silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama:purnawati
Nim:859165268
Program studi:121/S1-PGPAUD
Judul Vidio
anak ribut dikelas saat PBM
Guru sdh menyelesaikan tugasnya dengan baik, kemudian anak2 juga sdh di berikan LKS untuk menunjang kegiatan pada hri itu, guru juga sdh mengajarkan bagaimana cara mewarnai dengan baik(pelan2), namun beberapa siswa bermain/libur,, dan yg dilakukan guru adalah
1. Ajak anak2 untuk tenang
2. Jika anak ribut cukup banyak maka gunakan tepok diam/gunakan Pluit untuk anak tertib kembali
3. Jika anak yg ribut sedikit/cmn 1 orang,maka dekatilah dia dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan
4. Jika anak yang ribut tadi sudah selsai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.
Demikian solusi yg harus kita lakukan jika anak ribut di dalam kelas semoga bermanfaat untuk kita semua
Nama : Nazma Aliyah Putri
NIM : 857497921
Kelas A Pokjar Baleendah
Tanggapan saya mengenai video di atas, guru tersebut telah memberikan tips yang baik ketika ada anak yang ribut di kelas. Guru tersebut juga dapat memperlihatkan sikap tenang terhadap anak didiknya dan saya sangat setuju dengan tips tips yang diberikan oleh guru tersebut. Karena saya sendiri juga menerapkan hal yang sama dalam menanggapi murid yang selalu membuat keributan di dalam kelas.
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama:Nuril Jannatul Firdausi
Nim :858858125
Dari pokjar Pasuruan Kota
Dari video di atas cara mengatasi anak ribut dikelas :
1.mangajak anak untuk sikap diam/bertepuk diam
2.jika yang ribut banyak maka ajaklah untuk menyanyi bersama
3.bercerita/berdongeng
4.jika ada 1 anak ribut karena cape mewarnai dekatilah dan fokuskan mewarnai dengan bilang”nak ayo diselesaikan mewarnai nya pelan”saja biar ga cape ya nanti kalo sudah tak kasih bintang dan bole bermain”.
Nama : Marátus Sholekah
NIM : 858748333
dalam video tersebut nampak sebagian anak yang mengobrol sendiri sehingga tidalkl memperhatikan guru yang bercerita, dari video tersebut dapat dilihat penyebab anak tidak fokus belajar dan mengobrol sendiri mungkin karena beberapa hal yakni judul cerita yang kurang diminati anak, media cerita yang kurang menarik, penyampaian cerita yang mungkin kurang bisa menarik perhatian anak, sehingga anak merasa bosan.
Nama : St. Fatihatus Sa’adah
NIM : 858171964
Prodi : S1 PG PAUD
Pokjar : Muslimat NU Pamekasan
Assalamu’alaikum Wr Wb
Setelah menonton video tersebut, hakikatnya teknik yang dilakukan guru tersebut sudah bagus, hanya saja ada beberapa sisi lemah dan kurang efektif, seperti :
1. Kondisi kelas yang cukup sempit
2. Teknik guru dalam mengajak anak untuk mewarnai masih sistem klasikal
3. Penggunaan media harus lebih menarik
Beberapa hal diatas secara substansi sudah memadai, namun anak ribut pada saat PBM tentu bukan hal yang sepele, karena efektifitas PBM bisa tidak tercapai, hemat saya, guru bisa memaksimalkan kelemahan yang ada dengan cara :
1. Jika guru tetap menggunakan teknik tersebut dalam mewarnai, maka setidaknya cara mewarnai itu bisa dijadikan bahan untuk mengajak anak mewarnai bersama, misal. Ayo anak² kepala ini mau dikasi warna apa????
2. Teknis sebagaimana poin 1 itu, harus di dukung media yang lebih menarik, seperti penyediaan media gambar yang lebih disukai anak-anak
3. Penataan ruang kelas, jika terpaksa sempit, maka setidaknya pengaturan meja kursi dan papan mewarnai harus tersusun lebih variatif.
Mohon koreksi jika kurang lengkap
Terima Kasih
NAMA : MAR’ATUS SHOLIHAH
NIM : 858740797
PRODI : PG PAUD
Asslamu’alaikum………
Menurut saya, guru dalam video tersebut sudah baik dalam metode menangani anak ribut di kelas. Guru sabar dan telaten mencari sebab keributan, serta terus berusaha sampai anak didiknya kondusif kembali. Namun menurut saya selain dengan cara tersebut ada cara yang lain, yaitu mungkin saja anak tersebut merasa bosan, atau anak tersebut moodnya sudah buruk sedari rumah. Maka langkah pertama, sebelum kita memulai kegiatan inti kita bisa mengajak mereka icebreaking terlebih dahulu, supaya mereka lebih fokus dan terbangun mood yang baik. Apabila anak sudah mempunyai mood yang baik, maka mereka akan mengerjakan kegiatan dengan senang dan semangat.
