silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.

  1. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
  3. Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
  4. Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
  5. Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.

Cecep Kuatandi

Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.

Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.

Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

Drs. Kamari, M.Pd.

Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.

Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

199 Comments

  1. Nama : Riani
    NIM : 855885464

    Setelah menyimak cuplikan pada video tersebut tentunya guru harus memberikan pengarahan yang tepat kepada setiap siswa yang ingin melakukan praktikum diluar, sehingga ketika dalam pelaksanaanya siswa dapat memberikan jawaban dengan melihat atau melakukan secara langsung dengan model oembelajaran memalui arahan dari gurunya

  2. Nama : SYAHDIAS SIREGAR
    NIM : 857532266

    Setelah saya melihat cuplikan video di atas, tentunya seorang guru harus pandai memberikan arahan yang mudah dimengerti kepada muridnya agar proses pembelajaran dapat terus berjalan secara kondusif dan terkendali. Apabila seorang guru tidak menjelaskan pembelajaran yang tidak bisa dimengerti oleh muridnya, pembelajaran akan cenderung kurang kondusif yang mengakibatkan murid cenderung susah untuk dikendalikan.

  3. Nama : Eka Maulidiawati
    NIM : 857467484
    Setelah menonton video tersebut, terlihat siswa tidak teratur pada saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD, saya memiliki beberapa komentar dan saran untuk perbaikan di masa depan.

    Pertama-tama, sangat disayangkan bahwa guru tidak memberikan arahan yang jelas sebelum siswa melakukan observasi diluar kelas. Guru harus memastikan bahwa siswa memahami tugas dan bagaimana melakukannya sebelum siswa meninggalkan kelas. Hal ini akan membuat siswa lebih terarah dalam melaksanakan tugas dan memaksimalkan waktu yang diberikan.

    Kedua, guru sebaiknya membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan setiap kelompok bagian khusus yang harus diteliti saat observasi. Dengan demikian, siswa tidak akan saling bertumpuk di satu tempat dan teralih kepada hal-hal yang tidak berkaitan dengan tugas yang diberikan.

    Ketiga, sebaiknya guru memberikan waktu tertentu untuk siswa melaksanakan observasi. Hal ini akan membantu siswa dalam mengalokasikan waktu yang mereka miliki dengan lebih baik dan terhindar dari bermain sesuka hati yang cenderung mengganggu fokus siswa lain.

    Terakhir, perlu diperhatikan bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan harus diarahkan untuk memanfaatkan alam sebagai sumber ilmu. Oleh karena itu, sebaiknya guru memberikan tugas observasi di luar kelas dengan arahan yang tepat agar siswa dapat memahami sifat alam dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan.

  4. Nama : Fitria Siti Hajar
    NIM : 856931422
    Pokjar : Tebing Tinggi
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya melihat video diatas, menurut saya sebelum melaksanakan kegiatan observasi/praktikum diluar kelas tentu lah harus ada persiapan yang matang, terlebih pada siswa kelas rendah. Pada saat kegiatan, guru juga harus selalu mendampingi siswa agar siswa bisa diarahkan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

  5. Saya Lilis arganda lubis
    Nim 856814745
    Pokjar ipuh
    Dari cerita video yang salah liat diatas menunjukkan bahwa. Guru tersebut tidak memberi arahan terlebih dahulu atau strategi untuk membuat kelompok, trus bagaimana supaya ketika diluar kelas dan bisa dikatakan ketika praktek dluar ank² tersebut akan merasa luas dan bebas dengan yang lain nya. Dengan artian kita sebagai guru hal pertama yang harus diterapkan adalah terlebih memberi strategi apa dan membuat kelompok² yang bisa dibagi untuk ank yang saling bantu satu sama lain sehingga mereka praktek dluar mereka mempunyai kegiatan yang sesuai apa yang kita intruksikan tentang lingkungan yang akan kita teliti atau yang ingin anak itu praktek kan.
    Dan juga sebagai guru kita juga hrus ikut ambil bagian didalamnya supaya ank2 didik kita senang ketika kita sebagai guru ikut juga didalamnya.

