silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

871 Comments

  1. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu:
    1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2. ⁠Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi
    3. ⁠Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan kelas, cuaca panas, atau pencahayaam yang tidak memadai, sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa
    4. ⁠Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.

    Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu:
    1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    2. Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode yang lainnya.
    3. ⁠Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    4. ⁠Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

  2. Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
    NIM: 856021611
    UPBJJ-UT Medan
    Pokjar Asahan

    Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu:
    1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2. ⁠Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi
    3. ⁠Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan kelas, cuaca panas, atau pencahayaam yang tidak memadai, sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa
    4. ⁠Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.

    Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu:
    1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tenagh pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat belajar mereka.
    2. Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode yang lainnya.
    3. ⁠Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    4. ⁠Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

  3. Nama = Esti Dwi Pratiwi
    Nim = 857624408
    UPBJJ = PURWOKERTO
    Prodi = PGSD
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menanggapi video diatas, Video terserbut mengenai Pembelajaran Matematika yang dilakukan pada siang hari. Video terserbut dapat terlihat bahwa saat awal pembelajaran Matematika tingkat konsentrasi anak-anak sudah menurun, jadi akan butuh effort yang lebih dari seorang guru, apalagi ketika di jam pelajaran terakhir guru hanya menggunakan metode ceramah, anak-anak menjadi tambah bosan.

    Guru sudah mulai Makanya guru harus menyediakan media pembelajaran yang bervariatif dan kreatif agar anak-anak bisa kembali fokus untuk mengikuti pembelajaran.
    Di pertengahan pembelajaran Matematika, guru sudah menggunakan media pembelajaran, yaitu media gambar sehingga anak-anak sudah kembali konsentrasi dan penasaran dengan materi yang akan dibawakan guru dan ketika guru mulai mengajukan pertanyaan anak-anak sudah mulai bersemangat untuk menjawab pertanyaan.

    Jadi alangkah baiknya seorang guru harus membuat strategi dan metode pembelajaran sebaik. Beberapa yang bisa dilakukan guru yaitu :
    1. Membuat variasi metode pembelajaran yang tidak hanya ceramah
    2. Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi
    3. Melakukan ice breaking di sela-sela pembelajaran.
    Terima kasih.

  4. Nama = Esti Dwi Pratiwi
    Nim = 857624408
    UPBJJ = PURWOKERTO
    Prodi = PGSD
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menanggapi video diatas, Video terserbut mengenai Pembelajaran Matematika yang dilakukan pada siang hari. Video terserbut dapat terlihat bahwa saat awal pembelajaran Matematika tingkat konsentrasi anak-anak sudah menurun, jadi akan butuh effort yang lebih dari seorang guru, apalagi ketika di jam pelajaran terakhir guru hanya menggunakan metode ceramah, anak-anak menjadi tambah bosan.

    Guru sudah mulai Makanya guru harus menyediakan media pembelajaran yang bervariatif dan kreatif agar anak-anak bisa kembali fokus untuk mengikuti pembelajaran.
    Di pertengahan pembelajaran Matematika, guru sudah menggunakan media pembelajaran, yaitu media gambar sehingga anak-anak sudah kembali konsentrasi dan penasaran dengan materi yang akan dibawakan guru dan ketika guru mulai mengajukan pertanyaan anak-anak sudah mulai bersemangat untuk menjawab pertanyaan.

    Jadi alangkah baiknya seorang guru harus membuat strategi dan metode pembelajaran sebaik. Beberapa yang bisa dilakukan guru yaitu :
    1. Membuat variasi metode pembelajaran yang tidak hanya ceramah
    2. Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi
    3. Melakukan ice breaking di sela-sela pembelajaran.
    Terima kasih.

