silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Indah Purnama sari
    NIM: 859804989
    UPBJJ: Palembang

    Assalamualaikum wr wb
    Izin menanggapi video “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika”.
    Berdasarkan video tersebut dari awal pembelajaran siswa memang kurang minat terhadap matematika, dibuktikan dengan siswa yang bersorak ketika guru menyuruh anak-anak mengeluarkan buku. Ini bisa terjadi karena siswa yang selama ini menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Dan pada saat guru menyampaikan materi pelajaran dengan metode ceramah banyak siswa yang merasa bosan dan tidak termotivasi dalam belajar. Ketika guru merubah cara belajar dengan cara bernyanyi, semua siswa tertarik mengikuti proses belajar dan siswa dapat menghafal rumus matematika dengan mudah.

    Dari video tersebut sebagai seorang guru upaya yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu masalah atau kesulitan siswa kita dalam belajar, lalu mencari strategi pembelajaran yang menarik perhatian siswa, bisa dengan cara bernyanyi sambil menghafal rumus-rusus matematika seperti video tersebut.

    Terimakasih.

  2. Saat guru menyampaikan materi yang akan dipelajari siswa terlihat rusuh, ribut, tidur-tiduran dan tidak focus. Mungkin karena guru masih menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang tertarik.Saat melihat kondisi kelas yang tidak kondusif, guru mulai mengubah strategi mengajarnya yaitu dengan mengajak siswa bernyanyi. Saat guru mengajak anak-anak bernyanyi kelihatan anak/siswa mulai tertarik dan bersemangat dalam mengikuti Pelajaran. Anak-anak pun mulai mengikuti nyanyian yang dinyanyikan oleh guru dan mulai memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru lewat nyanyian tersebut. Adapun upaya yang harus dilakukan oleh guru yaitu guru dapat menggunakan berbagai macam lagu yang liriknya sudah dirubah untuk mengajarkan siswa/anak menghafal rumus dengan mudah dan menyenangkan.

  3. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : LISTI DIANA
    NIM : 856855117
    UPBJJ : Bengkulu
    POKJAR : Curup, Kab. Rejang Lebong

    Berdasarkan Video ” Siswa Kesulitan Menghapal Rumus Matematika”. Menurut pendapat saya….

    a. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – dalam video didatas telah tergambar bahwa kegiatan belajar tidak kondusif bisa jadi karena faktor lingkungan atau suasana di kelas,
    – Kurangnya Minat Siswa untuk belajar oleh karena itu siswa menjadi jenuh Belajar sehingga SIswa Menjadi ribut, sibuk dengan kegiatan mereka sendiri

    b. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – kurang menggunakan metode Pembelajaran yang menari
    – kurangnya Media Ajar

    c. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Guru Berusaha Menggunakan Metode Ajar baru yang telah disesuaikan untuk Lampiran.

    d. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – bahwa para siswa kompak dan semangat dalam bernanyi

    e. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – melakukan Ice breaching, brainsrming Menarik dengan begini Minat Belajar siswa juga meningkat
    – menggunakan media ajar yang telah disesuaikan dengan Kondisi dan Karekteristik siswa
    -Menggunakan Strategi dan Metode belajar yang tepat
    – mendorong Para siswa untuk secara aktif Bertanya sehingga siswa dapat berpikir kritis, serta terbuka terhadap siswa yang berkonsuntasi.

  4. Menurut pendapat saya strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi masalah siswa kesulitan menghafal rumus matematika sudah tepat yaitu dengan penggunaan lagu sebagai media pembejarannya . Selain itu strategi tersebut berhasil memusatkan perhatian siswa dimana pada awalnya siswa terlihat kurang kondusif dan tidak memperhatikan guru. namun, Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Agar siswa menguasai dan memahami konsep matematika alangkah baiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi bisa ditambah menggunakan metode diskusi atau tanya jawab agar siswa lebih paham dan menguasai materi yang dipelajari.
    terimakasih

  5. NAMA : ANAK AGUNG ISTRI PUTRI PUSPADEWI
    NIM : 859038487
    PRODI : S1-PGSD KODE. 118

    Selamat pagi Bapak tutor dan rekan-rekan mahasiswa. Saya mohon izin menyampaikan pendapat.