Berikut pendapat saya, mohon maaf kalau ada kesalahan penyampaian kata. Terima kasih…
Nama: Tri Wahyuni
Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
Pokjar: Sragen
Menurut saya apa yang dilakukan guru dalam menghadapi anak yang ribut dikelas dalam pembelajaran sudah baik yaitu:
1. dengan mengajak anak anak untuk tenang
2.jika yang ribut sedikit dekati dan beri pengarahan untuk kembali ke aktifitas nya yaitu mewarnai
3.jika yang ribut banyak ajak anak untuk tepuk supaya anak kembali berkonsentrasi
4. Untuk anak yang sudah selesai berikan aktifitas yang lain sehingga anak tidak ribut
Itu juga yang saya lakukan dalam pembelajaran jika ada anak yang ribut.mungkin bisa ditambah dalam Vidio tersebut sebelum mulai pembelajaran hendaknya guru terlebih dahulu menjelaskan gambar apa yang akan diwarnai dan warna apa yang cocok untuk gambar.dalam gambar yang akan diwarnai adalah gambar wajah anak.mungkin juga bisa mengajak anak menyebutkan bagian – bagian wajah terlebih dahulu sambil dinyanyikan sehingga dapat membangkitkan semangat anak untuk melakukan tugas yang diberikan guru.bisa menyanyi “kepala pundak” dengan gerakan. setelah anak senang dan mulai semangat guru bisa memulai memberikan tugas dan memotivasi anak.misalnya:”siapa yang mewarnainya bagus akan diberi bintang 4″misalnya seperti itu.
Nama: Tri Wahyuni
Nim: 857846665
Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
Pokjar: Sragen
Menurut saya apa yang dilakukan guru dalam menghadapi anak yang ribut dikelas dalam pembelajaran sudah baik yaitu:
1. dengan mengajak anak anak untuk tenang
2.jika yang ribut sedikit dekati dan beri pengarahan untuk kembali ke aktifitas nya yaitu mewarnai
3.jika yang ribut banyak ajak anak untuk tepuk supaya anak kembali berkonsentrasi
4. Untuk anak yang sudah selesai berikan aktifitas yang lain sehingga anak tidak ribut
Itu juga yang saya lakukan dalam pembelajaran jika ada anak yang ribut.mungkin bisa ditambah dalam Vidio tersebut sebelum mulai pembelajaran hendaknya guru terlebih dahulu menjelaskan gambar apa yang akan diwarnai dan warna apa yang cocok untuk gambar.dalam gambar yang akan diwarnai adalah gambar wajah anak.mungkin juga bisa mengajak anak menyebutkan bagian – bagian wajah terlebih dahulu sambil dinyanyikan sehingga dapat membangkitkan semangat anak untuk melakukan tugas yang diberikan guru.bisa menyanyi “kepala pundak” dengan gerakan. setelah anak senang dan mulai semangat guru bisa memulai memberikan tugas dan memotivasi anak.misalnya:”siapa yang mewarnainya bagus akan diberi bintang 4″misalnya seperti itu.
Nama : Ismawati
NIM :857611085
Prodi : PGPAUD S1
Judul video : Anak ribut dikelas saat PBM
Tanggapan :
Menanggapi video di GPO ini,guru sudah benar dalam menangani anak-anak yang ribut dikelas.dengan solusi :
1.mengajak anak untuk tenang
2.jika anak yang ribut cukup banyak gunakan teknik tepuk Dian atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
3.jika anak yang ribut hanya sedikit dekati anak,dan ajak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus ia kerjakan
4.jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.
Seri pengembangan sosial emosional paud
judul : Anak ribut di kelas saat pembelajaran
Nama : Helena petronela
NIM : 837878524
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi anak yang ribut di dalm kelas saat pembelajaran sedang berlangsung sudah sangat baik yaitu :
1. dengan mengajak anak-anak untuk tenang dengan menggunakan cara tepuk diam agar anak kembali duduk dengan diam.
2. jika ada anak yang masih saja ribut maka anak tersebut harus diberi arahan untuk diam yaitu dengan cara memberinya buku bergambar untuk di lihat maupun untuk di baca atau diwarnai sesuai dengan pemahamannya.
3. Untuk anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya maka anak tersebut di ajak gurunya untuk melakukan aktivitas yang lain seperti memberinya sebuah buku cerita bergambar agar anak tersebut duduk dengan diam dan tidak menggganggu temannya yang lain.