silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

842 Comments

  1. Nama : Esti
    NIM : 856081742
    UPBJJ : Batam

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : Siswa kurang antusias dalam sesi tanya jawab yang dilakukan oleh guru, hanya beberapa orang saja yang menjawab

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran : Tidak melakukan kegiatan evaluasi mengenai alat ukur yang di praktekan siswa ketika maju ke depan mengukur gambar yang ada di papan tulis, guru tidak mengajarkan bagaimana meletakkan titik awal perhitungan, dan cara mengukur yang benar kepada siswa. Secara keseluruhan terlihat seperti guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran atau metode pembelajaran, penyampaian materinya juga kurang jelas

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru memberikan contoh dengan gambar atau membawa media pembelajaran saat sedang menjelaskan dan meminta siswa terlibat dalam mengukur, mengapresiasi siswa ketika sudah selesai mengukur

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran : Guru membawa media pembelajaran berupa print gambar monas dan menanyakan kepada siswa siapa saja yang pernah ke monas

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya : Dengan melihat murid-murid banyak yang tidak konsentrasi mungkin guru bisa membuat ice breaking untuk mengembalikan fokus siswa dan membuat semangat belajar matematika, guru bisa menambahkan metode pembelajaran tidak hanya ceramah tetapi ditambah dengan metode lain yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anak, dan membuat anak tidak jenuh. Karena jika hanya metode ceramah, akan terasa sangat membosankan belajar matematika

  2. Nama : Esti
    NIM : 856081742
    UPBJJ-UT : Batam

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : Siswa kurang antusias dalam sesi tanya jawab yang dilakukan oleh guru, hanya beberapa orang saja yang menjawab
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru tidak memberikan evaluasi pada alat ukur yang digunakan siswa saat mereka mengukur gambar di papan tulis, juga tidak mengajarkan cara menetapkan titik awal perhitungan dan teknik mengukur yang benar kepada siswa. Secara umum terlihat guru kurang memperhitungkan proses belajar atau metode belajar, penyampaian materi juga kurang terperinci.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru menggunakan gambar atau media pembelajaran saat mengajar, melibatkan siswa dalam proses pengukuran, dan memberikan pujian atau apresiasi setelah selesai.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran: Hal unik bagi saya, ketika guru membawa media belajar sebuah kertas print yang bergambar monas, dan guru bertanya siapa saja yang pernah ke monas
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya : Dengan melihat begitu banyak murid yang kurang konsentrasi, mungkin guru bisa mencoba ice breaking untuk mengembalikan fokus siswa dan membangkitkan semangat belajar matematika. Guru dapat mencoba metode pembelajaran lain selain ceramah, sesuai dengan kebutuhan anak dan agar mereka tidak merasa jenuh. Belajar matematika akan terasa sangat membosankan jika hanya menggunakan pendekatan ceramah.

  3. Nama : Esti
    NIM : 856081742
    UPBJJ-UT : Batam

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : Siswa kurang antusias dalam sesi tanya jawab yang dilakukan oleh guru, hanya beberapa orang saja yang menjawab
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru tidak memberikan evaluasi pada alat ukur yang digunakan siswa saat mereka mengukur gambar di papan tulis, juga tidak mengajarkan cara menetapkan titik awal perhitungan dan teknik mengukur yang benar kepada siswa. Secara umum terlihat guru kurang memperhitungkan proses belajar atau metode belajar, penyampaian materi juga kurang terperinci.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru menggunakan gambar atau media pembelajaran saat mengajar, melibatkan siswa dalam proses pengukuran, dan memberikan pujian atau apresiasi setelah selesai.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran: Hal unik bagi saya, ketika guru membawa media belajar sebuah kertas print yang bergambar monas, dan guru bertanya siapa saja yang pernah ke monas
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya : Dengan melihat begitu banyak murid yang kurang konsentrasi, mungkin guru bisa mencoba ice breaking untuk mengembalikan fokus siswa dan membangkitkan semangat belajar matematika. Guru dapat mencoba metode pembelajaran lain selain ceramah, sesuai dengan kebutuhan anak dan agar mereka tidak merasa jenuh. Belajar matematika akan terasa sangat membosankan jika hanya menggunakan pendekatan ceramah.