  6. Nama Lilis arganda lubis
    Nim 856814745
    Pokjar ipuh/ mukomuko
    Ijin menanggapi dari video yang telah saya liat diatas menunjukkan adanya kurang tepatnya seorang guru tersebut dalam sebelum menyuruh ank² untuk menilai atau meneliti lingkungan diluar kelas..
    Mksud nya disini adalh seharusnya sebelum melakukan observasi kita sebagai guru seharusnya memberikan arahan terlebih dahulu bagaimana dan seperti apa cara dan aturan ketika ingin praktek dluar kelas dengan cara membuat kelompok, memberikan arahan bahwa jangan terlalu bebas dalam artian suka² disaat penelitian atau praktek dilakukan trus harus saling bekerja sama antara siswa dan guru.. Guru juga ambil bagian ikut serta didlmnya supaya anak² senang dan semakin semangat jika. Sama² didalam praktek tersebut..
    Terimakasih

  7. Nama : Rizka Putri Lubis
    Nim : 855868253

    Pokjar Simalungun
    Izin memberi tanggapan dari vidio diatas.
    Menurut saya dari cuplikan vidio diatas yang telah saya tonton, saya dapat menarik kesimpulan, untuk membuat para siswa kondusif, teratur saat melaksanakan Observasi/Praktikum di luar kelas pada saat pembelajaran IPA di SD alangkah baiknya guru menyusun strategi yang menarik, serta menyiapkan lembar kerja serta memberi pengarahan yang sesuai pada para peserta didik. Membuat pembelajaran tampak menarik dan akan membangkitkan rasa penasaran peserta didik sehingga para peserta didik akan lebih fokus pada pembelajaran dan akan jauh lebih teratur dan dapat mengurangi tidak kodusifnya peserta didik. Selain itu guru juga harus terus mendapingi para peserta didik dalam pelaksanaan observasi agar jauh lebih teratur.

  8. Nama : EMIRZAH
    NIM : 855794095
    Pokjar Way Tenong
    menurut saya tayangan video di atas pada tayangan yang awal pembelajaran tidak efektif karena siswa banyak bermain sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.
    pada tayangan berikutnya saya dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada murid yang akan observasi/ praktikum di luar kelas guru terlebih dahulu memberikan pengarahan dan petunjuk dalam pengisian LKS sesuai dengan rencana pembelajaran yang dirancang. kemudian siswa di bagi kelompok untuk melakukan observasi dan saat pelaksanaan praktikum di luar kelas siswa dibagi wilayah dan batasan waktu dalam penyelesaian observasi. hal ini sangat efektif dalam pelakasanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

  9. Berikut ini adalah instrumen refleksi yang digunakan:

    • Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Pada awalnya siswa tidak kondusif dan sibuk dengan kegiatannya masing-masing, ada yang bermain-main ada juga yang berlarian sehingga guru kesulitan untuk mengaturnya

    • Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Kelemahan guru disini adalah kurangnya pemantapan perancangan pembelajaran serta kurangnya kreatifitas untuk mengolah lingkungan menjadi sumber belajar yang baik.

    • Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Setelah guru dapat menyusun rancangan pembelajaran dengan baik dan benar, guru tersebut dapat mengendalikan siswa dalam praktik belajar di luar kelas itu secara kondusif dan tertib.

    • Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?

    Guru mampu mengatur dan membagi rotasi setiap kelompok agar tidak bersatu pada suatu area, sehingga pembelajaran diluar kelas semakin terkendali dengan wilayah dan batas yang sudah di tentukan oleh guru dalam observasi di lapangan atau luar kelas.

    • Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Guru seharusnya mampu menghidupkan suasana untuk siswa aktif bertanya atau seorang guru harus mendeskripsikan lebih awal tujuan dari pembelajaran agar meningkatkan motivasi belajar siswa dan guru jangan terlalu cepat dalam menyampaikan materi agar mudah dipahami siswa dan harus lebih detail dalam penyampaian materi agar ketika tugas kelompok tersebut mereka benar-benar memahami materi tersebut.

  10. Nama : Ocha Sofianita
    NIM : 857013989
    Pokjar : Ambarawa
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Setelah melihat video diatas, terlihat bahwa siswa tidak kondusif dalam melakukan observasi/praktikum diluar kelas pada saat pelajaran IPA dikarenakan kurangnya persiapan, perencanaan yang matang dari guru. Siswa hanya diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas tanpa arahan yang jelas dari guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak kondusif. Untuk mengatasi hal tersebut seharusnya guru mempersiapkan perencanaan dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok dan diberi arahan serta petunjuk secara rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan guru harus tetap mendampingi siswanya selama pembelajaran belangsung sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.

Leave a Reply