  5. NAMA : Fifi Kapriati
    NIM : 855739748
    kelas : 6A
    PRODI : PGSD
    POKJAR : Sidomulyo

    Assalamualaikum wr.wb.
    Izin menanggapi video “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari” berdasarkan video yang telah saya simak, guru tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran yang dimana banyak ketidaknyamanan, jika kita lihat dari awal video tersebut para siswa yang berada dikelas tersebut tidak tertib yaitu para siswa sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Ada yang bercerita, bermain, mencari kesibukan nya sendiri, tidak memperhatikan guru, bahkan ada mengantuk. Tidak hanya itu, setelah saya simak dari video tersebut sang guru juga sudah melakukan pembelajaran dengan baik. Didalam video tersebut guru berusaha membuat situasi kelas menjadi tentram dan kondusif, guru menggunakan beberapa media gambar untuk ditunjukkan kepada siswa.
    Video sudah bagus, mungkin ada beberapa saran dari saya terkait pembelajaran video tersebut yaitu kita sebagai guru harus pandai mengondisikan situasi dan keadaan. Contohnya saja seperti video pembelajaran tersebut dimana pada siswa tidak berkonsentrasi belajar matematika ketika disiang hari. Mungkin tidak hanya dipelajaran matematika saja para siswa itu tidak dapat berkonsentrasi ketika belajar, tetapi Dimata pelajaran lain juga bisa tidak berkonsentrasi. Mengapa, karena harus kita pahami bahwa disiang hari adalah jam sudah banyak menguras tenaga anak-anak yang membuat mereka semua sudah tidak lagi bersemangat dan fokus belajar.
    Menurut pendapat saysa, alangkah baiknya guru harus membuat strategi pembelajaran dan metode pembelajaran sebaik mungkin, tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah. Pagi matematika ini pelajaran yang tidak semua disukai oleh para siswa, jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
    1. Menggunakan metode ice breaking, guru dapat menggunakan metode ini yang dimana nanti nya kita bisa mengembalikan fokus anak-anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
    2. Menggunakan alat media, guru dapat menggunakan peraga seperti miniatur atau pun media yang menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat belajar matematika.
    3. Menggunakan metode pembelajaran tidak hanya ceramah, bisa dengan metode pembelajaran lain. Karena jika kita hanya menggunakan metode ceramah tentu saja akan membuat anak-anak semakin bosan belajar matematika.
    Semoga apa yg saya sarankan bisa membantu para siswa lebih fokus dalam memperhatikan guru dan semangat belajar ketika di siang hari. Dan tidak hanya itu, para siswa juga dapat melawan rasa bosan, rasa malas belajar, rasa lelah, dan rasa kurang fokus atau berkonsentrasi pada saat belajar. Itulah sedikit saran dari saya untuk mengatasi siswa yang tidak berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari.

  6. Nama : Ayu Andira
    Nim : 8565573323
    Izin menanggapi,
    dari video diatas dapat dilihat siswa yang sudah kelihatan lesu dan mengantuk saat belajar, para siswa sudah tidak fokus lagi mendengarkan guru saat menerangkan pelajaran ditambah lagi media yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian siswa sehingga banyak yang tidak memperhatikan pembelajaran.

  7. 1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa siswi untuk awal pembelajaran matematika kurang antusias tetapi selanjutnya guru bisa mengkondisikan situasi dan akhirnya bisa kondusif, aktif, dan siswa siswi menjadi antusias untuk belajar matematika
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kurang ice breaking di awal sehingga awal pembelajaran siswa siswa sudah terlihat kurang semangat dan kurang antusias
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru akhirnya bisa mengkondisikan siswa siswi ditengah pembelajaran, guru memberikan gambaran manfaat belajar matematika di kehidupan sehari hari dan guru menggunakan alat peraga untuk menjelaskan materi kepada siswa siswinya
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru bisa mengambil inisiatif untuk mengambil perhatian siswa sehingga siswa siswinya bisa memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk awal pembelajaran matematika pada siang hari sepertinya siswa siswi bisa diajak ice breaking atau permainan terlebih dahulu supaya mereka bisa rileks dan bisa antusias memperhatikan penjelasan materi dari guru dan untuk kelebihannya sudah kreatif dan inisiatif

