silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

869 Comments

  1. Nama : Desyana Evy PD
    NIM : 857820039
    UPBJJ: Surakarta
    Prodi : PGSD (SLTA)
    Semester : 6

    Menanggapi video mengenai “Belajar Matematika Pada Siang Hari”
    memang benar adanya, sesuai dengan tayangan di awal video bahwa pembelajaran di siang hari tentu berkurang keefektifannya. hal ini dikarenakan pada siang hari anak-anak sudah lelah, konsentrasi dan semangat sudah menurun dibanding dengan pagi hari. apalagi belajar matematika yang selama ini merupakan pelajaran yang dikenal sebagai “momok”, pelajaran sulit dan tidak disukai anak-anak. solusinya menurut saya, memang seharusnya dalam pengaturan jadwal, mapel eksak seperti matematika lebih baik ditaruh di jam-jam awal/pagi, dimana kondisi anak masih fresh, segar, semangat, konsentrasi penuh.
    kemudian solusi kedua yaitu dari perlakuan/metode yang digunakan guru. jika guru hanya menggunakan metode ceramah atau meminta siswa untuk mencatat/menulis, tentu siswa akan semakin bosan. jadi sebaiknya di awal pembelajaran guru mempersiapkan semacam ice breaking atau memberikan apersepsi untuk menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar. hal ini sudah dilakukan guru pada video di atas, dengan melakukan tanya jawab, melibatkan siswa, sehingga siswa menjadi tidak ngantuk/bosan dan semangat kembali belajar matematika walaupun siang hari.

  2. Mengajar mata pelajaran matematika utamanya di jam – jam terakhir memang harus memiliki metode yang menarik yang membuat siswa fokus dalam belajar.
    Misalnya mengajar dengan menggunakan alat peraga yang menarik bagi siswa. Alat peraga yang digunakan Pak Guru dalam video sudah baik namun akan lebih baik lagi jika menggunakan alat peraga berupa video. Anak anak akan lebih semangat dan tidak mengantuk.

  3. Nama : Ade Silvia Irani
    NIM : 856097934

    Belajar matematika pada siang hari kurang efektif menurut saya, karena anak-anak sudah mulai lelah setelah melalui banyak aktifitas. Sebaiknya yang perlu dilakukan:
    1. Atur jadwal pagi untuk mata pelajaran matematika.
    2. Membuka pelajaran dengan ice breaking untuk menumbuhkan minat belajar siswa
    3. Berikan media yang menarik agar siswa tidak bosan. Seperti alat peraga atau video pembelajaran.
    4. Jangan terlalu banyak melakukan metode ceramah, selingi dengan beberapa aktivitas yang melibatkan siswa.

  4. Nama : Nuryanti
    NIM : 856013613
    UPBJJ: Medan

    Menanggapi video “Belajaran matematika pada siang hari ”
    pembelajaran di siang hari tentu kurang keaktifan siswa dikarenakan siswa sudah lelah, konsentrasi semangat belajar siswa sudah menurun, apalagi metode yang digunakan cerama anak anak semakin bosan dan jenuh. maka dari itu alangkah baiknya pembelajaran matematika di adakan pada pagi hari dimana anak-anak masih memiliki semangat belajar yang aktif dan konsetrasi yang tinggi.
    dengan memberikan apersepsi menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar hal ini sudah dilakukan pak guru melalui video belajar matematika pada siang hari, melibatkan siswa dan melakukan tanya jawab, sehingga siswa menjadi tidak bosan belajar matematika walaupun di siang hari