  4. Nama :Pinta wilianis hura
    Nim : 855867251
    pokjar : idanogawo
    UPBJJ : medan
    Pembelajaran Matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang mampu membangkitkan semangat siswa, dimana melihat pada umumny pembelajaran di siang hari kondisi siswa sudah lelah dan ngantuk apalagi di hadapkan dengan pelajaran Matematika.
    Pada vidio tersebut pada saat membuka pelajaran suara guru sudah lantang, akan tetapi guru tidak memberikan apersepsi dan motivasi untuk siswa, sehingga konsentrasi dan fokus siswa terpecah. Siswa tidak memperhatikan guru, mengantuk, dan berbicara sendiri dengan temannya. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan untuk menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi yang tadinya menggunakan metode ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek. Dengan begitu siswa menjadi tertarik dan memusatkan perhatiannya pada guru.

    Tanggapan saya mengenai vidio pembelajaran ” SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI”
    1. KELEMAHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
    – Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
    – pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    2. KELEBIHAN VIDIO PEMBELAJARAN TERSEBUT :
    – Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
    – Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
    3. HAL APA YANG BISA DILAKUKAN
    Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru sudah melakukan perbaikan cara mengajar dari yang biasa kemudian mengajar dengan menggunakan media gambar untuk memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga melakukan tanya jawab untuk memancing perhatian siswa sehingga siswa bersemangat untuk mengikuti pelajaran matematika.
    4. SARAN
    Ketika memulai pembelajaran, guru seharusnya mengkondisikan kelas, mengadakan apersepsi semangat, mengabsen siswa serta menanyakan kabar siswanya, selain itu juga harus menyampaikan tujuan pembelajaran serta memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru juga bisa memberikan Ice breaking semangat pada siswa supaya berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Guru juga perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengatur jadwal pelajaran matematika diusahakan untuk dilaksanakan pada pagi hari/jam pertama karena pada waktu itu siswa masih semangat untuk belajar.

  5. Nama : Pinta wilianis hura
    Nim : 855867251
    pokjar : idanogawo
    UPBJJ : Medan
    Setelah saya melihat video ” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari “, guru tidak ada melakukan kata sambutan dan pembukaan.
    Ada beberapa siswa yang belum siap belajar, seperti masih ada yang bermain-main dengan temannya, ada juga yang tertinggal buku tulis dan alat tulis.
    Konsentrasi belajar tidak akan datang dengan sendirinya atau bukan karena pembawaan bakat sejak lahir, akan tetapi konsentrasi belajar harus diciptakan dan direncanakan serta dijadikan kebiasaan belajar. Jika
    diperhatikan banyak siswa yang kesulitan berkonsentrasi misalnya sulit menerima penjelasan dari guru meskipun sudah dijelaskan berulang-ulang.

