Similar Posts
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Nama : Yuni Kartika Sari
NIM : 857007409
Prodi : PGSD sem.6
UPBJJ : Bandar Lampung / Pokjar Pasir Sakti
Setelah melihat video tersebut, menurut pendapat saya, secara keseluruhan guru sudah sangat baik dalam proses pembelajaran dari sejak persiapan. di awal guru sudah membagi kelompok dan membagi tugas dalam masing-masing kelompok untuk membawa alat dan bahan dari rumah, mengajarkan pembuatan pola konstruksi bangunan dan mengajarkan dalam proses perakitan model rumah-rumahan tersebut. ada baiknya guru dalam proses siswa untuk membuat konstruksi rumah tersebut guru dapat berkeliling sambil mengevaluasi kinerja dari masing-masing siswa dalam kelompok karena kadang dalam suatu kelompok ada siswa yang perannya sangat aktif ada juga siswa yang hanya mengandalkan temannya, atau guru dapat memberikan masukan masukan jika siswa melakukan kesalahan dalam proses perakitan model rumah-rumahan tersebut. Setelah selesai semua kelompok merakit rumah-rumahan , guru dapat memberikan kesempatan bagi tiap-tiap kelompok untuk maju dan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, dan jika ada, guru dapat memberikan reward kepada kelompok dengan hasil terbaik supaya siswa lebih bersemangat lagi dalam proses pembelajaran berikutnya. terima kasih
Nama : RIKHA NUR OCTAVIANI HASIBUAN
NIM : 856034546
Prodi : S-1 PGSD ( Semester 6 )
UPBJJ : MEDAN
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas menurut saya untuk kegiatan pembelajaran sudah baik. Diawal Pembelajaran Ibu guru menanyakan kabar anak-anak lalu bertanya akan tugas yang diberikan kemudian ibu guru mengelompokkan anak anak berdasarkan kelompoknya.
Akan tetapi sebelum anak anak praktek membuat benda kontruksi rumah , ibu guru harus sudah menyiapkan alat dan bahan juga atau juga bisa menampilkan hasil yang sudah jadi, agar anak anak lebih bersemangat dalam proses pembelajaran .Setelah itu barulah ibu guru menjelaskan bagaimana cara pembuatan nya.
Terimakasih
Nama : MHD. FIQRI RAMADHAN
NIM : 856021682
UPBJJ : UT MEDAN
POKJAR : TEBING TINGGI
menurut saya dari video yang di tayangkan sudah baik. Dari mulai guru memberikan penjelasan kepada siswa nya sudah sangat baik.
Guru pun menjelaskan nya sangat tepat sehingga siswa cepat mencerna apa yang di terangkan oleh seorang guru.
Untuk di zaman sekarang ini. Apa² sudah memakai yang nama nya elektronik. Mungkin kalau seorang guru menerangkan dengan menggunakan video atau ppt, kemungkinan anak² lebih cepat untuk mencerna nya.
Untuk di jenjang SD pasti lebih suka dalam pelajaran dengan menggunakan video. Agar siswa dapat memahaminya langsung.
Untuk di zaman sekarang ini dengan menggunakan elektronik, jangan sampai di lupakan juga yang nama nya LKS. LKS itu lh untuk tugas² di rumah.
Hanya ini tanggapan dari saya.
Terima kasih
Nama : Nishfu Lailiyah
NIM : 858911392
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT Jember
Pada video tersebut pengontruksian rumah dari kertas merupakan kegiatan praktek yang sangat baik. Karena dengan siswa bekerja langsung (praktek) akan mengasah keterampilan atau motoric yang mereka miliki. Tetapi sebelum kegiatan praktek dimulai, alangkah baiknya bila guru menjelaskan secara global Langkah-langkah yang dapat dilakukan siswa. Kemudian guru meminta siswa untuk memahami Langkah-langkah yang telah ada di dalam buku. Sehingga anak memiliki bekal untuk memulai karyanya dan meningkatkan kreativitasnya dalam pengontruksian berlangsung. Meskipun guru sebagai fasilitator, guru tidak boleh mengajari atau membimbing secara penuh. Karena dalam pengerjaan praktek tersebut sudah dibentuk kelompok, biarkan siswa saling berkolaborasi dan menyampaikan pendapat didalam kelompoknya.
