silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Juni Rosita
Nim : 825847409
Jurusan : S1-PGSD
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas sudah baik. Guru menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami siswa , guru membawa alat peraga untuk ditampilkan di depan kelas. Siswa terlihat aktif dan antusias selama pelajaran berlangsung.
Kekurangan dalam video tersebut tidak adanya salam pembuka dan pembacaaan doa saat kelas dimulai.
Guru tidak mengabsen dan menanyakan kabar siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
NIM: 859665043
Pokjar: sidomulyo
Setelah saya mengamati video di atas
Menurut saya guru sudah melakukan pendekatan dengan baik berikut dengan media yang di gunakan. Dengan media pembelajaran, peserta didik terutama kelas bawah akan lebih mudah menerima materi dengan baik.
Peserta didik juga terlibat aktif dalam tanya jawab. Adanya persiapan yang matang maka akan memudahkan guru dalam proses mengajar. Hanya saja guru bisa menambahkan kesimpulan atas pembelajaran di pertemuan tersebut.
Nama : zara okmylia putri
Nim : 859173265
Setelah melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa
Dalam respon atau reaksi siswa sudah sangat bagus , Interaksi guru dengan siswa sangat bagus, anak anak lebih semangat belajar ,
Menggunakan alat peraga yang mudah dipahami anak anak anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar.
Nama : Rani Susanti
NIM : 856854233
UPBJJ : UT Bengkulu
Menurut saya, setelah mengamati video tersebut pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, kaena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam pembelajaran berlangsung. serta guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat, sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Nama : Suryani
Nim : 85623724
Pokjar: Tilatang kamang sumatera barat
Mencoba menjawab , menurut pendapat saya penyampaian materi belajar yang dilakukan oleh guru sudah bagus, namun menurut saya dari vidio yang dilihat belum ada siswa yang bertanya mengenai materi yang diajarkan , selain guru yang bertanya kepada siswanya.
Saat melakukan uji coba, mungkin seharusnya guru meminta siswa menggunakan contoh benda yang sudah ditentukan , seperti hanya buku, hanya kotak pensil, atau tas, sehingga siswa tidsk mengambil atau siswa lain melihat apa yang dibawa temannya didalam tas.
Saat melakukan uji coba , mungkin guru bisa menggunakan gelas plastik saja, karena geelas kaca berisiko bagi anak- anak. Terimakasih
Suryani says:
October 10, 2023 at 4:07 pm
Nama : Suryani
Nim : 85623724
Pokjar: Tilatang kamang sumatera barat, PGSD-S1
UPBJJ : Padang
Mencoba menjawab , menurut pendapat saya penyampaian materi belajar yang dilakukan oleh guru sudah bagus, namun menurut saya dari vidio yang dilihat belum ada siswa yang bertanya mengenai materi yang diajarkan , selain guru yang bertanya kepada siswanya.
Saat melakukan uji coba, mungkin seharusnya guru meminta siswa menggunakan contoh benda yang sudah ditentukan , seperti hanya buku, hanya kotak pensil, atau tas, sehingga siswa tidsk mengambil atau siswa lain melihat apa yang dibawa temannya didalam tas.
Saat melakukan uji coba , mungkin guru bisa menggunakan gelas plastik saja, karena geelas kaca berisiko bagi anak- anak. Terimakasih
Nama : bertha marlince elsina liufeto
Nim : 859288475
Pokjar : Amanuban tengah TTS
Menurut pendapat saya dari video yang saya amati cara mengajar ibu tersebut sudah bagus dan membuat siswa menjadi aktif di dalam kelas tapi yang menjadi kekurangannya adalah tidak ada kegiatan pembuka dan dalam penyampaian materi guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan juga tidak ada kegiatan akhir seperi memberikan kesimpulan dan motivasi siswa untuk terus semangat dalam belajar.Demikian pendapat saya dan terima kasih
Nama: Zachra Athira Khoerunnisa
NIM: 857532732
Izin menanggapi video di atas, berdasarkan video tersebut tidak ada salam dan doa selama video diputar. Namun, adapun kelebihan pembelajaran pada video
Berdasarkan video tersebut suara guru jelas, lantang dan bersemangat serta ditambah dengan pakaian yang rapi membuat siswa fokus mengikuti pembelajaran. Pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut juga mengasah kemampuan berpikir anak namun masih menyenangkan untuk disimak dan dipahami sehingga banyak siswa yang ingin berkontribusi aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang digunakan juga disesuaikan dengan minat dan karakteristik siswa-siswa di kelas tersebut dengan bantuan alat bantu mengajar dan analogi.
Terima kasih.
Nama Muhammad Sabri
NIM 877530368
UPBJJ Medan
Pokjar Batu Bara
Menurut saya dari video yang saya amati cara mengajar ibuk sangat mantap terlihat siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran dan melihat siswa sangat semagat belajar
Nama:riko julianto
Nim :858071643
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik. cara mengajar ibuk sangat mantap terlihat siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran dan melihat siswa sangat semagat belajar