silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : siti eneng erna
NIM : 857295239
Prodi : PG PAUD
Setelah menyimak video tersebut dengan materi pengembangan sosial emosional, anak tidak mau belajar dengan teman atau mogok belajar.
Dalam pembelajaran video tersebut, terlihat ada anak tidak mau bergabung bersama teman, anak tersebut sangat merasa tidak nyaman dalam belajarn bersama teman, namun untuk guru pendamping kurang pendekatan kepada anak, dan seharusnya guru menanyakan dulu bagaimana kabar nya si anak tersebut, dan untuk guru inti terlalu asik sendiri dengan materi tersebut sampai kurang menyapa anak dan anak sampai tidak mau ikut bergabung dengan teman sekelasnya.
Memang tidak mudah untuk mengajak anak senang belajar.
Kelemahan:
1. Bisa disebabkan karena metode pembelajaran nya kurang menyenangkan
2. Bisa jadi kemungkinan anak di ejek bersama temannya,dan ibu guru nya tidak mengetahui masalah tersebut
3. Anak kurang perhatian dari guru
4. bisa juga di karenakan adanya faktor keluarga kurang respon atau memberi memotipasi kepada anak
Kelebihan:
Guru tetap saja dengan santainya memberi materi kepada anak anak yang di terapkan dan menjelaskan sampai tuntas dan tidak mersa terganggu dengan yang satu anak yang mogok belajar.
Guru sudah mempunyai rencana harus di selesaikan dulu materi tersebut,lalu akan menjelaskan kepada anak dan orang tuanya dengan cara pendekatan Home visit.
Nama : siti eneng erna
NIM : 857295239
Prodi : PG PAUD
Setelah melihat video tersebut dengan materi pengembangan sosial emosional, anak tidak mau belajar dengan teman atau mogok belajar.
Di dalam kelas tersebut ada salah satu anak tidak mau bergabung bersama teman, anak tersebut sangat merasa tidak nyaman dalam belajar bersama teman, namun untuk guru pendamping kurang pendekatan kepada anak, dan seharusnya guru menanyakan dulu bagaimana kabar nya si anak tersebut, dan untuk guru inti terlalu asik sendiri dengan materi tersebut sampai kurang menyapa anak dan anak sampai tidak mau ikut bergabung dengan teman sekelasnya.
Memang tidak mudah untuk mengajak anak senang belajar.
Guru tetap saja dengan santainya memberi materi kepada anak anak yang di terapkan dan menjelaskan sampai tuntas dan tidak mersa terganggu dengan yang satu anak yang mogok belajar.
Guru sudah mempunyai rencana harus di selesaikan dulu materi tersebut,lalu akan menjelaskan kepada anak dan orang tuanya dengan cara pendekatan Home visit.
NAMA : RISTA KURNIATUN
NIM : 859170632
UPBJJ : MATARAM
Dalam video tersebut mengenai anak yang mogok tidak mau belajar sangat bermanfaat bagi para pendidik.di mana dalam video tersebut guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak .guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua .kelebihan dalam video tersebut tampak anak lain tidak mengejek anak yang tidak mau belajar atau bergabung bersama teman nya.
strategi pendekatan yang di lakukan dalam video tersebut sudah baik dan sudah maksimal sehingga anak bisa ikut belajar dengan di dampingi gurunya.
Nama: asriyah
Nim: 859170198
Judul video : Anak mogok tidak mau belajar
Di dalam video ini menurut saya ketika saya sudah tonton anak tidak mau belajar,untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, biasa di sekolah anak yang tidak mau belajar di arahkan untuk memilih mau bermain atau belajar. Di ajak ngobrol dan menggali apa yang di inginkan anak,setelah itu guru berkomunikasi dengan kedua orang tuanya. Guru juga mengikuti sertakan orang tua dalam menangani masalah pada anak. Anak tidak ada keberanian untuk mengungkapkan atau menceritakan masalahnya kepada guru tersebut .sehingga anak tersebut hanya menangis dan memukul dirinya sendiri. Guru juga memberi kebebasan kepada anak jika menginginkan bermain dulu sebelum belajar guna untuk mengembalikan moodnya anak .
