silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,599 Comments

  1. NAMA : DINA KUSUMA WARDANI
    NIM : 858963541

    Video yang ditampilkan sangat menginspirasi untuk dapat diterapkan dilembaga PAUD. di daerah saya awalnya guru kurang memperhatikan metode-metode seperti itu karena tuntutan dari wali murid akibat dari pemikiran wali murid yang masih awam di daerah kami. mereka komplen karena melakukan kegiatan semacam itu dan di anggap bahwa sekolah hanya bermain-main saja. padahal itu penting untuk melatih motoriknya. tapi seiring berjalannya waktu dengan memberikan pemahaman dan melibatkan walimurid dalam pembelajaran, kini para wali murid sudah mulai mengerti bahwa kegiatan-kegiatan semacam itu penting untuk kemmapuan awal agar anak dapat memegang pensil yang benar karna otot-otot jari tangannya sudah terlatih.

  2. NAMA : DINA KUSUMA WARDANI
    NIM : 858963541

    Video tersebut memberikan contoh yang bagus tentang cara seorang guru dapat menangani masalah motorik halus anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Melatih motorik halus secara bertahap dapat membantu anak menjadi lebih baik dalam kegiatan menulis.
    Penggunaan spon untuk memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain, membuka dan menutup gembok kunci, dan membuka dan memasangkan kancing baju adalah latihan motorik halus yang beragam dan menarik bagi anak-anak. Aktivitas ini tidak hanya melatih kekuatan otot jari-jari anak, tetapi juga melatih koordinasi mata-tangan dan keterampilan pemecahan masalah.
    Pendekatan bertahap dalam melatih motorik halus juga memungkinkan anak-anak untuk berkembang secara alami dan menjadi lebih percaya diri saat mereka berhasil menyelesaikan tugas. Dorongan positif dan pujian dari guru sangat penting untuk membuat anak termotivasi dan terlibat aktif dalam pelajaran.
    Secara keseluruhan, video tersebut memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat menggunakan berbagai pendekatan yang efektif untuk melatih motorik halus anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Pendekatan ini tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung.

  3. Nama: Sandra Candrawulan
    NIM: 857436379

    Dalam video tersebut, anak dilatih untuk dapat memegang pensil dengan benar. Ketika ada masalah pada anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar solusinya adalah dengan memberikan latihan-latihan menulis awal, seperti:
    1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu yaitu dengan memindahkan air dengan media spons dari mangkuk satu ke mangkuk lainnya.
    2. Latih anak dalam memegang suatu objek dengan membuka dan mengunci gembok agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik. Kegiatan lainnya memasang mur balok mainan.
    3. Latih kelenturan jari-jari tangan anakdengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
    Menurut saya, dengan melakukan ketiga kegiatan tersebut diatas sudah benar, karena hal yang pertama dan utama untuk melatih motorik halus anak yaitu dengan melatih kelenturan jari agar kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak semakun kuat. Dengan dasar seperti itu maka kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar akan muncul

  4. Nama : Devy Tursilawati
    Nim : 858523822
    Prodi : PAUD

    Dalam video tersebut dapat memberi stimulasi pada para pendidik bagaimana cara menangani anak yang memiliki rasa takut pada sesuatu, menghilangkan rasa trauma pada anak sehingga anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik, memberi anak rasa percaya diri memberi anak rasa berani untuk mencoba sesuatu yang mungkin pernah dirasakan dan itu membuatnya menjadi takut

  5. Nama : Fita Permata Sari
    NIM : 858813108
    Nama Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    UPBJJ : UT Malang

    Diskusi 1

    1. Judul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    2. Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/07/mengatasi-anak-yang-belum-bisa-memegang-pensil-dengan-benar/
    3. Identifikasi Masalah :
    a. Anak belum bisa memegang pensil dengan benar
    b. Anak belum bisa menebali berbagai macam bentuk garis (zig zag, lengkung, dll)
    4. Penyebab :
    a. Jari jemari anak / otot jari anak masih kaku
    b. Anak belum pernah dikenalkan tentang cara memegang pensil dengan benar
    c. Anak belum tau cara menulis dengan baik dan rapi
    d. Kurangnya latihan
    e. Kurangnya gerakan koordinasi mata dan tangan
    f. Kurangnya bimbingan dan dorongan/motivasi
    5. Solusi :
    a. Memindahkan air dengan menggunakan spon dari wadah satu ke wadah yang lain
    b. Membuka dan mengunci gembok
    c. Membuka dan memasang sekrum
    d. Membuka dan memasang kancing baju

  6. nama Endang Purwati NIM:858187672 UPBJJ: palangkaraya
    dalam video tersebut menampilkan pendidik memberikan pembelajaran tentang menebalkan garis, namun saat ditengah pembelajaran ada salah satu anak dimana kertas kerjanya robek karena terlalu menekan pensil pada kertas sehingga anak tidak bisa melanjutkan kegiatannya. karena kejadian tersebut akhirnya pendidik memberikan sensor/pelatihan motorik kepada anak berupa kegiatan main yang melatih kekuatan otot jari tangan seperti memindahkan air dengan busa, mengancingkan baju, memasang dan membongkar mur/baut. bisa ditambahkan juga dengan bermain pastisin.
    dari video tersebut, bisa diambil poin-poin penting dimana sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas, anak bisa dikenalkan dahulu dengan benda-beda yang akan ia temui setiap hari di kelas, seperti pengenalan buku,pensil,penghapus,kertas,pewarna dan lain-laian, pendidik pun mengenalkan manfaat dan bahaya dari benda-benda tersebut sehingga anak akan menggunakannya dengan hati-hati. selain itu di dalam video juga sudah memberikan solusi yang bagus dan bermanfaat untuk pendidik yang masih pemula, dimana mengatasi anak yang bermasalah dalam menggunakan pensil.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Menurut saya,pada program video di atas memperlihatkan bagaimana cara seorang guru dalam mengatasi masalah pada anak yang belum bisa mememang pensil dengan benar.Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap.Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon,membuka dan menutup gembok kunci,serta membuka dan memasang kancing baju.Dengan demikian akan membuat jari jemari anak menjadi lebih lentur dan tidak kaku lagi.

  8. Nama : Turyanti
    Nim : 857610843

    Judul vidio : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    dalam vidio tersebut seorang guru sedang mengajarkan anak-anak untuk mebuat garis lurus tidak lupa gurupun memberikan contoh bagaimana cara membuat garis, namun ada salah satu anaka yang belum bisa memegang pensil dengan benar sehingga kertasnya sobek dan pensilnyapun patah. disini guru memberikan solusi bagaimana agar anak bisa memegang pensil dengan benar yaitu melalui latihan-latihan menulis untuk melatih kelenturan jari-jari otot tangan untuk memegang objek tertentu ,yaitu dengan cara melatih anak untuk memindahkan air dari mangkok yang satu ke mangkok lainnya menggunakan spon dengan cara diremas, guru juga melatih dengan kegiatan membuka dan menutup gembok, memaang dan mengencangkan skrup dan membuka dan memasang kancing baju. dengan melatih kegiatan ini sangat efektif untuk membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar

  9. Nama : ALFHIA GENARTY
    Nim : 858306373

    Di dalam video tersebut seorang guru mempunyai strategi dan cara pembelajaran yang benar untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan yang bisa merangsang anak tersebut. Seperti meremas spons, membuka dan mengunci gembok, memutar mur sehingga melalui kegiatan tersebut anak dapat bermanfaat bagi anak yang belum memiliki kemampuan memegang pensil dengan benar.

Leave a Reply