  8. Nama : Hamida soleha
    Nim : 859642949
    UPBJJ: Banggai

    Tanggapan saya terhadap vidio tersebut yaitu belajar matematika di saat waktu siang hari membuat siswa menjadi tidak konsentrasi dan tidak fokus terhadap mata pelajaran dikarenakan telah banyak beraktivitas dan kelelahan di pagi hari. Beberapa siswa pada umumnya lebih konsentrasi dan fokus saat belajar dipagi hari dengan alasan masih segar sehingga Mereka lebih berminat untuk belajar. Apa bila belajar disiang hari mengakibatkan kinerja yang berkualitas rendah dan mengakibatkan siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Sehingga guru harus lebih kreatif dan aktif dalam mengajar disiang hari agar siswa semangat untuk mengikuti materi yang pelajari. Belajar matematika juga sangat diperlukan kesiapan peserta didik baik lingkungan maupun dari dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan pelajaran matematika merupakan pelajaran yang tersusun secara sistematis dan membutuhkan penalaran logis. Mengajar menggunakan media gambar sangat meningkatkan semangat belajar anak. Metode belajar menggunakan media gambar membuat anak tidak bosan mengikuti pelajaran matematika walaupun disiang hari. Dan memberikan waktu jeda saat belajar agar anak tidak merasa bosan saat belajar. Berikan pujian saat siswa benar menjawab pertanyaan yang diberikan guru agar menambah semangat anak dalam belajar.

  9. NAMA : HUZAINIYAH
    NIM : 858708211
    UPBJJ UT SURABAYA
    POKJAR BANGKALAN

    Tanggapan saya mengenai vidio pembelajaran ” SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI”
    1. KELEMAHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
    – Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
    – pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    2. KELEBIHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
    – Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
    3. HAL APA YANG BISA DILAKUKAN
    Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru sudah melakukan perbaikan cara mengajar dari yang biasa kemudian mengajar dengan menggunakan media gambar untuk memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga melakukan tanya jawab untuk memancing perhatian siswa sehingga siswa bersemangat untuk mengikuti pelajaran matematika.
    4. SARAN
    Ketika memulai pembelajaran, guru seharusnya mengkondisikan kelas, mengadakan apersepsi semangat, mengabsen siswa serta menanyakan kabar siswanya, selain itu juga harus menyampaikan tujuan pembelajaran serta memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru juga bisa memberikan Ice breaking semangat pada siswa supaya berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Guru juga perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengatur jadwal pelajaran matematika diusahakan untuk dilaksanakan pada pagi hari/jam pertama karena pada waktu itu siswa masih semangat untuk belajar.

  10. NAMA : HUZAINIYAH
    NIM : 858708211
    UPBJJ UT SURABAYA
    POKJAR BANGKALAN

    Tanggapan saya mengenai vidio pembelajaran ” SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI”
    1. KELEMAHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
    – Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
    – pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    2. KELEBIHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
    – Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
    3. HAL APA YANG BISA DILAKUKAN
    Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru sudah melakukan perbaikan cara mengajar dari yang biasa kemudian mengajar dengan menggunakan media gambar untuk memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga melakukan tanya jawab untuk memancing perhatian siswa sehingga siswa bersemangat untuk mengikuti pelajaran matematika.
    4. SARAN
    Ketika memulai pembelajaran, guru seharusnya mengkondisikan kelas, mengadakan apersepsi semangat, mengabsen siswa serta menanyakan kabar siswanya, selain itu juga harus menyampaikan tujuan pembelajaran serta memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru juga bisa memberikan Ice breaking semangat pada siswa supaya berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Guru juga perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengatur jadwal pelajaran matematika diusahakan untuk dilaksanakan pada pagi hari/jam pertama karena pada waktu itu siswa masih semangat untuk belajar.

Leave a Reply