semoga dengan video ini banyak guru yang mendapat manfaat bagaimana anak memegang pensil dengan benar dan melaksanakanya di sekolah.
Melakukan permainan yang menyenangkan
Ajak anak membuat berbagai bentuk tulisan, bisa bentuk bola, kubus, atau mewarnai
Jangan memaksa anak untuk belajar
Ajarkan pegangan pensil yang benar
Pegang pensil dengan ibu jari dan telunjuk, lalu dibantu oleh jari tengah
Jarak ujung pensil sampai ujung ibu jari sekitar 3-4 cm
Jari manis dan kelingking berfungsi sebagai penahannya
Setelah menyaksikan video tersebut saya mendapat manfaat bagaimana cara yang baik untuk membimbing siswa yang memiliki kesulitan dalam memegang pensil
Nama : Elvinae
Nim. : 858159222
Setelah menyaksikan video tersebut saya mendapat manfaat bagaimana cara yang baik untuk membimbing siswa yang memiliki kesulitan dalam memegang pensil
Nama : Elvinae
Nim. : 858159222
Setelah menyaksikan video ini saya menemukan cara bagaiaman membimbing siswa yang memiliki kesulitan saat mereka memegang pensil , bagaimana menstimulasi anak agar nantinya dapat memegang pensil dengan baik.
Terimakasih
1. Berikut adalah analisis dari video “Anak yang belum Bisa Pegang Pensil dengan Benar”:
Ringkasan:
• Video ini membahas tentang cara mengatasi anak usia yang belum bisa memegang pensil dengan benar [01:59].
• Anak-anak diajarkan cara menebalkan garis di papan tulis [00:48].
• Beberapa anak mengalami kesulitan dalam membuat garis lengkung [01:47], bahkan ada yang sampai merobek kertas atau mematahkan pensil [02:09].
• Video ini memberikan solusi dengan memberikan latihan-latihan menulis awal, seperti [02:45]:
• Melatih kelenturan jari dengan bermain memindahkan air menggunakan spons [02:57].
• Melatih kemampuan memegang objek dengan membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup [03:22].
• Melatih kelenturan jari dengan membuka dan memasangkan kancing baju [04:36].
Kelebihan:
• Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil.
• Video ini juga memberikan contoh-contoh latihan yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.
• Video ini sangat bermanfaat bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka belajar menulis.
Kekurangan:
• Video ini tidak membahas secara detail tentang penyebab anak-anak kesulitan memegang pensil.
• Video ini tidak memberikan panduan tentang cara mengevaluasi apakah anak-anak sudah siap untuk mulai belajar menulis.
• Video ini tidak membahas tentang cara membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar menulis karena masalah medis.
Kesimpulan:
Video ini merupakan sumber daya yang baik bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka belajar menulis. Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil.
Nama : Maria Arni F. Yulita
Nim: 859299833
Pada forum GPO Saya akan menganalisis video tentang Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Video diawali dengan guru yang menyapa anak didiknya, kemudian dilanjutkan dengan memberikan tugas kepada anak-anak yaitu menebalkan garis lengkung dan lurus. Anak-anak diminta untuk melihat ke depan papan tulis untuk memperhatikan ibu guru yang akan memberikan contoh bagaimana cara mengerjakannya.
Instruksi dimulai dengan meminta anak-anak menulis nama dan tanggal dan dilanjutkan dengan guru menebalkan garis yang ada dilembar kerja menggunakan pensil tulis, kertas yang digunakan sebagai contoh sama besarnya dengan kertas yang akan diberikan kepada anak-anak, menurut pendaapat saya anak-anak akan kesulitan untuk memperhatikan karena terlalu kecil dan jaraknya jauh. Alangkha lebih baik jika ibu guru menggambar dalm ukuran ke yang lebih besar dipapan tulis.
Menurut pendapat saya, kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh guru sudah tepat, seperti:
-Kegiatan bermain memindahkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan spons, spons diremas atau diperas oleh anak tiap kali anak memindahkan ketempatnya.
-Kegiatan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan mur yang terbuat dari kayu, kegiatan ini bertujkuan agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot jari untuk persiapan menulis awal, antara lain:
-Meremas-remas dan merobek kertas
-Meremas dan membentuk playdog
-Membuka dan menutup boto;l atau tempat bekal
Demikian ulasan dari video yang saya amati pada forum GPO. senang dapat belajar bersama banyak kawan.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama: suriani
Nim: 837967914
Upbjj: 80/Makassar
Judul Video 1: Anak Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Saran dan masukan:
Video pertama menjelaskan tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dari video ini, saya belajar bahwa perkembangan motorik halus sangat penting untuk diperhatikan sebelum anak dilatih menulis. Guru dapat membantu dengan melatih otot jari anak melalui aktivitas bermain yang menyenangkan, seperti bermain plastisin atau meronce.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama: suriani
Nim:837967 914
Upbjj: 80/Makassar
Judul Video 1: Anak Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Saran dan masukan:
Video pertama menjelaskan tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dari video ini, saya belajar bahwa perkembangan motorik halus sangat penting untuk diperhatikan sebelum anak dilatih menulis. Guru dapat membantu dengan melatih otot jari anak melalui aktivitas bermain yang menyenangkan, seperti bermain plastisin atau meronce.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Nama : Nadia Syafar
Nim : 859441115
Upbjj : 80/Makassar
1. Anak Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Video ini menjelaskan tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dari video ini, saya belajar bahwa perkembangan motorik halus sangat penting untuk diperhatikan sebelum anak dilatih menulis. Guru dapat membantu dengan melatih otot jari anak melalui aktivitas bermain yang menyenangkan, seperti bermain plastisin atau meronce.