silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,599 Comments

  1. Nama : EDITA YUNI MARDIYANTI
    NIM : 858969298
    PRODI : PGAUD

    Pada video tersebut sudah tepat apa yang dilakukan guru saat mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, dengan kita melihat video tersebut menambah wawasan kita sebagai pendidik untuk mengatasi anak yang memiliki gejala sama pada video tersebut.
    Pada video tsb, guru memberi tugas menebalkan garis , sebelum memberikan tugas guru memberi arahan dan contoh terlebih dahulu .
    Ada beberapa cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu dengan cara :
    1. Melatih anak merangsang jari-jarinya dengan cara meremas spon berisi air.
    2. Melatih memegang suatu benda kunci gembok dengan cara membuka dan menguncinya.
    3. Membuka dan memasang mor dengan mainan balok .
    4. Melatih jari dengan cara membuka kancing baju .

  2. Nama : Adni Auliaurrahman
    NIM : 857436458

    Bismillah..
    Pada video tersebut terlihat guru sedang memberikan kegiatan menebalkan garis menggunakan pensil dalam rangka menstimulasi aspek perkembangan motorik halus anak. Kegiatan berjalan lancar, sebagian besar anak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik namun ada satu siswa yang kesulitan memegang pensil sehingga kertas yang ia pakai sobek. Melihat kondisi tersebut Ibu guru memberikan kegiatan lain untuk menstimulasi motorik halusnya dengan kegiatan:
    1) memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain dengan cara memeras spons,
    2) berlatih membuka gembok,
    3) membuka dan memasang emur,
    4) membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
    Melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan melatih kelenturan jari-jari anak, kekuatan dan koordinasi tangan dalam memegang objek, kelenturan dan koordinasi otot jari-jari anak sehingga dapat memegang pensil dengan baik di kemudian hari.
    Cara guru mengatasi kondisi di kelasnya sudah sangat baik, kegiatan yang dipilih sesuai dengan aspek perkembangan yang ingin dicapai serta menjelaskan tahapan-tahapan cara menggunakan alat main dengan sangat jelas sehingga anak terlihat nyaman dan percaya diri untuk melakukannya.
    Akan tetapi, akan lebih baik lagi jika guru mencontohkan/mempraktekkan langsung di depan anak cara memegang pensil yang benar pada saat awal penggunaan pensil, serta menyesuaikan pensil dengan keamanan dan kenyamanan anak. Tidak terlalu panjang/pendek, tidak terlalu runcing, dan sesuai dengan besar tangan anak.

  3. Nama : Adni Auliaurrahman
    NIM : 857436458

    Bismillah..
    Pada video tersebut terlihat guru sedang memberikan kegiatan menebalkan garis menggunakan pensil dalam rangka menstimulasi aspek perkembangan motorik halus anak. Kegiatan berjalan lancar, sebagian besar anak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik namun ada satu siswa yang kesulitan memegang pensil sehingga kertas yang ia pakai sobek. Melihat kondisi tersebut Ibu guru memberikan kegiatan lain untuk menstimulasi motorik halusnya dengan kegiatan:
    1) memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain dengan cara memeras spons,
    2) berlatih membuka dan mengunci gembok,
    3) membuka dan memasang emur,
    4) membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
    Melalui kegiatan-kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan dan koordinasi tangan, melatih kekuatan dan koordinasi tangan dalam memegang sebuah objek, serta keleturan dan koordinasi otot dan jari anak sehingga dapat memegang pensil dengan baik di kemudian hari.
    Cara guru mengatasi kondisi di kelasnya sudah sangat baik, kegiatan yang dipilih sesuai dengan aspek perkembangan yang ingin dicapai serta menjelaskan tahapan-tahapan cara menggunakan alat main dengan sangat jelas sehingga anak terlihat nyaman dan percaya diri untuk melakukannya.
    Akan tetapi, akan lebih baik lagi jika guru mencontohkan/mempraktekkan langsung cara memegang pensil yang benar sehingga anak akan bisa melihatnya. Guru juga sebaiknya menggunakan pensil yang nyaman dan aman untuk anak. Pensil tidak terlalu panjang/pendek, tidak terlalu runcing, dan sesuai dengan besar tangan anak.

  4. Nursantionela Salomina
    Nim 858574352
    Menurut saya video tersebut di atas yang memberikan cara-cara Bagaimana mengatasi motorik halus anak terlebih khusus dalam upaya untuk mengajarkan memegang pensil dengan benar, sangat membantu guru dalam proses untuk mengembangkan fisik motorik halus anak.

  5. Nama : ebah Junita
    Nim : 857248451
    Pokjar : Balaraja
    MK : evaluasi pembelajaran tk

    Dengan awalan guru menyapa anak murid, kemudian guru memberikan tugas kepada anak-anak untuk menebalkan garis lengkung dan lurus. Anak-anak diminta untuk memperhatikan ibu guru yang akan menjelaskan dan memberikan contoh dari kertas bagaimana cara mengerjakannya.
    Lalu anak-anak diminta menulis nama dan tanggal dan guru mencontohkan cara menebalkan garis yang ada di lembar kerja menggunakan pensil. Pada saat sedang mengerjakan ada salah satu anak yang masih belum bisa cara memegang pensilnya sehingga anak tersebut mengalami kesulitan dan kertas kerja yang diberikan menjadi sobek. Lalu guru dengan sabar menemani dan membimbing anak tersebut untuk belajar dan guru memberikan kegiatan-kegiatan untuk melatih anak tersebut agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar dengan cara guru memberikan kegiatan bermain memindahkan air dengan cara diperas dari tempat yang satu ke tempat yang lain
    Menurut pendapat saya kegiatan ini untuk melatih motorik anak dan kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu.
    Kegiatan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan mur yang terbuat dari kayu, kegiatan ini bertujuan agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
    Kegiatan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Kegiatan ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.

