silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Rusdianto

Dalam tampilan video sesi awal  materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.

Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
  2. Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
  3. Sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Pakar Dosen
Pakar Guru

Similar Posts

849 Comments

  1. Nama : Ira Suhesti
    Nim : 855856535
    Kelas : A – PGSD (Akpmm)
    Prodi : S1 PGSD semester 6
    Pokjar : labuhanbatu utara
    1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan ?
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pelajaran ?
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pelajaran ?

    4. Hal-hal apa saja di temukan di video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    5. Setelah melakukan kelemahan atau kelebihan dari guru yang ada amati tayangan video , upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pelajaran berikut nya

  2. NAMA : ZALPI YANA
    NIM : 856991269
    KELAS : 8C
    POKJAR : SIDOMULYO
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    izin menanggapi video diatas .
    KELEMAHAN : -dalam video tersebut guru tampak membosankan(monoton) dalam hal menyampaikan pembelajaran.
    terlihat dari saat guru menjelaskan ada anak yang mengantuk,lesu,ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang ada di depannya.
    – Guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, mengucapkan salam, membaca do’a sebelum belajar, melakukan absensi, menanyakan kabar,serta menyanyikan lagu kebangsaan.
    -guru tidak menggunakan media pembelajaran yg kreatif.
    -guru kurang dalam menghidupkan suasana kelas.

    KELEBIHAN : -Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
    -guru melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran.
    -guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada disekitar (mengukur benda-benda yang ada di kelas dengan jengkal atau penggaris).

    SOLUSI : menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran di awali dengan kegiatan awal seperti memberi salam,membaca doa sebelum belajar,mengabsen siswa,menanyakan kabar serta memberi motivasi kepada siswa ,lalu menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan media konkret(nyata) sehingga anak-anak mudah dalam memahami pembelajaran. dapat pula menggunakan medel pembelajaran game sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain . agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan ice breaking agar suasana kelas menjadi aktif,interaktif dan menyenangkan.

  3. Nama: Tiara
    Nim:856866608
    Matkul :PKM
    Pokjar:Sei Balai
    UPBJJ:MEDAN
    Tanggapan saya mengenai video diatas (membangun suasana aktif,interaktif,dan menyenangkan).
    -reaksi awal siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru,siswa tidak merespon sebagian siswa ada yang mengantuk dan bosan sehingga guru memarahi siswa.kondisi kelas yang tidak tertib semakin memperparah keadaan dan siswa terlihat jelas belum siap untuk proses pembelajaran.Dalam keadaan ini guru perlu tindakan kreatif dan inovatif pada awal pembelajaran yang harus dilaksanakan.

    -secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru belum dapat beradaptasi dengan proses pembelajaran,di awal guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam,berdoa,persepsi yang membuat siswa lebih kondusif dan siap mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

    – kelebihan guru dalam proses pembelajaran guru mampu memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengukur benda-benda di sekelilingnya tanpa keluar dari proses pembelajaran yang diajarkan.Dengan terciptanya suasana seperti ini maka kebermaknaan suatu materi pembelajaran akan benar benar terwujud secara alami.

    -setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari video,upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya,guru harus menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tersusun.Guru juga dapat menciptakan kegiatan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi siswa.

  4. Nama: Tiara
    Nim:855866608
    Matkul :PKM
    Pokjar:Sei Balai
    UPBJJ:MEDAN
    Tanggapan saya mengenai video diatas (membangun suasana aktif,interaktif,dan menyenangkan).

    -reaksi awal siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru,siswa tidak merespon sebagian siswa ada yang mengantuk dan bosan sehingga guru memarahi siswa.kondisi kelas yang tidak tertib semakin memperparah keadaan dan siswa terlihat jelas belum siap untuk proses pembelajaran.Dalam keadaan ini guru perlu tindakan kreatif dan inovatif pada awal pembelajaran yang harus dilaksanakan.

    -secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru belum dapat beradaptasi dengan proses pembelajaran,di awal guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam,berdoa,persepsi yang membuat siswa lebih kondusif dan siap mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

    – kelebihan guru dalam proses pembelajaran guru mampu memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengukur benda-benda di sekelilingnya tanpa keluar dari proses pembelajaran yang diajarkan.Dengan terciptanya suasana seperti ini maka kebermaknaan suatu materi pembelajaran akan benar benar terwujud secara alami.

    -setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari video,upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya,guru harus menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tersusun.Guru juga dapat menciptakan kegiatan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi siswa.

  5. Nama : TRISMA YUNITA
    Nim : 855865462
    Pokjar: labuhanbatu Selatan

    Menurut pendapat saya solusi yang ditampilkan pada video tersebut sangat bagus karena memotivasi siswa untuk ikut serta dalam proses pembelajaran.
    Sebagai guru kita harus mempunyai ide ide kreatif supaya anak -anak lebih semangat untuk belajar agar tidak bosan, apalagi untuk pelajaran Matematika yang kita tau sangat rumit dan memerlukan tenaga ekstra untuk berfikir, maka dari itu kita sebagai guru hal pertama harus d perhatikan keadaan siswa dan keadaan ruangan, setelah itu guru bisa memberikan motivasi dan semangat kepada siswa – siswa dengan cara membiarkan siswa berkreasi sesuai dengan keinginannya dan menggunakan benda – benda yang ada disekitarnya. Terimakasih

