silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

267 Comments

  1. Nama:WAHYU LESTARI

    Nim:856976804

    Prodi: S1 PGSD

    Pokjar: Kotaagung


    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut

    1. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar ,tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru
    
2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.

    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas

    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas

    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.


    Solusi Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  2. Nama:WAHYU LESTARI

    Nim:856976804

    Prodi: S1 PGSD

    Pokjar: Kotaagung


    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut

    1. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar ,tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru
    
2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.

    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas

    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    
2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.

    
Solusi nya
Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  3. Kelurangan dari video tersebut yaitu :
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut
    3. Alat pembelajaran yang digunakan kurang relavan
    Kelebihan dari video tersebut yaitu :
    1. Guru menerangkan materi dengan metode ceramah dengan baik dan jelas
    2. Guru memberikan contoh kejadian yang sesuai dengan materi
    3. Gambar yang di tampilkan sudah sangat jelas

  4. Nama : MOHAMMAD CELVIN YANUAR SUGIANTO
    NIM : 858928769
    Saya izin menyampaikan analisa setelah memperhatikan kasus dari tayangan vidio yang saya amati sebagai berikut :
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  5. nama: Retno Erviana
    nim: 855740892
    prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Sidomulyo
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawaban :
    • Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran,
    namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    • Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya seilas saja menjelaskan materi dengan
    flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas/PR
    guna mengulas pembelajaran dirumah agar siswa tida lupa.
    • Ketika guru membuka berbagai flip chart( sebagai penjelas tentang bagaimana
    menggunakan flip chart), nampak tergesa-gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya
    tida begitu jelas. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban:
    • Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media/evaluasi
    sudah cukup memadai.
    • Kesesuaian sudah cukup baik,kesesuaian dengan kurikulumsudah sesuai.

  6. Nama : RIZQI ALAWIYAH
    NIM` : 856996551

    1. Identifikasi Masalah:
    Guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan proses peristiwa alam di Indonesia kepada siswa Sekolah Dasar.
    Siswa kurang memahami materi tentang peristiwa alam di Indonesia.

    2. Penyebab:
    Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
    Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif.
    Siswa kurang termotivasi dalam belajar materi tentang peristiwa alam.

    3. Rencana Solusi:
    Memanfaatkan media flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam di Indonesia.
    Menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, seperti diskusi kelompok, demonstrasi, dan permainan.
    Meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan contoh-contoh konkret dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

    4. Masalah yang Dipilih:
    Kurangnya pemahaman siswa tentang materi peristiwa alam di Indonesia.

    5. Penyebab Masalah yang Dipilih (2 saja):
    Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
    Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif.

    6. Alasan Memilih Masalah yang Dipilih:
    Masalah ini dipilih karena merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan siswa kurang memahami materi tentang peristiwa alam di Indonesia. Dengan mengatasi masalah ini, diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran.

    7. Rencana Solusi Masalah yang Dipilih:
    Mengembangkan media flip chart yang menarik dan informatif tentang proses peristiwa alam di Indonesia.
    Menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan interaktif, seperti diskusi kelompok, demonstrasi, dan permainan.
    Memberikan contoh-contoh konkret dan relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan motivasi siswa.

    8. Rumusan Masalah:
    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang materi peristiwa alam di Indonesia dengan menggunakan media flip chart dan metode pembelajaran yang bervariasi?

    9. Tujuan Perbaikan Pembelajaran (3 saja):
    Meningkatkan pemahaman siswa tentang materi peristiwa alam di Indonesia.
    Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar materi tentang peristiwa alam.
    Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam memahami peristiwa alam.

    10. Judul PTK:
    Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar tentang Materi Peristiwa Alam di Indonesia dengan Menggunakan Media Flip Chart dan Metode Pembelajaran Bervariasi.

  7. Nama : Retno Erviana
    Nim: 855740892
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawaban : • Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja. • Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya seilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas/PR guna mengulas pembelajaran dirumah agar siswa tida lupa. • Ketika guru membuka berbagai flip chart( sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa-gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tida begitu jelas.

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban: • Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media/evaluasi sudah cukup memadai. • Kesesuaian sudah cukup baik,kesesuaian dengan kurikulumsudah sesuai.

  8. Nama : Maya Kartika
    NIM : 857351613
    UT Bogor

    1. Dalam pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, hanya menyebutkan materi dan judul pokok bahasan
    2. metode ceramah dominan di gunakan oleh guru
    3. ketika guru menanyakan, “ada yang bisa menjelaskan proses gunung meletus, banjir, tsunami”, tanpa media anak akan kesusahan memahami materi. guru pun akan kesulitan dalam menyampaikan materi
    4. di video berikutnya, guru menggunakan flip chart sebagai alternatif jika terkendala audio visual.
    5. dengan media flip chart, siswa akan leih memahami dan pembelajarankan tidak membosankan
    selain menggunakan media flip chart, guru bisa menggunakan model pembelajaran discovery learning, dimana siswa secara berkelompok beljara penemuan dengan arahan atau penemuan murni. dengan begitu siswa akan berpikir kritis, mengumpulkan data, bekerja sama sehingga materi peristiwa alam akan dipahami

  9. Nama :RIZAL ALDIN BATUBARA
    Nim : 856028109
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Sesuai Pengamatan saya,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi,
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar ,tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    3.Guru tidak menggunakan media pembelajaran audio visual berupa vidio youtube tentang Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Guru menggunakan metode flip chart

    Solusi Dari kelemahan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  10. Nama : Burju D Silitonga
    NIM : 856051692
    UPBJJ : UT Medan
    Prodi : S1 PGSD

    Video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat, dan sangat membantu proses pembelajaran. sehingga materi yang diajarkan guru bisa dengan baik diterima oleh siswa. dengan adanya Flip chart siswa akan lebih mudah memahami dengan melihat langsung contoh-contoh yang diberikan guru melalui flip chart tersebut.
    namun, dalam menerapkan flip chart sebagai media pembelajaran, juga harus didukung oleh sekolah. guru yang mengajar pun akan lebih mudah menerangkan materi kepada siswa dengan media flip chart

Leave a Reply