  6. Bismillahiromannirohim
    Pada vidio tersebut guru sedang mengajarkan anak untuk bisa menebali garis menggunakan pensil akan tetapi ada salah satu anak yang belum bisa memegang pensil dan akhirnya anak itu tidak bisa menebali garis tersebut.maka cara yang dilakukan oleh guru adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan 1.memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon,
    2.membuka dan menutup gembok kunci,
    3.membuka dan memasangkan kancing baju.
    Melalui kegiatan ini akan melatih jari-jari anak agar menjadi lentur dan bisa melatih kekuatan otot dan koordinasi tangan anak untuk memegang pensil dengan baik.
    Cara guru mengatasi kondisi itu sangat baik dan bisa dipahami oleh anak dan menggunakan alat pembelajaran yang jelas dan nyata.maka tahapan tersebut akan dapat mencapai untuk perkembangan motorik halus anak dalam memegang pensil dengan benar.

  7. Nama : Utari Dwi Cahyati
    NIM : 857463312
    Berdasarkan video edukasi tersebut, dilihat dari seorang guru yang membantu anak dalam kegiatan belajar. Memang untuk melatih anak agar dapat memegang pensil dengan baik, apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup tepat, sedikit menambahkan
    Sebelum memegang pensil anak perlu belajar mengkoordinasikan kedua tangannya dan kefokusan mata dengan beberapa kegiatan latihan seperti dengan meremas balon berisi tepung atau pasir agar tangan anak dapat terlatih memegang benda-benda mau itu berukuran kecil atau besar, melatih kekuatan jari-jari anak dengan kegiatan merobek kertas, seperti yang terdapat pada video yaitu membuka dan mengunci gembok, membuka dan menutup tutup botol untuk melatih kefokusan mata anak dan melatih kekuatan tangan dan jari anak.
    Dengan kegiatan-kegiatan tersebut akan melatih kefokusan dan motorik halus anak dengan baik, selain itu tidak lupa melatih perkembangan anak dengan mempraktekkannya bersama anak agar anak lebih memahami bagaimana cara melakukannya

  8. nama : Sinar Mulya
    Nim : 856852627

    Pada video tersebut terlihat guru sedang memberikan kegiatan menebalkan garis menggunakan pensil dalam rangka menstimulasi aspek perkembangan motorik halus anak. Kegiatan berjalan lancar, namun ada salah satu siswa yang kesulitan membuat garis lengkung serta memegang pensil dengan sempurna sehingga kertas yang ia pakai sobek. Melihat kondisi tersebut Ibu guru memberikan kegiatan lain untuk melatih kelenturan otot tangan anak dengan berbagai macam kegiatan sesuai dengan perkembangan anak dengan cara
    -memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lain dengan cara memeras spons,
    -berlatih membuka dan mengunci gembok,
    -membuka dan memasang baut/mur,
    -membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
    Melalui kegiatan-kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan dan koordinasi tangan, melatih kekuatan dan koordinasi tangan dalam memegang sebuah objek, serta keleturan dan koordinasi otot dan jari anak sehingga dapat memegang pensil dengan baik di kemudian hari.
    Cara guru mengatasi kondisi di kelasnya sudah sangat baik, kegiatan yang dipilih sesuai dengan aspek perkembangan yang ingin dicapai serta menjelaskan tahapan-tahapan cara menggunakan alat main dengan sangat jelas sehingga anak terlihat nyaman dan percaya diri untuk melakukannya.

  9. Nama : Ni komang susi susanti
    NIM : 858317645
    PRODI : PGPAUD

    Pada video diatas terdapat penjelasan guru dalam mengatasi anak dalam mengembangkan kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar, umtuk memicu perkembangan motorik halus pada anak. Pada video tersebut sangat bermanfaat sekali untuk kita sebagai guru dimana dalam video tersebut mengandung pembelajaran kita sebagai pendidik untuk mengatasi anak didik dalam memegang pensil dengan benar dengan memberikan tugas menebalkan garis. Sebelum guru memberikan tugas menebalkan garis terlebih dahulu guru memberikan arahan kepada siswa dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, kemudian ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sebagai berikut :
    a. melatih jari tangan dengan mengajak anak belajar membuka kancing baju
    b. mengajak anak untuk meremas kertas untuk melatih jari-jari tangan
    c. melatih anak untuk memasang atau melepas mainan

  10. Nama : Ni komang susi susanti
    NIM : 858317645
    PRODI : PGPAUD

    Pada video diatas terdapat penjelasan guru dalam mengatasi anak dalam mengembangkan kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar, umtuk memicu perkembangan motorik halus pada anak. Pada video tersebut sangat bermanfaat sekali untuk kita sebagai guru dimana dalam video tersebut mengandung pembelajaran kita sebagai pendidik untuk mengatasi anak didik dalam memegang pensil dengan benar dengan memberikan tugas menebalkan garis.
    Sebelum guru memberikan tugas menebalkan garis terlebih dahulu guru memberikan arahan kepada siswa dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, kemudian ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sebagai berikut
    : a. melatih jari tangan dengan mengajak anak belajar membuka kancing baju
    b. mengajak anak untuk meremas kertas untuk melatih jari-jari tangan
    c. melatih anak untuk memasang atau melepas mainan

Leave a Reply