silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

868 Comments

  1. Berdasarkan video tersebut, siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran matematika di siang hari. Dengan begitu Guru memberikan motivasi untuk siswa bahwa matematika sangat penting, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
    Guru tersebut menyiapkan media gambatr untuk keberlangsungan pembelajaran .
    Guru membuat suasana kelas lebih aktif dengan melakukan Tanya-jawab.
    Kekurangan video
    Menurut saya kekurangan dalam video ini hanya pada saat pembukaan pembelajaran karena guru tersebut tidak melakukan pendahuluan seperti, salam, menanyakan kabar, berdoa, dan absensi

  2. kelebihannya yaitu pada pelajaran matematika ,guru tersebut suaranya sudah cukup jelas dan lantang dalam menjelaskan pelajaran,dan juga dapat mengkondisikan suasana kelas dengan baik.
    Kekurangannya yaitu saat pertama masuk kelas gurunya harus melakukan atau mengajak anak berdoa terlebih dahulu,lalu mengecek kehadiran siswa dan mengadakan ice breaking sebentar.

  3. Nama:Putri Sari Simbolon
    Nim:856051259
    Upbjj :Medan
    Berdasarkan video pembelajaran diatas bagaimana cara pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari.Dan cara kita untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar matematika

  4. Berdasarkan vidio yang salah lihat tadi, masih banyak siswa yang tidak mendengarkan guru saat guru hendak mulai menerangkan pelajaran kepada muridnya, yang dimana siswa asik bercerita ria bersama teman sebangku dan teman lainnya daripada mendengarkan guru yang sedang menjelaskan materi,
    Menurut saya.
    Kelebihan dari vidio yang saya lihat guru tersebut mampu menarik perhatian siswa untuk mendengarkan gurunya dengan membuat media yang berwarna seperti pada vidio tersebut guru itu membawa sebuah gambar yang berisikan sebuah bangunan serta guru menjelaskan pelajaran dengan suara yang keras sehingga murid tersebut bisaa mendengarkan apa yang disampaikan guru tersebut dengan baik. Dan setelah adanya media yang diperlihatkan oleh guru tersebut, yang tadinya suasana kelas ribut dan tidak kondusif sekarang siswa tersebut berubah menjadi lebih tenang dan mulai fokus saaat pelajaran dimulai.
    Dan kekurangan vidio yang saya lihat tadi
    Guru saat pertama masuk tidak melakukan sapaan kepada muridnya dan setelah itu guru lupa mengajak siswa nya untuk berdoa sebelum memulai pelajaran, dan guru tersebut tidak menanyakan kabar murid tersebut

  5. Nama :Trisna Ramadhani
    Nim :855856725
    Pokjar :salut permata labura

    Menurut saya, dari yang saya lihat tadi banyaknya siswa yang tidak fokus belajar matematika pada siang hari, dimana terlihat dari vidio banyak dari siswa yang tidak fokus
    jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
    1. Menggunakan metode icebreaking, guru dapat menggunakan metode ini yang dimana nanti nya kita bisa mengembalikan fokus anak -anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
    2. Dengan menggunakan alat media, guru dapat menggunakan perangkat seperti miniatur atau permainan kata-kata media yang menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat belajar matematika.siswa yang asik cerita bersama temannya daripada mendengarkan gurunya didepan
    Kelemahan video tersebut adalah:
    – Guru tidak memberikan awalan dan icebreaking
    – Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan

    Kelebihannya adalah:

    – Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
    – Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
    Menurut pendapat saya. Seharusnya guru tersebut harus membuat strategi pembelajaran yang lebih menyenangkan agar kedepannya siswa lebih fokus terhadap apa yang dipelajari nantinya, dan setelah itu guru hendaknya membuat media yang unik dan kreatif agar menarik minat belajar siswa

  6. a. Analisis reaksi siswa terhadap pembelajaran di video

    Karena waktu juga sudah menunjukkan siang maka siswa kurang antusias apalagi untuk pembelajaran matematika. Dalam video tersebut juga ada beberapa siswa yang masih kesana kemari dengan alasan tidak membawa pensil dan buku. Banyak siswa yang juga tiduran, tidak mendengarkan guru, dan asyik mengobrol dengan teman sebangkunya. Dalam video tersebut reaksi yang terlihat siswa tidak fokus dalam menyimak apa yang disampaikan guru. Sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

    b.Analisis kelemahan guru saat pembelajaran berlangsung

    Dalam video tersebut pada saat awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam serta tidak menanyakan bagaimana kabar siswa hari ini kemudian juga tidak mengulang materi yang telah disampaikan minggu lalu. Saat terdapat siswa yang tidak membawa alat tulis guru hanya diam saat siswa meneriaki siswa yang tidak membawa alat tulis tersebut.

    c.Analisis hal menarik selama pembelajaran

    Dalam video tersebut hal yang menarik selama pembelajaran berlangsung yaitu guru telah memberikan motivasi kepada siswa bahwa matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat kelak nanti ada yang berprofesi sebagai pedagang maka ilmu matematika sangat penting diterapkan. Hal yang menarik juga adalah guru membuat suasana kelas lebih aktif dengan adanya tanya jawab, misalnya guru menunjukkan gambar pesawat ada tanya jawab yaitu siapa yang mengemudikan pesawat.

    d. Saran dan tindak lanjut

    Untuk saran dari video tersebut, sebaiknya jika guru tersebut memperhatikan siswa saat memulai pembelajaran agar suasana di kelas lebih kondusif. Misalnya saja saat pembelajaran diselingi dengan adanya game yang dilakukan di ruang kelas, agar siswa tidak jenuh saat belajar.