    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran dengan topik “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” yaitu sebagai berikut.
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah pada awalnya siswa gaduh dan mengekspresikan ketidaksukaannya karena guru langsung memberikan pertanyaan hafalan mengenai rumus bangun datar. Pada video pembelajaran tersebut, hampir semua siswa tidak mengingat rumus bangun datar dan sibuk dengan urusannya sendiri. Guru merasa kecewa dengan respon siswa dan pada akhirnya guru mengganti metode mengajar dengan mengajak siswa bernyanyi yang nyanyian tersebut berisi rumus-rumus bangun datar. Seketika, suasana kelas berubah menjadi menyenangkan. Murid mulai riang bernyanyi tanpa disadari mereka menghapal rumus-rumus bangun datar dengan sangat mudah melalui nyanyian.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Kelemahan guru dalam video tersebut adalah guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kepada siswa yang menyebabkan siswa merasa tidak tertarik menghapal dan menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Disini siswa kurang berperan aktif dan pembelajarannya belum berpusat pada siswa.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru dengan sigap mengganti metode pembelajaran karena melihat siswa kurang berpartisipasi dan cenderung tidak mengingat hafalan rumus matematika. Guru menggunakan cara bernyanyi bersama siswa, yang menyebabkan siswa gembira saat menghapal rumus yang banyak. Dari sini bisa dikatakan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa yang suka bernyanyi.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    Hal-hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut adalah guru memahami karakteristik dan kebutuhan siswa, sehingga cepat tanggap mengganti metode pembelajaran dengan cara bernyanyi bersama dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Upaya yang dapat saya usulkan agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru harus mengetahui karakteristik dan kebutuhan siswa masa kini agar dapat menyesuaikannya dengan metode pembelajaran yang akan dilakukan. Guru harus kreatif dan inovatif merancang pembelajaran agar siswa tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Alternatif media yang bisa digunakan dalam pembelajaran yaitu power point, quizizz, animasi video, dan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar siswa. Selain itu guru juga harus memperhatikan beberapa prinsip pembelajaran inovatif agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan untuk siswa. Prinsip pembelajaran yang inovatif (Zunidar, 2019) yaitu:
    a) Pembelajaran, bukan pengajaran.
    b) Guru sebagai fasilitator, bukan instrukstur.
    c) Siswa sebagai subjek, bukan objek.
    d) Multimedia, bukan monomedia.
    e) Sentuhan manusiawi, bukan hewani.
    f) Pembelajaran induktif, dan bukan deduktif.
    g) Materi bermakna bagi siswa, bukan sekedar dihafal.
    h) Keterlibatan siswa partisipatif, bukan pasif.

    Demikianlah yang dapat saya sampaikan, saya mohon masukan dari Bapak dan rekan-rekan mahasiswa. Terima kasih

    Sumber :
    Zunidar, Z. (2019). Peran guru dalam inovasi pembelajaran. NIZHAMIYAH, 9(2).
    http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/550/464.

  6. Nama : Neli Nadia Adawiah
    NIM : 857532083
    UPBJJ : Bandung
    Prodi : PGSD

    Berdasarkan video tersebut terlihat siswa-siswi pada saat awal pembelajaran kondisi kelas gaduh, tidak bersemangat dan kurang tertarik pada pembelajaran tersebut. Hal tersebut terjadi karena siswa-siswi menganggap pelajaran tersebut itu sulit dan membosankan.
    Tapi, dengan guru tersebut mengubah cara mengajarnya dengan lagu atau nyanyian siswa-siswi tersebut terlihat menjadi bersemangat dan tertarik belajar.
    Jadi, pada saat belajar mengajar guru harus kreatif dalam penyampaian materinya. Karena jika hanya menggunakan metode ceramah dan terpaku papan tulis siswa-siswi akan bosan dan tidak tertarik untuk belajar.

