silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Bismillah…
    Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Dari tayangan video tentang cara mengatasi masalah anak yang sulit mengenal konsep bilangan di atas, menurut saya strategi yang digunakan
    sudah tepat. Guru menggunakan berbagai media dan benda-benda yang konkrit yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini. Guru juga mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk sebagai variasi dalam pembelajaran yang membuat anak tidak mudah bosan dan merasa tertarik dalam pembelajaran. Selanjutnya anak diberikan lembar kegiatan untuk dikerjakan supaya dapat menambah tingkat pemahaman anak dan mengenalkan nama bilangan. Guru juga memberikan reward kepada anak dengan cara memberi stempel bintang pada tangan anak agar anak lebih semangat lagi belajarnya. Namun, Guru masih terlihat dominan dalam pembelajaran kerena guru menghitung benda yang sudah diambil oleh anak. Alangkah baiknya jika anak sendiri yang menghitung jumlah benda yang di ambilnya.

    Sekian dari saya terimakasih

  2. Nama: Ni Putu Diana Sari
    Nim : 859028991
    MK: PGTK2303
    Prodi: S1 PGPAUD, AKPMM
    Semester : 2, UPBJJ Denpasar

    Menurut video yang saya tonton “Sulit mengenal konsep bilangan” cara yang dilakukan ibu guru sudah sangat baik. Ibu guru mengenalkan konsep bilangan dengan contoh yang kongrit seperti mengambil bola, menghubungkan benda dengan lambang bilangan, bernyanyi, bertepuk tangan. Kegiatan tersebut membuat anak cepat mengerti, anak merasa tertantang untuk berhitung mengikuti perintah dari guru. Dengan jenis kegiatan yang berbeda-beda anak tidak cepat merasa bosan. Ketika anak sudah berhasil berhitung guru mengapresiasi anak dengan memberikan stiker/stempel pada anak yang membuat anak menjadi tambah semangat. Namun tetap guru harus mengutamakan proses belajar anak daripada hasil yang dicapai.

  3. assalamualaikum.wr.wb
    nama: shofyah
    nim: 858165193
    pokjar : sidoarjo kota
    saya mencoba menjawab dan memberi komentar pada sulit mengenal konsep bilangan.
    Tehnik guru dalam mengenalkan konsep bilangan ini sudah bagus antara lain:
    1.Guru mengajak anak bernyanyi dengan konsep bilangan. (dua mata saya,hidung saya satu,….)
    2.Guru mengajak bermain tepuk satu,tepuk dua,…..
    3.Guru memberikan penguatan kepada anak yang dapat menjawab dengan benar diberikan stempel.
    4.Guru memberikan lembar kerja berupa memasangkan dengan melingkari benda dengan lambang bilangannya.
    Kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah:
    1.Guru menggunakan alat dan tehnik peraga yang menarik untuk anak yaitu bola dan spidol.
    2.pengenalan konsep dengan cara bernyanyi dan tepuk tangan.
    3.pembelajrannya sesuai dengan materi.
    4.guru memberikan lembar kerja untuk mengetahui tercapai atau tidaknya metode dari guru untuk mengenalkan kosepnya.
    Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah:
    1.Disini anak hanya sebagai pendengar.
    2.guru tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung sendiri didepan kelas.
    3.guru hanya berpusat pada anak saat proses pembelajaran.

  4. Nama : Vivit Ratu Selvira
    NIM : 857233942
    Program Studi : PGPAUD S1

    “Anak sulit mengenal konsep bilangan”

    Menurut pendapat saya, secara umum tayangan video nya menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Akan tetapi, terdapat kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut, diantaranya sbb:

    Kelemahan :
    1. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyang-goyangkan tubuhnya dan ada juga anak yang duduknya belum tertib
    2. Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak yang menerima sepidol dari guru menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.

    Kelebihan :
    1. Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep bilangan dengan mengajak anak untuk bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu hingga memberikan penguatan.
    2. Guru memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.

    Saran saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/kegiatan yang menarik bagi anak, guru harus menstimulus pengembangan kognitif anak dengan menggunakan media yang menarik. Media yang ada di video tersebut sebenarnya sudah bagus tetapi hanya kurang beragam saja. Dan ketika anak menerima spidol menggunakan tangan kirinya guru harus membenarkan/mengingatkan cara menerima spidol dengan menggunakan tangan kanannya karena untuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter anak untuk membangun kepribadian yang baik .

  5. Nama : Yusriyyah Anas
    NIM : 857757229
    Prodi : PGPAUD semester 2
    UPBJJ Semarang

    Dalam video dijelaskan cara mengenalkan konsep bilangan pada anak. Menurut saya, metode yang digunakan cukup baik karena anak terlihat tertarik dan semangat saat berhitung menggunakan media bola. Pendekatan melalui bernyanyi dan tepuk menurut saya juga cukup efektif. Namun, pada bagian pemberian tugas memasangkan angka pada lembar kertas menurut saya kurang menarik karena terkesan membosankan. Alternatif media yang bisa digunakan agar lebih menarik adalah bermain ular tangga, anak akan lebih semangat jika sambil bermain. Contoh lain adalah ajak anak menghitung langkah kaki atau bermain engklek pada kotak yang sudah diberi angka, ajak anak melompat pada kotak nomer 1 2 atau 3 dst sambil menyebutkan angka di dalam kotak yang dipijak
    Terima kasih.