  6. Nama: Windi Saputri
    Nim : 859402532
    Pokjar: Luwu Timur
    Upbjj : Makassar

    Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Video pertama. Membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan
    1. Keadaan awal kelas tidak kondusif, ada siswa yang mendengarkan, ada juga yang tidak mendengarkan. Maka kita sebagai guru di tuntut memiliki kreativitas dan menerapkan metode atau teknik lebih aktif, interaktif dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
    2. ⁠secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran pada video tersebut tidak diperlihatkan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
    3. ⁠kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut guru mampu mengubah suasana yang tidak kondusif menjadi kondusif dengan membagi siswa beberapa kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi benda-benda di sekeliling nya merupakan hal yang mengasikkan bagi siswa. Metode ini akan menjadi pengalaman siswa yang berharga dalam perkembangan kecerdasan siswa.
    4. ⁠hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut, dalam melaksanakan pembelajaran tema mengukur benda, guru meminta siswa untuk mengukur meja dengan alat ukur jengkal siswa. Kemudian, ada siswa yang termotivasi untuk mengukur lantai dengan jengkal tangan nya.
    5. Usulan untuk meningkatkan kualitas belajar adalah guru harus bisa menerapkan berbagai model pembelajaran maupun metode pembelajaran agar dalam melaksanakan pembelajaran siswa menjadi aktif dan termotivasi.

  7. Nama: Nurhamidah Siregar
    NIM : 856050644
    Pokjar : Tapanuli Tengah
    UPBBJ : 12/Medan

    Ijinkan saya untuk menanggapi forum diskusi melalui video diatas.

    1.Berdasarkan video diatas saya melihat reaksi yang diberikan anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam kelas yaitu sangat bermalas-malasan, sebab metode pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlalu monoton sehingga anak-anak merasa bosan dan mengantuk.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas yaitu kurangnya menarik minat perhatian anak sebelum pembelajaran dimulai, sehingga anak belum merasa siap untuk belajar. Serta kurangnya media pembelajaran yang disediakan.
    3. Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas yaitu guru menciptakan suasana belajar secara berkelompok, nah hal ini bertujuan untuk melibatkan anak secara berdiskusi dalam memecahkan suatu masalah yang diberikan oleh guru. Serta guru tersebut juga mengizinkan serta membiarkan anak-anak untuk mengeksplor benda-benda yang ada di dalam kelas untuk diukur pakai jengkalan tangan masing-masing, sesuai dengan benda yang ingin mereka ukur.
    4. Menurut saya hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yaitu tekanan suara yang stabil.
    5. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya yaitu sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru melakukan absensi terlebih dahulu guna untuk menanyakan kabar serta keadaan anak sebelum belajar dimulai, kemudian pada saat pembelajaran guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aktif. Serta hendaknya guru menyediakan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran yang dibawakan untuk lebih memudahkan anak memahami materi pelajaran.

    Demikian yang dapat saya sampaikan, sekian dan terimakasih 🙏

  8. NAMA : ZHIADATHUN NISSA NAZIA
    NIM : 857450932
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : BANDUNG
    SERI PEMBELAJARAN : MATEMATIKA SD
    JUDUL GPO DIAMATI : MEMBANGUN SUASANA AKTIF, INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN

    Pada kesempatan kali ini, izinkan saya menanggapi beberapa hal dalam video tersebut.
    Terdapat beberapa saran/solusi yang bisa saya tanggapi dalam video tersebut, yakni ketika pembelajaran matematika dengan metode ceramah hanya terfokus saja pada guru yang menjelaskan, maka para siswa akan merasakan bosan dan jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, ada beberapa solusi yang bisa kita gunakan untuk mengajar menjadi lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan. Dengan cara beberapa hal, diantaranya :
    – Guru menyiapkan materi pembelajaran yang menyenangkan, misal dalam video tersebut Bapak Guru sedang menjelaskan bagaimana cara menghitung mudah benda di sekeliling kita dengan menggunakan jengkalan tangan.
    – Guru memberi materi yang mudah untuk dipahami siswa, sehingga siswa antusias mengenal pembelajaran berhitung ini.

    Adapun karakter saya dalam mengajar siswa di kelas yakni :
    – Saya fokus terhadap keaktifan anak agar ketika proses pembelajaran anak-anak mampu menyerap ilmu dengan baik, dengan cara komunikasi siswa dengan guru ketika pembelajaran berlangsung dengan baik. Guru yang dekat dengan siswa akan membuat siswa tidak malu untuk bertanya kepada guru.
    – Kemudian materi pembelajaran yang di sampaikan harus disenangi anak, contohnya anak ikut serta dalam praktiknya, sehingga anak mudah mengerti apa yang disampaikan guru.
    – Guru harus mampu menyeimbangkan materi pembelajaran dengan kemampuan capaian belajar siswa. Guru mampu melihat kondisi/keadaan siswa ketika akan belajar, apakah siswa tersebut dalam kondisi yang semangat, atau sedang dalam kurang semangat belajar.

  9. Nama : meli Utami
    Nim : 857017614
    Kelas : 8C
    Kelemahan Vidio : Pada Vidio di atas guru langsung kepada kegiatan Inti tanpa menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan,tanpa melakukan penyiapan siswa secara fisik kegiatan awal seperti mengucap salam,doa dan absensi, tanpa menyampaikan tujuan pembelajaran tanpa melakukan aktivitas yang membangun nilai karakter dan literasi,semua hal yang tidak di sampaikan guru tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan agar siswa siap menerima materi pembelajaran.
    Kelebihan : Guru menguasai materi dan konsep pengukuran guru mengekplorasi benda didalam kelas dengan menggunakan tangan dan membagi kelas untuk beberapa kelompok untuk menjadikan siswa lebih aktif untuk menyelesaikan masalah
    Solusi : solusi yang dapat dilakukan adalah guru melakukan media pembelajaran agar lebih diminati siswa lebih menarik dan menyenangkan.guru juga dapat menentukan metode,model strategi keterampilan pembelajaran aapa yang akan dilakukan hal ini membantu siswa dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru.

Leave a Reply