silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.

Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda! 

Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.

Similar Posts

43 Comments

  1. Nama : Umidayani
    Nim. : 855865369

    Guru harus memberikan contoh yang baik dan mudah dipahami siswa agar siswa tidak melakukan kesalahan lagi

    Guru memberikan saran kepada murid agar mencacat pesan apabila ada penelpon, supaya pesan yang disampaikan tersampaikan

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dan melakukan pembelajaran
    Guru dapat memberikan kepada murid waktu mengemukakan pendapat

  2. Nama : Slamet Riyadi
    NIM : 857007108
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Kotaagung
    Prodi : PGSD Semester 6

    Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
    – Proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, guru menerangkan dan memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana cara menyampaikan pesan yang baik. Terlihat para siswa juga memahami apa yang disampaikan oleh guru dengan baik dan langsung bisa memberikan contoh penerapannya didepan kelas. Guru juga terlihat memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga memancing antusias dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih hidup.
    – Namun, terkait dari proses pembelajaran inti tersebut guru belum melakukan pendahuluan, seperti melakukan salam pembuka, berdoa, mengabsen, ice breaking, pemberian apersepsi dan sebagaimana. selain itu guru juga tidak melakukan penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan melakukan evaluasi.

  3. Nama: Nesi Amelia
    NIM: 856739124

    Kegiatan belajar yang dilakukan Bu Guru sudah baik, guru cepat tanggap dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi, setelah mengetahui anak didiknya sepertinya belum sepenuhnya cakap dalam memaknai serta menyampaikan pesan yang diperoleh lewat telepon, Bu Guru langsung mengajak siswa dikelasnya untuk mempelajari bagaimana cara menerima pesan seseorang dengan baik dan keterampilan dalam menyampaikan pesan tersebut. Bu Guru menggunakan metode ceramah dan tanya-jawab yang diikuti oleh keantusiasan seluruh siswa, dan latihan langsung yang dilakukan di depan kelas oleh beberapa peserta didik dalam menerima dan menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon dengan baik.

    Meski begitu, kegiatan belajar dengan tema Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon ini, dalam penerapan di kelas, saat tiba waktunya siswa mendapatkan giliran maju ke depan, terlihat hanya beberapa siswa saja mendapatkan kesempatan maju, kesempatan dimana seluruh siswa dapat aktif dalam kegiatan belajar terlihat belum sepenuhnya maksimal. Oleh sebab itu, di kegiatan belajar mendatang Bu Guru ada baiknya menyiapkan metode atau pendekatan, bisa juga teknik atau ditambahi media pembelajaran yang menarik, dimana seluruh siswa memperoleh giliran untuk mencoba langsung bagaimana caranya menerima dan menyampaikan pesan dengan baik, metode dimana melibatkan seluruh siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar nyatanya lebih efektif dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna, baru, dan dapat meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa.

Leave a Reply