Setelah saya melihat video tentang perkembangan soaial emosiaonal pada anak mogok yang tidak mau belajar tersebut, saya melihat bahwa, anak tersebut tidak nyaman saat belajar dengan teman lainya mungkin anak tersebut tidak nyaman dengan temanya yang sudah membuatnya menangis, tapi anak tersebut tidak ada keberanian untuk mengungkapkan atau menceritakan masalahnya kepada gurunya tersebut, sehingga anak tersebut hanya menangis dan memukul dirinya sendiri.
Dalam video tersebut guru melihat perilaku anak tersebut, guru menenangkan anak agar tidak menangis dan memukul dirinya sendiri, guru mengajak anak untuk tidak menyakiti firinya sendiri dan guru meminta anak untuk menceritakan apa yang terjadi
Selain itu guru juga mengajak anak tersebut bermain. Dan guru juga kelibatkan orang tua saat mencari solusi agar anak mau belajar dengan temanya.
Nama : Ninik Hidayati
Nim : 858739982
Upbjj : Surabaya
Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah sangat bagus sebab dari awal pemaparan dijelaskan permasalahan yang mungkin terjadi pada proses pembelajaran Anak Usia Dini yaitu salah satunya adalah “Anak Mogok Belajar, Tidak Mau Belajar dengan Temannya”. Pada ilustrasi video tersebut dapat dilihat seorang anak yang tidak mau bergabung belajar bersama temannya dan seorang guru segera mendekati menanyakan mengapa ia tidak mau bergabung. Sesuai dengan tugasnya guru harus bisa mengelolah kelas bagaimana anak bisa tertarik dan mau mengikuti pembelajaran.
Di video juga dijelaskan hal-hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa anak mogok belajar, antara lain :
1. Anak merasa takut
2. Anak terpaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dikerjakannya, ia minder dengan temannya.
3. Anak bertengkar dengan temannya
4. Sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru
Serta diberikan solusi-solusi apa saja yang bisa dilakukan apabila hal itu terjadi. Dalam contoh penyelesaian sangat jelas sekali penjelasannya sehingga video ini saya pikir sangat berarti bagi pendidik PAUD. Apalagi bagi guru pemula yang masih minim pengalaman jelas video ini sangat bermanfaat sebab bisa menjadi referensi terutama dalam upaya penyelesaiannya.
Terima kasih
Nama : ALHAKIKI YATUL M. D
NIM : 858734754
Pokok permasalahan :
– Seorang guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. Tugas guru adalah memberikan motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, maka ketika anak bermain sesungguhnya anak sedang belajar . Selain itu Guru harus mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain.
Kemungkinan yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar :
– Anak takut
– Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu melakukan.
– Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
– Mungkin bisa saja anak sakit hati terhadap perbuatan atau ucapan guru terhadap dirinya
– Kadang kala anak merasa bosan belajar didalam kelas
Solusi ketika anak mogok tidak mau belajar :
– Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit atau kunjungan rumah dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
– Jika anak masih tidak mau belajar, maka anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya.
– Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain diluar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama antara guru dan anak. Kesepakatan perlu dilakukan karena bagi anak kesepakatan merupakan proses belajar.
Terimakasih.
Nama : Ninik Hidayati
Nim : 858739982
Upbjj : Surabaya
Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah sangat bagus sebab dari awal pemaparan dijelaskan permasalahan yang mungkin terjadi pada proses pembelajaran Anak Usia Dini yaitu salah satunya adalah “Anak Mogok Belajar, Tidak Mau Belajar dengan Temannya”. Pada ilustrasi video tersebut dapat dilihat seorang anak yang tidak mau bergabung belajar bersama temannya dan seorang guru segera mendekati menanyakan mengapa ia tidak mau bergabung. Sesuai dengan tugasnya guru harus bisa mengelolah kelas bagaimana anak bisa tertarik dan mau mengikuti pembelajaran.