    Pada dasarnya setiap orang mempunyai potensi yang sama untuk melakukan konsentrasi. Adapun penyebab kesulitan konsentrasi ialah lemahnya minat pada pelajaran, jika siswa kurang berminat untuk belajar
    maka siswa akan mudah terpengaruh pada hal-hal lain yang lebih menarik perhatiannya, sehingga pada akhirnya siswa tidak mengerti isi pelajaran yang seharusnya diperhatikan secara intensif.
    Kelemahan pembelajaran dalam video :
    1. Pada awal pembelajaran, Guru kurang melakukan kegiatan pembukaan dengan baik seperti mengucapkan salam, berdoa, melakukan absensi sehingga siswa menjadi tidak tertarik dan cenderung bermain dengan temannya.
    2. Penggunaan metode ceramah pada saat pembelajaran matematika.
    3. Pada saat pembelajaran Guru kurang menguasai kelas.
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    5. Tidak adanya kegiatan penutup, seperti menyimpulkan pembelajaran dan evaluasi
     Kelebihan pembelajaran dalam video :
    1. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat dalam belajar dengan membahas tentang cita-cita, yang mengaitkan bahwa pelajaran matematika akan dipergunakan diberbagai pekerjaan.
    2. Dengan mengubah metode ceramah menjadi metode tanya jawab sehingga memicu adanya interaksi antar Guru dan siswa.
    3. Penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa.
    4. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dalam menjelaskan materi pembelajaran.
     Hal Unik dalam Pembelajaran Video
    Penggunaan media gambar dapat menarik perhatian siswa serta siswa diajak untuk mengukur benda konkret sehingga siswa dapat memahami cara mengukur benda dengan benar.
     Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan:
    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan yaitu mengubah kegiatan pembukaan agar menarik perhatian siswa, seperti mengajaknya bernyanyi bersama untuk mengilangkan rasa kantuknya, dapat mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas, penayangkan video pembelajaran serta juga dapat menyelipkan ice breaking seperti permainan sederhana ditengah – tengah pembelajaran.

  6. NAMA : Dewi Sartika
    NIM : 856024197
    UPBJJ : UT MEDAN
    PRODI : PGSD
    POKJAR : Asahan
    Assalamualaikum wr.wb.
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran ( SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI)
    1.Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2.Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
    3.Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    4. Pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang. Atau siswa diberi pembelajaran matematika diawal/jam pertama memulai pembelajaran.
    5. Berilah dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus sama belajar matematika.
    Terimahkasih.

  7. Nama :lailatus syarifah
    NIM : 858962754
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tentang
    “SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI”
    Menurut saya pembelajaran yg dilakukan sudah bagus hanya saya ada yg perlu untuk diperbaiki dan dimodifikasi. Dari pembelajaran yg menggunakan strategi pembelajaran ceramah diganti dengan menggunakan strategi tanya jawab Karena dalam hal ini dapat memancing peserta didik untuk lebih aktif dan kondisi kelas menjadi hidup. Karena pembelajaran matematika membutuhkan fokus yg lebih dalam pembelajaran dan pemahamannya menurut saya guru menyelingi dengan pemberian ice breaking kepada peserta didik mengingat juga pembelajaran disini dilakukan pada siang hari dengan pemberian ice breaking dapat membatu membangun fokus peserta didik kembali full dan fresh kembali. Namun alangkah baiknya untuk pembuatan jadwal mata pelajaran matematika bisa di ganti pada jam pelajaran pertama dan kedua mengingat jika masih pagi semuanya masih fresh. Sebelum guru memberikan kesempatan peserta didik untuk maju ke depan mengukur suatu benda dengan menggunakan alat ukur alangkah baiknya guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara mengukur suatu benda menggunakan alat ukur dengan baik dan benar. Menurut saya diakhir pembelajaran guru juga perlu memberikan feedback mengenai pembelajaran yg sudah di bahas dan meberikan motivasi karena hal ini agar peserta didik lebih termotivasi kedepannya dan terus bersemangat dalam belajar.

  8. NAMA: ULIDA TANPATI SILABAN
    NIM : 855862972
    MAKUL :PKM(PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR)
    POKJAR : HUMBAHAS
    UPBJJ : MEDAN

    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran ” SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI” adalah Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, guru bisa menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Misalnya, dengan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif, seperti permainan atau diskusi kelompok. Hal ini dapat membantu siswa tetap fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran.

    Selain itu, penting juga bagi guru untuk memberikan waktu istirahat yang cukup dalam jadwal pembelajaran. Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, siswa dapat meregangkan otot dan menyegarkan pikiran mereka, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat kembali belajar.