  5. Nama : Nuryanti
    NIM : 856013614
    UPBJJ : Medan
    Menanggapi video “Belajar Matematika Pada Siang Hari”
    Pembelajaran di siang hari tentu kurang keaktifan siswa dikarenakan siswa sudah lelah, konsentrasi belajar siswa sudah menurun, apalagi metode yang digunakan ceramah anak anak semakin bosan dan jenuh, maka dari itu alangkah bainya pembelajaran matematika diadakan pada pagi hari dimana anak-anak masih memiliki semangat belajar yang aktif dan konsentrasi yang tinggi.
    dengan memberikan apersepsi menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar hal ini sudah dilakukan Pak Guru melalui video pembelajaran “belajar matematika pada siang hari” melibatkan siswa dan melakukan tanya jawab, sehingga siswa menjadi tidak bosan belajar matematika walaupun pada siang hari

  6. Nama : Elzha Dhyandrani
    NIM : 859810968
    Semester : 6(enam)
    UPBJJ : UT-Medan

    Matematika di jam terakhir memang merupakan sebuah tantangan bagi guru. Guru di dalam video diatas sudah baik, namun di era teknologi sekarang ini ada banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk menunjang kualitas kelasnya.

    Misalnya guru bisa membuat games interaktif melalui wordwall, powerpoint atau aplikasi games edukatif lainnya. Jika tidak melalui teknologi guru bisa menyusun pembelajaran interaktif di luar kelas dengan basis belajar sambil bermain. Siswa secara aktif melakukan pembelajaran learning by doing, jam terakhir tidak akan menjadi sebuah masalah.

    terimakasih.

  7. Nama :Erlina Adriyani Rosana
    NIM : 857718194
    Semester : 6
    Pokjar : Boja
    Menanggapi video pembelajaran Matematika
    Pembelajaran matematika pada jam terakhir kurang efektif menurut saya . Karena ketika pada jam terakhir siswa sudah mulai bosan dan berkurang keaktifanya . maka dari itu bisa dilakukan untuk menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik agar anak-anak lebih bersemangat . Dan Guru bisa memberikan apersepsi yang menarik perhatian dan memotivasi siswa agar melakukan tanya jawab dan membuat siswa lebih aktif .
    Terimakasih

  8. Nama : Atika Kusumaningrum
    NIM : 857716642

    Mengajar mata pelajaran Matematika di jam-jam terakhir memang menjadi tantangan tersendiri, karena peserta didik pasti sudah tidak fokus dan semangat belajar siswa sudah menurun. Dalam video tersebut sudah baik, namun alangkah baiknya bisa menggunakan media pembelajaran yang menarik, misalnya bisa menayangkan video atau menggunakan games agar siswa tidak jenuh. Karena jika hanya menggunakan metode ceramah siswa akan jenuh apalagi di siang hari.

  9. Nama : Erlina Adriyani Rosana
    NIM :857718194
    Semester : 6
    Pokjar : Boja
    Dalam video tersebut suasana kelas tidak efektif dan kondusif, siswa cenderung bosan saat pembelajaran berlangsung.

    Menurut saya strategi pembelajaran matematikaa yang paling efektif dilakukan saat siang hari adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan.
    Misalnya : guru mengajak siswa bernyanyi (menghafal rumus matematika), bisa juga melakukan pembelajaran di luar kelas (siswa diminta untuk melakukan jual-beli) dan menerapkan di kehidupan nyata (membandingkan harga saat belanja di swalayan dan menghitung total belanjaan) dan lain sebagainya.
    Jadi seorang guru harus pintar mengambil ide” baru untuk membuat suasana kelas saat pembelajaran matematika jadi lebih efektif. untuk mengatasi rasa bosan guru bisa membuat ice breaking agar suasana kelas lebih menyenangkan

  10. Nama : Dian Rahayu
    NIM : 857718678
    UPBJJ : Semarang
    Semester : 6
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – Tidak bersemangat, sibuk dengan aktivitasnya sendiri.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Metode/media pembelajaran kurang menarik perhatian siswa
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – guru membawa berbagai macam gambar
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – guru harusnya menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik apalagi pelajaran matematika diadakan saat jam siang. Misalnya, dengan media video animasi,..

Leave a Reply