Di video juga dijelaskan hal-hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa anak mogok belajar, antara lain :
1. Anak merasa takut
2. Anak terpaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dikerjakannya, ia minder dengan temannya.
3. Anak bertengkar dengan temannya
4. Sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru
Serta diberikan solusi-solusi apa saja yang bisa dilakukan apabila hal itu terjadi. Dalam contoh penyelesaian sangat jelas sekali penjelasannya sehingga video ini saya pikir sangat berarti bagi pendidik PAUD. Apalagi bagi guru pemula yang masih minim pengalaman jelas video ini sangat bermanfaat sebab bisa menjadi referensi terutama dalam upaya penyelesaiannya.
Assalamualaikum
Saya akan menanggapi video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar”
Menurut video yang saya lihat yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar” , video tersebut membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tau anak. Di sisi lain dunia anak usia dini adalah masa bermain. Jika anak ingin bermain berarti anak tersebut ingin belajar sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Ada kalanya anak merasa jenuh dan bosan saat diajak bermain dengan temannya. Apabila anak mogok tidak mau belajar maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi padanya :
1. Anak merasa ketakutan pada hal yang terjadi padanya
2. Dipaksa untuk mengerjakan tugas, padahal dia belum memahami materi pembelajaran tersebut
3. Kemungkinan anak bertengkar dengan temannya
4. Mungkin anak merasa sakit hati dengan ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya
Apabila pendidik sudah tahu alasan anak mogok tidak mau belajar, maka pendidik harus melakukan beberapa solusi diantaranya:
1. Guru menggali informasi dari anak dan orang tua nya
2. Anak diberi pilihan dalam belajar dikelas ataupun diruangan lain
3. Kesepakatan bersama anak dalam melakukan pembelajaran di luar kelas
Dengan adanya solusi penyelesaian kasus, maka anak dapat belajar dengan tenang dan nyaman sesuai dengan keinginannya. Sehingga proses belajar mengajar jadi lebih efisien dan anak menjadi mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dan menjadikan anak semangat dalam belajar.
Terima kasih
Wassalamualaikum
Assalamualaikum
Nama : Vica Manzilina Syarfina
NIM : 857758585
Prodi : S1 PGPAUD
Saya akan menanggapi video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar”
Menurut video yang saya lihat yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar” , video tersebut membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Disisi lain dunia anak usia dini adalah masa bermain. Jika anak ingin bermain berarti anak tersebut ingin belajar sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Adakalanya anak merasa jenuh dan bosan saat diajak bermain dan belajar dengan temannya. Apabila anak mogok tidak mau belajar, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi padanya:
1. Anak merasa ketakutan pada sesuatu yang terjadinya padanya
2. Dipaksa untuk mengerjakan tugas, padahal dia belum memahami materi pembelajaran tersebut
3. Kemungkinan anak bertengkar dengan temannya
4. Mungkin anak merasa sakit hati dengan ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya
Apabila pendidik sudah tahu alasan anak mogok tidak mau belajar, maka pendidik harus melakukan beberapa solusi diantaranya:
1. Guru menggali informasi dari anak dan orang tuanya
2. Anak diberi pilihan dalam belajar dikelas ataupun diruangan lain
3. Kesepakatan bersama anak dalam melakukan pembelajaran di luar kelas
Dengan adanya solusi penyelesaian kasus, maka anak dapat belajar dengan tenang dan nyaman sesuai dengan keinginannya. Sehingga proses belajar mengajar jadi lebih efisien dan anak menjadi mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dan menjadikan anak semangat dalam belajar.
Terima kasih
Wassalamualaikum