silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama:riko julianto
    Nim :858071643
    Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik. cara mengajar ibuk sangat mantap terlihat siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran dan melihat siswa sangat semagat belajar

  2. Nama:riko julianto
    Nim :858071643
    Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik. cara mengajar ibuk sangat mantap terlihat siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran dan melihat siswa sangat semagat belajar

  3. Nama : Nur Hamidah
    Nim : 858414534

    Menurut pendapat saya berdasarkan video yang saya lihat/nonton, maka dapat di simpulkan bahwa Keterampilan bertanya itu sangat penting untuk di kuasai oleh seorang guru, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan bertanya. Dengan keterampilan bertanya ini dapat mendorong atau menstimulus berpikir anak sehingga menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna. Selain kemampuan bertanya pembelajaran secara langsung atau dengan benda kongkrit menjadikan peserta didik lebih paham akan pembelajaran yang di berikan apalagi mereka merasakan langsung, sehingga mereka memiliki pengalaman nyata bukan hanya sekedar teori.

  4. Nama : BAIQ RIRIN ANISTIA
    NIM : 859145646

    Dalam menyampaikan materi sangat aktif dan baik, sehingga anak terlihat aktif dan bisa mengikuti apa yang disampaikan. sehingga anak paham dan cukup mengerti materi yang diajarkan oleh guru.

  5. Nama : BAIQ RIRIN ANISTIA
    NIM : 859145646

    Menurut saya, apa yang disampaikan oleh guru sudah baik dan sesuai. Anak-anak cukup aktif dalam menyimak dan menjawab pertanyaan dari guru.

  6. NAMA : PRAMESTY MONITHA GEA
    NIM : 856039362
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : LABUHANBATU SELATAN

    Berdasarkan vidio pembelajaran yang dilakukan, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari kegiatan pembelajaran tersebut. Adapun kelebihannya yaitu :
    1. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa menjadi lebih aktif.
    2. Guru sudah menggunakan media yang baik seperti media konkret dan memanfaatkan lingkungan sekitar.
    3. Guru menggunakan pertanyaan yang tepat sehingga siswa lebih mudah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
    4. Guru menggunakan contoh-contoh yang mudah di temui oleh peserta didik sehingga siswa lebih mudah memahami materi.

    Kemudian, kelemahan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah:

    1. Pada saat awal pembelajaran, guru memberi pertanyaan dengan tidak menunjuk salah satu siswa, sehingga semua siswa menjawab dan jawaban menjadi kurang jelas karena terlalu ramainya suara.
    2. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, seperti berdoa, cek kehadiran siswa, dan bernyanyi lagu wajib nasional.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran dengan baik seperti berdoa dan bernyanyi.

  7. Nama : Retno Nabillah Putri
    NIM : 856049356

    Bismillah izinkan saya menjawab apa yang sudah saya lihat dari pemaparan video di atas, di mana dalam video pengajaran tersebut mengusut sebuah materi pembelajaran yang berjudul berat benda. Nah menurut saya guru tersebut sudah sangat bagus menyampaikan materinya kepada para siswa dan juga dilengkapi dengan alat peraganya walaupun sederhana sehingga para murid dapat mengetahui mana benda yang berat maupun benda yang ringan. Siswa tersebut dalam menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh guru tersebut dan Mereka terlihat sangat semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dibawa oleh guru tersebut hingga selesai jam pelajaran.
    Namun ada beberapa kekurangan yang dapat saya analisa dari video tersebut. Di mana di awal video guru tidak ada memberikan salam pembuka dan pembacaan doa saat pelajaran akan dimulai. Kemudian guru tersebut tidak mengabsen siswanya dan tidak menanyakan kabar para siswa saat pembelajaran akan dimulai.

  8. Nama : Dinda Ratu Yuniza
    Nim : 855856005
    Prodi : PGSD
    Matkul : PKM
    Semester : 6

    Setelah saya melihat video ini, menurut saya video pembelajarannya sangat bagus, cara guru menyampaikan materinya sudah baik dan murid sangat senang belajar menggunakan media sehingga murid mudah memahami materi yang di pelajari.

  9. Nama : Baiq Humaira Arsyadi
    NIM : 856082411

    Menurut saya, didalam video tersebut guru sudah mampu menciptakan suasana yang nyaman sehingga siswa aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Guru juga memakai berbagai alat peraga agar pembelajaran tidak monoton, dan metode yang digunakan sudah tepat.

  10. Nama : SHAFNA KINASIH
    Nim : 856470189
    Pokjar: UT PEKANBARU POKJAR PELALAWAN
    Menurut pendapat saya penyampaian materi belajar yang dilakukan oleh guru sudah bagus, dan mudah di pahami.
    Kelemahan menurut saya dari vidio yang dilihat belum ada siswa yang bertanya mengenai materi yang diajarkan , selain guru yang bertanya kepada siswanya.
    Saat melakukan uji coba, mungkin seharusnya guru meminta siswa menggunakan contoh benda yang sudah ditentukan , seperti hanya buku, hanya kotak pensil, atau tas, sehingga siswa tidak mengambil atau siswa lain melihat apa yang dibawa temannya didalam tas.
    Saat melakukan uji coba , mungkin guru bisa menggunakan media lain selain gelas kaca bisa dengan alat sederhana di sekitar siswa

Leave a Reply