  7. Berdasarkam pengamatan saya dalam vidio tetsebut ada seorang guru yang sedang mengajarkan matematika, dari yang saya lihat guru tersebut langsung masuk kedalam inti pembelajaran tanpa ada pendahuluan dimana pendahuluan atau membuka pembelajaran merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Terlihat reaksi siswa yang ada yang masih belum siap menerima pembelajaran dan kelas tetlihat belum kondusif sepenuhnya, dengan ditandai siswa yang masih gadih dan bercanda. Tetapi guru tersebut berinovasi menciptakan lagu yang diubah menjadi rumus bangun datar, menjelaskan dengan mudah perkalian dan melakukan sesi tanya jawab kepada siswa dengan tujuan apakah siswa telah memahami perkalian dasar.
    Adapun kelemahan dari pembelajaran tersebut adalah guru tidak memperhatikan apah siswa telah siap menerima pembelajaran atau belum, siswa tidak siap menerima pembelajaran,tidak melakukam pendahuluan sehingga siswa tidak terangsang untuk menerima materi pembelajaran dan guru tidak menggunakan media belajar yang me.udahkan siswa dalam menerima pembelajaran.
    Untuk meningkatkan pembelajaran tersebut guru harus lebih percaya diri, lebih meningkatkan kreatifitas agar siswa antusias dalam pembelajaran dan guru harus lebijmenguasai strategi pembelajaran dan pemanfaatan alat peraga
    Demikiam pendapat saya mobon koreksinya jika ada kekurangan
    Terima kasih

  8. Assalamu’alaikum wr wb.
    Nama : ANI SURYA YULIANA
    NIM : 858528656

    Berdasarkan video diatas, menurut pendapat saya yaitu :
    1. Setelah mengamati video tersebut, awalnya respon anak – anak terhadap guru yang menjelaskan materi sangat tidak antusias, mereka terlihat sangat bosan, ada yang mengantuk, ada pula yang berbicara dengan temannya, mereka sibuk kegiatannya masing – masing. Hal ini, tentu membuat pembelajaran menjadi tidak efektif, materi tidak bisa tersampaikan dengan baik. Bahkan saat guru bertanya pun anak – anak tidak mengetahui dengan materi yang dipelajari.
    Namun, kemudian guru mengubah strategi pembelajaran yang sebelumnya menggunakan metode ceramah diganti menggunakan metode yang lebih kreatif yaitu mengemas rumus bangun datar menjadi sebuah lagu. Hal ini bisa mengubah kondisi kelas yang awalnya ramai menjadi terfokus pada sang guru dan materi yang diajarkan. Lagu matematika berisi pola atau rumus yang dapat dengan mudah diingat dan mudah dimengerti oleh siswa. Dengan begitu kelas menjadi kondusif dan materi dapat tersampaikan dengan baik.

    2. Dalam video tersebut terdapat beberapa kelemahan, yaitu : Guru tidak memberikan salam pembuka, guru tidak mengabsen siswa, guru awalnya menggunakan metode ceramah yang membuat anak merasa bosan, guru tidak memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan, dan guru tidak memberikan salam penutup.

    3. Dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan yaitu : Guru dengan sigap mengubah cara pembelajaran menjadi lebih kreatif untuk menarik perhatian siswa, guru memahami metode baru agar siswa tidak merasa bosan dan bisa menerima materi dengan baik. Guru juga menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.

    4. Dalam video tersebut juga terdapat beberapa hal unik, yaitu : Guru sangat kreatif mengganti metode pembelajaran dan anak – anak sangat antusias menyanyikan lagu rumus bangun datar.

    5. Selain menggunakan lagu, ada banyak cara untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik perhatian siswa, terutama dalam pembelajaran matematika diantaranya, menggunakan games / permainan matematika, guru bisa memasukkan game ke dalam pembelajaran matematika, sehingga menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Hal ini tentu sangat menarik bagi anak – anak dan mereka tidak merasa bosan. Contoh : Guru bisa menggunakan permainan Puzzle / teka – teki.

    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum wr, wb.

