silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Nur Kumala Dewi Agustinah
Nim : 858747514
Setrlah menyaksikan Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” saya melihat bebrapa kekurangan :
1. Guru tidak menjelaskan tentang aturan kegiatan sebelum bercerita.
2. Guru tidak mengatur posisi duduk siswa.
3. Guru kurang ekspresif saat bercerita.
4. media yang digunakan kurang menarik.
kelebihannya : guru mampu mencoba membuat kelas kembali kondusif dengan cara, memberhentikan cerita, memisahkan anak yg mengobrol, mengajak beriteraksi.
saran saya sebaiknya sebelum melakukan kegiatan bercerita, guru menata duduk siswa dengan melingkar supaya tidak ada yang terhalang pandangannya, guru menyampaikan aturan – aturan sebelum kegiatan dimulai, memilih cerita yang menarik , menggunakan media atau alat peraga, menggunakan intonasi, mimik wjah yang ekspresif sehingga anak anak tertarik mendengarkan cerita.
nama : erna yuniati
nim : 857971173
sem : 2
tanggapan :
Menurut saya apa yang sudah dilakukan guru sudah cukup baik. Hanya sedikit ingin menambahkan saja :
– Diawal pembelajaran guru bisa menerapkan/membuat aturan main yang disepakati bersama anak didik sehingga apabila ada yang mengobrol bisa saling mengingatkan.
– Guru bisa menggunakan media seperti boneka yang menarik sehingga anak lebih tertarik
– Guru bisa berkreasi dengan menirukan suara-suara Binatang dengan gaya yang lebih ekspresif dan atraktif sehinggan menarik minat anak.
Nama : Ika Yunita Sari
NIM : 858166622
Mohon izin berpendapat
Menurut saya, pembelajaran dalam video diatas akan sama situasi dan kondisinya pada lembaga yang lain termasuk di lembaga saya.
Pada video diatas, apa yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi anak yang asyik ngobrol di kelas saat PBM sudah tepat, yaitu dengan menghentikan sejenak PBM dan memisahkan anak-anak yang mengobrol. Hanya saja, ada beberapa point yang seharusnya disampaikan terlebih dahulu pada anak sebelum memulai untuk bercerita, yaitu menjelaskan aturan pada anak saat guru sedang bercerita, penggunaan media yang kurang menarik minat menyimak anak, dan kurang ekspresifnya guru dalam bercerita.
Namun, boleh saya tambahkan dan sudah saya lakukan juga di lembaga saya, yaitu dengan memberikan ice breaking (tepuk-tepuk, dan mengajak anak untuk melakukan gerakan-gerakan ringan yang juga dapat menambah aspek perkembangan fisik anak) sesuai dengan kreativitas guru tersebut. Dan alhamdulillah bisa meningkatkan konsentrasi anak sebelum memulai PBM serta pelaksanaan PBM menjadi lebih bersemangat.
NAMA : AYIK LULYTASARI
NIM : 858173183
Menurut saya ramai di dalam kelas/ mengobrol sendiri dengan teman adalah hal yang lumrah di pembelajaran terutama anak TK. karena anak usia TK hanya mempunyai rentang waktu 15 menit untuk bisa berkonsentrasi. Hal yang di lakukan guru sudah benar yaitu diam saat ada anak yang mengobrol sendiri dan mendatangi anak lalu memindah tempat duduknya agar anak tidqk mengobrol lagi. Selain itu hal yang bisq di lakukan yaitu melakukan ice breaking untuk menghindari rasa bosan terhadap pembeljaran anak
Naman : NYANTIKA LARASWATI
Nim : 858168167
assalamualaikum wr wb
Mohon izin untuk menjawab
Menurut saya tentang video anak yang lagi mengobrol saat PBM di atas yang dilakukan Guru tersebut sudah cukup baik , dengan menghentikan sejenak pembelajaran dan juga memisahkan anak yang lagi asik mengobrol, namun ada beberapa point yang kurang misalkan sebagai berikut :
– sebaiknya guru memulai kegiatan dengan hal yang menyenangkan atau memberikan ice breaking seperti bernyanyi atau betepuk tangan dan juga bisaa mmemberikan sapaan yang menyenangkan untuk memberikan semangat kepada anak peserta didik
– posisi belajar mengajar perlu juga di perhatikan
– Media cerita yang di sajikan masih minim sehingga minat anak untuk memperhatikan kurang
– Guru tidak menjelaskan tentang aturan sebelum bercerita
dilembaga sayapun sering terjadi hal demikian ,, biasanya saya juga mengatasi masalah anak yang lagi asik mengobrol sama dengan video tersebut namun , ada beberapa tambahan : seperti memberikan salam sapa senyum dan ice breaking (bernyanyi sambil meberikan ekzpresi dan gerak , bertepuk tangan ) untuk mengawali pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak akan lebih semangat dan tidak jenuh , yang kedua memberi kesepakatan peraturan sebelum bercerita, yang ketiga saya biasanya juga melibatkan anak untuk berperan sesuai dengan karakter yang ada di dalam cerita sehingga anak akan lebih antusias memperhatikan dalam PBM yang terakhir memberikan apresiasi untuk anak..
