silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Mega Prasasti Dewi Fatimah
    Nim : 858893112
    PGPAUD POKJAR PROBOLINGGO

    Dalam pembelajaran sudah bagus dalam mengenalkan angka. Anak juga bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain, dan juga bernyanyi seperti yang terdapat di video anak bermain bola sambil menghitung sesuai dengan yang di perintahkan oleh guru.
    Agar anak lebih mengenal angka bisa juga di tambahkan dengan guru membuat bendera sebanyak 10 dan bertuliskan angka 1-10 di bendera tersebut, ketika anak sudah mengambil bola sejumlah yang di perintahkan guru dan memberikan kepada guru.
    Guru menyuruh anak untuk mengambil bendera yang bertuliskan angka sebanyak bola yang anak ambil atau yang sudah di perintahkan oleh guru sebelumnya. Dengan begitu juga anak akan mengenal seperti apa angka 1 sampai 10.
    Dalam video juga anak mengerjakan lembar kerja dengan melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar yang ada.

  2. NAMA : SARIFATUN KHASANAH
    NIM : 857607877
    PRODI : PGPAUD

    Vidio diatas menampilkan usaha guru yang menurut saya sudah bagus untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Mengenalkan bilangan dengan lagu dan tepuk membuat anak mudah mengingat, apa lagi jika ditambah dengan gerakan menjadi gerak dan lagu diiringi musik. Penggunaan media bola dan lembar kerja juga dapat membuat anak mengenal konsep bilangan. Tetapi selain menggunakan bahan buatan pabrik guru juga dapat menggunakan bahan yang tersedia dialam seperti batu.

  3. Nama: Putri Hamdiyah Siti Rukmana
    NIM: 858749708
    Prodi: PG-PAUD AKPMM

    Menurut saya, Pembelajaran yang diajarkan di video atas sudah betul karena belajar sambil bermain,serta bisa merangsang motorik halus pada anak,dan model pembelajaran seperti ini anak tidak mudah merasa cepat bosan,serta dengan adanya bernyanyi membuat anak-anak semakin semangat untuk belajar. Anak-anak memahami apa yang diperintahkan oleh gurunya untuk mengambil bola sesuai dengan apa yang di suruh.

  4. Nama : Harniati
    Nim : 859415847
    FKIP : PG PAUD
    Semester : 2
    Setelah melihat Vidio diatas tentang anak yang sulit mengenal konsep bilangan terlihat seorang guru menstimulasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara mengambil bola didalam keranjang dengan jumlah yang ditentukan oleh guru kemudian dihitung ulang oleh guru,melalui bernyanyi dan tepuk tangan dengan cara tersebut anak lebih fokus dan bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran tersebut.demikian pendapat saya tentang anak sulit mengenal konsep bilangan tersebut .

  5. Menurut pendapat saya, cara guru dalam memperkenalakan konsep bilangan kepeda peserta didik sudah sesuai dan sangat menarik, dengan berbagai media yang dipakai oleh guru mulai dari bermain tepuk, bernyayi, mengenal bahasa inggris, dan juga menggunakan spidol,lembar kerja serta bola kecil. Pada pembukaan atau kegiatan awal pembelajaran Bu guru mengajak peserta didik untuk berhitung mulai dari angka satu sampai sepuluh. Dalam kegiatan tersebut terlihat kalau anak-anak merasa senang dan gembira.
    Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang ada pada video pengenalan konsep bilangan :
    a. Kelebihan :
    – Dalam menggunakan cara menghitung bola dalam keranjang membuat semua anak-anak tertarik dan senang mengerjakannya
    – memberi reward atau hadiah kepada anak berupa stempel gambar bintang untuk anak-anak yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan benar. Ini adalah suatu apresiasi dari guru kepada anak.
    – Selain anak-anak menyukai tehnik yang diberikan Guru, cara ini juga membuat anak tertarik untuk bermain angka.
    b. Kekurangan :
    – Lebih baik lagi jika pengenalan konsep bilangan yang diberikan pada anak-anak lebih bervariasi
    – untuk contoh lembar kerja yang digunakan sebaiknya lebih diperbesar lagi dan ditempel papan yang kosong tanpa banyak tulisan karena akan mempengaruhi konsentrasi anak
    – untuk Guru pendamping seharusnya ikut berperan serta dalam kegiatan menghitung bola

  6. Nama : SUHRIYANI
    NIM : 857166296
    PRODI : PGPAUD BI

    Menurut pendapat saya, upaya seorang guru TK dalam menghadapi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan patut diacungi jempol. Berbagai strategi yang disebutkan:

    Mengajak anak berhitung dengan permainan, lagu, dan tepuk tangan: Ini adalah pendekatan yang menarik dan interaktif untuk mengenalkan angka. Permainan, lagu, dan tepuk tangan membantu membuat belajar menjadi menyenangkan dan berkesan, menarik perhatian anak-anak dan memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses berhitung.

