silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

267 Comments

  1. Nama : Ita Muflikhatul Ummah
    NIM : 858745273
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: Surabaya
    Pokjar : Gresik
    Kelas : B
    Semester : 2
    Setelah menyimak video diatas mengenai Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD. dapat diketahui bahwa ada identifikasi masalah awal yang dialami oleh guru yakni :
    1. guru masih kesulitan dalam menyampaikan proses terjadinya daur air sehingga butuh media untuk memudahkan murid dalam menyampaikan materi.
    2. siswa kurang antusias dalam melaksanakan pembelajaran
    3. varia pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang menarik
    Analisis masalah dari video diatas adalah :
    1. diperlukan media yang bisa menunjukkan daur air secara kongkrit
    2. Diperlukan metode pembelajaran yang bisa membuat siswa berinteraksi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran
    Alternatif perbaikan :
    1, Guru menggunakan media yang menarik yang bisa melibatkan siswa dalam pembuatan dan juga siswa bisa berinteraksi secara langsung dan juga memiliki peran dalam pembuatan dan prosesnya
    2. Guru bisa melakukan ice breaking agar kelas lebih menarik dan siswa bisa lebih antusias dalam pembelajaran.
    3, agar pembelajara lebih bermakna guru bisa mengkaitkan pembelajaran dengan peristiwa keseharian yang dialami oleh siswa

  2. Nama: Siti rohimah
    Nim: 857304764
    Dalam Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    Menurut saya dalam pembelajaran tersebut guru tidak memulai pembelajaran dengan memberikan pengetahuan siswa berupa tujuan,manfaat dan hasil dari pembelajaran, guru langsung menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak dapat memahami awal,proses dan hasil pembelajaran, dalam pembelajaran berlangsung.

  3. Nama : Wirda
    Nim : 819628687
    Prodi/Pokjar : PGSD-S1/Mamuju Tengah

    Setelah menonton video di atas saya dapat mengidentifikasi sebagai berikut:

    1. Identifikasi:
    -Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, hanya judul pembelajaran saja yang disampaikan
    – Guru tidak memeriksa kehadiran terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
    – Guru kurang efisien dalam menggunakan media flip chart
    – Siswa terlihat bingung ketika ditanya bagaimana proses peristiwa alam dapat terjadi

    2. Analisis:
    – Media yang digunakan kurang efisien

    3. Alternatif:
    – Jika ingin menggunakan media pembelajaran sederhana seperti flip chart baiknya menyediakan flip chart yang lebih besar agar semua siswa dapat melihat dengan jelas
    – Guru dapat menggunakan media audio visual seperti proyektor, dengan memutarkan video penyebab proses peristiwa alam dapat terjadi, dengan begitu siswa akan lebih mudah mengerti.

  4. NAMA : MOHAMMAD JA’FAR
    NIM : 858688213
    SEMESTER : VI (ENAM)
    UPBJJ : POKJAR PUTRA BANGSA UT SURABAYA

    Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD

    setelah menyimak tayangan video diatas, menurut saya dapat dihasilkan analisis yaitu :
    1. Kegiatan pembelajaran yang aktif dan benar sesuai K-13 yaitu penyampaian pembelajaran yang struktural , terkonsep, serta mengedepankan untuk siswa aktif. bukan sebaliknya yakni gurunya saja yang aktif, namun K-13 itu menuntut untuk siswa aktif dalam pembelajaran.
    namun dalam video diatas, siswa terlihat kurang aktif, kesannya guru terlalu egois dengan penampilanya dan keaktifanya sendiri. namun tidak sepenuhnya seperti itu, dalam video guru tersebut juga ada di sebagian kecil part tertentu memberikan umpan balik pada siswa, namun terlalu kecil prosentasinya, sehingga siswa kurang aktif, dan kurang tersetimulus oleh materi terkait.
    2. Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart bagus juga untuk media yang sederhana. namun mengingat perkembangan zaman perlu adanya penignkatan dan penyeimbangan dunia digital sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, seperti dengan audio visual, video, dan sistem kecanggihan digital lainya. agar siswa dapat ikut upgrad dan up to date terkait dunia digital, dan pemanfaat digital dengan benar.

    3. kemudian dalam video tersebut komponen pembelajaran yakni : pembukaan, inti dan penutup kurang tersampaikan dengan maksimal, kesanya terlalu tergesah gesah. seperti dalam pembukaan hanya salam pembuka saja, tidak ada sapaan, doa, cek absensi kehadiran, dll. dalam kegiatan inti kurang penguasaan kelas, jadi kesannya siswa kurang aktif. dan dalam penutup belum ada kesimpulan dan motivasi.
    sehingga dalam video tersebut kurang maksimal dan efektif.

    berikut hasil analisis saya dari video diatas. terima kasih.

  5. Nama : Nur Bety Amalia
    NIM : 857548243
    Prodi : PGSD-S1

    Perkenankan saya untuk mengomentari video yang berjudul “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”

    Identifikasi masalah :
    • Siswa cenderung tidak aktif/pasif pada saat pembelajaran berlangsung.
    • Kurangnya interaksi di dalam pembelajaran.
    • Rendahnya semangat/ minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
    • Siswa belum berani mengajukan pertanyaan mengenai apa yang belum dipahaminya.