  7. NAMA : DWI SEPTIYA NINGRUM
    NIM : 858566964

    a. Analisis reaksi siswa terhadap pembelajaran di video

    Karena waktu juga sudah menunjukkan siang maka siswa kurang antusias apalagi untuk pembelajaran matematika. Dalam video tersebut juga ada beberapa siswa yang masih kesana kemari dengan alasan tidak membawa pensil dan buku. Banyak siswa yang juga tiduran, tidak mendengarkan guru, dan asyik mengobrol dengan teman sebangkunya. Dalam video tersebut reaksi yang terlihat siswa tidak fokus dalam menyimak apa yang disampaikan guru. Sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

    b. Analisis kelemahan guru saat pembelajaran berlangsung

    Dalam video tersebut pada saat awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam serta tidak menanyakan bagaimana kabar siswa hari ini kemudian juga tidak mengulang materi yang telah disampaikan minggu lalu. Saat terdapat siswa yang tidak membawa alat tulis guru hanya diam saat siswa meneriaki siswa yang tidak membawa alat tulis tersebut.

    c. Analisis hal menarik selama pembelajaran

    Dalam video tersebut hal yang menarik selama pembelajaran berlangsung yaitu guru telah memberikan motivasi kepada siswa bahwa matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat kelak nanti ada yang berprofesi sebagai pedagang maka ilmu matematika sangat penting diterapkan. Hal yang menarik juga adalah guru membuat suasana kelas lebih aktif dengan adanya tanya jawab, misalnya guru menunjukkan gambar pesawat ada tanya jawab yaitu siapa yang mengemudikan pesawat.

    d. Saran dan tindak lanjut

    Untuk saran dari video tersebut, sebaiknya jika guru tersebut memperhatikan siswa saat memulai pembelajaran agar suasana di kelas lebih kondusif. Misalnya saja saat pembelajaran diselingi dengan adanya game yang dilakukan di ruang kelas, agar siswa tidak jenuh saat belajar.

  8. Nama : Ayu Nita Harahap
    Nim : 855860148
    Upbjj : Medan

    Menurut saya kekurangan dalam video ini pada saat pembukaan pembelajaran guru tersebut tidak melakukan pendahuluan seperti, salam, menanyakan kabar, berdoa, dan absensi.Serta dari yang saya lihat tadi, banyaknya siswa yang tidak fokus belajar matematika pada siang hari, dimana terlihat dari vidio banyak dari siswa yang tidak fokus ketika mengikuti pembelajaran.

    Dan untuk untuk melatih kefokusan siswa lebih baik melakukan ice breaking terlebih dahulu agar peserta didik siap untuk mengikuti pembelajaran.

    Kelebihan dari video tersebut ketika guru memperlihatkan media gambar untuk pelajaran siswa lebih kpndusih untuk memperhatikan pelajaran tersebut sehingga ketika guru melontarkan pertanyaan siswa berantusias untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  9. NAMA : CHOIRUL HUDA
    NIM : 877314587
    POKJAR : GARUM BLITAR
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa terlihat sangat tidak kondusif dan mereka lebih suka bercanda dan bermain dengan temannya dikarenakan waktu sudah siang dan mereka sudah lelah dengan pembelajaran sebelumnya.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru pada video tersebut yaitu guru tidak mengajak anak untuk berdoa terlebih dahulu dalam memulai pelajaran, mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa dan melaksanakan ice breaking untuk membangkitkan gairah siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru pada video tersebut yaitu setelah mengetahui bahwa para siswa kurang begitu antusias dan berkonsentrasi terhadap pembelajaran, guru berusaha menjelasakan pelajaran dengan menggunakan media atau alat peraga dan juga guru aktif melaksanakan Tanya jawab kepada siswa. Sehingga siswa menjadi aktif dan tertarik terhadap pembelajaran matematika tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guruyang ada amati dari tayangan video?
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat atau media peraga seperti gambar tugu monas, gambar gedung dan lainnya untuk merangsang dan menarik minat para siswa terhadap pembelajaran matematika pada siang hari. Guru juga sedikit memberikan wawasan akan pentingnya mempelajari matematika yang dapat digunakan ketika mereka beranjak dewasa nanti.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Seorang guru sebaiknya melaksanakan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, contohnya yaitu mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar siswa, dan juga meningkatkan gairah siswa dengan melaksanakan ice breaking terlebih dahulu.

  10. Nama : Dwi Sulasih
    Nim : 858526907
    Pokjar : Kebonagung

    Berdasarkan vidio tersebut , masih banyak siswa yang kurang memperhatikan dan main sendiri , Guru harus mencari cara untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada siang hari untuk itu membutuhkan strategi pembelajaran yaitu dengan memberi motivasi pada anak,Ciptakan suasana yang tenang ,beri penjelasan yang mudah dimengerti , dan kreatif saat menjelaskan pelajaran matematika.

    Pada saat guru memberikan contoh gambar , siswa sudah mulai tertarik dan mulai antusias menjawab perrtanyaan dari Bapak Guru.
    menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik, menantang dan tidak kaku.

Leave a Reply