demikian jawaban diskusi saya
trimaksasih
Nama : Aenun Mawaddah
NIM : 857609562
Prodi : S1 PAUD-AKPMM
UPBJJ : 41/Purwokerto.
Saya sudah menonton video tersebut, menurut saya yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar dan tepat menghadapi anak – anak yang ramai saat KBM. Yaitu dengan cara : Menghentikan kegiatan bercerita, menghampiri anak – anak yang ramai (pendekatan). Pisahkan anak yang berbicara sendiri / ngobrol dengan anak yang belajar, posisikan anak yang berbicara sendiri / ngobrol tersebut dengan guru kelas ,serta libatkan dalam cerita. Pastikan anak tersebut tidak mengulangi kejadian yang sama. Berikan reward kepada anak jika tersebut dapat memperbaiki tingkah lakunya.
Lebih baiknya lagi, jika berceritanya selain menggunakan buku cerita dapat didukung dengan penggunaan LCD proyektor / Laptop / Layar LED agar anak lebih aktif , lebih tertarik dan semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar / bercerita.
Nama : Agustina Verawati
NIM : 857163251
PRODI : PG PAUD BI
Menurut pendapat saya ,apa yang telah dilakukan guru pada video tersebut sudah tepat yaitu memberhentikan kegiatan bercerita untuk sesaat dan memindahkan anak yang mengobrol duduk dekat dengan guru.Sebaiknya sebelum guru memulai kegiatan bercerita,guru memulai ice breaking misalnya dengan tepuk 0,1,2,dan 3 untuk melatih daya konsentrasi atau pun fokus anak.Guru membuat kesepakatan dengan murid-murid sebelum mulai kegiatan bercerita misalnya tidak berbicara atau ngobrol pada saat guru bercerita.Tunjukkan reward yang akan didapatkan bagi anak-anak yg mampu menjawab pertanyaan guru nantinya di akhir cerita.Atur posisi duduk anak-anak untuk tidak mengumpul seperti itu karena kemungkinan mengobrolnya lebih besar.Gambar yang dibuat guru agak besar agar terlihat anak-anak yang lain.Gunakan model suara yang berbeda sesuai karakter cerita yang dibacakan.
Nama : EDE SITI AISAH
NIM: 857500198
Menurut pendapat saya guru tersebut menghentikan cerita karena ada yang ngobrol , lalu melibatkan anak dengan pertanyaan itu juga benar. Akan tetapi menurut saya alangkah baiknya apabila guru itu menempatkan anak didiknya dengan posisi duduk circle time. Dan bawalah media bukan hanya buku cerita saja tapi misalkan membawa boneka binatang yang ada di cerita. Dan bisa juga misalkan anak disuruh menirukan gerakan binatang yang ada di cerita.
Demikian tanggapan dari saya terima kasih.
Nama : Umi FAdhilah
Nim : 858736608
Prodi : PGPAUD
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Judul. : Anak ngobrol dikelas saat
pembelajaran
Anak ngobrol dikelas saat jam pembelajaran merupakan hal yang biasa bagi pendidikan PAUD.
Tapi alangkah baiknya jika kita memiliki strategi untuk mengatasi hal tersebut
Menurut saya penjelasan dalam video diatas sudah bagus.dan itu juga yang saya terapkan di lembaga saya.sebagai guru harus PAUD dituntut agar memiliki kreatifitas dan inovasi baru sebagai modal pembelajaran agar proses pembelajaran bisa kondusif dan berjalan dengan baik.
Sukses terus buat guru-guru PAUD yang hebat.
Nama : kamari
Nim : 858739302
Setelah melihat tayangan Vidio,anak mengobrol di kelas saat pembelajaran,saya menyimpulkan bahwa seorang guru sudah melakukan perhatian yang baik di antaranya yaitu mengatakan “siapa yang sedang mengobrol ya” kemudian guru mendekati anak yang sedang ngobrol dan mengajak anak untuk duduk di dekat ibu guru serta melibatkan anak dalam cerita yang di sampaikan ibu guru.