silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

842 Comments

  1. NAMA : Widya Syahputri
    NIM : 856057006
    UPBJJ : UT MEDAN
    PRODI : PGSD
    POKJAR : Asahan
    Assalamualaikum wr.wb.
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran ( SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI)
    1.Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2.Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
    3.Perlunya ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    4. Kurang tepatnya pengambilan jam pelajaran yang di pilih pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang. Atau siswa diberi pembelajaran matematika diawal/jam pertama memulai pembelajaran.
    5. Berilah dorongan atau motivasi kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus sama belajar matematika.
    Terimahkasih.

  2. NAMA : SEKAR RESTU BUMI
    NIM : 857732457
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : SEMARANG

    Matematika memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari.
    Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu:
    1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2. ⁠Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi
    3. ⁠Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan kelas, cuaca panas, atau pencahayaam yang tidak memadai, sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa
    4. ⁠Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.

    Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu:
    1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    2. Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode yang lainnya.
    3. ⁠Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    4. ⁠Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

  3. Nama : Diva Cindy Pradistya
    Nim : 856021793
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : MEDAN
    tanggapan saya mengenai video pembelajaran” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” ialah ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat anak antusias terhadap materi pembelajaran yang pertama adalah membuat suasana kelas lebih riang dan bersemangat. Kita sebagai guru bisa menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kita seperti gambar, meja, papan tulis dan lain sebagainya. Guru juga bisa menggunakan ice breaking sebelum memulai pembelajaran agar para peserta didik tidak mengantuk dan bersemangat. Dan jangan lupa berikan lah apresiasi kepada siswa agar mereka lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

  4. nama : chica savitri br. pohan
    nim : 855856313
    tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut ialah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari. beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat anak antusias terhadap materi pembelajaran yang pertama adalah membuat suasana kelas lebih riang dan bersemangat. Kita sebagai guru bisa menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kita seperti gambar, meja, papan tulis dan lain sebagainya. Guru juga bisa menggunakan ice breaking sebelum memulai pembelajaran agar para peserta didik tidak mengantuk dan bersemangat. Dan jangan lupa berikan lah apresiasi kepada siswa agar mereka lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

  5. Nama: Nikmatus solihah
    Nim:858708354
    Pokjar: Bangkalan
    Upbjj: Surabaya
    Tanggapan saya mengenai video di atas ialah untuk pembelajaran matematika pada siang hari memang membutuhkan semangat dan konsentrasi untuk membangkitkan siswa agar tetep semangat dalam belajar agar tidak ngantuk bisa menggunakan alat peraga agar membangun semangat siswa

  6. Nama : Yulia Christin Br Bangun
    NIM : 855856796
    Pokjar : Labuhanbatu Utara
    UPBJJ : UT Medan

    Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan peserta didik tidak fokus dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran matematika di waktu siang hari :
    1. Metode atau media pembelajaran yang digunakan guru kurang meningkatkan minat belajar peserta didik.
    2. Konsentrasi siswa sudah terganggu dengaan aktivitas-aktivitas di luar kelas.
    3. Lingkungan yang sudah tidak mendukung untuk siswa belajar seperti suasana kelas yang sudah tidak kondusif, dan semangat belajar siswa yang sudah berkurang.
    4.Akibat dari lingkungan sekitar yang sudah tidak mendukung siswa kesulitan untuk memahami mata pelajaran yang berat sepeti mata pelajaran matematik.

    Ada beberapa hal yang untuk mengatasi peserta didik tidak fokus dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran matematika terutama pada waktu siang hari:
    1. Sesuai dengan waktu mata pelajaran tersebut dilakukan di kelas yang membuat peserta didik sudah tidak fokus dan konsentrasi maka guru harus menyiapkan metode, media yang tepat dan menyenangkan bagi siswa.
    2. Sebelum proses pembelajaran di mulai guru menyampaikan tujuan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dan memberikan motivasi-motivasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
    3. Agar meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di awal guru bisa menyiapkan ice breaking yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.

  7. Nama : Vira Fanisa
    NIM : 857102784
    UPBJJ : Jakarta

    Dari Video diatas dapat disimpulkan bahwa siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika dikarenakan sudah lelah dengan pembelajaran sebelumya, disini guru harus mampu menghidupkan suasana pembelajaran agar lebih menarik dan bersemangat.
    beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran dikelas :
    1. penggunaan ice breaking yang mampu membangun semangat belajar siswa untuk siap menerima pembelajaran
    2. pengunaan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk menyimak pembelajaran
    3. menggunakan metode diskusi sehingga siswa diajak untuk memberikan pendapat agar terjadi interaksi dalam proses belajar.
    4. praktek langsung, siswa diharapkan mampu mempraktikan cara mengukur suatu benda
    5. berikan apresiasi kepada siswa agar mereka termotivasi untuk meningkatkan pembelajaran.

  8. Nama : Dewi Salsabila
    NIM : 856458744
    Pokjar : Payung Sekaki
    UPBJJ : Pekanbaru
    Setelah saya melihat video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” saya menyimpulkan analisis video sebagai berikut :
    Identifikasi masalah berdasarkan observasi dari video tersebut mengenai kondisi pembelajaran yang terjadi dimana dalam hal ini ada beberapa masalah yang perlu di perbaiki dalam proses pembelajaran matematika, yaitu :
    1. Siswa sudah lelah bermain sehingga tidak bisa memusatkan perhatiaannya pada guru dan pembelajaran.
    2. Siswa tampak tidak siap mengikuti pelajaran, dimana ada beberapa siswa yang meminjam alat tulis kepada teman sekelasnya.
    3. Guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat yang bisa melibatkan keaktifan siswa.
    4. Siswa sudah mengantuk dan bosan sehingga sulit untuk berkonsentrasi.

  9. Nama : Dewi Salsabila
    NIM : 856458744
    Pokjar : Payung Sekaki
    UPBJJ : Pekanbaru
    Berdasarkan Video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” maka saya simpulkan mengenai kondisi pembelajaran yang terjadi dimana dalam hal ini ada beberapa masalah yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran Matematika, yaitu:
    1. Siswa sudah Lelah bermain sehingga tidak bisa memusatkan perhatiannya pada guru dan pembelajaran.
    2. Siswa tampak tidak siap mengikuti pelajaran, di mana ada beberapa siswa yang meminjam alat tulis kepada teman sekelasnya.
    3. Guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat yang bisa melibatkan keaktifan siswa.
    4. Siswa sudah mengantuk dan bosan sehingga sulit untuk berkonsentrasi.

  10. Nama: Nur Fadhila Putri
    NIM: 859403907
    UPBJJ: Luwu Timur

    Matematika memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari.
    Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu:
    1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2. ⁠Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi
    3. ⁠Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan kelas, cuaca panas, atau pencahayaam yang tidak memadai, sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa
    4. ⁠Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.

    Adapun strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu:
    1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    2. Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    4. ⁠Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

Leave a Reply