silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

647 Comments

  1. Nama : Wahyun Sufika
    Nim : 858961666
    Pokjar : Giri
    Judul : Memelihara Konsentrasi

    Untuk memelihara konsentrasi siswa guru bisa membuat lingkungan pembelajaran yang tenang, seorang guru juga harus bisa mengatur waktu pembelajaran dengan baik. Materi pembelajaran ke dalam beberapa sesi agar tidak terlalu panjang dan sisipkan istirahat singkat diantara sesi-sesi tersebut. Gunakan metode yang interaktif, yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi, permainan peran, percobaan langsung. Gunakan berbagai macam metode pembelajaran seperti ceramah, presentasi, diskusi kelompok, agar siswa tidak merasa bosan dengan metode yang monoton. Terapkan aturan dan konsistensi dalam mengelola kelas untuk membantu siswa memahami pentingnya konsentrasi dan fokus dalam belajar.

  2. Nama mahasiswa: Surya Rizkyanto
    Nim : 856991498
    Semester : 8
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Video tersebut tentang memusatkan perhatian dan konsentrasi pada siswa.
    Saya sangat setuju dengan hal tersebut untuk memusatkan perhatian siswa dan meningkatkan konsentrasi kita perlukan media pembelajaran yang tepat, Alat peraga memang sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar,
    Siswa jadi bisa belajar dengan konsentrasi karna adanya alat peraga tersebut, Dengan adanya alat peraga akan mempermudah siswa untuk menangkap dan memahami informasi yang disampaikan oleh guru dan guru juga akan lebih mudah menyampaikan kepada siswa. Siswa yang awalnya saling mengobrol kemudian konsentrasi berpusat pada alat peraga. Berbeda dengan sebelum dengan media pembelajaran tadi ketika guru hanya menjelaskan di depan kelas tanpa media siswa kurang berkonsentrasi hanya sebagian siswa saja yang memperhatikan. Kelebihan dari alat peraga menarik perhatian siswa, materi pelajaran dengan alat peraga mudah diterima siswa dan menigkatkan minat belajar siswa.

  3. Nama : Dinda Badzlina Siahaan
    Nim : 856041108
    Semester : 8
    Pokjar : Asahan
    Izin mengomentari video “memelihara konsentrasi”
    Kekurangan :
    1. Menanyakan dan menjelaskan kepada murid tanpa alat bantu atau alat peraga.
    2. Hanya sebagian siswa yang fokus.
    3. Memberikan pertanyaan analisa kepada murid tanpa media.
    Kelebihan:
    1. Menggunakan alat peraga atau media guru lebih mudah menjelaskan dan siswa lebih mudah memahami.
    Reaksi siswa:
    Fokus kepada penjelasan guru yang menggunakan media, jika guru tidak menggunakan media tentu siswa lebih susah memahami dan tidak mendengarkan penjelasan guru.
    Solusi :
    Menurut saya jika ingin memelihara konsentrasi siswa, menggunakan media dan juga memberikan kesempatan kepada siswa yang mendapatkan pertanyaan seputar media yang sudah disiapkan guru dan bukan hanya satu orang agar mereka lebih konsentrasi karna menunggu ditunjuk oleh guru. Selain itu guru juga tidak meninggalkan icebreaking agar siswa tidak bosan.

  4. Nama : Romian Artha Lastriani Simamora
    NIM:855863849
    Pojkar:Labuhanbatu Selatan
    Izin mengomentari video “memelihara konsentrasi”
    dalam video ini memang untuk memelihara konsentrasi itu membutuhkan pembelajaran yang menggunakan media dimana media pembelajaran itu dapat membantu guru dan siswa untuk menciptakan pembelajaran yang berfokus pada materi yang di ajarkan begitu juga siswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran yang menggunakan media gambar video dll
    apalagi jika guru tersebut mampu mencairkan suasana bosa dengan melakukan icebreaking .

