silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Nama saya : SIPAIYAH
    NIM : 859170671
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Ijin menanggapi nggih
    Menurut saya upaya guru untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak-anak dalam proses pembelajaran sudah bagus karena dalam proses pembelajaran guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara bermain. Dimana kegiatan main yang dilakukan yaitu bermain mengambil bola warna warni yang ada dalam keranjang sejumlah yang disebutkan oleh guru. Karena masa taman kanak-kanak (TK) adalah masa bermain bagi anak dan dimasa inipun rasa ingin tahu anak sangat besar, maka kegiatan pembelajaran dengan cara bermain tersebut akan membuat anak lebih semangat dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dan akan membuat anak lebih mudah memahami apa yang diajarkan tanpa harus lelah dijelaskan karena anak terjun langsung atau ikut berpartisipasi langsung melakukan kegiatan. Selain itu sifat anak juga pada masa TK akan lebih lebih mudah mengingat apa yang pernah dilakukannya.
    Selain bermain guru juga melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara bernyanyi dan melakukan tepuk-tepuk. Hal tersebut juga merupakan sesuatu yang menarik dan mengasyikkan bagi anak sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya.
    Dan untuk memperkuat pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan guru meminta anak mengerjakan lembar kerja yang sudah disediakan oleh guru yang isinya memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya juga setelah guru menjelaskan terlebih dahulu cara mengerjakannya. Selain itu yang dilakukan guru untuk memperkuat pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan guru meminta anak untuk mengambil spidol sesuai jumlah yang disebutkan guru.
    Dan untuk meningkatkan antusias anak untuk belajar guru memberikan reward kepada anak berupa bintang sekaligus akan membuat anak senang.
    Jadi usaha guru tersebut untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak sudah bagus. Semoga kedepannya guru bisa memilih kegiatan pembelajaran/kegiatan bermain yang lebih menarik lagi agar anak-anak lebih antusias mengikuti kegiatan pembelajaran.
    Terimakasih sudah diberikan kesempatan untuk menanggapi semoga kita juga bisa diberikan ijin untuk menjadikan Vidio ini refrensi untuk kami terapkan dilemabaga suatu saat nanti.

  2. Nama : Sunaryani
    NIM. : 857798819
    Prodi. : S1 PG PAUD Semester 8
    Setelah saya mengamati video seri pembelajaran pengembangan Kognitif PAUD dengan judul Sulit mengenal Konsep Bilangan, terlihat bahwa guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah baik dengan memakai alat peraga yang dibutuhkan untuk memudahkan guru dalam penyampaian pembelajaran kepada anak dengan baik dan lancar, namun ada segi kelemahan dan kelebihan pada saat pembelajaran berlangsung, yaitu:
    1. Kelemahannya:
    -Seharusnya untuk permainan bola walaupun bolanya kecil tapi kegiatannya tidak didalam kelas tapi di luar kelas, supaya anak.lebih semangat dan antusia lagi untuk belajar. Karena terlihat beberapa anak ad yang ngantuk, mainan jari dan ada yang mengobrol asyik dengan kamera.
    – alat peraga yang digunakan lebih nyata seperti: gelas dan pensil benar-benar alatnya tidak berupa gambar
    – Ada anak yang pada saat diminta maju mengambil spidol sejumlah 4 dengan tangan kiri, seharusnya apabila anaknya kidal tapi guru seharusnya tetap memberikan contoh atau nasehat pada anak tersebut dengan menggunakan tangan yang kanan. Walaupun kalau kidal tetap sulit tapi apabila diberikan penguatan pada anak memakai tangan kanan.
    2. Kelebihan
    – Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah bagus dengan menggunakan alat peraga seperti bola,spirol dan Lembar Kerja.
    – Untuk meningkatkan minat anak guru dengan memberikan tugas teknik mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak membilang dengan mainan, lagu dan tepuk.
    – Guru memberikan ulasan kembali hasil karya anak yang paling baik
    – Guru memberikan penguatan kepada anak atau reward kepada anak yang hasilnya baik berupa stempel bintang, hal ini menambah semangat anak.
    Solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru juga harus lebih kreatif lagi dengan mengenalkan lambang bilangan dengan kartu angka yang bisa dibuat dari kardus bekas atau kain flannel warna, supaya anak lebih semangat lagi belajar mengenal angka dan bisa lebih mengenal angka tersebut. Dan guru bisa memberikan pembenaran kepada anak untuk mengambil dan menerima spidol dengan tangan kanan.

  3. Nama : Novia Tri Jayanti
    NIM : 858837178
    Menurut saya cara yang diberikan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak sangat membantu kususnya saya sebagai pendidik. Dimana langkah langkahnya dimulai dengan mengajak anak menyanyikan lagu tentang membilang atau tepuk , serta langkah selanjutnya seperti tertera dalam video tersebut. Akan tetapi bisa ditambah lagi dengan memberikan lembar kerja dengan variasi gambar gambar yang menarik perhatian siswa. karena pada usia PAUD biasanya anak lebih menyukai buku atau lembaran yang terdapat warna warna.