    Penyebabnya:
    • Guru masih kurang dalam memotivasi siswa dalam belajar.
    • Guru terlalu fokus pada materi yang disampaikan.
    • Model pembelajaran yang digunakan guru kuang tepat.
    • Pembelajaran terpusat pada guru.

    Rencana solusi :
    Menurut saya, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut guru dapat menggunakan model pembelajaran interaktif yang dipadukan media visual dan audio dalam penyampaian materi “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD” pada siswa. Dengan ini, siswa dapat lebih aktif dan pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru.

    Sekian yang dapat saya komentari.
    Terima Kasih.

  6. Nama : Nur Bety Amalia
    NIM : 857548243
    Prodi : PGSD-S1

    Perkenankan saya untuk mengomentari video yang berjudul “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”

    Identifikasi masalah:
    Guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD, seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan banjir. Siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan materi.

    Penyebab masalah:
    Guru kurang memanfaatkan media sederhana berbentuk flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis. Flip chart juga dapat membantu siswa memahami konsep-konsep IPA dengan lebih baik dan lebih menyenangkan. Guru juga kurang memberikan tujuan pembelajaran, mengaktifkan pengetahuan awal siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bertanya

    Solusi masalah:
    Guru dapat menggunakan media flip chart dengan cara yang kreatif dan menarik untuk siswa. Guru dapat membuat flip chart dengan menggunakan gambar, warna, dan tulisan yang jelas dan mudah dipahami. Guru juga dapat menggunakan flip chart untuk menjelaskan penyebab, dampak, dan cara mengantisipasi peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. Selain itu, guru juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan tujuan pembelajaran, mengulas pengetahuan awal siswa, dan melibatkan siswa dalam diskusi dan tanya jawab.

    Sekian yang dapat saya komentari.
    Terima Kasih.

  7. Nama : Lina Nurmawati
    Nim: 856615642
    Prodi: PGSD- SI

    Dari vidio di atas bisa di simpulkan bahwa dengan menggunakan media flip chart bisa membantu guru yang mengajar di pedalaman atau yang di sekolah nya masih minim tehnologi, seperti led proyektok, konputer dan lain lain. Dengan adanya media flip chat guru tetap bisa menyajikan kepada siswa secara visual sehingga siswa bisa lebih fokus dan lebih cepat menangkap materi pemebelajaran IPA.

  8. Hamimah 858942412
    Pokjar Mangli
    UPBJJ Jember

    Setelah saya menyimak video tersebut, saya melihat perkembangan yang signifikan dari siswa ketika di awal guru tidak menggunakan media pembelajaran dan ketika guru telah menggunakan media pembelajaran yg berkaitan dengan materi, Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD Hasil pengamatan dari video di atas yaitu :
    1. Identifikasi masalah
    – Guru tidak mengkondisikan kelas
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Siswa Nampak bingung saat ditanya tentang bagaimana proses terjadinya bencana alam yang adad di Indonesia
    2. Analisis Masalah
    1. diperlukan media yang bisa menunjukkan daur air secara kongkrit
    2. Diperlukan metode pembelajaran yang bisa membuat siswa berinteraksi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran
    3. Alternatif perbaikan
    Penggunaan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia agar siswa lebih mudah memahami merupakan alternatif pemecahan masalah “jika media teknologi terbatas kita bisa memanfaatkan media flip chart media gambar atau tulis sehingga memudahkan siswa memahami pembelajaran serta guru harus lebih menguasai materi sehingga dapat menjelaskan secara maksimal dan muda di mengerti.”

  9. Nama : Noer Suroja Syamsudin
    Nim : 858911418
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Lumajang
    Upbjj : jember

    1. respon peserta didik pada saat awal pembelajaran sangat baik dan aktif tetapi pada sesi inti pembelajaran peserta didik menjadi pasif
    2. kelemahan pembelajaran yang dilaksanakan adalah guru terlalu terburu buru dalam melaksanakan pembelajaran terutama saat siswa masih mengambil buku, sang guru langsung meminta peserta didik untuk memperhatikan beliau, untuk ke efektifan penyerapan flip chart belum ditunjukkan
    3. secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran menggunakan saapan yang menarik bahasa yang digunakan cukup mudah dan menarik perhatian anak, penggunaan flipchar memudahkan guru menyampaikan materi kepada peserta didik
    4. hal hal unik yang saya temukan dalam video adalah ekspresi guru saat murid menjawab tidak tahu
    5. untuk kedepannya mungkin pembelajaran lebih menyesuaikan dengan apa yang dilakukan siswa sebelum guru memberi perintah selanjutnya kemudian juga untuk ditambah dengan hasil evaluasi dari pembelajaran tersebut dan penutu[an pembelajaran

  10. Nama : Fifin Julmiansyah
    NIM : 858447801
    Prodi : PGSD-S1

    Setelah menyimak Vidio kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan flip chart dapat membantu guru dalam menyajikan materi secara visual kepada siswa tentang peristiwa alam, dll.

Leave a Reply