  9. NAMA : Nathaniel Dilly
    NIM : 838361257
    Berdasarkan vidio yang sudah di simak di atas, pendapat saya adalah :
    1. Respon anak/siswa awalnya tidak antusias, terlihat mereka tidak suka belajar matematika. Ada yang mengantuk, ada yang tidak memperhatikan, ada yang sibuk berbicara dengan teman di sebelahnya. Tetapi anak/siswa menjadi antusias setelah guru mengajak siswa untuk bernyanyi dengan mengganti lirik lagu burung kakatua dengan rumus yang akan di ajarkan. Dengan merubah metode belajar dari ceramah menjadi bernyanyi bersama membantu anak/siswa untuk lebih mudah mengingat dan menghafal rumus. Selain itu juga membantu guru dalam mengajarkan rumus kepada anak/siswa.
    2. Kelemahan guru di dalam video di atas adalah :
    Guru tidak memperhatikan keadaan anak/siswa apakah anak/siswa sudah siap menerima materi pembelajaran atau belum. Guru tidak melakukan pendahuluan dengan baik sehingga tidak merangsang keingintahuan anak/siswa untuk mengikuti materi pembelajaran yang akan di ajarkan. Guru juga tidak memakai alat peraga yang memudahkan anak/siswa agar bisa menghafal rumus tersebut.
    3. Kelebihan guru di dalam video di atas adalah :
    Guru dengan kreatif mengubah metode pembelajaran dari ceramah menjadi metode bernyanyi sambil menghafal. Guru menggunakan metode bernyanyi sambil menghafal rumus ini karena guru telah melihat dengan metode ceramah tidak efektif untuk membuat anak/siswa dapat menghafal rumus.
    4. Hal unik yang dapat di temukan dari vidio di atas adalah :
    Kreatifitas guru yang mampu mengubah lirik lagu dengan rumus yang akan di hafalkan oleh anak/siswa.
    5. Usul saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah menarik perhatian anak/siswa sejak awal di mulai proses pembelajaran. Agar anak/siswa sudah antusias sejak awal pembelajaran, misalnya dengan kuis, atau game. Setelah anak/siswa sudah bersemangat mengikuti proses pembelajaran, barulah kita masuk dalam inti pembelajaran yaitu menghafal rumus luas bangun datar. Tetapi tak perlu dengan ceramah, kita langsung dengan mengajak mereka bernyanyi bersama dengan merubah lirik lagu seperti yang di lakukan guru di vidio di atas.
    Terima kasih

  10. Nama : Rizqi Dwi Ningrum
    NIM : 856837767
    Prodi : PGSD BI Semester II
    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
    Setelah saya menonton dan mengamati video pembelajaran tersebut, berikut tanggapan yang dapat saya sampaikan :
    1. Pengenalan yang kurang Menarik : Pembukaan kelas dengan salam adalah langkah yang baik, tetapi pengenalan pembelajaran dengan mengatakan bahwa hari itu akan diisi dengan menghafal beberapa rumus matematika tanpa konteks atau pendekatan yang menarik mungkin menjadi penyebab awal ketidakantusiasan siswa. Pengenalan yang menarik dan relevan akan membantu menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran matematika.
    2. Permasalahan dalam Metode Pengajaran : Ketika guru hanya mengumumkan bahwa pembelajaran akan berfokus pada mencari luas bangun datar dan menghafal rumus matematika, hal ini dapat membuat siswa merasa tidak tertarik. Menghafal rumus bisa dianggap sebagai tugas yang membosankan dan sulit bagi beberapa siswa. Metode pengajaran yang lebih variatif dan interaktif mungkin lebih efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar matematika.
    3. Penggunaan Media Pembelajaran yang Kreatif : Langkah yang diambil guru dengan membuat media pembelajaran berupa lagu dengan nada burung kaka tua adalah tindakan yang sangat baik. Media kreatif seperti lagu dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Ini dapat membantu siswa memahami dan menghafal rumus bangun datar dengan lebih efektif. Penggunaan teknologi dan media yang interaktif dapat membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.
    4. Kondisi Kelas yang Kondusif : Pemulihan kondisi kelas yang kondusif adalah langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang efektif. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat mengatasi ketidakantusiasan siswa dan membuat pembelajaran matematika menjadi lebih efektif.
    5. Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa : Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa dalam perencanaan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika.
    Dalam keseluruhan, tindakan guru untuk menggunakan media pembelajaran kreatif adalah langkah positif dalam meningkatkan pembelajaran matematika. Namun, penting juga untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang menarik dan relevan bagi siswa agar pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
    Terimakasih

Leave a Reply