Nama : Maria Christina Galuh PS
Nim : 858954148
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Umbulsari
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya yang berjudul Mengkonstruksi Rumah dari Kertas,menurut saya cara penyampaian dan penjelasan tentang membuat Kontruksi dari Kertas sudah baik. Tetapi alangkah lebih baik ketika guru mempraktekkan cara membuat Kontruksi rumah dari kertas bersama2 dengan para siswa,supaya guru dan siswa bisa membuat bersama2.
Nama : Hamzah putra ns
NIM : 858824662
Prodi : S1-PGSD
Semester : 6
Berdasarkan Vidio pembelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) yang berjudul mengkonstruksi rumah dari kertas, menurut pendapat saya metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik. Karena pada Vidio tersebut guru sudah menjelaskan cara bagaimana membuat rekontruksi rumah dari kertas dengan cara yang efektif. Akan tetapi, guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya semua kelompok dapat memahaminya.
Terimakasih 🙏
Nama : Hamzah putra ns
NIM : 858824662
Prodi : S1-PGSD
Semester : 6
Berdasarkan Vidio pembelajaran seni budaya dan keterampilan yang berjudul mengkonstruksi rumah dari kertas, menurut pendapat saya metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik. Karena pada Vidio tersebut guru sudah menjelaskan cara bagaimana membuat rekontruksi rumah dari kertas dengan cara yang efektif. Akan tetapi, guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya semua kelompok dapat memahaminya. Dan diusahakan setiap kelompok fokus dalam kegiatan praktek tersebut
Nama : Safiriana Zebua
N I M. : 856034213
Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu; guru masuk dikelas dengan menyapa serta menayangkan kabar siswa. Pada saat menjelaskan Pembelajaran guru sangat menyampaikannya dengan baik sehingga siswa juga paham akan yang disampaikan. Hanya saja kelemahan dari video ini adalah tidak ada penutupnya sehingga kelas berakhir dengan begitu saja. Tidak ada kesimpulan atau penguatan yang diberikan guru kepada siswa dan yang terakhir guru tidak mengecek kehadiran siswa.
nama : Dhea Anggrayni
nim : 858049082
prodi : s1-pgsd (semester 6)
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas terdapat :
kelebihan:
kelebihan pada video pembelajaran tersebut yaitu guru memberikan penjelasan prosedur praktek dengan baik, juga anak-anak diberikan kebebasan saat mempraktekan pembuatan karya.
kekurangan:
kelebihan pada video pembelajaran tersebut demonstrasi yang diberikan guru masih kurang efektif & efisien, sehingga banyak hal yang tidak tersampaikan dengan baik.
Nama : Dian Septarini A
Nim : 858697552
Prodi : S1-PGSD
Dari tayangan video pertama guru belum melakukan pengecekan kehadiran siswa. Stimulus yang dilakukan guru terhadap siswa tentang materi Mengkonstruksi Rumah Dari Kertas, masih kurang. Sehingga tidak ada rasa ingin tahu dari siswa. Selanjutnya guru harus menjelaskan secara detail tentang cara menyelesaikan tugas Mengkonstruksi Rumah Dari Kertas. Misalnya bagian mana dari gambar rumah yang harus digambar terlebih dahulu. Kemudian menunjukkan bagian mana yang digunting dan dilipat. Kemudian menunjukkan bagian manakah yang harus direkatkan sehingga membentuk sebuah rumah.
Pada video berikutnya guru telah memberikan contoh langkah-langkah pembuatan Rumah Dari Kertas. Sebelum siswa membuat Kontruksi Rumah Dari Kertas tersebut. Hendaknya guru bertanya pada siswa apakah ada yang masih belum faham? Sehingga siswa tidak mengalami kesulitan ketika proses membuat kontruksi rumah telah berlangsung.