  6. Pada video ini cukup bagus gaya mengajar yang sudah dilakukan oleh guru hanya kurang dari keterlibatan anak saat pembelajaran. Guru tidak memberikan kesempatan pada anak agar aktif ikut serta berhitung sendiri di depan kelas. Guru masih menggunakan lembar kerja yang diberikan pada anak tanpa memberikan meja sehingga anak mengerjakan dalam keadaan membungkuk akan mempengaruhi pertumbuhan tulang pada anak. Guru sudah berupaya dengan baik agar kelas menjadi tenang saat pembelajaran berlangsung. Guru juga memberi apresiasi pada anak yang bisa menjawab pertanyaan. Guru memberikan ice breaking agar anak tetap semangat belajar. Selebihnya sudah bagus penerapan pada anak yang sulit memahami konsep bilangan dengan menggunakan benda yang nyata.

  7. NAMA: ROVI`ATUL MASRUROH
    NIM: 858844815
    PROGRAM STUDY: S1 PGPAUD [AKPMM]
    Menurut saya vidio pembelajaran cara mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah cukup baik.Guru mampu membuat anak-anak fokus dan tertarik dengan apa yang diajarkan gurunya, dengan menerapkan metode belajar sambil bermain,di dalam vidio tersebut guru menggunakan media bola untuk berhitung,bernyanyi dan bertepuk sehingga anak-anak tidak jenuh dengan pembelajaran yang disampaikan dan anak-anak lebih mudah memahami. Di dalam pembelajaran pengenalan konsep bilangan tersebut seharusnya juga ditambahi menggunakan kartu angka agar anak mengetahui bentuk bilangan yang disebutkan.

  8. Nama : Susanti
    NIM : 857668684
    Prodi : PGPAUD Semester 8
    UPBJJ Semarang Pokjar Permata Pati.
    Saya akan berpartisipasi dalam forum diskusi ini.
    Pengenalan bilangan adalah hal yang sangat diperlukan untuk dikenalkan pada anak, karena ini termasuk dari proses pengembangan aspek kognitif anak.
    Dari video diatas, menurut saya
    Kelebihan : metode yang digunakan oleh guru dengan menggunakan permainan bola sudah cukup baik, karena anak akan tertarik ketika belajar dengan benda yang umumnya disukai anak. Guru juga melakukan pengenalan pada awal kegiatan, guru menjelaskan dengan suara yang jelas dan lantang, guru mampu mengendalikan kelas, guru memberikan apresiasi kepada anak yang sudah bisa menyelesaikan perintah.
    Tetapi, ada kelemahan : menurut saya alangkah baiknya jika media dibuat yang lebih menarik, mungkin dengan benda-benda yang lebih banyak pilihannya, warna-warni, dan permainan yang lebih memacu semangat anak. Misal dengan memasangkan replika buah-buahan dengan angka yang sesuai, memasukkan bentuk geometri ke dalam keranjang sesuai angka, dan lain-lain.

  9. Nama : Vevi Tris Tiyanti
    Nim : 858660682
    menurut pendapat saya setelah melihat video yang dilakukan guru dalam memperkenalkan konsep bilangan kepada peserta didik sudah sesuai dan sangat menarik, dengan berbagai media yang dipakai mulai dari bermain tepuk, bernyanyi, bahkan dalam pembukaan atau kegiatan awal pembelajaran bu guru peserta didik untuk berhitung mulai dari angka 1-10.
    a. kelebihan :
    – dalam menggunakan cara menghitung bola dalam keranjang membuat semua anak-anak bersemangat dan senang dalam mengerjakannya.
    – memberi penguatan kepada anak berupa stempel gambar bintang untuk anak-anak yang dapat
    menyelesaikan tugasnya.
    – anak-anak menyukai tehnik yang diberikan Guru,cara ini juga membuat anak-anak dengan cepat
    memahami konsep bilangan dengan lebih mudah
    b. kelemahannya :
    – lebih baik lagi jika pengenalan konsep bilangan yang diberikan pada anak-anak lebih bervariasi dan
    media yang digunakan lebih banyak
    – untuk contoh lembar kerja yang digunakan sebaiknya lebih diperbesar lagi dan ditempel papan yang
    kosong tanpa banyak tulisan karena akan mempengaruhi konsentrasi anak
    – untuk Guru pendamping seharusnya ikut berperan serta dalam kegiatan menghitung bola

  10. Nama : Hirmayuliana
    Nim : 859166317
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Setelah melihat tayangan video ini, sudah cukup bagus gaya mengajar yang dilakukan oleh guru hanya kurang dari melibatkan anak saat proses pembelajaran terjadi. Guru tidak memberikan kesempatan pada anak agar aktif ikut serta berhitung sendiri di depan kelas. Guru masih menggunakan lembar kerja yang diberikan pada anak tanpa memberikan meja sehingga anak mengerjakan dalam keadaan membungkuk akan mempengaruhi pertumbuhan tulang pada anak. Guru sudah berupaya dengan baik agar kelas menjadi tenang saat pembelajaran berlangsung. Guru juga memberi apresiasi pada anak yang bisa menjawab pertanyaan. Guru memberikan ice breaking agar anak tetap semangat belajar. Selebihnya sudah bagus penerapan pada anak yang sulit memahami konsep bilangan dengan menggunakan benda yang nyata.

Leave a Reply