    Guru juga bisa memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Misalnya, dengan menggunakan video pembelajaran atau aplikasi edukatif yang menarik. Hal ini dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa tetap fokus.

    Terakhir, penting bagi guru untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Dengan memberikan pujian dan dorongan, siswa akan merasa lebih termotivasi untuk belajar dan lebih fokus dalam proses pembelajaran.

    Semoga solusi-solusi ini dapat membantu guru mengatasi masalah konsentrasi siswa dalam belajar matematika.

  9. NAMA : Safaruddin
    NIM : 855864629
    MATKUL : PKM
    POKJAR : Sei Balai
    UPBJJ : Medan

    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tentang
    “SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI”
    Menurut saya pembelajaran yg dilakukan sudah bagus hanya saya ada yg perlu untuk diperbaiki dan dimodifikasi. Dari pembelajaran yg menggunakan strategi pembelajaran ceramah diganti dengan menggunakan strategi tanya jawab Karena dalam hal ini dapat memancing peserta didik untuk lebih aktif dan kondisi kelas menjadi hidup. Karena pembelajaran matematika membutuhkan fokus yg lebih dalam pembelajaran dan pemahamannya menurut saya guru menyelingi dengan pemberian ice breaking kepada peserta didik mengingat juga pembelajaran disini dilakukan pada siang hari dengan pemberian ice breaking dapat membatu membangun fokus peserta didik kembali full dan fresh kembali. Namun alangkah baiknya untuk pembuatan jadwal mata pelajaran matematika bisa di ganti pada jam pelajaran pertama dan kedua mengingat jika masih pagi semuanya masih fresh. Sebelum guru memberikan kesempatan peserta didik untuk maju ke depan mengukur suatu benda dengan menggunakan alat ukur alangkah baiknya guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara mengukur suatu benda menggunakan alat ukur dengan baik dan benar. Menurut saya diakhir pembelajaran guru juga perlu memberikan feedback mengenai pembelajaran yg sudah di bahas dan meberikan motivasi karena hal ini agar peserta didik lebih termotivasi kedepannya dan terus bersemangat dalam belajar.

  10. Nama : Nurliati Azmi Nasution
    Nim : 856022193
    Pokjar : Asahan

    Assalamualaikum wr.wb
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran ( SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI) terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan.
    Kekurangan pada video tersebut adalah:
    1. Pada saat awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam dan seharusnya melakukan ice breaking sejenak agar siswa pun menjadi lebih semangat belajar matematika pada siang hari.
    2. Ketika guru sudah memasuki kelas masih banyak anak yang tidak memperdulikan gurunya yang sudah ada di dalam kelas.
    3. Siswa tidak mempersiapkan alat dan bahan belajar matematika. Karena masih ada siswa yang meninggalkan buku, penggaris, dan pensilnya.
    4. Siswa tidak semangat ketika guru menyuruh mereka mengeluarkan alat dan bahan untuk belajar matematika.
    5. Siswa serasa bosan dan tidak fokus ketika ditanya.
    6. siswa kurang semangat ketika ditanya oleh guru.

    Kelebihan pada video tersebut adalah:
    1. Guru melakukan doa bersama siswa
    2. Guru menggunakan media gambar yang sudah di print dan melibatkan siswa dalam pengukuran pada media tersebut.
    3. Guru memberikan apresiasi atau pujian kepada siswa ketika siswa tersebut benar menjawab pertanyaannya.

    Ketika mengetahui kelemahan dan kelebihan pada video pembelajaran tersebut upaya yang dapat dilakukan adalah guru dapat membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam terlebih dahulu kemudian guru dapat melakukan ice breaking agar anak tidak bosan dan dapat mengembalikan fokus anak dan semangat belajar anak. Guru juga dapat mencoba metode pembelajaran yang lain selain ceramah sesuai kebutuhan anak, agar anak dapat memahami pembelajaran yang disampaikan.

Leave a Reply