  4. Nama : Iis Yuliawati
    NIM : 858721084
    Program studi : PG PAUDBI
    Pada video GPO tersebut menunjukkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak yang menjelaskan tentang konsep bilangan. Cara yang dilakukan guru tersebut sudah sangat bagus. Diantara teknik-teknik yang digunakan adalah sebagai berikut :
    1. Mengajak anak bermain mengambil bola didalam keranjang sesuai jumlah yang disebutkan guru
    2. Memberikan nyanyian semangat, lagu dan bertepuk-tepuk
    3. Memberikan lembar kerja yaitu melingkari angka sesuai jumlah gambar
    4. Memberikan reward/pujian kepada anak yang mampu menyelesaikan tugas
    Namun, menurut saya dalam memberikan reward seperti didalam video GPO tersebut yaitu dengan memberikan stempel bintang di tangan anak, itu kurang baik. Karena dapat menanamkan anak untuk boleh mencoret-coret bagian tubuh mereka dengan tinta atau yang lain. Menurut saya lebih baik pemberian reward bintang bisa distempelkan pada buku, dinding prestasi siswa, atau guru membuatkan semacam stiker.

  5. Nama : Novia Ratna Agustin
    NIM : 858780017
    Program Studi : PG-PAUD (Smt.8)
    UPBJJ : Malang

    Pengamatan vidio yang berjudul “sulit menganal konsep bilang”
    Menurut pendapat saya tentang vidio yang saya amati, dalam sebuah pembelajaran mengenalkan konsep bilang dengan bermain sudah bagus, terlihat anak begitu tertarik dengan pembelajaran akan tetapi masih terlihat ada beberapa yang salah dalm mengerjakan tugas guru.
    sebaiknya untukupaya perbaikan anak terlebih dahulu di ajak menyanyi tentang konsep bilangan, bertepuk tepuk bilangan, diwali menghitung dari 1 sampai 10 sampai anak memahami konsep bilangan yang diajarkan. Dan guru memberikan apresiasi kepada anak didik yang telah menyelesaikan tugas tugasnya.

  6. Nama : Cunita Rmauli Aurelia
    Nim : 858723887
    Menurut saya , apa yang dilakukan guru sudah baik. Guru menjelaskan konsep bilangan dengan baik. Dengan mengajak anak bernyanyi lagu sambil bertepuk tangan, selain itu juga berhitung menggunakan benda konkrit seperti bola. Guru juga memberikn reward kepada anak sehingga anak senang ketika mengikuti pelajaran itu. Selain itu, untuk menstimulus anak, guru memberikan lembar kerja siswa sehingga anak dapat memantapkan konsep bilangan tersebut.

  7. Nama : Farida
    NIM : 859171301
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Menurut saya cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak sudah bagus,dengan media bola,dan anak disuruh menghitung bola secara bergantian,memberikan konsep bilangan sambil bernyanyi 2mata saya,hidung saya satu,setelah itu anak memberikan tepuk 1sampai 4.kemudian memberikan tugas berupa lembar kerja dan memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan.tehnik memberikan penguatan berupa stempel walaupun spidol yang diambil salah,agar teman-teman yang lain mempunyai keinginan untuk semangat belajar.

  8. NAMA : WENI YULIA IMAN SARI
    NIM : 858837114
    KELAS-PROGRAM STUDI: 3B- PGPAUD BI
    UPBJJ : MALANG

    Dalam tayang video tersebut sangatlah menarik, untuk menanamkan konsep bilangan pada anak menggunakan benda konkrit dengan demikian anak akan lebih paham dengan kegiatan membilang banyak benda. Pada awal kegiatan guru juga menunjukkan bagaimana cara menanamkan konsep membilang banyak benda, guru mengajak anak bernyanyi tentang bilangan, selain itu guru juga mengajak anak membilang banyak benda sejenis pada gambar, guru juga memberikan tugas lembar kerja menghitung. dan pada akhir kegitan guru memberikan kegiatan pemantapan untuk membilang banyak benda. menurut saya alangkah baiknya bila pada kegiatan inti anak-anak diberikan beberapa kegiatan yang menggunakan benda konkret. hal tersebut akan lebih berkesan bagi anak, dan mengajarkan kepada anak bahwa belajar itu tidak semata-mata hanya dengan lembar kerja namun bisa dengan berbagai benda yang mereka temui.

  9. Nama : Najim Chumaida
    NIM : 858837042
    Prodi : PG-PAUD
    Menurut saya tentang Vidio tersebut adalah guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah bagus. Guru tersebut menggunakan media pembelajaran berupa bola, kemudian mengajak anak berhitung dengan menggunakan lagu dan tepuk. Memberikan tugas yang sesuai dan juga memberikan reward kepada anak yang berhasil.
    Saran dari saya, mungkin guru tersebut dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi lagi agar anak lebih tertarik untuk belajar mengenal konsep bilangan. Bisa juga mencari referensi lagu dan tepuk sesuai dengan konsep bilangan.
    Terima kasih 🙏

  10. Nama : Ratih Kusumaningsih
    Nim : 858835586

    Menurut saya, pada vidio tersebut kegiatan yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan anak dalam perkembangan konitif dalam mengenal lambang bilangan sudah menarik, guuru juga menggunakan benda konkrit sebai media pembalaran sehingga mudah untuk anak fahami, guru juga sudah mengenalkan lambang bilangan kepada anak dengan meminta anak menghitung bola sesua dengan yang di ucapkan oleh guru , dengan bernyai dan tepuk yang juga mengandung konsep bilangan dimana anak akan lebih ter tarik dengan sebuah pembalajaran yang bervariasi, dilam lembar kegiatan guru juga menggunakan gambar untuk anak hitung sesuai lambang bilangannya. guru juga memberikan riward untuk anak yang tepat dalam mengerjakan semua kegiatannya. saran saya guru bisa tambah mengajak anak lebih aktif lagi dalam permainan.

Leave a Reply