silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama: Erna Agustina
    NIM: 857443611
    Jurusan: S1 PG-PAUD

    Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
    Tetapi terlihat disitu guru kurang menciptakan permainan yang bervariasi sehingga anak mudah bosen karena hanya di berikan permainan yang itu-itu saja. Sebaiknya guru memberikan permainan yang lebih bervariasi dan beragam.

  2. Nama : Widy Noerbayani
    NIM : 857443256
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Menurut pendapat saya setelah menonton video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak.
    1. alat peraga yang digunakan oleh guru yaitu bola, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
    2. selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian itu guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untukmengambik barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
    3. langkah yang dapat dilakukan guru tersebut, sudah tepat namun alangkah lebih baiknya guru dapat memberikan cap bintang/stempel bintang pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar agar mereka merasa senang seperti, disekolah tempat saya mengajar bahwa kalau ada seorang anak yang sudah mengerjakan tugas atau mewarnai dengan rapih saya memberikannya pernghargaan cap bintang/stempel bintang sebanyak-banyaknya. namun yang belum benar akan diberikan kesempatan untuk mengulangi agar anak tersebut tidak putus asa.
    4. hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep tersebut, biasanya adalah seorang anak kurang fokus dan asyik main sendiri sehingga tidak memperhatikan dan kurang mengerti dengan apa yang dipelajarinya.
    5. yang saya lakukan saat ingin mengenalkan konsep bilangan tersebut kepada anak-anak, saya ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan serta berhitung dan menyebutkan angka dengan bahasa indonesia maupun secara bahasa inggris, agar anak dapat lebih bersemangat dan fokus dalam belajar mengenal konsep bilangan.

  3. Setelah saya melihat vidio ini dengan judul anak sulit mengenal lambang bilangan. Menurut saya cara gurunya sangat bagus mengenalkan konsep bilangannya . Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Dan masih banyak lainnya seperti berburu angka,bermain lego,bermain ular tangga dan menebak angka,banyak cara untuk menarik minat belajar anak. Sebenarnya untuk anak yang umuran TK itu harus banyak mengulang unglang agar tetap diinget, dengan media dan lagu yang berbeda biar anak itu seneng belajar mengenal bilangan dengan baik.
    Tetapi disini saya lihat anaknya ada yang kurang semangat meskipun di ajak nyanyi masih ada yang diam, lemas dan berbicara, sebenarnya kan harus sama2. Mungkin media yang di pakai kurang menarik hati anak anak makanya kurang semanget.

  4. Nama : Emi Rahmah
    Nim : 859170847
    Prodi : PGPAUD S1
    Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
    Tetapi terlihat disitu guru kurang menciptakan permainan yang bervariasi

  5. Nama: mardiah
    NIM:859169351
    JURUSAN: S1 PG PAUD
    Menurut pendapat saya setelah menonton video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Sebagai berikut:
    1. Kegiatan belajar dalam video sangat menarik karena di fasilitasi alat peraga seperti keanekaragaman warna bola dapat menarik perhatian siswa dan siswi.
    2. Metode dan media Kegiatan belajar bisa di buat lebih variatif sehingga kemampuan masing2 anak dapat terukur berdasarkan metode dan media yg di gunakan. Hal ini karena Anak Usia Dini merupakan individu yang unik yang memiliki karakteristik yang berbeda, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memerlukan dan mengharapkan pengertian, cinta dan kasih sayang yang tulus agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik dan maksimal.
    3. Permainan matematika merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika anak di masa tahapan awal perkembangan, seperti membilang, membedakan dan menghubungkan. Salah satu permainan matematika yang dapat meningkatkan konsep bilangan yaitu dengan menggunakan media kantong bilangan.
    Mungkin media ini juga bisa diterapkan untuk memotivasi minat belajar anak
    Terima kasih

  6. Nama: Ima Siti Mualimah
    Nim : 857484996
    Jurusan S1 PG PAUD
    Setelah melihat tayangan vidio menurut saya pengenalan konsep bilangan yang dilakukan oleh guru dengan cara mengajak anak untuk menghitung bola sesuai yang diperintahkan guru cukup baik dan menarik,sehingga anak akan dapat mudah mengingat tentang pengenalan angka,guru juga dapat menambahkan kegiatan pembelajaran bermain kartu huruf yang di sembunyikan oleh guru,kemudian anak diminta untuk mencarinya setelah itu anak dapat menyebutkan angka pada kartu tersebut yang telah ditemukannya kemudian menukisakannya d papan tulis.