  5. Nama:Sylvia Pidang
    NIM:858430127
    UPBJJ:SAMARINDA
    POKJAR :BARONG TONGKOK
    IIjin menanggapi Video 2 pada GPO
    Reaksi anak/Siswa pada Video GPO Siswa terlihat tidak antusias dalam mendengar penjelasan guru di depan kelas mereka sibuk bercerita dan bermain dengan teman.
    Kelemahan guru saat memberikan pembelajaran,Guru tidak membawa siswa ke dunia nyata anak. Hanya menjelaskan dan menjabarkan teori saja,guru juga tidak mengunakan metode mengajar yang menyenangkan.
    Sedangkan kelebihan nya guru sudah memakai poster bergambar untuk menunjang pelajaran berfungsi sebagai alat peraga memudahkan siswa untuk memahami suatu pelajaran.
    Saran dan masukan dari saya guru harus lebih kreatif lagi lebih sering lagi membawa siswa keluar ruangan agar siswa tidak jenuh berada di dalam kelas.-seringlah membawa siswa melihat langsung objek pembelajaran yang sedang dipelajari agar dapat merasakan kejadian-kejadian penting, hal-hal penting dalam kehidupan mereka.Sehingga mereka selalu belajar dari lingkungan sekitar mereka.
    Terima Kasih….

  6. Nama :Trisna Ramadhani
    Nim :855856725
    Pokjar :salut permata Laura

    Menurut saya untuk menumbuhkan konsentrasi pada anak, terlebih dahulu kita melakukan pembelajaran yang lebih mengasikan seperti membuat mediaAlat peraga memang sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar,
    Siswa jadi bisa belajar dengan konsentrasi karna adanya alat peraga tersebut, Dengan adanya alat peraga akan mempermudah siswa untuk menangkap dan memahami informasi yang disampaikan oleh guru dan guru juga akan lebih mudah menyampaikan kepada siswa. Siswa yang awalnya saling mengobrol kemudian konsentrasi berpusat pada alat peraga. Berbeda dengan sebelum dengan adanya pembelajaran yang kreatif

  7. Nama : Putri sari simbolon
    Nim;856051259
    upbjj: Medan
    pada video pembelajaran diatas bagaimana strategi guru untuk mengalihkan perhatian siswa dan mengembangkitkan konsetrasi murid peran guru disini sangat penting seperti adanya alat peraga seperti poster dan murid juga diajak untuk berperan penting dalam kegiatan tersebut maka konsentrasi siswa lebih fokus lagi untuk melaksanakan pembelajaran .

  8. Guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik, melibatkan siswa secara aktif, memanfaatkan alat peraga dan teknologi, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Penting juga untuk mengakomodasi gaya pembelajaran siswa, memberikan umpan balik positif, menjelaskan relevansi materi pembelajaran, dan memberi siswa kesempatan untuk istirahat. Dengan demikian, guru dapat membantu siswa tetap fokus dan terlibat selama pembelajaran.

  9. Nama : Melati Naburju Panjaitan
    Nim : 855863974
    Pokjar : Labuhanbatu Utara
    Menurut saya dalam menumbuhkan konsentrasi anak dalam belajar selain menggunakan alat peraga, seorang guru juga harus mampu menciptakan suasana belajar atau ruangan belajar yang nyaman dan menarik sehingga menimbulkan rasa ingin tau yang menjadikan anak konsentrasi.
    Terimakasih.

  10. Nama: Yunita Clara Keke
    Nim : 858069203
    pokjar: mempawah

    Izin menanggapi vidio diatas, untuk anak dibangku sekolah dasar dlm mempelajari mata pelajaran matematika harus sangat kita perhatikan cara mengajar. Karna jika kita mengajar terlalu monoton anak2 juga akan cenderung bosan dan tidak berminat untuk mengikuti pelajaran berhitung dg begitu anak juga akan beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan. Dividio atas guru sudah memenuhi kriteria mengajar yang baik semoga bisa menjadi contoh yang baik utk calon2 guru seperti kita dalam mengajari murid-murid kita

Leave a Reply