    Membuat alat peraga permainan konsep angka: Membuat alat peraga yang terkait dengan angka dapat memberikan representasi nyata dari konsep abstrak. Misalnya, dengan menggunakan benda fisik seperti balok atau mainan, guru dapat mendemonstrasikan menghitung dan mencocokkannya dengan simbol angka. Pendekatan langsung ini memungkinkan anak-anak memvisualisasikan dan menghubungkan angka dengan objek dunia nyata.

    Meminta anak-anak untuk menempatkan sejumlah benda sesuai dengan lambang angka: Kegiatan ini mendorong asosiasi antara angka dan jumlah yang sesuai. Dengan menempatkan objek dalam kelompok yang sesuai dengan simbol angka, anak-anak memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang nilai numerik yang diwakili oleh setiap simbol.

    Pemberian tugas berupa lembar kerja: Lembar kerja dapat memberikan latihan terstruktur bagi anak-anak untuk memperkuat pemahaman mereka tentang angka. Penugasan yang melibatkan memasangkan benda atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya mendorong anak untuk menerapkan pengetahuannya dan meningkatkan pengenalannya terhadap angka.

    Meninjau dan memberikan penguatan: Meninjau pekerjaan anak-anak dan mengenali upaya mereka merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Dengan mengakui dan memuji karya terbaik anak-anak, guru memperkuat perilaku positif dan mendorong kemajuan yang berkelanjutan. Menghadiahi anak-anak dengan stempel bintang di tangan berfungsi sebagai penguatan visual dan nyata, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anak.

    Strategi ini menggabungkan berbagai pendekatan seperti partisipasi aktif, kegiatan langsung, bantuan visual, dan penguatan positif. Dengan menggunakan metode ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang merangsang yang dapat mendukung anak-anak dalam mengembangkan dasar yang kuat untuk memahami angka.

  7. Nama: RIRIN YULIANTI
    NIM : 858168665
    Prodi : PG PAUD BI
    Menurut saya guru sudah benar dalam mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  8. Nama: SITI ULFA
    NIM : 858740471
    Program : PGPAUD-BI
    Semester: 2
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Lokasi : di dalam kelas

    Dalam video yang ditayangkan dalam pengenalan konsep bilangan yang diajarkan guru sudah cukup jelas. Guru mengajak anak membilang dengan bentuk permainan dan lagu,kemudian dalam video tersebut juga terlihat jelas bagaimana pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit atau nyata , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia TK, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat nyata. namun ibu guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran yang ada dalam video tersebut.

  9. Nama : Turyanti
    NIM : 857610843
    PRODI : PGPAUD
    UPBJJ : PURWOKERTO

    Menurut saya dalam video ‘’sulit mengenal konsep bilangan’’ yang dilakukan oleh guru sudah baik yaitu mengenalkan konsep bilangan dengan cara
    1. Mengenalkan konsep bilangan dengan Menggunakan bola yang berwarna warni sehingga anak akan tertarik yaitu dengan cara mengambil bola sesuai perintah guru
    2. Mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi dan juga bertepuk tangan
    3. Mengenal konsep bilangan dengan lembar kerja yang berisi gambar dengan cara anak melingkari angka sesuai bilangannya.
    guru dalam memberikan apresiasi kepada anak yaitu dengan memberi cap bintang ditangannya sehingga anak merasa senang dengan kerja kerasnya
    Kekurangannya
    -guru tidak menyediakan alat untuk tempat bolanya sehingga anak merasa sulit untuk membawanya
    -Guru menggunakan Bahasa campuran
    -Pada saat menghitung bola sebaiknya anaknya yang menghitung bukan gurunya
    -untuk guru pendamping sebaiknya lebih aktif dalam mendampingi anak didiknya

    terimakasih

  10. Nama : Ratu Bulqis.A
    Nim : 859404013
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus dan tepat untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik
    Saran saya :menggunakan media pembelajaran yang beragam dan menarik agar anak lebih semangat belajar.

Leave a Reply