  7. Nama : ANITA SARI

    NIM : 858839806

    JURUSAN : S1 PG PAUD-BI

    Menurut analisa saya dari vidio diatas tentang pengenalan konsep bilagan pada anak dengan berbagai media bermain sudah baik, guru mengejak anak untuk mengitung berapa bola yg telah diambil sesuai dengan perintah yang diberikan, dan mengajak anak-anak lainnya untuk mengevaluasi apakah sudah sesuai dengan intruksi yang disampaikan atau belum, guru memberikan LKPD(Lembar Kerja Peserta Didik) berupa gambar-gambar berbagai benda untuk dihitung dan melingkari angka dibawahnya yang sesuai dengan jumlah gambar yang ada, hal trsebut dilakukan untuk mengetahui kepahaman anak tentang konsep bilangan dan mengenal bentuk dari angka-angka tersebut.
    Namun menurut saya mungkin anak bisa terlebih dahulu diperlihatkan bentuk-bentuk dari angka-angka tersebut seperti bentuk angka 4 itu seperti apa bentuk angka 7 itu seperti apa. agar anak lebih jelas dan anak dapat memahami tentang konsep bilangan dengan mudah.

  8. Nama: Rina andriani
    Nim : 859169502
    Jurusan : s1 PG PAUD
    Menurut saya cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus, akan tetapi sebelum kegiatan dimulai guru tidak memperlihatkan angka satu sampai sepuloh. Guru langsung mengajak anak- anak untuk bermain dengan cara guru memerintahkan murid
    (Anak)mengambil bola sesuai intruksi gurunya, akan tetapi ada salah satu anak yang belum mengetahui konsep bilang seperti nayla dia disuruh mengambil 7 buah bola akan tetapi dia mengambil hanya 6 buah bola saja. Selain itu juga guru mengajak anak_ anak untuk bernyayi dua mata saya sambil berhitung.

  9. Setelah melihat dan mengamati vidio tsb, menurut saya cara yg di lakukuan guru2 tsb cukup menarik
    Karna dalam melakukan pengenalan konsep bilangan tsb, guru melakukannya dengan berbagai metode serta menggunakan beberapa media sehingga anak tdak terlalu bosan dalam menerima pembelajaran.
    Meski begitu, guru juga seharusnya mengenalkan juga banyangan tentang bagaimana bentuk dari bilangan2 tersebut agar lebih efektif.

  10. Nama: Rina andriani
    Nim : 859169502
    Jurusan : s1 PG PAUD
    Menurut saya cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus, akan tetapi sebelum kegiatan dimulai guru tidak memperlihatkan angka satu sampai sepuloh ( tanya jawab tentang angka) . Guru langsung mengajak anak- anak untuk bermain dengan cara guru memerintahkan
    Anak mengambil bola sesuai intruksi gurunya, akan tetapi ada salah satu anak yang belum mengetahui konsep bilang seperti nayla dia disuruh mengambil 7 buah bola akan tetapi dia mengambil hanya 6 buah bola saja. Selain itu juga guru mengajak anak_ anak untuk bernyayi dua mata saya sambil berhitung. Dalam mengenalkan konsep bilangan kepada ada tiga yang di lakukan 1. Menghitung jumlah bola. 2. Berhitung sambil bernyanyi dan bertepuk. 3. Pemberian tugas yaitu belupa LKS menghubungkan lambang bilangan dengan gambar yang ada di lks

Leave a Reply